Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Contoh Ulasan Pelatihan Prakerja Terbaru

Prakerja adalah program pelatihan yang disediakan oleh pemerintah untuk meningkatkan skill dan kesiapan fresh graduate dalam dunia kerja. Setelah mengikuti prakerja ini, kamu wajib menyertakan ulasan atau review. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh ulasan pelatihan prakerja terbaru pada berbagai platform.

Program pelatihan prakerja telah bekerjasama dengan banyak platform online. Pemerintah Indonesia memberikan saldo pada kartu pelatihan prakerja untuk semua peserta pelatihan yang lulus supaya bisa digunakan untuk membeli voucher belajar di situs yang disediakan. 

Bentuk pelatihan ini hanya diberikan sekali seumur hidup oleh pemerintah kepada masyarakat. Berikut syarat yang harus kamu patuhi sebelum mendaftar ke laman pelatihan prakerja yaitu kamu bukan seorang pelajar, WNI (Warga Negara Indonesia), berusia di atas 18 tahun pada tahun kamu mendaftar.

Kamu dapat memilih beberapa pelatihan yang sesuai dengan minat dan keinginan kamu. Seperti misalnya cara berjualan online, fotografer, computer, cara berbisnis Kursus berbahasa dan lainnya. Pelatihan ini dapat kamu beli jika dinyatakan lulus di pelatihan kartu prakerja.

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) juga memberikan beberapa pelatihan untuk peserta kartu prakerja yang telah lulus. Setiap pelatihan dibiayai oleh pemerintah. Peserta hanya membeli saja jenis pelatihan berdasarkan skil yang dimiliki lalu saldo yang ada di kartu prakerja otomatis akan terpotong.

Untuk setiap pelatihan yang dibeli peserta bisa langsung mengakses materi pelatihan di platform pelatihan prakerja. Jenis pelatihan yang disediakan sekitar 2.055 jenis pelatihan dari 8 platform mitra online kartu prakerja, dan ada 198 lembaga yang bekerja sama dengan pelatihan prakerja ini.

Beberapa contoh ulasan prakerja yang diberikan dari materi pelatihan prakerja ini yaitu tentang materi pembelajaran yang diberikan saat pelatihan masih terlalu mendasar. Semua jenis pelatihan dari beberpa mitra kerja sama pelatihan prakerja 

Beberapa diantaranya seperti dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Mau Belajar Apa, Ruang Guru dan Sekolahmu. Mendapatkan beberapa ulasan yang hampir sama yaitu, Materi pelatihan pembelajaran yang diberikan dapat di download secara gratis di youtube karena bersifat mendasar semua. 


Contoh Ulasan Prakerja

contoh ulasan prakerja

Beberapa paket pelatihan kartu prakerja dari pemerintah seperti paket dasar usaha perikanan dari tokopedia, di sini tokopedia menyediakan jenis usaha di bidang perikanan untuk peserta, seperti proses pemasaran, pemaketan dan lainnya. 

Skill academy dari ruang guru yang menyediakan pelatihan untuk peserta berupa pembuatan portofolio untuk melamar pekerjaan dan lainnya.

Pemberian pelatihan prakerja secara online oleh pemerintah dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, bagi beberapa orang yang di PHK akibat pandemi CoVid, maupun bagi beberapa pekerja namun pekerjaannya terhambat semenjak pandemi. Adanya pelatihan ini memberikan peluang usaha bagi para pemuda dan pemudi yang memiliki jiwa usaha sejah awal. 

Beberapa dari mereka dapat memanfaatkan hasil dana insentifnya sebagai modal awal membuka usaha di masa pandemi ini. Namun ada juga beberapa sobat kosngosan mungkin yang hanya menggunakan insentifnya sebagai keperluan sehari – hari saja. Berikut beberapa pendapat segelintir orang tentang pelatihan prakerja online.

Baca juga : Cara Mengatasi Nomor Kartu Prakerja yang Bermasalah


1. Pelatihan kerja yang dilakukan secara online ini bersifat otodidak. Jadi saya sangat terbantukan dengannya. Makasih atas pembelajarannya


2.Trims prakerja! saya bisa menerapkan materi yang telah dipelajari pada lingkungan sekitar. Semoga kelak saya dapat kerja, amin


3. Setelah saya mengikuti pelatihan kelas mengajar, saya jadi terinspirasi untuk menerapkannya pada anak bimbingan saya, terimakasih.


4. Pelatihan kartu prakerja memiliki banyak meteri pembelajaran yang baik dan bermafaat untuk penggunanya. Ilmu dari materi yang diberikan dapat digunakan untuk kebutuhan para peserta di masa depan.


5. Penting sekali memberikan pengajar yang lebih kompeten supaya bisa membantu anggota pelatihan kerja agar bisa mendapatkan kerja yang sesungguhnya setelah pelatihan ini usai.


6. Proses registrasi pelatihan kartu prakerja melalui online ini kenyataannya menimbulkan beberapa masalah seperti tidak tepat sasaran dengan tujuan yang dituju.


7. Adanya situs jual beli video di platform digital pelatihan ketenaga kerjaan bisa diganti dengan merumuskan cara lain yang lebih efektif


8. Pemberian insentif kepada pengguna pelatihan kartu prakerja secara online harus didahulukan sebelum memulai pelatihan pembelajaran.


9. Pengumpulan data peserta pengguna pelatihan kartu prakerja melalui website prakerja saat registrasi bukan cara yang aman dan baik. Sebaliknya pengumpulan data peserta bisa melalui dinas – dinas serikat pekerja.


10. Materi pelatihan berupa video yang di beli secara online menurut beberapa pengguna merupakan video tutorial biasa yang dapat di download secara gratis di youtube.


11. Munculnya beberpa masalah berupa tidak adanya sertifikat yang tertera di dashboard akun pengguna sehingga insensifpun tidak bisa dicairkan.


12. Dibandingkan dengan pelatihan online seperti ini, mungkin bisa diganti dengan training camp atau praktek langsung yang membuahkan hasil.


13. Adanya keterlambatan pemberian insensif setelah menyeleseaikan pelatihan prakerja secara online. Saya menyesalkan sistem nya yang lelet dan loading lama


14. Pelatihan kartu prakerja dari platfrom kosngosan ini sangat bermanfaat, ada beberapa orang yang dapat membuka usaha makan dari hasil pelatihan prakerja yang diberikan pemerintah. Ada juga yang bisa langsung menerapkan hasil pelatihannya di kehidupan sehari – hari.


15. Pemberian insensif dari hasil pelatihan prakerja dapat digunakan sebagai modal awal untuk membuka usaha bagi beberapa orang yang dapat menemukan peluang usahanya.


16. Adanya pelatihan prakerja online dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan materi dari pelatihan kartu prakerja ini sangat bermanfaat.


17. Materi – materi yang disajikan sangat sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Terimakasih kepada blablabla atas pelatihan nya


18. Ada beberapa materi yang bisa di dapatkan dengan mudah di pencarian youtube, atau pelatihan di luar sana tanpa harus membayar mahal dari pemotongan saldo awal.


19. Dari ulasan lembaga pelatihan yaitu, lembaga yang memberikan materi pelatihan prakerja sangat menarik dan pelayanannya sangat baik.


20. Dari Ulasan Pelatihan yaitu Instruktur pelatihan pembelajaran sangat baik saat memberikan materi pelatihan di dalam kelas belajar.


21. Peserta dapat memahami dengan baik semua materi yang dijelaskan oleh Instruktur. Next time kalau ada saldo, saya beli lagi kelas yang lain deh


22. Instruktur yang menjelaskan sangat ramah dan baik dalam menjelaskan semua materi belajar pelatihan kartu prakerja.


23. Materi yang diberikan tidak sesuai dengan jumlah biaya yang dibayarkan. Saya menyesal membeli kelas ini, moga yang lain baca


24. Materi terlalu dasar dan terlalu mahal untuk sebuah pelatihan bersertifikat. Saya harap pemateri bisa meng upgrade ilmu yang diberikan


25. Pelatihan ini sangat bermanfaat, mudah dipahami dan rekomendasi untuk beberapa orang yang ingin mendaftar.


26. Pelatihan prakerja ini sangat cocok untuk beberapa orang yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi Corona Virus 19 sekarang ini.


27. Pelatihan prakerja online ini seharusnya ditujukan bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan, mereka yang di PHK akibat pandemi Corona Virus


19 Bagi kalian yang belum bisa bekerja saat ini, namun ada beberapa dari peserta yang salah sasaran. Semoga materi berikutnya bisa diperbaiki lagi ya


28. Jika ada situs gratis untuk mengikuti pelatihan kenapa harus berbayar? Saya kira kelas yang diberikan tidak terlalu eksklusif, terlalu membuang buang saldo


29. Ada beberapa orang mengalami kendala ketika di akhir pelatihan dan tidak mendapatkan sertifikat beserta dana insentifnya.


30. Program pelatihan prakerja ini tidak menyeluruh, karena semua prosesnya melalui online jadi, bagi mereka yang tidak mengenal dan tidak bisa mengakses internet tidak bisa ikut bergabung di program pelatihan prakerja dari pemerintah ini.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan Prakerja Gagal 3 Kali


31. Saya sangat menyukai pelatihan prakerja yang saya pilih, karena memberikan kemudahan terhadap akses informasi yang saya butuhkan dibidang marketing dan penjualan produk


32. Terimakasih kepada pihak kosngosan, selaku penyedia pelatihan program prakerja. Saya memilih platfrom ini karena terbukti memiliki trainer yang kompeten dibidangnya


33. Saya sangat terbantukan sekali dengan adanya pelatihan cara mengiklankan produk lewat sosial media seperti ini. Mudah mudahan saya bisa menerapkan ilmu tersebut di bisnis saya secara langsung


34. Terimakasih sudah memberikan materi pelatihan yagn berguna dan berharga buat saya, semoga bisa diterapkan dalam bisnis saya sehari hari.


35. Alhamdulillah saya akhirnya bisa menyelesaikan program pelatihan, teknik SEO dan SEM yang baik dan benar. Bersyukur sekali karena telah mengikuti pelatihan ini


36. Saya telah mengikuti pelatihan ini selama 5 kali berturut-turut setiap hari, dan materi yang diberikan sangat mudah untuk dipahami


37. Saya merasakan perubahan, informasi dan ilmu yang saya dapatkan setelah mengikuti program pelatihan ini sangat berguna untuk saya terapkan dalam bisnis saya


38. Walaupun saat ini saya belum memiliki usaha sendiri, namun setelah mengikuti program pelatihan wirausaha dari pra kerja, saya semakin memantapkan diri untuk memulai bisnis baru


39. Program pelatihan ini memberikan dampak positif untuk perkembangan kemampuan saya dalam memahami Bagaimana cara untuk memasarkan produk secara efektif


40. Terima kasih kepada pihak Zenius, karena sudah memberikan pelatihan dengan menyediakan pelatih yang kompeten dibidangnya


41. Materi yang diberikan asik dan singkat jelas serta padat. Tapi perlu durasi yang lebih lama supaya anggota pelatihan bisa lebih menguasai materi


42. Saya mengusulkan untuk sistem absen, sebaiknya dilakukan pengisian formulir secara online. Supaya nanti para peserta bisa tertib dan disiplin


43. Wow, pelatihan yang diberikan sungguh bermanfaat dan juga bisa diaplikasikan. Saya tidak menyesal mengikutinya!


44. Saya berkenal untuk menyediakan waktu menulis review ini, karena benar-benar merasakan manfaat dari pelatihan yang diberikan


45. Terima kasih kepada pihak panitia, saya sebagai peserta merasakan manfaatnya untuk ilmu dan teknik yang diberikan melalui zoom kali ini


46. Semoga saya bisa mengaplikasikan cara-cara terbaru yang sudah diajarkan oleh para senior setelah mengikuti program pelatihan pekerja ini


47. Walaupun saya saya tidak memiliki latar pendidikan di bidang IT, namun setelah mengikuti program coding di prakerja, saya merasa tertantang untuk belajar lebih lagi


48. Terimakasih, materinya sangat bermanfaat dan juga applicable. Saran saya, pemateri juga sesekali bisa bertanya atau mengajukan sesi diskusi


49. Saya tidak menyesal untuk membeli pelatihan ini dengan menggunakan saldo prakerja saya. Terimakasih sudah menambah wawasan saya di bidang design!


50. Hore, akhirnya saya telah menyelesaikan pelatihan dari kosngosan, dan mendapatkan sertifikat yang layak. Terimakaasih!


Kata Penutup

Ulasan prakerja merupakan salah satu langkah akhir yang harus temen temen kosngosan tuliskan, setelah mengikuti pelatihan pada program prakerja. Jangan sembarang menulis review prakerja, tapi tulislah berdasarkan apa yang kamu rasakan.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai beberapa contoh penulisan review atau ulasan tentang prakerja. semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share bagikan ke sosial media masing masing.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya