Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Contoh Masakan Grilling, Broiling dan Barbecuing

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia modren untuk memenuhi kebutuhan pangan-nya. Berbagai bahan masakan bisa diolah dengan berbagai teknik. Kali ini, kosngosan.com akan fokus membahas mengenai teknik memasak secara grill, broiled dan juga barbecued yang cukup familiar bagi kalian. Penasaran? mari kita bahas satu persatu dibawah ini. Keep scroolin ya guys!

Kegiatan dan memasak dipengaruhi oleh besar dan lamanya pemberian panas yang berasal dari api. Dalam ketiga teknik ini, membutuhkan panas sebagai sumber kalornya. Memasak juga  bertujuan untuk merubah nilai gizi bahan makanan. Memasak yang benar, haruslah memperhatikan teknik dan sebisa mungkin menjaga supaya kandungan gizi dalam makanan tetap sehat. Oleh karena itu,  dapat menurunkan nilai gizi ini, sebisanya harus dihindari.

Memasak bahan makanan daging misalnya, disarankan dengan menggunakan sedikit minyak ataupun dengan cara memanggang menggunakan api yang kecil. Untuk mengurangi hilangnya kandungan gizi. 

Panas yang berlebihan yang didapatkan dari proses pembakaran, akan dapat menyebabkan makanan menjadi kering, gosong, menyusut bahkan hancur dan menghasilkan karbon arang yang berbahaya bagi kesehata. Namun jika panas kurang tepat, hal ini dapat menyebabkan bahan memasak menjadi mentah, zat gizi berkurang, aroma makanan yang diinginkan tidak keluar dan sebagainya


Contoh Makanan dari Berbagai Teknik Memasak Menggunakan Panas

Panas dari api memang sudah banyak dipakai oleh banyak orang di zaman dahulu. sekarang, kita sudah bisa memasak hanya menggunakan peralatan elektronik, misalnya dari kompor listrik, oven dan sebagainya. Berikut beberapa contoh hasil makanan yang berasal dari teknik memasak yang sudah mimin kosngosan rangkum, yang membutuhkan api atau panas.

Baca juga : Contoh Masakan Smoking, Sauteing dan Baking


Contoh Masakan Grilling

contoh masakan grilling

Apa yang dimaksud dengan teknik grilling? Dalam bahasa Indonesia ini adalah teknik pemanggangan, yang menggunakan panas api secara langsung dengan temperatur tinggi. Sumber panas api berasal dari bawah, biasanya menggunakan arang yang dibakar.

Berikut beberapa contoh masakannya :


1. Sate Ayam, Sate Daging, dll

Sebagai masyarat indonesia, kamu pastinya sering mengkonsumsi sate, bukan? Ada beberapa jenis sate di Indonesia, misalnya Sate Madura, Sate Padang, Sate Lilit, Sate Buntel, Sate Klathak, Sate Ambal, Sate Kerang dan seterusnya. 

Bahan utama terbuat dari daging apa saja, asalkan bisa dikonsumsi. Seperti daging kambing, domba, sapi, kerbau, kelinci, bebek, babi, kerang, udang, bahkan kuda. Dan yang banyak terkenal dibuat sate di Indonesia adalah kambing, sapi, atau ayam.


2. Sate Taichan

Sobat kosngosan pasti pernah mengkonsumsi sate jenis ini? Sate taichan merupakan varian dari sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang atau tambahan saos lainnya. Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta dan kini menyebar sampai seluruh Indonesia.


3. Iga Bakar

Hidangan dari bahan iga yang didapat dari sapi, memiliki cukup besar dan butuh proses pengempukan yang lama menggunakan teknik grilling. IGA bakar memiliki rasa yang lebih spesial dengan hadirnya tambahan berbagai bumbu dan saos. Iga yang baik dimasak dengan bumbu yang cukup dalam waktu yang lama, sehingga menghasilkan daging yang lembut dengan bumbu menyerap.


4. Ikan (Bandeng, Nila, Mas) Bakar

Kamu suka ikan bakar? Santapan ikan bakar adalah salah satu menu dalam pengolahannya mudah, memiliki rasa yang tidak bisa diragukan. Adanya perpaduan ikan bakar dengan bumbu rempah akan menghasilkan kombinasi rasa yang enak, gurih, pedas, dan manis bercampur


5. Roti Bakar

Roti bakar adalah hidangan yang nikmat dan banyak digandrungi semua kalangan. Roti bakar mudah didapatkan, sering sekali kita jumpai di warung kaki lima. Berbagai rasa roti bakar, mulai dari cokelat, keju, strawberi, kacang dan lainnya, sesuai dengan tambahan toping yang kita inginkan.


6. Sate Usus dan Dalaman

Usus atau dalaman ayam, sapi dan hewan lainnya memang bisa dinikmati. Usus tersebut bisa diungkep menggunakan bumbu kuning untuk tempe dan ikan. Setelah digoreng sampai permukaannya cukup kering, kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan jadilah lauk spesial untuk teman makan nasi putih hangat.


