Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Contoh Masakan Frying: Shallow, Deep, Stir, Pan

Dalam dunia kuliner modern, sudah banyak sekali perkembangan dari teknik memasak makanan. Karena perkembangan teknologi yang semakin memudahkan manusia untuk menghasilkan makanan berkualitas tinggi. Lalu seperti pembahasan kita kali ini, akan membahas mengenai teknik memasak frying. Apa yang dimaksud dengan frying? Secara sederhana frying adalah bahasa inggris dari "menggoreng". 

Teknik menggoreng dalam memasak dengan menggunakan minyak panas, memang sudah lama diaplikasikan oleh manusia. Namun saat ini ada berbagai turunan dari teknik menggoreng tersebut. Yang nanti akan kita bahas satu persatu berikut contoh masakan yang dihasilkannya.

Seperti yang mimin kosngosan kutip dari laman wikipedia, masyarakat di Mesir kuno ternyata telah lama memasak makanan menggunakan cara menggoreng pada tahun 2500 Sebelum Masehi. Mereka menggoreng makanan menjadi matang, makanan  yang mengandung gula yang akan mengalami karamelisasi.


Contoh Masakan dari Teknik Menggoreng Beserta Turunannya

Baiklah kita akan langsung membahas mengenai satu persatu dari contoh makanan yang dihasilkan dari teknik menggoreng apabila kita tinjau dari kuliner modern yang saat ini mudah kita dapatkan. Check these out!


Daftar isi

Contoh Masakan Shallow Frying

Apa yang dimaksud dengan teknik memasak shallow frying? Shallow berarti dangkal,  bisa didefinisikan sebagai suatu teknik menggoreng yang menggunakan minyak sedikit dan hanya bertujuan untuk melapisi permukaan makanan dengan minyak tanpa merendamnya secara penuh. 

Berikut contoh masakannya :

Baca juga : Contoh Makanan Oriental dan Kontinental


1. Crispy Chicken Wing 

Bagian ayam yang satu ini memang cukup banyak penggemarnya. Selain dada dan paha, ada juga sayap ayam yang biasanya dibalur dengan tepung dan digoreng dengan menggunakan teknik shallow frying. 

Masak ayam krispi ini bisa dicoba sendiri di rumah, dan tetap dengan kualitas super yang tidak mengecewakan, yang dibutuhkan hanya bahan-bahan yang tepat dan tambahan saos yang enak.


2. Pecak Terong

Apakah kamu sudah bosan membuat terong balado atau terong goreng? Kalau begitu sobat kosngosan bisa mencoba kreasi baru seperti resep Pecak Terong. Sayuran terong yang dimasak dengan cara dipenyet dan dibumbu santan ini kemudian di olah dengan menggunakan teknik shallow frying, tidak kalah lezat dengan olahan terong lainnya. Tertarik untuk mencobanya?


3. Udang Crispy

Udang Crispy adalah makanan yang memiliki rasa dan tekstur yang kriuk dan pedas. Renyahnya udang didapat dari menggunakan Tepung Kentucky SuperCrispy yang bisa didapat dari kemasan. 

Teknik memasaknya dengan cara dicelupkan kedalam adonan tepung basah dan dilumuri menggunakan tepung kering kemudian digoreng menggunakan teknik shallow frying. Dengan Tepung Kentucky SuperCrispy kriuknya bisa tahan sampai berjam jam bila disimpan dengan tepat.


4. Sambel Tempe Tahu Goreng Geprek

Tempe dan tahu geprek merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dengan teknik meng goreng dengan teknik shallow dan yang digeprek. Para penikmat kuliner lokal, dihebohkan terlebih dahulu dengan wabah ayam geprek. Meski digeprek, tapi soal citarasa antara ayam dan tahu tempe tentu saja berbeda.


5. Perkedel Jagung

Seperti namanya, perkedel ini berasal dari jagung manis yang memiliki tekstur renyah bila di goreng. Perkedel jagung dapat juga disebut dadar atau bakwan jagung terbuat dari jagung manis dan tepung. Dalam membuat perkedel jagung memang cukup sederhana dan  tidak membutuhkan banyak waktu


6. Roti Gulung Sosis

Contoh masakan yang berasal dari teknik memasak shallow frying ini adalah roti gulung yang ditambah dengan sosis. Makanan sederhana berupa roti sandwich goreng isi sosis ini dapat menjadi andalan sobat kosngosan. Cara membuat roti gulung ini sedikit berbeda karena seperti roti gulung. Tinggal susun bahannya dan goreng, jadilah roti gulung yang enak dan bisa mengganjal perut. 


7. Roti Canai

Kamu pasti pernah memakan masakan yang satu ini, bukan? Roti canai biasa juga dikenal sebagai roti maryam, memiliki bentuk bundar dan tekstur yang tipis. Roti canai menjadi makanan di beberapa negara lain, termasuk negara malaysia. Ada yang bilang, roti canai berasal dari India, tepatnya dari Chennai yang kemudian menjadi asal-usul namanya.


8. Martabak Mesir/Kairo

Martabak mesir, martabak kairo, atau martabak kubang adalah salah satu contoh masakan dari teknik shallow fring yang berasal dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu (utamanya rendang daging sapi yang sudah dicincang), dan daun bawang dan juga disajikan bersama kuah cuka yang khas.


9. Telor Dadar Isi

Telur dadar merupakan salah satu olahan populer untuk dimakan bagi masyarakat indonesia. Rasanya yang enak dan juga familiar, ditambah harga bahan ekonomis. Masakan ini bisa di kreasikan dengan berbagai bahan tambahan. Salah satunya adalah telur dadar dengan sayuran bayam dan lainnya. Bentuknya yang menarik membuat makanan ini bisa diberikan kepada anak kecil.


10. Steak Beef

Steak atau beef steak adalah salah satu makanan yang berasal dari daging sapi yang diiris dengan cara dipotong kemudian diproses menjadi makanan westren yang siap santap. Cara membuat steak daging atau bifstik dapat diolah melalui banyak teknik, seperti salah satunya di goreng shallow


Contoh Masakan Deep Frying

contoh masakan frying

Nah seperti namanya, kita bisa mengartikan bahasa Inggris dari Deep sebagai "Dalam", dan frying sebagai menggoreng.  Jadi apabila digabung kita bisa mendefinisikan sebagai teknik menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak sehingga bahan masakan terendam kedalam minyak. 

Berikut adalah beberapa contoh masakannya :


1. Ayam Goreng Tepung

Daging ayam yang memiliki tekstur lembut, memang banyak disukai oleh orang-orang. Apalagi ditambah dengan Baluran tepung, sehingga jadilah ayam goreng tepung yang banyak disukai oleh sobat kosngosan. Makanan ini merupakan salah satu contoh dari teknik Deep frying


2. Daging Dendeng Goreng

Daging kambing atau daging sapi, bisa juga diolah menjadi dendeng sapi atau dendeng kambing, kemudian diberikan sambal pedas. Untuk menciptakan tekstur daging yang cruncy, maka dilakukan teknik Deep frying. Kamu pasti suka dengan olahan makanan ini, bukan?


3. Ikan Goreng

Hampir sama dengan jenis daging-dagingan lainnya, seperti ayam dan juga sapi, ikan juga diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak yang banyak, biasa disebut deep frying. Ikan goreng seperti nila, lele, mas dan lainnya sangat nikmat untuk dikonsumsi


4. Sosis Goreng

Sosis adalah salah satu makanan olahan yang berasal dari daging cincang kemudian ditambah dengan tepung dan bumbu. Sosis memang biasanya dikonsumsi dengan cara dipanggang, namun ada juga yg menggorengnya atau dikonsumsi langsung


5. Kue Donat

Kue donat adalah salah satu jenis kue yang berasal dari tepung gandum yang diolah sedemikian rupa, kemudian digoreng menggunakan minyak panas yang banyak. Sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy. Kemudian dibaluri dengan berbagai jenis topping.


6. Bebek Goreng

Bebek selain enaknya di atau dibakar, juga biasanya digoreng dengan menggunakan minyak panas yang banyak, dicampur dengan bumbu ataupun cabai. Sehingga terciptalah bebek goreng yang cruncy dan enak.


7. Cireng

Apakah kamu suka makan cireng? Cireng adalah jajanan ringan dari Sunda. Cireng dibuat dengan menggoreng campuran adonan berbahan tepung kanji atau tapioka. Kemudian biasanya disajikan dengan berbagai saos atau bumbu tambahan.


8. Bakso Goreng

Walaupun pada dasarnya bakso adalah olahan yang berasal dari daging dan tepung kemudian direbus, makanan bakso ini juga bisa diolah kembali dan digoreng menggunakan teknik penggorengan dalam, untuk menghasilkan kulit bakso yang renyah.


9. Aneka Jajanan Gorengan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan. Ini adalah sebutan dari berbagai jenis makanan yang digoreng menggunakan Baluran tepung menggunakan teknik deep frying. Seperti pisang goreng, bakwan, singkong goreng, dan lainnya.


10. Tempe Tahu Goreng

Masyarakat Indonesia juga sangat gemar untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari olahan kedelai seperti tempe dan tahu. Biasanya ini dijadikan sebagai lauk makan sehari-hari, dengan cara mengolahnya menggunakan teknik deep frying.


Contoh Masakan Stir Frying

contoh masakan frying

Stir Frying dalam bahasa indonesianya adalah menumis. yang membedakan antara teknik shallow frying dengan stir frying adalah, di teknik stir ini, sobat kosngosan memang menggunakan sedikit minyak, namun bahan-bahan masakan harus terus diaduk dan juga dilemparkan atau diputar dalam wajan.

Berikut beberapa contoh masakannya :


1. Nakji Bokkeum

Kamu suka kuliner kekoreaan? Ini adalah salah satu jawabannya. Hidangan khas dari negeri gingseng ini terbuat dari bahan dasar gurita. Gurita kemudian diolah dengan cara khusus menggunakan teknik stir frying dengan menggunakan campuran bumbu yang sangat khas, sehingga rasanya sangat lezat dan enak.


2. Stir Fry Chicken

Ayam memang memiliki banyak olahan yang enak. Misalnnya dengan teknik stir fry. Cara membuat Chicken stir fry, kamu cukup memasukan minyak goreng dalam wajan dengan jumlah sedikit, kemudian memasukan bawang putih yang digeprek, dan ditambahkan dengan jahe sampai wangi


3. Bihun Stir Fry

Apakah kamu suka bihun? Banyak orang menyukai bihun yang hampir sama dengan mie ini merupakan bahan makanan yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu. Bihun memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, sehingga membuat makanan ini disukai banyak orang. Kamu bisa mengolahnya dengan tambahan berbagai toping dan bahan


4. Sayuran Stir Fry

Ada berbagai jenis sayuran yang bisa kamu stir fry, seperti kangkung, bayam atau kol dan sejenisnya. Sayuran dapat kamu konsumsi melalui beragam cara, seperti dikonsumsi langsung atau pun diolah terlebih dulu. Cara mengolahnya pun beraneka ragam, seperti direbus, ditumis, dikukus dan ditambah dengan berbagai bahan


5. Pickled Cucumber and Shrimp

Ini adalah campuran dari mentimun, memiliki rasa yang cukup pedas dengan ayam dan udang ini pasti akan membangunkan selera makan mu setiap harinya dengan campuran kecap, anggur dan atau minyak wijen. Lalu tambah air diatas wajan yang cukup panas. Kamu bisa membuat Acar Mentimun dan Udang Tumisan dengan cara tersebut.


6. Chinesee Stir Fry and Scallop

Banyak yang menyukai makanan dari china, termasuk jenis makanan ini. Pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan chinese lettuce dan juga scallops yang enak di mana pun kamu berada


7. Stir Fry Lotus Root

Sobat kosngosan juga bisa melakukan teknik memasak ini di akar lotus atau teratai. Dan ternyata tanaman lotus punya jenis akar yang tertanam di bagian bawah dan dapat dimakan lho! Bahkan akar tersebut kaya akan serat, vitamin B dan C, kalsium dan elektrolit untuk kesehatan tubuh.


8. Nasi Goreng Pedas Manis

Nasi goreng membutuhkan cukup bumbu dasar, seperti bawang merah, bawang putih, telur, dan nasi putih. Lalu bumbu tersebut diolah dimasak menjadi satu kesatuan dalam wajan. Masakan ini menggunakan teknik stir frying yang juga bisa dipadukan dengan berbagai menu tambahan lain, seperti sosis, bakso, ikan, ayam, dan telur.


9. Beef Stir Fry

Kamu suka daging sapi yang di stir fry ? Kamu bisa memanaskan minyak sayur di pan dengan api sedang. Kemudian masukan daging dan masak hingga daging kecoklatan. Pindahkan daging dan masukan brokoli, paprika, wortel, daun bawang dan bawang putih ke tengah-tengah.


10. Stir Fry Mie Soba

Sobat adalah jenis mie dari jepang menggunakan bahan utama tepung gandum, yang terkenal seperti Tempura dan Sushi. Selain soba dengan kuah yang hangat. Kamu bisa mengolahnya dengan cara stir fry, setelah matang kemudian diletakan di atas keranjang bambu atau di piring dalam keadaan hangat.


Contoh Masakan Pan Frying

Teknik memasak pan frying, seperti namanya adalah menggoreng makanan dengan menggunakan wajan dan minyak atau lemak yang sedikit. Biasanya ini dilakukan pada daging yang memiliki lemak banyak. 

Berikut beberapa contohnya :


1. Beef Steak

Kamu suka steak? Ini adalah salah satu kuliner dari Barat yang bisa dengan mudah kamu jumpai. Steak dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar, atau bisa juga menggunakan teknik pan frying. Sehingga menciptakan wangi yang menggoda dan meningkatkan seleramu.


2. Burger

Semua orang pastinya kenal dengan makanan yang satu ini. Hamburger berasal dari kota Hamburg di Jerman, yang dikenal karena mengekspor daging sapi denhgan kualitas tinggi. Kuliner ini menjadi andalan dari Delmonico Restaurant di New York dan mendapat publikasi media cetak di tahun 1834


3. Dendeng Sapi Frying Pan

Apakah kamu suka dendeng? Ini adalah daging yang dipotong tipis dan kemudian dalam bentuk serpihan, lapisan lemaknya dipangkas, ditambah dengan saus atau cabai balado yang pedas dan nikmat. Kamu bisa memasak dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan juga dengan teknik dijemur


4. Pancake Frying Pan

Pancake atau panekuk adalah makanan yang cukup digemari oleh masyarat indonesia. Kue dadar terbuat dari terigu, telur, gula, dan susu. Dicampur dengan air dan membentuk adonan kental, kemudian diolah menggunakan teknik pan frying atau digoreng. Kue ini biasanya dimakan dengan tambahan mentega, sirup mapple, selai, keju serta madu


5. Pizza Frying Pan

Semua orang pastinya kenal dengan makanan dari italia ini. Pizza merupakan roti bundar, pipih kemudian dipanggang di oven dan  ditambah dengan saus tomat juga keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Namun juga kamu bisa memasak pizza dengan cara teknik frying pan, menggunakan pan.


6. Seaweed Tofu with Teriyaki Sauce

Tahu atau tofu, memang menjadi pilihan yang banyak disukai orang. Kamu bisa menambahnya dengan bumbu makanan seaweed tofu in teriyaki sauce. Kamu bisa menghasilkan sebuah olahan yang spesial untuk ayah ibu kita dan teman dengan teriyaki saus ini.


7. Goreng Telur 

Kamu suka olahan telur sederhana? goreng ceplok mata sapi atau dadar? Memasak telur memang cukup mudah dan tidak memakan waktu. Misalnya membuat telur goreng. Sobat kosngosan bisa mengkreasikan masakan telur goreng, sambil dipadukan dengan berbagai bahan atau disiram dengan berbagai saus.


8. Salmon Pan Frying

Ikan salmon memang cukup enak bila di pan frying. Ikan ini cocok untuk dijadikan asupan lauk bergizi, Walaupun ikan salmon cenderung harganya mahal namun sebanding ketika dikonsumsi. Memiliki citarasa daging yang sangat lembut dan gurih. Ditambah dengan kentang atau tambahan toping lainnya.


9. Shrimp Pan Frying

Masakan udang dan olahan laut memang cocok untuk diolah menggunakan teknik pan frying. Udang segar dapat jadi makanan lezat bila dimasak dengan tepat. Ada berbagai resep masakan olahan udang yang bisa jadi pilihan kamu, ditambah dengan berbagai bumbu yang lezat dan enak


10. Scallop Pan Frying

Apakah kamu suka scallop? Makanan sea food ini memang tergolong mewah. Scallop identik sebagai hidangan mewah, memang tidak sulit diolah. Bahkan kamu bisa memakannya mentah. Karena jenis makanan scallop cukup ditumis atau menggunakan teknik pan frying dalam waktu sebentar dan bisa memberikan sajian nikmat. 

Baca juga : Contoh Masakan Au Bain Marie, Stewing dan Sangrai


Kata Penutup

Dalam menggunakan teknik frying atau penggorengan, Tentu saja sangat penting untuk menjaga kualitas dari minyak yang digunakan. Jangan sampai minyak yang dipakai sudah hitam dan mengalami oksidasi, tentunya hal ini sangat tidak menyehatkan.

Semoga materi mengenai beberapa contoh masakan atau makanan yang dihasilkan dari teknik menggoreng diatas bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan.com. Tidak bosan bosannya mimin sampaikan untuk supaya berkenan dalam membagikan URL artikel ini ke sosial media kalian ya! Terimakasih!

Oleh rezaharahap