Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Website Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Apa saja rekomendasi website untuk belajar mengetik 10 jari secara online? Pada dasarnya, kamu bisa googling banyak situs terkait dengan keyword "10 finger typing" (pasti ada banyak website penyedia jasa tersebut gratisan). Kemampuan dalam mengetik adalah suatu skill dasar yang harus dimiliki oleh karyawan kantoran. Tidak hanya itu, bagi freelance atau pekerja lepas, penulis novel, blogger dan pekerjaan yang menuntut kepenulisan, juga membutuhkan skill ini

Kamu pastinya sering bingung mencari situs-situs yang recommended, untuk belajar dan latihan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Kenapa harus 10 jari? Karena dengan memanfaatkan dari keseluruhan, maka kecepatan dalam mengetik akan bisa ditingkatkan dan tentunya akan lebih efektif dan efisien

Selain menginstal aplikasi latihan mengetik 10 jari, Ternyata sobat kosngosan juga bisa belajar latihan dengan mengunjungi beberapa situs atau website yang khusus memberikan materi mengenai hal ini

Kelebihannya kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi di perangkat laptop, smartphone komputer mu. Akan tetapi kekurangannya kamu harus tetap terhubung ke internet karena tanpa adanya internet kamu tidak akan bisa mengunjungi website di bawah ini.


Website Belajar Mengetik 10 Jari

website belajar mengetik 10 jari

Baiklah langsung saja kita akan mencoba membahas mengenai beberapa rekomendasi situs atau website yang bisa kamu jadikan sebagai tempat belajar untuk meningkatkan kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Check these out!

Baca juga : Tips Supaya Tulisan Rapi dan Bagus


1. Web Keybr

Situs ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemula. Dimana ketika kamu pertama kali mengunjunginya maka kamu akan disuguhkan pada tampilan an beberapa fitur dan tool untuk mengetik langsung, sesuai dengan yang diberikan pada perintah layar


2. Web Typingclub

Situs ini memiliki tampilan yang sangat keren dan inovatif, dengan latar warna biru dan penuh dengan animasi yang menarik bagi anak juga.

Sebelum kamu menggunakan fitur ini kamu diharuskan untuk login atau mendaftar terlebih dahulu, Lalu kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang diberikan seperti permainan dengan beberapa level, video interaktif dan juga bisa menggunakan suara


3. Web Typing.academy

Seperti dari nama domain nya, situs ini adalah yang memberikan pelajaran mengetik bagi pemula. Ketika pertama kali kamu membukanya, kamu harus memilih bahasa yang digunakan

Kemudian ada beberapa Tab seperti typing test, introduction, typing practice dan juga statistik yang bermanfaat untuk memudahkan kamu dalam latihan. Supaya memiliki fitur yang lebih lengkap kamu juga bisa upgdare ke member profesiona


4. Speedtypingonline

Situs ini ini memiliki beberapa fitur yang cukup menarik seperti mengatur ukuran font text, jenis font, terus lama Berapa waktu tes yang kamu butuhkan untuk mengetik, memiliki tampilan user face yang sederhana

Walaupun memiliki beberapa banner iklan, ini tetap bisa dimaklumi karena memang untuk mereka mendapatkan penghasilan juga. Kamu bisa login untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap


5. Web Ratatype

Situs ini adalah salah satu yang digunakan untuk latihan mengetik 10 jari juga disarankan untuk Kamu para pemula. Situs memiliki teknik tersendiri terkait caranya mengajarkan teknik mengetik 10 jari dengan mudah dan cepat.

Akan ada berupa teks yang harus Kamu selesaikan. Selanjutnya hasilnya nanti bisa langsung Kamu lihat pada saat sudah menyelesaikan misi yang diberikan tersebut.


6. Web Tipp10

Ada situs yang ada di dalam daftar, berbeda dengan situs lainnya yang dilakukan secara online, situs ini ditujukan untuk pemula yang tidak selalu bisa menggunakan media latihan online. Ketika tidak memiliki koneksi internet, maka Kamu tetap bisa mempelajarinya dengan menggunakan softwarenya.

Tidak hanya itu saja situs ini juga menyediakan petunjuk posisi tangan namun masih tersedia dalam english, jika Kamu salah dalam memposisikan jari maka koreksinya secara otomatis akan terlihat. Menarik sekali bukan?


7. Situs TypeRacer

TypeRacer merupakan salah satu situs web yang menyediakan fasilitas game bertemakan mobil balap yang sederhana. Kok bisa? Jadi setiap kali Kamu memainkannya maka akan diberikan sebuah mobil balap.

Sobat kosngosan.com akan mengendalikan mobil tersebut. Menariknya disini Kamu mengendalikan mobil dengan cara mengetik teks yang terlihat dilayar.

Semakin akurat dan cepat Kamu mengetik, maka semakin cepat juga mobil balap bisa mencapai garis finish. Bukan hanya sekedar latihan, disini Kamu dituntut dengan usaha dan praktek yang praktis untuk mengoptimalkan teknik mengetik 10 jari Kamu.


8. Web Thetypingcat

Situs ini juga cukup lengkap dan menarik untuk sobat kosngosan coba, baik dalam hal mengajarkan mengetik 10 jari atau sekedar melatih kemampuan mengetikmu.

Nantinya Kamu akan diberikan petunjuk jari yang sudah sesuai dengan posisi mengetik 10 jari yang tepat dan benar. Sehingga pada saat Kamu mengetik, secara otomatis akan terlihat akurasinya secara langsung.


9. Web Typingtutor-online

Tidak kalah menarik dari situs lainnya, aplikasi yang satu ini punya daya tarik tersendiri yang patut dipertimbangkan untuk latihan mengetik 10 jari dengan baik.

Sobat kosngosan nantinya akan diberitahu jenis huruf yang ada dalam home row, upper row serta bottom row. Tidak hanya itu saja, media latihan mengetik 10 jari ini termasuk praktis sehingga Kamu akan mudah dalam hal mengikutinya.


10. Situs Typer Shark Deluxe

Typer Shark Deluxe merupakan situs terbaik yang bermain game untuk latihan mengetik 10 jari dengan cepat dan praktis. Permainan seperti apa yang disediakan? Game mengetiknya berupa tantangan seperti mode Adventure dan juga Abyss.

Tidak hanya game yang tersedia dalam situs popular yang satu ini, sobat kosngosan juga akan diberikan tutorial untuk latihan mengetik 10 jari.

Dalam hal ini nantinya Kamu tinggal pilih untuk menggunakan type “Typing Tutor”. Selanjutnya tutotial mengetik 10 jari dengan baik dan benar akan di tampilkan.


12. Situs Keybr.com

Sobat yang ingin mengasah kemampuan dalam mengetik 10 jari dan ingin juga melihat seberapa baik ketrampilan Kamu tersebut, cobalah untuk menggunakan game yang disediakan oleh situs bernama Keybr.com.

Situs ini banyak menyediakan kata kata random yang ditulis secara acak, tugas sobat selanjutnya adalah menulis ulang kata kata tersebut dengan waktu yang cepat dan ejaan yang benar.


13. Situs Touch Typing Study

Situs aplikasi lainnya rekomendasi dari kosngosan untuk latihan mengetik 10 jari selanjutnya adalah Touch Typing Study. Pada situs ini, Kamu akan benar benar dilatih untuk menguasai penempatan jari jari mu dengan tepat dan benar.

Nantinya sobat akan diminta menuliskan beberapa huruf dengan cara berulang ulang. Kamu harus menggunakan jari dengan benar. Salah satu kelebihan di aplikasi ini adalah dapat memilih pilihan bahasa.


14. Web Learn Typing

Learn Typing bisa Kamu gunakan untuk latihan mengetik 10 jari sebab di dalamnya Kamu bisa latihan banyak hal terkait teknik yang perlu diterapkan.

Mulai dari pemula sampai dengan ketingkat yang sudah mahir semua punya tingkat kesulitannya masing masing yang disesuaikan dengan seberapa baik keterampilan Kamu. Jadi, Kamu perlu melewati setiap tingkat untuk mencapai level yang tinggi.


15. Web 10 Finger Breakout

Situs 10 Finger Breakout merupakan situs game yang digunakan untuk latihan mengetik 10 jari. Aplikasi ini mengusung fasilitas game sekaligus latihan mengetik 10 jari dengan praktis dan efesien.

Walapun Kamu mungkin melihat pada grafis animasinya tidak semodern seperti game game jaman sekarang, namun kemampuan untuk mengajarkan Kamu mengetik 10 jari akan terus bertambah dan membuat Kamu terbiasa dalam memposisikan jari jari Kamu pada keyboard.


16. Web How-to-type

Website ini memiliki user interface yang cukup sederhana dan mudah dipahami oleh pemula, terdiri dari beberapa menu seperti learn to type, practice typing, typing speed test, dan beberapa tips-tips umum untuk kalian yang ingin meningkatkan kemampuan mengetik dengan cepat


17. Web Typetolearn.app

Pada dasarnya ini adalah halaman landing page untuk aplikasi yang bernama typetolearn.app di sini kamu bisa mendaftarkan akun mu dan menggunakan beberapa fasilitas yang diberikan oleh aplikasi ini secara online


18. Web Play.typeracer

Situs ini ini memberikan beberapa permainan seru secara online yang bisa kamu mainkan dengan orang-orang yang juga membuka situs ini, dengan konsep berlomba mengetik lebih cepat. Akan ada beberapa tahapan yang kamu lalui dan beberapa reward yang diberikan ketika kamu menang


19. Situs TurtleDiary

Buat kamu yang ingin mengajari anak-anakmu untuk bisa mengetik dengan cepat, kamu bisa membuka situs ini karena khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang baru belajar. Ada tahapan untuk belajar mulai dari Beginner sampai Advanced


20. Situs KidzType

Seperti dari namanya kita pasti menduga ini adalah situs yang diperuntukan bagi anak-anak, untuk belajar mengetik dengan konsep permainan yang menyenangkan dan gratis. Kamu bisa mengumpulkan beberapa permainan dan menginstalnya pada perangkat komputer atau laptop


Rekomendasi situs lainnya yang bisa kamu jadikan referensi :

  • 10FastFingers.com
  • fastfingers.net
  • typingstudy.com
  • tipp10.com
  • typing-fingers.com


Baca juga : Panduan Parafrase yang Baik dan Benar


Kata Penutup

Dalam industri dunia kerja yang mengharuskan kita untuk bisa mengoperasikan komputer, kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari adalah suatu skill dasar yang harus dimiliki oleh para karyawan. Terutama buat mereka yang berkutat dengan hal-hal administrasi perkantoran

Dengan menjelaskan beberapa informasi referensi situs untuk belajar mengetik seperti yang sudah mimin kosngosan.com sampaikan diatas, semoga bermanfaat buat teman-teman. Jangan lupa share juga artikel ini ke sosial media masing-masing. Terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya