Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tempat Pergelaran Musik yg Dilakukan dalam Ruangan

Ada banyak sekali contoh tempat umum yang diperuntukkan untuk pergelaran musik di dalam ruangan yang menjadi tempat pertunjukan kesenian yang dihadiri oleh banyak orang. Contoh tempat pergelaran musik yang dilakukan di dalam ruangan, yaitu tempat yang memang dikhususkan untuk fokus mendengar pertunjukan.

Kamu pastinya pernah menonton atau pun mengikuti pertunjukan musik, bukan? Ini merupakan salah satu contoh tempat pergelaran musik yang dilakukan didalam ruangan. Dan kali ini kosngosan.com akan membahas mengenai beberapa tempat yang dijadikan sebagai music show.

Pertunjukan musik adalah suatu show yang menyajikan fenomena bunyi yang dikemas dalam bentuk musik yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dengan cara didengarkan dan dilihat. Selain pertunjukan yang murni music, ada juga drama atau teatrikal yang dilakoni oleh aktor.

Mengikuti dan dan menghadiri pertunjukan musik bisa memberikan suasana yang menyenangkan. Karena pada dasarnya manusia sangat menyukai alunan musik yang bisa menenangkan pikiran.

Saat ini selain mendengarkan musik secara langsung ditempat tempat pagelaran, kita juga sudah bisa memanfaatkan teknologi dengan menginstal aplikasi streaming online musik di smartphone milik kita


Contoh Tempat Pergelaran Musik di dalam Ruangan

Contoh Tempat Pergelaran Musik di dalam Ruangan Yaitu

Baiklah langsung saja kosngosan akan membahas mengenai beberapa tempat yang di khusus kan untuk pertunjukan musik atau pergelaran dalam skala besar

Umumnya dihadiri oleh ribuan bahkan ratus ribuan orang yang rela menonton hanya untuk pergelaran musik. Check these out!

Baca juga : Contoh Tempat yang Pakai Peredam Bunyi


Studio Music

Studio musik adalah suatu tempat yang diperuntukkan untuk perekaman audio untuk produksi lagu. Selain itu kamu juga bisa mengadakan pertunjukan musik seperti band, orkestra dan padua suara di dalam ruangan ini.

Karena biasanya studio musik memiliki set perlengkapan musik hingga audio mixer yang menghasilkan output musik yang berkualitas


Cafe Indoor

Salah satu tempat favorit untuk nongkrong para anak muda, yaitu cafe yang menyediakan berbagai fasilitas seperti live music, tempat duduk dan berbagai menu favorit kekinian.

Biasanya tempat ini berbuka di malam hari dan menjadi tempat pergelaran musik yang dilakukan dalam ruangan bagi band atau pun penyanyi lokal


Bar, Pub atau Club

Selain Cafe ada juga tempat lain yang dinamakan sebagai Bar, Club atau Pub, di mana ini ini lebih kepada tempat berkumpul orang dewasa, yang menyediakan minuman beralkohol dan juga tempat dugem.

Biasanya pertunjukan musik yang disajikan adalah DJ dan musik khas lain yang suasana khas buat anak muda. Ruangan ini dibuat kedap suara supaya tidak menganggu orang diluar gedung


Opera House

Pada dasarnya tempat ini adalah tempat utama pertunjukan musik klasik yang banyak ditemukan di negara-negara di Eropa yang memang memiliki budaya musik yang kental seperti Inggris, Jerman dan Perancis.

Tempat ini memang dibangun dan ditujukan untuk pertunjukan musik klasik yang digelar secara rutin dalam ruangan, ditonton oleh banyak orang yang sudah beli tiket nya


Convention Exhibition

Dalam bahasa Indonesia-nya bisa diartikan sebagai pusat konvensi dimana ini merupakan salah satu bangunan yang diadakan untuk menampung berbagai kegiatan individu atau kelompok, demi mempromosikan atau menampilkan kepentingan tertentu.

Sobat kosngosna pasti tahu, biasanya juga dijadikan sebagai tempat konser bagi sebagian band, boyband atau girlband


Hall atau Aula

Hall atau aula adalah bagian ruangan besar yang terdapat pada suatu bangunan yang digunakan untuk berbagai kepentingan.

Misalnya hotel yang memiliki Aula khusus untuk pertemuan atau event. Dan biasanya ruangan ini juga diperuntukkan untuk konser ataupun pertunjukan musik yang diadakan oleh Band, Penyanyi atau Girl dan Boy Band


Arena Sport Indoor

Selain ruangan yang memang diperuntukkan untuk musik, ada juga ruangan olahraga indoor atau dalam ruangan yang bisa disulap menjadi pertunjukan musik atau tempat konser.

Misalnya tempat arena bulutangkis atau basket, dijadikan sebagai tempat konser untuk sementara. Bisa juga terkadang sport indoor ini dilengkapi dengan fasilitas kedap suara untuk memanjakan penonton didalamnya


Plaza atau Mall

Pastinya sobat kosngosan sering mengikuti kegiatan musik, ataupun event-event besar lainnya di dalam Plaza atau Mall.

Karena memang biasanya pasar modern seperti ini menyediakan tempat luas yang diperuntukkan untuk kegiatan besar seperti konser dan juga acara musik lainnya


Ballroom

Ballroom biasa juga disebut sebagai ballhall merupakan sebuah ruangan besar di dalam gedung yang diperuntukkan dalam mengadakan acara formal besar.

Selain itu ada juga istilah lain yang menggambarkan klub malam tempat orang orang berdansa. Intinya ruangan ini juga bisa diperuntukkan bagi kegiatan menanyi, lagu lagu dan yang berhubungan dengan musik atau audio


Stadium

Kamu pasti tahu apa itu stadion, bukan? Tentu saja Ini adalah tempat pertunjukan olahraga sepak bola yang bisa menampung ribuan hingga ratus ribuan penonton dalam satu tempat.

Selain diperuntukkan sebagai tempat olahraga yaitu sepak bola, beberapa stadion juga bisa disulap menjadi tempat konser sementara.


Auditorium

Auditorium adalah salah satu contoh tempat pergelaran musik yang bisa dilakukan di dalam ruangan atau biasa disebut indoor.

Tempat seperti ini sering digunakan untuk pertunjukan orkestra, konferensi, presentasi, dan diskusi panel. Tempat ini memiliki panggung dan kapasitas penonton yang lebih besar daripada teater biasa.


Aula sekolah atau universitas

Biasanya sekolah atau perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan memiliki ruangan khusus untuk mengumpulkan para siswa dan mahasiswanya.

Dan itu sering dinamakan dengan aula di sekolah atau universitas. Tempat ini sering digunakan untuk pertunjukan teater, konser musik, acara tari, dan berbagai kegiatan seni lainnya. Aula ini biasanya dapat menampung sejumlah penonton yang cukup besar.


Pusat seni dan budaya

Gedung pusat seni dan budaya adalah tempat yang didedikasikan untuk pertunjukan seni, termasuk teater, musik, tari, seni rupa, dan pameran.

Tempat seperti ini memang sering dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti teater, ruang pameran, dan studio latihan. Jadi memang dipertunjukkan khusus untuk pergelaran musik indoor


Pusat konferensi

Pusat konferensi biasanya ada di gedung gedung pemerintahan, atau perusahaan formal yang memang ditujukan untuk konferensi pers.

Akan tetapi tempat ini juga sering digunakan untuk acara-acara besar seperti presentasi bisnis, konferensi industri, atau pertunjukan khusus seperti musik. Fasilitasnya biasanya dilengkapi dengan panggung, sistem audiovisual, dan tempat duduk untuk penonton.


Kata Penutup

Menghadiri pergelaran musik di dalam ruangan memang memiliki kelebihan yaitu, lebih aman dan juga nyaman. Selain itu suara yang didengarkan juga fokus dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Semuanya tergantung dari kebutuhan apakah suatu pergelaran musik diadakan di luar ataupun di dalam ruangan

Semoga beberapa contoh tempat diatas bisa menjadi referensi buat teman-teman kosngosan.com yang mungkin saat ini akan melakukan pertunjukan musik.

Sebagai bentuk partisipasi kalian jangan lupa juga untuk share atau bagikan artikel ini dengan cara klik tombol ikon medsos di bawah. Terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya