Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makanan Kontinental dan Asal Negaranya

Dunia kuliner memang luas. Termasuk salah satunya adalah contoh makanan kontinental yang sering kita temui di restoran. Olahan ini memang memiliki ciri khas tersendiri yang harus bisa kamu bedakan, Apalagi buat kamu yang seorang profesional chef, juga seorang pemerhati kuliner. Kali ini kosngosan akan membahasnya secara lebih lengkap

Sebenarnya ada banyak sekali jenis hidangan masakan yang berasal dari belahan dunia ini. Bahkan dalam satu negara sekalipun, memiliki perbedaan kultur masakannya masing-masing di setiap daerah. Apalagi berbeda benua dan culture.

Sebagai contoh di Indonesia, sobat bisa melihat perbedaan gaya masa antara suku Minang dengan suku Jawa, begitu juga indonesia bagian timur, antara orang Maluku dengan Orang Papua.

Begitu juga dengan berbagai daerah lainnya di Negara asing. Oleh karena itu, kita harus menganggap bahwa kekayaan kuliner kita adalah salah satu dari kekayaan yang harus kita jaga kelestariannya, dengan cara mempelajari resep dan bahan-bahan pembuatnya.


Contoh Masakan Kontinental

Masakan Kontinental

Masakan Kontinental adalah masakan yang berasal dari Negara – negara Eropa seperti Prancis, Amerika, Inggris dan Australia, dll.

Jenis menu masakan ini umumnya menggunakan bumbu instan, bumbu kering atau bumbu siap pakai. Berikut merupakan beberapa contoh masakan kontinental yaitu:


Pizza 

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan yang satu ini? Semua orang pasti tahu kalau hidangan ini adalah asli otentik dari negara Italia. Tapi saat ini sudah banyak versi pizza yang tersebar di seluruh negara, dengan toping yang disesuaikan dengan selera masyarakat lokal.

Bahannya terbuat dari adonan roti yang tipis, kemudian ditambah dengan berbagai jenis bahan seperti saus tomat, keju, daging, sayuran, dan rempah lainnya


Paella 

Paella adalah hidangan dari Spanyol. Merupakan salah satu hidangan tradisional yang disukai masyarakat setempat. Berasal dari wilayah Valencia. Hidangan ini terkenal dengan adonan beras yang diolah menggunakan bahan seperti daging, seafood, sayuran, dan rempah lainnya. 

Paella biasanya dimasak dalam wajan datar dan lebar yang disebut "paellera" atau "paella pan," yang memberikan hidangan ini namanya.


Coq au Vin

Coq au Vin hidangan tradisional dari Perancis yang bahan utamanya daging ayam jantan, dan "Vin" berarti anggur. Coq au Vin diterjemahkan sebagai "ayam dalam anggur." 

Coq au Vin dibuat dari potongan ayam (biasanya potongan paha dan paha atas) dimasak dengan bahan-bahan seperti bawang, jamur, dan bacon menggunakan saos dari anggur merah ditambah dengan kaldu ayam. Beberapa resep juga bisa mencakup bahan seperti wortel, bawang putih, dan daun salam dan thyme.


Schnitzel

Hidangan yagn berasal dari negara Jerman. Hidangan ini dikenal dengan potongan daging tipis yang dilapisi tepung, telur, dan tepung roti, lalu digoreng sampai cokelat dan renyah. 

Potongan daging sapi (Jagerschnitzel), daging babi (Schweineschnitzel), atau daging ayam (Hühnerschnitzel).

Proses masak schnitzel harus melapisi potongan daging dengan tepung, merendam dalam telur yang dikocok, dan kemudian melapisi dengan tepung roti


Beef Wellington 

Inggris raya punya hidangan beef atau daging sapi. Beef Wellington merupakan hidangan daging yang terdiri dari potongan daging sapi (biasanya tenderloin atau sirloin) 

Kemudian dibalut dengan lapisan yang berisi jamur yang dihaluskan, daging cincang atau foie gras, dan adonan puff pastry. Hidangan ini dipanggang hingga pastry-nya berubah menjadi cokelat keemasan


Bouillabaisse

Hidangan perancis yang dimasak dalam kuah tomat yang kaya bumbu dan disajikan dengan saus rouille, terdiri dari berbagai macam ikan laut, seperti ikan merah, sea bass, cod, dan jenis seafood udang, kerang, dan cumi

Kuahnya terbuat dari tomat, bawang, bawang putih, minyak zaitun, saffron, rempah seperti daun salam dan thyme, dan bumbu lainnya. Hidangan ini juga bisa termasuk ke beberapa jenis sayuran seperti buncis dan kentang.


Borscht

Sup yang berasal dari Eropa Timur (Rusia, Ukraina, dan Polandia) Borscht dapat disajikan dalam berbagai variasi, termasuk versi daging (biasanya dengan daging sapi atau babi), versi vegetarian, atau versi dingin . Bahannya bit yang dipotong dan dimasak dengan bahan lain seperti kentang, wortel, bawang, seledri, dan kubis. 

Daging atau tulang juga bisa ditambahkan untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Borscht dimasak dalam kaldu dan bisa juga dicampur dengan asam seperti cuka atau lemon untuk memberikan rasa segar dan sedikit asam.


Moussaka

Moussaka adalah hidangan tradisional kontinental yang berasal dari wilayah Timur Tengah dan khususnya di negara seperti Yunani dan Turki. 

Makanan ini juga dikenal di beberapa varian regional di negara Mediterania lainnya. Moussaka adalah hidangan berlapis yang umumnya terdiri dari lapisan sayuran, daging cincang, saus, dan lapisan atas yang sering terbuat dari saus Béchamel.


Goulash

Hidangan tradisional yang berasal dari Eropa Tengah dan Hongaria. Sejenis sup gurih yang berasal dari daging sapi dan diolah bersama bawang, paprika, dan bumbu lainnya untuk menciptakan hidangan lezat. Potongan daging sapi yang punya lemak sedikit banyak diolah bersama dengan bawang, paprika, bawang putih, merica, lada, daun salam, dan daun thyme.


Seafood Paella

Masakan continental ini berasal dari Spanyol. Seafood Paella ini merupakan masakan yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan seafood atau daging lainnya dan kacang hijau atau kacang putih.

Kemudian masakan ini diberikan bumbu saffron dan rosemary dan bumbu – bumbu lainnya.


Pickle Herring

Makanan ini berasal dari Denmark. Nama makanan ini diambil dari nama ikan Pickle Herring yang banyak ditemukan di Baltic sea.

Masakan dengan bahan dasar ikan ini disajikan dengan diasamkan bersama telur rebus atau roti dan kentang.


Beef Bouguignon

Beef Bouguignon merupakan menu masakan khas Perancis. Makanan ini berupa semur daging dengan racikan bumbu – bumbu khas Perancis.

Menu makanan ini terbuat dari daging sapi. Cara memasak daging sapinya pun menggunakan red wine dan dibiarkan daging sapinya hingga empuk. Selain itu daging sapi ini diberikan tambhan bawang putih, bawang bombai dan jamur.


Kottbullar

Masakan ini berasa dari Swedia. Kottbullar merupakan masakan berupa bakso khas Swedia yang dibuat dari daging sapi cincang dan dicampur dengan remah roti dan susu.

Kemudian dibentuk bola-bola seperti bakso. Menu makanan ini disajikan bersamaan dengan kentang goreng atau kentang rebus dengan cream sauce.


Pork Knuckle with Sauerkraut

Masakan ini adalah khas Jerman. Masakan ini sibuat dengan potongan kaki babi yang dimasak lama. Kemudian daging babi ini diiris halus dan disajikan dengan kubis yang dipermentasikan.

Pork Knuckle with Sawerkraut ini merupakan makanan primadona di Jerman.


Carpaccio

Makanan ini merupakan menu masakan yang berasal dari Itali. Pada umumnya menu masakan Carpaccio ini disajikan sebagai menu makanan pembuka. Masakan ini umumnya terdiri dari daging sapi atau daging ikan yang diiris tipis.

Kemudian disajikan dengan jamur yang juga diiris tipis kemudian diberikan topping keju dengan tetesan perasan jeruk nipis. Menu makanan ini umumnya disajikan orang Itali jika kedatangan tamu.


Lasagna

Lasagna merupakan makanan yang berasal dari Italia. Masakan ini digolongkan ke kelompok menu makanan seperti pasta.

Dan tahukah sobat kosngosan, bahwa makanan ini diolah dengan cara dipanggang dengan oven. Istimewanya, makanan ini memiliki isian daging dan sayur – sayuran.


Croissant

Croissant adalah menu masakan ini berasal dari Perancis. Makanan ini umumnya dijadikan menu penutup. Dimana masakan ini dibuat dengan mengolah roti yang ditumbuk berlapis – lapis kemudian dioleskan selai jeruk atau mentega. Makanan ini bisa diolah menjadi sandwich yang gurih dan renyah.


Pierogi

Menu makanan ini berasal dari Eropa Timur. Makanan ini terkenal di Polandia, Slavia dan Ukraina. Pierogi berupa pangsit dengan isian kentang, ayam, bawang goreng, jamur dan bahkan ada isian buah – buahan dan lainnya. Makanan ini disajikan dengan topping bawang goreng, krim asam dan lainnya.


Marzipan

Makanan ini merupakan makanan khas Jerman yang dibuat dari olahan kacang almond dengan gula dan memiliki tekstur mirip permen.

Makanan ini memiliki berbagai bentuk mini seperti bentuk buah – buahan dan lainnya. Marzipan ini dijadikan makanan wajid di hari Natal dan Paskah


Tacos

Tacos adalah contoh makanan kontinental yang terdiri dari tortilla jagung atau tepung gandum yang diisi dengan berbagai bahan, seperti daging panggang, daging sapi cincang, ayam, ikan, atau sayuran.

Tacos biasanya disajikan dengan saus, keju, dan adukan segar seperti pico de gallo atau salsa. Tacos berasal dari negara Meksiko dan sering juga ditemui di amerika serikat.


Kata Penutup

Masakan kontinental merupakan jenis olahan, yang memiliki karakter dan ciri khas tersendiri, dan populer di Benua Eropa. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri dan cara membuatnya untuk bisa menjadi seorang chef profesional

Demikian beberapa pembahasan kita mengenai contoh masakan diatas, semoga bermanfaat buat teman-teman kosngosan.com. Jangan lupa untuk membagikan dan share artikel ini dengan Klik tombol di bawah ini. Terimakasih.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya