Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Mendapat Orderan GoJek & GoFood yg Banyak

Bagaimana cara mendapatkan orderan yang terus menerus? Buat kalian para driver ojol (ojek online), pastinya ingin mendapatkan cuan dari setiap permintaan yang muncul di aplikasi, bukan? Baik penyedia jasa gojek dan grab, keduanya tengah bersaing untuk menjadi platfrom layanan transportasi online terbaik di tanah air. Begitu juga para driver yang berkontribusi dalam operasional teknis perusahaan.

Pada kesempatan kali ini, mimin kosngosan.com akan mencoba mememberikan beberapa tips sederhana buat kalian yang ingin memaksimalkan orderan, supaya bisa mendapatkan penghasilan yang besar setiap harinya. Karena masa pandemi bisa dikatakan sebagai masa sulit, tapi selama kita berusaha, maka jalan rezeki pastinya selalu ada.

Seperti yang kita ketahui, layanan gojek dan grab tidak hanya transportasi untuk penumpang saja. Ada layanan yang cukup terkenal lainnya yaitu jasa pengantar makanan, yang biasa kita sebut gofood dan grab food. Ini juga menjadi tambahan penghaisilan buat kalian para driver.

cara mendapatkan orderan

Tips Memaksimalkan Orderan Customer di GoJek

Walaupun di judul kita membahas mengenai gojek, namun sobat kosngosan tetap bisa kok menerapkan tips dibawah ini untuk platfrom grab. Karena tips ini bersifat general dan applicable untuk diterapkan ke driver lainnya juga. Penasaran? Berikut beberapa langkah yang harus kamu ambil :

Baca juga : Kata Motivasi Driver Ojek Online


Memakai Smartphone yang Memiliki Spesifikasi Layak

HP pintar merupakan media yang sangat penting untuk seorang driver ojol. Spesifikasi HP pintar sangat berpengaruh pada proses penerimaan order. Spesifikasi yang dianjurkan untuk Kamu adalah yang memiliki RAM minimal 4 GB, versi Android 10 (minimal), dengan spesifikasi itu, HP pintar Kamu dapat menjalankan software secara lebih cepat.

Hal ini berpengaruh pada software khusus driver Kamu untuk berproses, sehingga jika ada orderan, langsung dapat pemberitahuan oleh HP pintar dengan cepat. Jika HP pintar dengan spesifikasi di bawah yang dianjurkan, umumnya memiliki kecepatan yang kurang dan tidak responsif sehingga orderan sering terlewatkan atau diambil duluan oleh orang lain


Melakukan Setting Location Akurasi Tinggi

Fungsi GPS sangat menentukan penerimaan penumpang pada lokasi tertentu didekatmu. Pastikan layanan Location atau GPS Kamu aktif dan terhubung pada sinyal internet yang stabil. Sobat kosngosan juga wajib untuk mengatur tingkat akurasi GPS pada software Go-jek Kamu dengan akurasi tinggi.

Software Go-jek dilengkapi fitur yang memungkinkan Kamu memiliki GPS dengan akurasi tinggi. Cara mengaktifkannya cukup mudah. Kamu tinggal membuka Setting di HP pintarmu, kemudian pilih Lokasi, klik Mode, dan aturlah pada Akurasi Tinggi. Cara ini membuat orderan di sekitar lokasi akan cepat terdeteksi ke gojek.


Rajin Membersihkan File Cache Aplikasi Go-jek Secara Rutin

Sama halnya dengan software lain yang ada di HP pintar, software Go-jek juga memiliki file sementara yang disebut cache. Keberadaan cache pada HP pintarmu, terutama pada software akan membuat kinerja gojek semakin lambat. Jika terlalu banyak cache dapat membuat software dan HP pintar-mu mengalami lelet.

Kamu harus rajin menghapus cache pada HP pintar. Cara untuk menghapus cache pada software go-jek adalah membuka setelan-menu Aplikasi -- GojekDriver -- Penyimpanan -- Hapus Cache. Jika telah bersih dari cache, software akan dapat berjalan secara lebih cepat sehingga dapat menerima order tanpa keduluan orang lain

Jika Kamu telah membersihkan cache software namun masih saja kurang responsif, cobalah untuk menghapus data. Kamu cukup membuka setelan -- aplikasi -- Gojek Driver -- Penyimpanan -- Hapus Data. Tapi setelah itu, kamu harus login ulang, tapi jangan khawatir, karena pihak Go-jek sudah memiliki backup data aktivitas kerja Kamu.


Rajin Mengupdate Software Go-jek secara Berkala

Go-jek sering melakukan pembaharuan software. Pembaharuan software ini ditujukan baik kepada aplikasi penumpang dan driver. Untuk menyesuaikan software Go-jek penumpang, Kamu juga harus selalu melakukan update software. Pembaharuan software sangat berpengaruh bagi driver, dimana software versi terbaru akan lebih mudah tersinkronisasi dengan server dan fiturnya lengkap.

Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk melakukan update software Go-jek. Cek Playstore secara rutin untuk mendapatkan versi terbaru dari software ini. Update software ini akan sangat berpengaruh pada kinerja software, yaitu terkait proses penerimaan order yang lebih cepat.


Menghapus Software dan File yang Tidak Perlu

Tidak semua driver mempunyai HP pintar dengan memori penyimpanan yang besar. Solusi yang bisa Kamu terapkan agar software go-jek bisa berjalan dengan lancar adalah menghapus berbagai file yang tidak perlu, sehingga memori yang tersedia masih cukup banyak.

Sampah-sampah software atau file-file yang terdapat dalam software terkadang menghabiskan memori dan membuat HP pintar lemot. Oleh karena itu, Kamu bisa menghapus dan menyisakan software-software yang penting saja. Hindari lupa untuk melakukan pembersihan secara berkala, sehingga perangkat Kamu selalu terjaga performanya dengan baik.


Jangan Pernah Menggunakan Software MOD APK

Software MOD atau Modification, memang dianggap memberikan keuntungan yang tidak bida dapatkan dari software default. Akan tetapi, sobat kosngosan harus menghindari apliakasi pihak ketiga ini, jangan sampai menggunakan software ini karena go-jek akan mendeteksi software ini sebagai kecurangan. Sanksi yang akan Kamu dapatkan adalah suspend akun yang ujung2 nya kamu tidak akan bisa bekerja sebagai driver lagi.

Oleh karena itu, gunakan saja software go-jek yang resmi, yakni yang dapat didownload langsung dari developer go-jek di google playstore atau apple store. Selain menghindari kecurangan, software resmi juga mencegah terjadinya penipuan dan sebagainya.


Jangan Pernah Menggunakan Fake GPS

Beberapa driver terkadang menggunakan cara curang supaya lebih cepat mendapatkan orderan, yaitu dengan menggunakan fake GPS. Kamu harus menghindari hal tersebut, karena sistem dari go-jek sudah sangat canggih. Kamu akan langsung mendeteksi kecurangan yang yang ujungnya akun mu akan di banned permanen.

Saat hal tersebut terdeteksi, bonus harian Kamu tidak akan cair. Jika Kamu masih tetap menggunakan fake GPS meskipun sudah diberikan peringatan, maka sanksi terburuknya adalah akun akan di banned oleh go-jek hingga denda disertai hukuman penjara


Memilih Operator Seluler Berkualitas Baik

Jika Kamu memilih bekerja sebagai driver ojek online, usahakan untuk menggukan operator yang memiliki sinyal kuat di daerah-mu. Dengan menggunakan operator seluler terbaik, maka Kamu akan lebih lancar dalam menerima orderan. Usahakan sinyal sinyal operator yang Kamu pilih kuat di hampir semua tempat.

Tentu saja akan sangat merepotkan jika sinyal Kamu tiba-tiba lemot ketika sedang menerima orderan. Hal ini bisa menghambat kerja Kamu bahkan bisa berisiko untuk di cancel pelanggan. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentu saja Kamu akan mengalami kerugian. Mimin kosngosan pribadi lebih memilih operator seluler plat merah, yaitu telkomsel karena memang sinyalnya sudah menjangkau hampir semua wilayah.


Menggunakan Modem untuk Backup Sinyal

Jaringan internet merupakan hal yang penting dalam memperoleh orderan go-jek secara terus menerus. Koneksi yang buruk akan membuat orderan yang Kamu terima menjadi cukup sulit. Sedangkan koneksi internet pada smartphone, terkadang bisa cepat atau melambat. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan membawa modem atau mifi, sebagai backup koneksi.

Hal ini akan sangat membantu Kamu jika koneksi internet pada smartphone sedang lemot. Kamu bisa melakukan theatering menggunakan mifi. Keuntungan yang lain adalah, Kamu tetap bisa menerima orderan jika kuota telah habis. Terkadang kita tidak menyadari kuota internet telah habis dan hal ini akan sangat menyusahkan. Dengan adanya backup koneksi Kamu tidak perlu khawatir lagi.


Menggunakan Stiker Penguat Sinyal

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli stiker penguat sinyal di toko handphone terdekat. Harganya cukup murah. Kamu cukup menempelkan stiker tersebut di belakang cover hp mu. Stiker ini bekerja untuk mengoptimalkan daya tangkap sinyal ke hp mu karena sudah dilengkapi dengan material tertentu. Tertarik untuk mencoba stiker penguat sinyal ini?


Jangan Pernah Menolak Orderan Masuk

Tips supaya rating Kamu di go-jek tetap terjaga adalah hindari menolak orderan. Sebisa mungkin, terima orderan yang masuk tanpa peduli dengan lokasi, gender, dan lain-lain selama Kamu masih bisa mengerjakannya. Jika Kamu menerima semua orderan yang masuk, maka rating akan tetap terjaga.

Jika tidak ingin menerima orderan tersebut, hindari menolak orderan namun matikan saja software go-jek Kamu. Hal ini akan mencegah rating Kamu menurun.


Layani Customer Semaksimal Mungkin

Bagaimanapun yang namanya customer atau pelanggan adalah subjek yang harus dimaksimalkan pelayanannya. Apa yang mereka minta sebisa mungkin harus kita penuhi Selama masih memenuhi standar operasional yang telah ditetapkan oleh pihak go-jek. Oleh karena itu belajarlah bagaimana cara memuaskan pelanggan.


Jangan Terlihat Mengemis Review dan Bintang

Pada umumnya sobat kosngosan sebagai pelanggan pastinya kurang menyukai driver yang mohon mohon untuk memberikan review dan bintang yang tinggi. Karena kita pastinya akan memberikan review serta bintang yang bagus apabila memang benar-benar mengalami pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu kamu tetap bisa meminta memberikan review dan bintang yang tinggi, asalkan dengan cara yang normal tanpa terlihat mengemis atau memaksa


Berikan Ekstra Layanan

Penting sekali bagi para driver gojek untuk memberikan layanan ekstra kepada pelanggannya. Supaya mereka merasakan pengalaman yang berbeda dengan driver lain. Seperti misalnya kamu bisa memberikan permen, camilan, memberikan helm yang bersih, pembatas penumpang, atau mungkin smartphone holder di depan untuk memudahkan penumpang bermain smartphone dibelakang.


Menggunakan Kendaraan Matic

Kendaraan matic memiliki fleksibilitas dan juga kelebihan untuk bermanuver dibandingkan kendaraan bebek ataupun yang memiliki gigi. Untuk jalan-jalan di perkotaan yang relatif macet, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan matic. Kamu bisa lebih cepat sampai dan memenuhi orderan pelanggan, dengan bermanuver tanpa harus mengoper gigi secara manual.


Menjaga Tampilan dan Kebersihan

Kebanyakan para driver ojek online itu melupakan yang namanya tampilan dan kebersihan diri. Padahal ini menjadi faktor penting kenyamanan penumpang yang harus diutamakan. Jika para driver memiliki tampilan yang bersih, wangi, ramah dan safety, pastinya pelanggan juga tidak segan-segan untuk memberikan review dan bintang tinggi


Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Saat ini kita masih berada pada masa demi. Oleh karena itu penting sekali untuk para driver ojek online dalam menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, pelindung wajah, membawa hand sanitizer, membuat pembatas dibelakang antara penumpang, selalu menjaga jarak dan memiliki adab bersin serta tidak membuang ludah sembarangan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Driver Ojol


Kata Penutup

Menjadi seorang driver ojek online memang memiliki kelebihan waktu yang fleksibel. Kita harus benar-benar memaksimalkan waktu untuk mendapatkan orderan dari penumpang, sehingga dengan demikian kita bisa mendapatkan penghasilan yang besar setiap harinya. Jangan bermalas-malasan dan terapkan beberapa tips yang di atas.

Demikian beberapa langkah yang harus sobat kosngosan.com terapkan buat para driver ojek online, untuk bisa mendapatkan orderan secara terus-menerus. Nah sebagai bentuk partisipasi kalian jangan lupa untuk Klik tombol share di bawah dan bagikan ke Excel media masing-masing

Oleh rezaharahap