7. Pepes Bakar

Pepes ikan adalah olahan makanan yang bisa juga dibakar atau menggunakan teknik grilling. Pepes ikan yang biasanya dikukus, bisa dibakar dengan menggunakan bumbu meresap. Memiliki rasa yang gurih pedas dan mantap disuap dengan nasi.


8. Otak Otak

Apakah sobat kosngosan suka otak otak? Olahan ini dibuat dari campuran ikan tenggiri cincang yang dicampung dengan tepung sagu atau tepung tapioka. Olahan makanan ini pun memiliki ciri khas rasa tekstur yang enak, kenyal dan gurih. Selain itu camilan ini juga mengandung gizi sebagai protein dan karbohidrat.


9. Nasi Bakar

Seperti namanya, ini adalah nasi yang dibakar menggunakan daun, diisi dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Nasi bakar memiliki aroma yang wanginya, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi. Daun pisang yang terbakar memberikan aroma yang khas sehingga menebarkan aroma nikmat


10. Steak Grill

Kamu suka makan steak daging? Pada umumnya untuk hidangan steak sebenarnya adalah daging yang proses memasaknya dengan cara grill atau panggang. steak yang selama ini kita kenal, dimasak dengan api langsung serta waktu yang singkat, menggunakan teknik grill atau panggang. 


Contoh Masakan Broilling

Contoh Masakan Broilling

Sepintas teknik memasak grilling dan broiling hampir sama. Hanya saja pada teknik memasak brolling menggunakan panas tinggi yang langsung mengarah ke bahan makanan, sumber panas berasal dari atas dan kita harus membolak-balik makanan supaya tidak kosong. Biasanya menggunakan oven.

Berikut beberapa contoh hasil masakan nya :


1. Steak Beef Broiled

Apakah sobat kosngosan tahu bahwa daging memang banyak diolah menggunakan teknik yang berbeda? Salah satunya broiling. Daging dari proses broiling juga memiliki cita rasa yang lebih kaya, yang didapat dari proses pelumuran bumbu sebelum dan selama pemanggangan.


2. Chicken Broiled

Kamu suka ayam? ayam sendiri memiliki rasa enak dan gurih, dengan harga yang relatif terjangkau. Dagingnya bisa diolah menjadi kudapan yang nikmat serta menggugah selera. Salah satunya ayam broiled dengan berbagai tambahan bumbu rempah.


3. Duck Broiled

Selain ayam, ada juga bebek yang bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan dengan teknik broiled. Daging bebek bisa diolah menjadi berbagai varian masakan untuk sarapan, makan siang, dan juga menu malam hari. Teknik memasak bebek juga tidak susah


4. Sosis Broiled

Kamu suka sosis? Sosis banyak digemari dengan rasanya yang nikmat. Sosis banyak diolah menjadi berbagai makanan, sering juga dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Selain itu sosis bakar juga nikmat untuk dikonsumsi menggunakan roti atau tambahan sayuran.


5. Bandeng Broiled

Ikan bandeng adalah ikan dengan gizi yang tinggi. Ikan ini banyak mengandung asam lemak omega-3 menjadi sumber nutrisi dan punya banyak manfaat baik untuk kesehatan. Seperti melindungi kesehatan otak, mengontrol berat badan, hingga menghangatkan tubuh. Bandeng juga bisa kita olah dengan cara dibakar


6. Roti Broiled

Olahan roti bakar juga punya penikmat yang banyak di tanah air. Roti tawar yang berbentuk kotak disukai semua kalangan. Untuk menikmatinya, orang orang bisa menambahkan berbagai topping. Biasanya untuk sarapan pagi, roti bakar ditambah keju, sayuran dan telor goreng diatasnya.


7. Egg Broiled

Telur selain di rebus dan digoreng, juga bisa di bakar lho. Bicara mengenai masakan telur apabila kamu sedang bosan dengan telur ceplok, dadar, atau rebus, saatnya sobat kosngosan memasak menu lain dari telur dengan menggunakan teknik membakar. 


8. Potato Broiled

Kamu pecinta kentang? Umbi ini mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi. Biasanya kamu bisa mengolahnya menjadi kentang goreng, tapi kamu juga bisa mengolah kentang bakar dengan tekstur yang khas.


9. Veggie Broiled

Sayuran biasanya hanya disajikan dalam bentuk tumis, sup, atau kukus, namun kamu bisa mencoba variasi yang berbeda dengan menjadikannya sebagai salah satu menu bakaran. Sayuran yang dibakar dengan teknik khusus akan menghasilkan tekstru crunchy yang enak


10.Marshmallow Broiled

Kamu bisa mencoba menggunakan marshmallow dan coklat leleh. Tusuk-tusuk marshmallow dan kemudian bakar di atas api. Tak perlu terlalu lama, cukup sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelahnya kamu bisa mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan.


Contoh Masakan Barbecuing

Contoh Masakan Barbecuing

Dalam bahasa Indonesia kita bisa mengatakan teknik ini barbeque. Di mana menurut Wikipedia, barbeque adalah teknik memasak panggang dengan peralatan khusus, memanggang dalam waktu singkat, pakai panas api secara langsung berkekuatan menengah hingga tinggi, sementara barbeku dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama dengan pakai  panas tidak langsung, akan mendapatkan aroma dan cita rasa khas barbekyu dari pengasapan.

Berikut beberapa contoh masakannya :


1. Ayam Bakar Sauce BBQ

Ayam Bakar Saus BBQ merupakan salah satu resep olahan ayam yang cukup mudah dibuat. Daging ayam bisa dibumbui menggunakan saus BBQ yang memberikan rasa berbeda sekaligus mengempukkan daging. Kemudian diolah menggunakan teknik BBQ


2. Sosis BBQ

Dalam mengolah sosis menjadi makanan ala BBQ, kamu bisa memilih jenis sosis yang memiliki tekstur cukup tebal. Jadi sosisnya tidak mudah kering dan terb akar. Jangan memotong atau mengerat sosis terlalu besar, sehingga bumbu dan cairan yang ada di dalam sosis tidak keluar.


3. Marshmallow BBQ

Kamu suka marshmallow? Menggunakan marshmallow dan coklat leleh adalah salah satu pilihan unik dalam bbq-an. Tusuk marshmallow menjadi beberapa tusukan, lalu bakar di atas api. Tunggu hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Kemudian sobat kosngosan cukup mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan menggunakan teknik au bain marie.


4. Bakso Saos BBQ

Bakso tidak hanya dimakan dengan sup kuah, tetapi juga di jadikan menu bbq-an bersama teman teman. Bakso juga lezat ketika dibakar. Kamu bisa menjadikan bakso menjadi andalan makanan BBQ. Siapkan bakso, mentah dan sajikan dengan saos sesuai selera.


5. Aneka Ikan BBQ

Bagaimana pun, ikan tetap enak dimakan pakai teknik memasak apapun. Bila kamu memang lagi BBQ didekat pantai, pilihan terbaik adalah menggunakan bahan baku ikan, seperti ikan kakap, bawal, kerapu, baronang, dan gurami.


6. Beef BBQ

Ini adalah menu utama dan pertama dalam BBQ an. Mayoritas orang mengolah daging sapi menjadi sate. Ada juga memilih untuk mengolah daging menjadi patty burger lalu dipanggang di atas api secara perlahan.


7. Sea Food BBQ

Bosan manggang ikan? Pilihan lain seperti cumi, scallop, udang, lobster juga bisa menjadi menu untuk BBQ. Sobat kosngosan harus memilih seafood yang berukuran agak besar dan dagingnya segar. Kemudian diberikan bumbu yang sederhana seperti perasan jeruk, garam, maupun bumbu kecap.


8. BBQ Jagung

Kamu suka jagung manis? Jagung sangat bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk BBQ karena lebih mudah dan gampang diolah. Jadi kamu cukup mengoleskan mentega atau margarin merata ke permukaan biji jagung, sehingga aroma bakarnya menjadi lebih wangi gurih


9. Vegetarian BBQ

Apakah kamu pernah mencoba menu bbq dari sayuran? Ini bisa mencoba variasi berbeda yaitu menjadikan menu BBQ  dari sayur sayuran sebagai salah satu menu bakaran BBQ. Kamu bisa memilih sayuran yang pas seperti jamur, terung, wortel, kentang, asparagus, jagung, buncis dan bawang bombay.


10. Tempe dan Tahu BBQ

BBQ an dengan kearifan lokal? Kamu bisa menggunakan bahan dari tempe dan tahu. Keduanya punya bahan baku sama, yakni sama sama terbuat dari kacang kedelai. Untuk proses produksinya menghasilkan produk akhir yang berbeda. Keduanya jika diolah bisa menjadi makanan yang cukup enak dan menjadi makanan mewah, seperti BBQ contohnya.

Baca juga : Contoh Masakan Aneka Frying


Kata Akhir

Berbagai teknik memasak yang modern seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu teknik memasak grilling, broilling dan barbecuing, adalah memasak dengan memanfaatkan kontak api langsung dengan bahan masakan, sehingga menghasilkan tekstur yang diharapkan

Semoga materi diatas bermanfaat buat teman teman kosngosan.com sekalian, karena kita tidak bisa membahas seluruh teknik memasak modren beserta turunan produknya, ketiga teknik diatas mungkin sudah cukup buat kalian dalam membagikan nya ke sosial media masing masing. Terimakasih!

Oleh rezaharahap