Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Memilih Jurusan Hukum bagi Mahasiswa

Jurusan hukum adalah salah satu bidang yang membuat kamu berkarier dibidang law and justice, seperti menjadi advokat, jaksa, hakim atau konsultan hukum lainnya. Lalu apa saja alasan kenapa kamu memilih jurusan hukum ketika akan melanjutkan studi di perguruan tinggi? Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu program studi, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari prodi tersebut. Berikut akan mimin kosngosan.com jelaskan beberapa poin ulasan tentang bidang ini pada uraian berikut ini, silahkan scroll saja ke bawah

Jurusan hukum adalah salah satu jurusan yang banyak dimiliki oleh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Ibaratnya ini adalah bidang umum yang juga banyak peminatnya. Ilmu hukum merupakan dasar dalam mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan manusia dalam ruang lingkup masyarakat sosial dan juga berbisnis. 

Ketika sobat kosngosan mengambil jurusan ini, maka kamu akan banyak belajar mengenai perundang-undangan, seperti hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana dan hukum tata pidana) sampai mempelajari hukum internasional dengan cakupan antar negara


Alasan Memilih Program Studi Hukum

Baiklah langsung to the point saja, uraian artikel kali ini akan membeberkan satu per satu alasan mengapa sih kamu harus pilih jurusan ini. Apa saja yang membuat kebanyakan orang menjatuhkan pilihannya untuk belajar dan berkarier dibidang hukum. Berikut diantaranya :


1. Peluang Diterima Kuliah 

Setiap Universitas umumnya memiliki jurusan Hukum, sehingga bagi kamu yang memilih jurusan hukum di pergurun tinggi manapun peluang diterima akan lebih besar dari memilih jurusan lainnya. hal ini dikarenakan setiap universitas memberikan kuota penerimaan mahasiswa yang cukup banyak bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan hukum. 

Di Indonesia umumnya memiliki beberapa universitas dengan jurusan hukum dengan akreditasi yang sangat baik. Akreditasi yang sangat baik di kampus lulusan kamu akan sangat membantu dan mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjan nantinya.


2. Membentuk Karakter Pemberani

Memilih jurusan Hukum dapat membantu kamu membentuk karakter pemberani dalam diri kamu. Dari jurusan ini kamu akan terlatih dan terbantu untuk dapat menyelesaikan masalah dan beberapa kasus. Pembentukan karakter ini akan membuat kamu menjadi terbiasa hingga lulus nantinya.

Keberanian yang terbentuk dalam diri kamu akan terus terbentuk dengan baik sampai di tempat kerja. Pengalaman yang didapatkan di dunia perkuliahan akan sangat membantu untuk mudah menyelesaikan masalah dengan baik sampai tuntas. 


3. Memiliki Jiwa yang Kritis

Menjadi mahasiswa hukum dapat membantu sobat kosngosan dalam membangun kepribadian dan jiwa yang kritis. Kamu juga dapat dengan mudah menganalisis suatu masalah dengan baik. Selain itu mahasiswa hukum dapat menjadi lebih peka, lugas dan komunikatif dan masih banyak lagi manfaat mengembangkan kepribadian menjadi lebih baik di jurusan ini.

Pengembangan pribadi yang kritis dibangun dengan cara melatih para mahasiswa untuk menganalisis solusi dari masalah. Menyelesaikan masalah dari sudut pandang anak hukum, tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Namun dari segala aspek dapat dimunculkan untuk bisa menyelesaikan masalah.


4. Memiliki Banyak  Pengalaman dan Pengetahuan

Memilih jurusan hukum adalah salah satu cara untuk menambah pengalaman dan pengetahuan di luar jam kuliah. Karena pada dasarnya menjadi ahli hukum tidak hanya belajar hukum, tetapi juga aspek lain yang berkaitan dengan hukum itu sendiri. 

Beberapa kegiatan yang dilakukan di luar jam kuliah dan di luar gedung kelas dapat membantu kamu mendapatkan banyak teman baru sehingga dapat dengan mudah mendapatkan koneksi dari teman-teman baru kamu nantinya.


5. Semua Instansi Membutuhkan Ahli Hukum

Beberapa instansi yang bergerak di bawah Negara maupun swasta, secara umum membutuhkan ahli hukum. Hal ini dapat membuat kamu mendapatkan banyak peluang untuk bekerja nantinya. Perusahaan tersebut selalu membutuhkan konsultan untuk menangani setiap sengketa hukum yang kemungkinan muncul akibat transaksi bisnis baik dengan kompetitor, konsumen atau masyarakat


6. Banyak Peluang Bekerja

Seorang lulusan hukum akan memiliki lebih banyak peluang bekerja. Peluang bekerja untuk anak lulusan hukum adalah berupa dosen, pengacara, konsultan, notaris, diplomat, bekerja di beberapa perusahaan dan lainnya.

Indonesia yang dikenal sebagai Negara hukum ini dapat memudahkan para lulusan hukum seperti sobat kosngosan dalam mendapatkan pekerjaanya dengan mudah. Sehingga mahasiswa lulusan hukum akan mendapatkan peluang kerja cukup besar dari Negara. Kuliah di jurusan hukum dapat memberikan kamu banyak peluang kerja seperti Hakim, PNS, Ahli Legal, Legal and Comoliance Risk Management dan Curator.


7. Gaji untuk Lulusan Hukum Cukup Tinggi

Sebenarnya untuk lulusan hukum, gajinya relatif besar ya. Tapi tergantung dengan pengalaman kerjamu juga. Lulusan hukum memiliki tawaran gaji yang cukup menggiurkan. Untuk lulusan master di bidang hukum misalkan, akan mendapatkan gaji yang tinggi sesuai dengan jenis pekerjaannya. Seperti contohnya lulusan hukum yang fresh graduate yang menjadi pengacara akan mendapatkan gaji minimal Rp. 6.000.000 sampai Rp. 20.000.000. Hal ini juga dapat diperhatikan dari kasus yang diselesaikan tersebut.


8. Jurusan Hukum Memiliki Banyak Peminat

Lulusan hukum lebih banyak peminatnya. Di setiap universitas negeri maupun universitas swasta memberikan kuota untuk mahasiswa jurusan hukum sangat besar. Karena peminatnya yang semakin banyak dari tahun ke tahun. Karena banyak kuota untuk penerimaan mahasiswa, maka peluang kamu untuk masuk ke universitas impian kamu akan mudah tercapai. 


9. Menjadi Pengusaha Kaya

Selain masalah Negara, pasal-pasal dan kasus-kasus, di jurusan hukum juga diajarkan bagaiaman menjadi pengusaha. Ilmu tetang wirausaha dan perdagangan saat kuliah ini dapat membantu kamu mengembangkan usaha dan menjadi pebisnis kaya saat lulus nanti.

Di jurusan hukum juga terdapat ilmu yang mempelajari tentang hukum perdagangan dan ilmu-ilmu lainnya tentang berdagang. Sehingga anak hukum tidak hanya bisa bekerja di kantoran, namun bisa juga menjadi seorang pengusaha kaya yang dapat menerapkan ilmu-ilmunya secara mendalam dalam prakterk perdagangan di usahanya sendiri.


10. Menghafal Banyak Pasal dalam Undang-Undang

Kuliah di jurusan hukum dapat membantu kamu menghafal dan memahami makna dari pasal-pasal yang diajarkan. Pemahaman dan pengetahuan ini dapat memudahkan sobat kosngosan dalam tes atau ujian di perusahaan ternama. Selain itu dengan ilmu tentang pasal-pasal ini dapat membantu kamu mudah menjawab soal CPNS dengan mudah saat mengikuti tes. 


11. Biaya Kuliah Lebih Hemat

Kuliah di jurusan Hukum dapat membantu kamu menghemat biaya kuliah dibandingkan dengan jurusan lainnya. Untuk kuliah jurusan Hukum S1 atau pun S2 akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan jurusan lainnya.  Misalnya bila dibandingkan dengan jurusan kedokteran atau teknik, tentu saja jurusan hukum dinilai relatif lebih murah.


12. Kuliah Jurusan Hukum Memudahkan Proses Magang 

Magang di beberapa perusahaan besar dan terkenal adalah keinginan dan impian banyak orang. Menjadi mahasiswa lulusan hukum dapat memudahkan kamu diterima untuk magang di perusahan impian kamu. Kamu bisa membangun relasi, menerapkan ilmu yang pernah di ajarkan dan belajar banyak hal dari magang di perusahaan hebat yang kamu inginkan.


13. Banyak Skill yang Didapatkan

Kuliah di jurusan Hukum dapat mengembangkan skill berkomunikasi kamu. Selain itu kamu akan dibentuk menjadi mahasiswa mandiri, disiplin dan bekerja keras. Dengan mengembangkan skill komunikasi, dapat memudahkan kamu untuk memberikan pendapat dan saran di depan umum tanpa malu dan kaku. 

Kemudian kamu bisa menjadi pribadi yang mandiri, disiplin dan bekerja keras. Hal ini dapat memudahkan kamu menjadi orang sukses secepatnya. Selain itu kepribadian baik ini dapat juga kamu bawa sampai bekerja nanti. Sehingga kamu tidak perlu merasa tertekan jika diminta menyelesaikan laporan atau berita dengan deadline yang singkat.


14. Ilmu Hukum Menyenangkan

Ilmu tentang hukum itu sangat menyenangkan (bagi yang punya passion dibidang ini tentunya), Dimana di ilmu Hukum itu dapat mempelajari nilai–nilai hukum dari kehidupan, hak asasi, kepemilikan dan perdaganan. 

Jika kamu berfikir bahwa kuliah di jurusan hukum hanya bisa menghafal undang-undang dan beberapa peraturan Negara, maka kamu salah. Saat mulai terjun langsung dan praktek di dunia hukum, kamu akan menikmati betapa menyenangkannya menjadi orang lulusan hukum. 


15. Jurusan Hukum Memiliki Jangkauan yang Sangat Luas

Kuliah di jurusan hukum adalah salah satu pilihan yang tepat. Alasan lainnya memilih kuliah di jurusan hukum adalah karena memiliki jangkauan yang sangat luas. Dimana di setiap kegiatan dan pergerakan kehidupan manusia tidak akan jauh dari peraturan dan hukum Negara. 

Dimana dengan kuliah di jurusan hukum ini dapat membuat mahasiswa menjadi pribadi yang peka. Saat menyelesaikan beberapa kasus misalkan, kamu akan dihadapkan dengan beberapa orang dari berbagai tempat dan berbeda budaya. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mengenal orang dari berbagai daerah dengan mudah.

Baca juga : Alasan Memilih Jurusan Farmasi


Kata Penutup

Jurusan hukum menjadi salah satu bidang yang bisa kamu pertimbangkan dalam melanjutkan studimu ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya di perguruan tinggi. Jadi kamu sudah harus tahu kelebihan dan kekurangan program studi ini kedepannya.

Semoga materi mengenai alasan memilih jurusan hukum ini bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan.com yang saat ini sudah lulus sma/smk  namun masih bingung dalam menentukan jurusan apa yang akan kalian pilih nantinya. Terimakasih sudah berkunjung ya !

Oleh rezaharahap