Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Cepat

Bagaimana cara menghilangkan bau badan yang berlebihan dengan cepat? Bau badan, body odor, atau bahasa bekennya bromhidrosis,  adalah bau yang dihasilkan dari bakteri yang melekat pada tubuh. Jumlah bakteri ini akan bertambah banyak, seiring bertambahnya produksi keringat pada kulit. Jadi bisa disimpulkan bahwa bau badan dihasilkan dari bakteri, sementara keringat adalah media untuk membuat bakteri tersebut lebih banyak.

Area yang sering mengalami bau badan salah satunya adalah ketiak. Karena area ini memang sering tertutup dan juga memiliki bulu, yang menyebabkan kelembaban nya tinggi, sehingga memungkinkan bakteri penyebab bau badan tumbuh dengan cepat.

Ketiak atau Axilla, adalah daerah lipatan yang menghubungkan antara lengan atas dengan bahu. Bagian tubuh ini sangat sensitif terhadap sentuhan misalnya ketika digelitik. Namun mimin kosngosan.com tidak akan membahas mengenai ketiak lebih dalam, karena kita akan fokus untuk membahas bagaimana cara mengatasi bau badan yang umumnya timbul di bagian ketiak.

cara menghilangkan bau badan

Cara Mengatasi Bau Badan Berlebih di Ketiak dengan Cepat

Langsung saja, kita akan membahas mengenai beberapa langkah sederhana atau lebih tepatnya cara menghilangkan bau badan yang terdapat pada ketiak dan bagian kulit lainnya. Karena ini berhubungan dengan penampilan dan kepercayaan diri, maka tentunya kamu harus menerapkannya, bukan? Jadi penasaran? yuk check these out dibawah ini.


1. Tidak Melakukan Kegiatan Berat secara Berlebihan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bau badan umumnya berasal dari akumulasi keringat berlebihan yang diakibatkan karena banyaknya kegiatan berat yang kita lakukan. Hal ini semestinya bisa kita hindari dengan cara tidak melakukan kegiatan berat terutama di siang hari. Kalaupun harus beraktivitas, maka gunakanlah pakaian yang nyaman dan juga mudah menyerap keringat berlebih.


2. Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa mengakibatkan bau badan berlebih pada tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang perlu kita kurangi, bila perlu dihindari, seperti  daging merah, alkohol, bawang bawangan, dan lainnya disinyalir bisa menyebabkan bau badan yang berlebih. Kamu tetap bisa mengkonsumsinya namun dengan porsi yang dikurangi tentunya


3. Mengganti Pakaian secara Rutin

Ketika kita berbicara mengenai bau badan, tentu saja ini berhubungan dengan kebersihan pakaian yang kita kenakan. Misalnya setelah sobat kosngosan melakukan kegiatan olahraga, dan tidak segera mengganti baju dan celana, maka hal ini akan menyebabkan bakteri penyebab bau badan ber dan bersarang di pakaian, sehingga akan menyebabkan yang namanya bau badan berlebih. Jadi penting sekali untuk mengganti pakaian secara rutin setiap harinya


4. Menjaga Kebersihan Badan Keseluruhan

Kalau tadi kita berbicara mengenai kebersihan pakaian yang kita kenakan, maka pada tips selanjutnya kamu juga harus menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan. Maksudnya adalah setiap bau badan yang berasal dari keringat, tentu saja akan melekat di permukaan kulit. Nah, bila kamu menjaga kebersihan dengan mandi atau paling tidak membasuh kulit lebih sering, maka bau badan bisa diminimalisir


5. Menjaga Pola Makan dan Diet

Ini berhubungan dengan teks kedua tadi dimana kita harus menghindari makanan penyebab bau badan. Selain itu  tahukah kamu bahwa bau badan bisa muncul dari akumulasi makanan yang tidak sehat, yang selalu kita konsumsi setiap hari? Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga pola makan yang sehat dan juga melakukan diet secara teratur


6. Memakai Pakaian Penyerap Keringat

Seperti yang kita ketahui bersama jenis pakaian sangat berpengaruh terhadap bahwa badan yang timbul. Ada beberapa jenis kain yang adem di kulit, dan ada juga yang tidak. Kamu harus memilih jenis pakaian yang memang adem di kulit, seperti Katun, Linen dan Sutera. Jadi kamu bisa lebih nyaman untuk berpakaian ketika beraktivitas nantinya


7. Rajin Mandi dan Cuci Badan

Tentu saja tips ini adalah yang paling sederhana dari mimin kosngosan. Karena pada dasarnya akumulasi keringat dan bakteri yang melekat di kulit tubuh kita-lah yang menyebabkan bau badan tercium, maka ada baiknya kamu melakukan mandi minimal 2 kali dalam sehari dan menggunakan sabun pengharum yang cocok untuk kulitmu


8. Berolahraga secara Rutin

Walaupun tadi kita sebutkan bahwa aktivitas berat bisa memicu produksi keringat berlebih, yang mana ini menyebabkan bau badan apabila tidak ditangani dengan baik, namun yang namanya olahraga tetap wajib dan sangat dianjurkan. Karena dengan berolahraga, maka  peredaran darah akan lancar, suplai oksigen tercukupi dan bisa mengurangi racun dalam darah, dimana ini akan membuat kamu tetap sehat. Tapi setelah olahraga, jangan lupa untuk membersihkan badan ya.


9. Rutin Meminum Air Putih

Tips sederhana lainnya dari mimin kosngosan adalah dengan rutin meminum air putih minimal 2-3,7 liter setiap harinya. Mengapa minum air putih sangat penting? Karena air berfungsi untuk mengurangi racun dari dalam tubuh serta membawa sisa metabolisme dalam bentuk urine. Tentunya hal ini akan menjadikan badanmu lebih sehat


10. Menggunakan Bedak Bayi

Bahan sederhana yang bisa kamu  berikan ke bagian tubuh yang sering memproduksi bau badan seperti ketiak atau leher, adalah dengan menggunakan bedak bayi. Jadi sobat kosngosan cukup memberikan sedikit bedak bayi ke telapak tangan dan gosokkan ke ketiak setelah mandi. Bedak bayi bisa menghilangkan bau keringat secara alami menyerap kelembapan sehingga bisa membuat ketiak tetap kering.


11. Menggunakan Herbal (Tomat, Daun Kemangi)

Kalau tadi kita dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan berlebih, maka kali ini kita dianjurkan untuk menggunakan bahan herbal yang terbukti untuk mengurangi bau badan, seperti tomat dan daun kemangi. Atau kamu juga bisa menggunakan teh, garam atau lemon.


12. Menggunakan Deodorant Rexona

Kali ini mimin kosngosan  merekomendasikan produk yang mungkin sudah kalian kenal dan juga pakai setiap harinya untuk cara menghilangkan bau badan yang tepat, yaitu deodorant Rexona. Apa yang menyebabkan produk ini spesial? dilengkapi kandungan antiperspirant dan dirancang dengan teknologi mutakhir untuk mengurangi bau badan mu di ketiak. 

Pilihannya juga cukup lengkap, ada yang Sport Defense Roll On untuk cowo yang suka olahraga, ada yang buat cewek bernama produk Rexona Passion Roll On. Untuk jenisnya ada yang spray atau juga yang roll on. Jadi kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Kata Penutup

Bau badan merupakan permasalahan yang cukup serius dan mengganggu bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu butuh langkah langka kongkrit dan spesial dalam mengatasi permasalahan ini.

Semoga pembahasan kita mengenai bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan bau badan berlebih, bisa bermanfaat buat teman-teman pengunjung setia kosngosan. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing-masing, dan terima kasih sudah berkunjung di blog kesayangan kita ini!

Oleh rezaharahap