Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Shampo untuk Rambut Berminyak dan Rontok

Bagaimana Cara untuk Menghilangkan Rambut yang Berminyak? Greasy hair, atau rambut berminyak adalah suatu keadaan yang membuat rambut terlihat lepek, bau, lengket dan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Banyak orang yang mengalami hal ini dan menganggap sepele masalah yang dia alami. Padahal apabila dibiarkan cukup lama, masalah ini akan mengganggu kesehatan rambut bahkan bisa menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Tentunya kamu tidak ingin masalah seperti itu terjadi, bukan?

Sebenarnya minyak pada rambut adalah zat yang alami karena memiliki fungsi untuk melindungi rambut dari lingkungan luar. Minyak ini diproduksi oleh kelenjar minyak yang terdapat pada kulit kepala. Masalahnya adalah pada beberapa orang, terkadang kalender minyaknya berproduksi secara berlebihan. Sehingga menyebabkan rambut sangat berminyak.

Terdapat berbagai faktor penyebab mengapa kelebihan minyak pada rambut bisa terjadi. Seperti misalnya faktor genetik atau bawaan dari lahir (tentunya ini membutuhkan perawatan ekstra). Ada juga karena pengaruh hormon, mengalami penyakit tertentu, kebiasaan yang bisa menyebabkan kalenjar minyak berproduksi over, atau cara perawatan rambut yang salah (termasuk memilih shampo).

Nah salah satu itu cara yang paling disarankan adalah dengan memilih Shampo untuk Rambut Berminyak yang tepat. Salah satu produk yang mimin kosngosan rekomendasikan kepada kalian adalah Dove. Kenapa harus Dove? Oke kita akan bahas satu per satu kelebihan yang dimilikinya dibandingkan shampoo biasa.


Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Rontok yang Tepat

review shampo rambut berminyak

Lalu pertanyaan selanjutnya yang paling sering ditanyakan oleh para penderita rambut berminyak, adalah bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut? Beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan sehari-hari untuk meminimalisir produksi minyak pada kalenjar kulit kepalamu adalah sebagai berikut :


1. Memilih Shampoo Dove yang Sesuai dengan Kulit Kepalamu

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa akibat dari produksi minyak yang berlebih pada rambut bisa menyebabkan kondisi akar rambut yang rentan rontok. Kamu bisa memilih mengganti shampo mu dengan Dove Volume Nourishment atau Nourishing Oil Care Shampoo yang merupakan langkah pertama untuk mengatasi rambut berminyak pada tahap awal. Produk ini mengandung "Formula Oxyfusion" yang memberikan kelembapan alami pada rambut dan menambah volume ekstra rambutmu.

Formula ini bisa membersihkan kulit kepala dengan lembut, menghilangkan minyak berlebih kemudian melembapkannya. Karena banyak produk shampo lain yang hanya bisa membersihkan minyak rambut, kemudian membuat rambut menjadi kering dan patah. Namun tidak pada Dove ini, karena memiliki busa lembut dan wangi yang menyegarkan rambutmu, membuatnya rileks dan sehat ternutrisi

Kalau kamu tidak ingin repot, bisa juga memilih Dove 3 in 1 Super Shampoo, yang mengandung serum dan berfungsi untuk mengatasi rambut rontok, ketombe dan juga rambut berminyak sekaligus dalam satu produk. Jadi kamu tinggal pilih mana yang menjadi kebutuhanmu.


2. Memilih Conditioner Dove yang Tepat

Memiliki rambut yang berminyak bukan berarti kami tidak menggunakan kondisioner sebagai pelembut rambutmu. Kamu tetap harus menggunakan pelembut rambut ini, hanya saja kamu harus menghindari kondisioner yang bersifat 'intensif' karena jenis conditioner ini hanya cocok digunakan untuk rambut yang kering.

Kamu bisa memilih kondisioner yang lebih ringan dan selalu menggunakannya pada bagian tengah sampai ujung rambut saja. Mimin kosngosan menjatuhkan pilihan conditioner yang tepat untuk rambut berminyak pada Dove Volume Nourishment Conditioner. Karena kombinasi dari kedua produk ini akan bisa lebih maksimal mencegah produksi minyak berlebih pada kulit kepalamu.


3. Memilih Waktu yang Tepat untuk Mencuci Rambut

Kesalahan yang banyak sekali dilakukan oleh penderita rambut berminyak adalah jarang keramas. Mereka berpendapat bahwa sering keramas akan menyebabkan produksi minyak yang berlebih.

Padahal menurut trichologist, mencuci rambut setiap hari atau sekali dua hari. Hanya saja dibutuhkan strategi yang tepat untuk mencuci rambut, seperti misalnya menghindari waktu malam hari atau ketika baru saja berolahraga.


4. Mencuci Rambut Pakai Air Dingin

Apakah kamu tahu, bahwa menggunakan air dingin untuk mencuci rambut bisa meminimalisir produksi kalenjar minyak? Sebaliknya, sering mencuci rambut pakai air hangat akan merangsang kelenjar minyak berproduksi lebih banyak. Oleh karena itu, kombinasikan penggunaan shampo yang tepat dengan menggunakan air dingin, atau paling tidak menggunakan air dengan suhu normal.


5. Mengeringkan Rambut Sesegera Mungkin

Salah satu kebiasaan buruk sobat kosngosan adalah sering membiarkan rambut sehabis keramas kering dengan sendirinya. Pada kebiasaan tersebut justru bisa mengakibatkan rambut semakin lepek dan berminyak. Kamu memang bisa menggunakan hair dryer, namun kebiasaan tersebut tidak direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari karena akan menyebabkan rambut kering dan patah.

Satu-satunya kebiasaan baik yang bisa kamu terapkan sehari-hari adalah mengelap rambut menggunakan handuk bersih yang lembut dan kering. Selain itu pastikan rambutmu benar-benar kering sebelum menggunakan hijab, topi atau penutup kepala lainnya.


6. Berkonsultasi kepada Ahli

Nah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau kecantikan. Saat ini ada banyak sekali pilihan konsultasi kesehatan yang bisa kamu pilih.

Bisa dengan langsung mengunjungi klinik atau tempat praktek. Bisa juga memilih konsultasi online dengan menggunakan aplikasi kesehatan dan kecantikan tertentu. Karena teknologi informasi sudah semakin canggih, jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk konsultasi tentang rambut berminyak mu secara langsung.


Bagian Penutup

Ketika kalian sudah selesai mengetahui mengenai kelebihan dari produk yang telah mimin kosngosan review diatas, maka kalian bisa membandingkan produk shampo mana yang paling tepat untuk permasalahan rambut kalian. Intinya jangan sampai menyepelekan masalah rambut berminyak karena ini akan menyebabkan masalah lain di kemudian hari

Terima kasih sudah mengikuti artikel review kali ini, ini jangan lupa untuk membagikan informasi ini dengan Klik tombol share di bawah. Bagikan kepada yang lainnya, supaya mereka juga mengetahui produk terbaik untuk permasalahan rambut berminyak yang mungkin dialami oleh teman-temanmu. Salam rambut sehat!

Oleh rezaharahap