Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Makanan Grilling ala Rumahan

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia modren untuk memenuhi kebutuhan pangan-nya. Berbagai bahan masakan bisa diolah dengan berbagai teknik. Kali ini, kosngosan.com akan fokus membahas mengenai teknik memasak secara grill atau grilled yang cukup familiar bagi kalian. Penasaran? mari kita bahas satu persatu dibawah ini. Keep scrooling ya guys!

Kegiatan dan memasak dipengaruhi oleh besar dan lamanya pemberian panas yang berasal dari api. Dalam ketiga teknik ini, membutuhkan panas sebagai sumber kalornya. Memasak juga bertujuan untuk merubah nilai gizi bahan makanan. Memasak yang benar, haruslah memperhatikan teknik dan sebisa mungkin menjaga supaya kandungan gizi dalam makanan tetap sehat. Oleh karena itu, dapat menurunkan nilai gizi ini, sebisanya harus dihindari.

Memasak bahan makanan daging misalnya, disarankan dengan menggunakan sedikit minyak ataupun dengan cara memanggang menggunakan api yang kecil. Untuk mengurangi hilangnya kandungan gizi.

Panas yang berlebihan yang didapatkan dari proses pembakaran, akan dapat menyebabkan makanan menjadi kering, gosong, menyusut bahkan hancur dan menghasilkan karbon arang yang berbahaya bagi kesehata. Namun jika panas kurang tepat, hal ini dapat menyebabkan bahan memasak menjadi mentah, zat gizi berkurang, aroma makanan yang diinginkan tidak keluar dan sebagainya

Panas dari api memang sudah banyak dipakai oleh banyak orang di zaman dahulu. sekarang, kita sudah bisa memasak hanya menggunakan peralatan elektronik, misalnya dari kompor listrik, oven dan sebagainya.

Berikut beberapa contoh hasil makanan yang berasal dari teknik memasak yang sudah mimin kosngosan rangkum, yang membutuhkan api atau panas.


Contoh Masakan Grilling

contoh masakan grilling

Apa yang dimaksud dengan teknik memasak grilling? Dalam bahasa Indonesia ini adalah teknik pemanggangan, yang menggunakan panas api secara langsung dengan temperatur tinggi.

Sumber panas api berasal dari bawah, biasanya menggunakan arang yang dibakar. Berikut beberapa contoh masakannya :


Seafood Bakar

Seafood bakar adalah contoh makanan yang berasal dari berbagai jenis sumber daya laut, biasanya dibakar atau di grilled.

Hidangan ini populer di berbagai negara yang memang memiliki sumber daya laut yang melimpah seperti di Indonesia. Seafood bakar biasanya terdiri dari berbagai jenis olahan ikan, udang, kerang, cumi-cumian, sotong, ikan pari, dsb


Bratwurst Grilled

"Bratwurst" berasal dari bahasa Jerman, "Brat" yang berarti "digoreng" atau "dipanggang," sedangkan kata "Wurst" berarti "sosis."

Bratwurst adalah sosis tradisional yang berasal dari negara Jerman. Sosis ini terbuat dari daging babi, daging sapi, atau kombinasinya. Bratwurst merupakan jenis sosis yang terkenal di Jerman dan sering dianggap sebagai hidangan khas oleh warga lokal di Jerman.


Sate Ayam, Daging

Sebagai masyarat indonesia, kamu pastinya sering mengkonsumsi sate, bukan? Ada beberapa jenis sate di Indonesia, misalnya Sate Madura, Sate Padang, Sate Lilit, Sate Buntel, Sate Klathak, Sate Ambal, Sate Kerang dan seterusnya.

Bahan utama terbuat dari daging apa saja, asalkan bisa dikonsumsi. Seperti daging kambing, domba, sapi, kerbau, kelinci, bebek, babi, kerang, udang, bahkan kuda. Dan yang banyak terkenal dibuat sate di Indonesia adalah kambing, sapi, atau ayam.


Sate Taichan

Sobat kosngosan pasti pernah mengkonsumsi sate jenis ini? Sate taichan merupakan varian dari sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang atau tambahan saos lainnya.

Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta dan kini menyebar sampai seluruh Indonesia.


Iga Bakar

Hidangan dari bahan iga yang didapat dari sapi, memiliki cukup besar dan butuh proses pengempukan yang lama menggunakan teknik grilling. IGA bakar memiliki rasa yang lebih spesial dengan hadirnya tambahan berbagai bumbu dan saos.

Iga yang baik dimasak dengan bumbu yang cukup dalam waktu yang lama, sehingga menghasilkan daging yang lembut dengan bumbu menyerap.


Ikan (Bandeng, Nila, Mas) Bakar

Kamu suka ikan bakar? Santapan ikan bakar adalah salah satu menu dalam pengolahannya mudah, memiliki rasa yang tidak bisa diragukan.

Adanya perpaduan ikan bakar dengan bumbu rempah akan menghasilkan kombinasi rasa yang enak, gurih, pedas, dan manis bercampur


Barbecue Ribs

Ini adalah hidangan yang terbuat dari Tulang belakang daging sapi atau daging babi yang dimasak dengan saus barbecue, kemudian dipanggang di atas alat gril hingga dagingnya empuk.

Tulang belakang daging ini terlebih dahulu direndam dalam saus barbecue, kemudian di grill dengan metode yang lambat dan rendah panas di atas alat gril Sehingga tekstur daging bisa meresap rasa saus dan menjadi empuk


Kebab Panggang

Kamu pasti tahu dengan makanan yang satu ini, bukan? Sering sobat kosngosan temui di berbagai jajanan pingging jalan.

Kebab isinya terbuat dari potongan daging atau seafood yang dimarinasi dan ditusuk bersama dengan sayuran, lalu dipanggang di atas gril.


Tofu Panggang

Tofu (varian paling lembut dari tahu) yang sudah direndam dalam bumbu atau saus khusus, kemudian selanjutnya dipanggang di atas alat gril

Dengan metode memasak seperti ini, maka aka membuat tofu memberikan rasa gurih dan tekstrur kulit yang crunchy dan smooky sehingga bikin lebih menarik untuk dikonsumsi.


Roti Bakar

Roti bakar adalah hidangan yang nikmat dan banyak digandrungi semua kalangan. Roti bakar mudah didapatkan, sering sekali kita jumpai di warung kaki lima.

Berbagai rasa roti bakar, mulai dari cokelat, keju, strawberi, kacang dan lainnya, sesuai dengan tambahan toping yang kita inginkan.


Sate Usus dan Dalaman

Usus atau dalaman ayam, sapi dan hewan lainnya memang bisa dinikmati. Usus tersebut bisa diungkep menggunakan bumbu kuning untuk tempe dan ikan.

Setelah digoreng sampai permukaannya cukup kering, kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan jadilah lauk spesial untuk teman makan nasi putih hangat.


Pepes Bakar

Pepes ikan adalah olahan makanan yang bisa juga dibakar atau menggunakan teknik grilling. Pepes ikan yang biasanya dikukus, bisa dibakar dengan menggunakan bumbu meresap.

Memiliki rasa yang gurih pedas dan mantap disuap dengan nasi. Sebenarnya pepes bisa juga disebut teknik memasak menggunakan daun pisang atau daun kelapa, kemudian dipanggang atau dikukus, tapi setelah di pepes, baru dibakar.


Otak Otak

Apakah sobat kosngosan suka otak otak? Olahan ini dibuat dari campuran ikan tenggiri cincang yang dicampung dengan tepung sagu atau tepung tapioka.

Olahan makanan ini pun memiliki ciri khas rasa tekstur yang enak, kenyal dan gurih. Selain itu camilan ini juga mengandung gizi sebagai protein dan karbohidrat.


Nasi Bakar

Seperti namanya, ini adalah nasi yang dibakar menggunakan daun, diisi dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera.

Nasi bakar memiliki aroma yang wanginya, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi. Daun pisang yang terbakar memberikan aroma yang khas sehingga menebarkan aroma nikmat


Steak Grill

Kamu suka makan steak daging? Pada umumnya untuk hidangan steak sebenarnya adalah daging yang proses memasaknya dengan cara grill atau panggang.

Steak yang selama ini kita kenal, dimasak dengan api langsung serta waktu yang singkat, menggunakan teknik grill atau panggang.


Contoh masakan yang menggunakan teknik grilling selain yang diatas yaitu :

  • Keju, seperti halloumi dan feta
  • Sayuran, seperti jagung, paprika, dan zucchini
  • Roti, seperti baguette dan tortilla
  • Sausages (Sosis)
  • Pizza bakar
  • Dll


Kata Akhir

Berbagai teknik memasak yang modern seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu teknik memasak grilling adalah memasak dengan memanfaatkan kontak api langsung dengan bahan masakan, sehingga menghasilkan tekstur yang diharapkan

Semoga materi diatas bermanfaat buat teman teman kosngosan.com sekalian, karena kita tidak bisa membahas seluruh teknik memasak modren beserta turunan produknya, teknik diatas mungkin sudah cukup buat kalian dalam membagikan nya ke sosial media masing masing. Terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya