Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Contoh Makanan Stewing paling Favorit

Memasak merupakan salah satu aktifitas yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan pangannya. Teknik memasak selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, terdapat berbagai cara dan teknik memasak modren yang sering kita liat dilakukan oleh profesional chef di restorant. Oleh karena itu, kali ini kosngosan.com akan memberikan beberapa contohnya kepada kalian.

Memasak dengan teknik dan alat modren tentu saja lebih efektif dan efisien. Kita sebagai manusia dengan peradaban yang maju, sudah mengenal perlengkapan memasak yang memudahkan untuk memproses dan mengolah bahan hingga siap saji.

Contohnya saja teknik memasak stewing atau sering kita sebut teknik menyemur. Salah satu metoda memasak ini pastinya pernah kamu dengar, dan bahkan sering kamu praktekkan. Berikut akan dijelaskan satu per satu contoh makanan yang pakai metode ini.

Contoh Masakan Stewing

Contoh Makanan Stewing

Stewing adalah sebuatan lain dari menyemur atau menggunakan air sebagai kuah. Memasak menggunakan konsentrasi cairan dengan presentasi jumlah cairan yang digunakan tidak lebih dari setengah bahan yang dimasak.

Cairan yang dipakai biasayanya adalah saus, kaldu, atau air. Berikut beberapa contoh makanan yang sudah mimin kosngosan rangkum :

Baca juga : Contoh Makanan yang di Bake


Coq au Vin

Ini adalah contoh makanan Perancis yang melibatkan ayam yang dimasak dalam anggur merah bersama dengan bawang, jamur, dan bacon (daging babi)


Opor Ayam

Apakah kamu suka opor ayam? Ini merupakan menu masakan dari bahan dasar ayam dan memiliki kuah yang terbuat dari santan.

Kuliner ini sangat terkenal diseluruh Indonesia, apalagi didaerah Jawa tengah dan Jawa Barat. Seperti namanya, masakan ini terbuat dari bahan utama daging ayam

Olahan opor ayam, kemudian dimasak menggunakan berbagai rempah khas, dan santan kelapa yang kental. Tentunya punya cita rasa yang gurih, manis karena dicampur santan.


Semur Daging

Semur Daging Stewing

Daging sapi memang menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi apa saja. Misalnya semur daging, masakan khas berbahan daging rebus yang memiliki kuah berwarna coklat pekat 

Semur daging, seperti namanya kuahnya terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Biasanya dicampur bihun atau kentang untuk pelengkap.


Rendang Gulai

Rendang sebenarnya adalah proses karamilisasi dari bumbu dan santan yang dimasak dengan perlahan dalam waktu lama. Tapi ada juga jenis rendang yang tidak sampai kering, tapi masih menyisakan kuah.

Namun kalau rendang gulai, tidak harus lama, karena masih memiliki kuah gulai yang bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan. Kuah gulai ini bisa ditambah kacang, kentang, dan lainnya.


Tongseng Kambing

Apa yang dimaksud dengan tongseng? Tongseng merupakan makanan berjenis gulai yang memiliki bumbu lebih tajam dan khas.

Perbedaan yang lebih jelas antara tongseng dengan gulai kuah lainnya adalah penggunaan dagingnya. Tongseng biasanya menggunakan daging yang melekat dengan tulangnya. Terutama tulang iga dan tulang belakang, baik itu sapi atau kambing.


Kurimu Shichu

Kurimu Shichu stewing

Ini adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari jepang. Disebut dalam bahasa indonesia, rebusan krim yaitu hidangan yang terdiri dari daging ayam atau babi, dicampur dengan sayuran seperti bawang, wortel, kentang serta kubis.

Kemudian sobat kosngosan bisa memasaknya dalam roux putih tebal. Sayuran ditumis sebelum daging ditambah menggunakan air


Kimchi Stew

Buat kamu penggemar korea, pastinya pernah melihat masakan yang satu ini, bukan? Kimchi merupakan makanan fermentasi yang berasal dari sayuran seperti sawi putih, lobak dan mentimun. 

Bahan makanan kimchi biasanya dikonsumi dengan berbagai tambahan lainnya. Dikenal juga dalam bahasa korea sebagai "Kimchi Jjigae" semacam hidangan sup yang terbuat dari kimchi, dan merupakan sayur asam pedas yang difermentasi, sebagai bahan utama


Pot Au Feu

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau hidangan ini berasal dari perancis. Pot-au-feu merupakan sejenis sup daging sapi ala Prancis.

Ini adalah inti dari masakan keluarga Prancis, menjadi hidangan paling terkenal di Prancis. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional dan biasa disajikan pas natal


Oseng KangKung

Oseng kangkung adalah salah satu makanan yang kerap kali menjadi menu sayuran favorit di rumah orang indonesia. Makan sayur kangkung ini dimulai dengan menu tumis kangkung. 

Oseng kangkung ini sering kita temukan di warung pecel lele pinggir jalan. Karena tidak hanya unggul dengan rasanya yang lezat, oseng kangkung juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan


Stew Ocra

Kamu kenal sayuran okra? Okra adalah jenis sayuran yang memiliki tekstur lunak dan berlendir. sayuran ini memiliki bentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya. 

Okra mirip dengan jari-jari lentik perempuan. Oleh karena itu, sayuran ini juga dikenal dengan sebutan nama "Lady's Finger" Sayuran ini bisa di semur dengan tambahan bumbu lain.


Korean Spicy Soft tofu stew with kimchi

Dari namanya bisa sobat pastikan pastikan kalau ini adalah makanan dari korea, terbuat dari tahu atau tofu ditambah dengan kimchi. Menggunakan teknik stew. 

Campuran tofu, kimchi, bawang bombay dan bahan bahan tambahan juga seperti cabai, bawang, jamur dan telur yang di stew pakai kompor panas diatasnya.


Irish Stew

Atau biasa disebut dengan semur Irlandia yang merupakan olahan daging domba atau daging sapi yang dimasak dengan kentang dan bawang bombay dalam kaldu daging.

Adapun kuah yang digunakan dalam olahan Irish Stew berasal dari proses memasak daging dan sayuran bersama-sama dalam panci, dan tidak banyak bumbu tambahan yang digunakan


Goulash

Ini adalah contoh hidangan yang berasal dari negara Hungaria dan bahannya terbuat dari berbagai potongan daging sapi yang dimasak dalam saus tomat dengan paprika dan bawang.

Goulash merupakan hidangan yang lezat dan kaya rasa, memiliki kombinasi rasa antara pedas, manis, dan gurih. Hidangan stew ini yang sangat populer di negara Hungaria dan sekitarnya.


Contoh Makanan Stew Mancanegara

Beberapa aneka olahan makanan semur yang berasal dari negara lainnya, antara lain :

  • Boeuf Bourguignon yang berasal dari Prancis, terbuat dari daging sapi yang distewing dalam anggur merah bersama dengan bawang, wortel, dan jamur
  • Goulash dari Hungaria, terbuat dari daging sapi yang distewing dengan paprika, tomat, dan bawang dan kuah kaya aroma
  • Pot Roast dari Amerika Serikat, terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam panci bersama dengan bawang, wortel, dan kentang disertai kuah semur
  • Cochinita Pibil dari Meksiko yang terbuat dari daging babi yang di stewing dalam rempah-rempah, jeruk, dan achiote
  • Carbonade Flamande dari Belgia, terbuat dari daging sapi yang distew dalam anggur bir Belgia pakai bawang dan bumbu
  • Ossobuco dari Italia, terbuat dari potongan daging sapi yang diambil tulang sumsumnya, dan di stew dalam tomat, bawang, dan anggur
  • Coq au Vin dari Prancis, terbuat dari daging ayam yang di stew dalam anggur merah bersama dengan bawang, jamur, dan bumbu lainnya
  • Matambre a la Pizza dari Argentina, dibuat dari daging sapi yang di stew pakai saus tomat, bawang, dan keju di atasnya


Kata Penutup

Berbagai masakan yang yang terkenal dan berasal dari teknik memasak modern saat ini, memang memberikan sensasi rasa yang lezat. 

Beberapa teknik memasak seperti yang telah dijelaskan di atas sebagian mungkin jarang kita lakukan, namun dengan mengetahuinya, semoga bisa menambah referensi buat teman teman sekalian

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca pembahasan kosngosan.com mengenai contoh masakan dengan teknik Stewing atau menyemur pakai air sedikit

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini ke sosial media teman-teman semuanya. Happy Cooking!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya