Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Sugesti Positif dalam Kehidupan Sehari hari

Sugesti dapat datang dari diri sendiri atau orang lain. Sugesti itu sendiri adalah suatu tindakan dimana seseorang memeberikan sebuah pandangan kepada orang lain yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki pandangan yang sama. Proses diterimanya pandangan ini beragam kecepatannya. Semuanya tergantung pada kepribadian penerima, kemampuan intelektual, usia, dan interaksi di lingkungan sosial tempat si penerima berada.

Berbeda sedikit, sugesti diri adalah sebuah konsep pemahaman yang datang dari dalam diri seseorang mengenai apa yang kita rasakan, keyakinannya, dan mengenai apa saja yang bisa kita lakukan.

Contohnya, jika sobat kosngosan sedang belajar dan yakin kamu bisa menguasai pelajaran tersebut, secara tidak langsung kamu sebenarnya sudah mensugesti diri sendiri, kamu yakin bahwa kamu bisa melakukanya.

Sugesti ada yang positif dan ada pula yang negatif. Sugesti positif dapat memberikan dampak yang baik pada penerima dan orang di sekitarnya, yang berkaitan dalam interaksi sosial. Sedangkan sugesti yang negatif diberikan dengan tujuan menekan orang lain atau membatasi seseorang. Hal ini dapat berujung pada hal yang tidak baik seperti kerusakan psikologis seseorang, bahkan tindak kejahatan.



Contoh Kalimat Sugesti Positif

contoh sugesti positif

Nah jika kamu disuruh untuk sebutkan 10 contoh sugesti, maka kali ini kamu bisa menjawabnya dengan benar. Karena tidak hanya contoh saja, kamu akan diberikan beberapa studi kasus yang bisa membuat pemahaman kamu lebih baik lagi.

Kita akan bagi lagi sugesti berdasarkan tempat nya seperti dibawah ini :

Baca juga : Kata Motivasi Psikologi


Contoh Sugesti Positif Untuk Diri Sendiri

1. Menjadi pribadi yang agamis dan taat, sebagai seorang penganut agama yang mengharuskan eksistensi Tuhan dalam kehidupan, tentunya sugesti positif yang bisa kita lakukan untuk diri sendiri adalah menerima setiap takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan kepada kita, dan meyakini bahwa itu adalah yang terbaik


2. Meyakini segala sesuatu ada balasannya, ini juga berhubungan dengan poin pertama yaitu kita meyakini bahwa apa yang kita lakukan saat ini akan dipertanggungjawabkan di hari kemudian. Konsep pertanggungjawaban, akan membuat kita berhati-hati dalam bertindak


3. Setiap masalah pasti ada solusinya, sugesti positif lainnya yang harus diterapkan dalam diri sendiri adalah ah meyakini bahwa setiap permasalahan yang sobat kosngosan.com hadapi saat ini tidak ada yang tidak mungkin untuk diselesaikan. Pasti ada solusi dari setiap masalah, tidak mungkin tidak ada.


4. Tuhan memberikan masalah sesuai kemampuan hamba-Nya. Sugesti positif lainnya harus kita Tanamkan dalam diri sendiri adalah bahwa setiap permasalahan yang kita lakukan sudah sesuai dengan proporsi yang kita miliki, jadi Tuhan tidak akan memberikan permasalahan diluar batas kemampuan hamba-Nya


5. Setiap manusia itu berharga. Yakinilah dalam dirimu bahwa kamu adalah insan yang berharga dan patut untuk dihormati. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghargai diri sendiri kemudian baru menghargai orang lain


Contoh Sugesti Positif Di Sekolah

1. Seorang kepala sekolah memberikan nasehat kepada murid-murid di lapangan

Sosok kepala sekolah merupakan sosok yang memiliki prestise sendiri dan disegani oleh para guru dan murid. Sosok yang memiliki prestise akan lebih mudah dalam memberikan sugesti. Dalam contoh ini, kemungkinan para murid menerima pandangan yang diberikan oleh kepala sekolah lebih besar karena sosoknya yang berwibawa.


2. Ketua kelas yang memotivasi siswa malas di kelas

Katakan saja sang ketua kelas merupakan seorang siswa yang berprestasi di bidang akademik dan olahrga, sedangkan sang siswa malas bahkan tidak pernah mengerjakan tugas. Sang ketua kelas pun memberikan pandangan dan arahan yang positif agar temannya yang malas dapat berubah.


3. Guru agama Islam yang menerangkan betapa pentingnya shalat lima waktu pada murid-murid

Saat guru agama Islam menjelaskan hukum menjalankan shalat lima waktu dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Mendengar penjelasan dari sang guru yang dianggap berwibawa dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai hal yang ia bicarakan, para murid pun melaksanakan shalat lima waktu.


4. Seorang guru yang mengajak seorang anak untuk mengikuti lomba

Katakan saja sang siswa masih ragu untuk mengikuti lomba karena tidak percaya diri. Kemudian, sang guru pun memberikan pandangan pada sang murid bahwa ia pasti bisa memenangkan lomba tersebut karena ia memiliki kemampuan yang di atas rata-rata. Mendengar hal tersebut, si anak pun setuju untuk mengikuti lomba.

5. Seorang guru menjelaskan manfaat penggunaan teknologi dalam pengajaran di kelas

Guru yang pertama sering menggunakan teknologi sebagai media untuk mengajar, sedangkan guru yang kedua tidak. Guru yang kedua kemudian memberikan pandangan bahwa menggunakan teknologi sebagai media pengajaran dapat menjadikan proses belajar di kelas.

Tentunya hal ini akan lebih efisien dan menyenangkan bagi para siswa. Kemudian, guru kedua pun menerima pandangan yang diberikan dan mulai melibatkan teknologi di dalam kelas.


Contoh Sugesti Positif di Lingkungan Masyarakat Sosial

1. Ketua RT mengarahkan masyarakat untuk peduli lingkungan

Semakin berwibawa seorang ketua RT untuk memberikan sugesti kepada masyarakat setempat, semakin mudah pula diterima pandangannya. Sang ketua RT mengarahkan sobat kosngosan sebgai masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan mengikuti kerja bakti setiap hari minggu

Selain itu ketua RT juga harus menjelaskan segala manfaat yang akan diterima oleh mereka. Jika sugesti tersampaikan, masyarakat pun akan menerima paham tersebut; membuang sampah pada tempatnya dan mengikuti kerja bakti.


2. Penceramah memberikan beberapa anjuran kepada jamaahnya

Dalam upaya untuk menyampaikan paham yang positif dan berpedoman pada agama, seorang penceramah pun menggunakan sugesti. Ia akan memberikan beberapa anjuran kepada para jamaah tentang bagaimana harus bertindak sebagai umat dari agama tertentu. Para jamaah pun menerima paham tersebut dan menjalankan apa yang sudah mereka terima.


3. Orang tua yang menasehati anaknya yang sering berkelahi dengan tetangga

Orang tua tentu tidak menginginkan anaknya nakal dan sering berkelahi dengan orang lain. Dalam nasehat yang mereka berikan terkandung sugesti yang ingin diberikan kepada anak agar tidak berkelahi lagi. Contohnya dengan menanamkan paham damai dan menjadi orang yang sabar.


4. Kuis di televisi yang mengiming-imingi pemirsa dengan hadiah

Misalnya kuis di televisi ini mengajak pemirsa untuk menelepon ke nomor tertentu untuk mendapatkan hadiah. Pemirsa pun langsung tersugesti bahwa dengan menelepon mereka akan mendapatkan hadiah dan tanpa pikir panjang langsung mengambil handphone masing-masing untuk menelepon. Walaupun pada faktanya, hanya yang beruntung yang akan mendapatkan hadiah yang dimaksud.


5. Ketua adat yang menjelaskan adat istiadat suatu suku kepada masyarakat

Ketua adat yang dipandang berwibawa akan didengarkan oleh masyarakat. Sang ketua adat menjelaskan sistem adat yang harus diikuti sebuah keluarga jika ingin menikahkan anaknya dengan orang lain. Mendengar hal ini, pihak keluarga pengantin pun akan menangkap paham yang disampaikan dan menjalankannya pada acara pernikahan anak mereka.


Contoh Sugesti Positif Di Dunia Kerja

1. Seorang dokter yang mengarahkan pasiennya

Seorang dokter menjelaskan kepada pasien diabetes apa saja yang harus ia lakukan untuk mencegah penyakitnya semakin parah, seperti dengan tidak mengonsumsi nasi putih, tidak mengonsumsi gula, memakan makanan tertentu, dan mengonsumsi obat tertentu.

Sobat kosngosan sebagai pasien misalnya yang memiliki keyakinan bahwa sang dokter bisa membantunya akan tersugesti bahwa dengan mendengarkan dokter dan menjalankan segala yang diminta akan membuatnya sembuh.


2. Pegawai asuransi yang berusaha membujuk pelanggan

Seorang pegawai asuransi memasukkan sugesti ke dalam bujukannya yang meyakinkan calon nasabah untuk melindungi hidupnya dengan mendaftar asuransi jiwa. Ia pun akan memberikan pandangan betapa bagus manfaat asuransi yang ia tawarkan bagi calon nasabah. Calon nasabah yang menerima sugesti dari pegawai asuransi pun akan segera mendaftarkan diri.


3. Sales yang berusaha menjual produk kepada calon konsumen

Dalam proses pemasaran produknya, seorang sales akan memasukkan sugesti ke dalam ucapannya saat melakukan promosi. Ia akan menjelaskan kualitas produk dan manfaatnya yang besar untuk calon konsumen agar mereka yakin bahwa mereka harus membeli produk dari sang sales. Calon konsumen yang tersugesti pun akan segera membeli produk yang dijual.


4. Seorang atasan yang menasehati pegawainya untuk lebih rajin

Seorang atasan bisa saja menasehati seorang pegawai yang dirasanya agak malas. Ia pun akan memberikan pandangan tentang jenjang karir yang bisa ditempuh sang pegawai jika ia meningkatkan keproduktifitasannya dalam bekerja, seperti naik gaji atau dipromosikan. Sang pegawai pun akan tersugesti untuk menjadi pegawai yang lebih rajin.


5. Seorang pengusaha yang menjelaskan keuntungan kepada investor

Untuk membujuk seorang investor agar berinvestasi pada sebuah perusahaan, seorang pengusaha memasukkan taktik sugesti ke dalam ucapannya. Saat melakukan presentasi, sang pengusaha pun menjelaskan keuntungan besar apa yang akan didapatkan sang investor jika ia berinvestasi. Investor yang tersugesti pun tanpa pikir panjang akan menginvestasikan sejumlah uang.

Baca juga : Contoh Usaha Tidak Mengkhianati Hasil


Kata Penutup

Dalam kehidupan bermasyarakat, sobat kosngosan memang diharuskan untuk memiliki sugesti positif dalam diri sendiri, supaya bisa memiliki pola pikir yang positif. Sugesti yang baik tentunya akan menghasilkan tindakan yang baik juga

Semoga dengan materi diatas bisa menambah pengetahuan dan memotivasi teman-teman untuk selalu mensugesti positif dalam dirinya sendiri. Jangan lupa bagikan artikel ini dan sampai jumpa pada postingan berikutnya

Oleh rezaharahap