Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Produk Kreativitas dan Kewirausahaan

Produk yang dibuat dengan cara yang kreatif, dijual dalam kegiatan wirausaha dan mendapatkan keuntungan, merupakan pengertian dari produk kreativitas. Apabila kamu ingin mengetahui beberapa contoh dari produk ini, bisa membaca artikel dari kosngosan.com untuk menambah referensimu. Karena saat ini sektor industri kreatif, sedang digalakkan oleh pemerintah karena terbukti berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi mikro.

Banyak sekali barang yang dihasilkan dari proses olahan kreatif. Misalnya daur ulang sampah plastik menjadi tas atau jas hujan, dsb. Seharusnya cara pengolahan produk ini dipelajari di sekolah, seperti misalnya ada jurusan di SMK yang khusus untuk mempelajari mengenai produk kreativitas dari daur ulang

Hal ini dikarenakan saat ini tren penggunaan produk handmade skala rumahan, lebih diminati oleh masyarakat dibandingkan produk massal yang dihasilkan oleh pabrik. Selain Karena memiliki nilai seni dan dan keunikan tersendiri, produk kreativitas juga dapat menyelamatkan lingkungan serta kualitasnya relatif lebih baik

contoh produk kreativitas


Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terbaru

Seiring dengan era yang semakin berkembang ini, kita bisa mendaur ulang banyak barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Tentu dengan sedikit ide dan kreativitas, barang – barang bekas tersebut bisa disulap menjadi aneka kerajinan tangan yang dapat digunakan entah sebagai hiasan estetis maupun untuk perabot sehari – hari.

Berikut beberapa contoh produk kreativitas yang mungkin bisa menjadi inspirasi untukmu yang gemar membuat aneka kerajinan :


Buket Bunga dari Koran Bekas

Daripada bingung dan membuang sisa koran bekas yang tidak terpakai di rumahmu, lebih baik kamu mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai estetis seperti buket bunga yang nantinya bisa digunakan sebagai hiasan cantik.

Bahan – bahan yang digunakan juga mudah didapatkan, antara lain lem, gunting, koran bekas, dan tangkai bunga. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memotong koran membentuk lingkaran, lalu gunting ke dalam hingga membentuk spiral. Setelah itu, gulung deh hingga menjadi bunga.


Bunga Cantik dari Kain Flanel

Kain flanel tentunya sudah menjadi bahan yang tidak asing lagi untuk dibuat berbagai macam kerajinan unik. Kamu bisa mengkreasikannya menjadi bros cantik, gantungan kunci atau bunga.

Untuk membuat bunga dari kain flannel, caranya juga tidak jauh seperti langkah – langkah membuat buket bunga menggunakan koran bekas. Kamu hanya perlu menyediakan peralatan seperti gunting dan lem tembak lalu bentuklah kain flanel tersebut sesuai kreativitasmu.

Baca juga : Contoh Produk Grafika (Percetakan)


Pot Unik dari Botol Bekas

Untuk kamu yang memiliki hobi bercocok tanam, ide ini tentu bisa kamu coba. Daripada membeli jenis pot yang mahal di pasaran, tidak ada salahnya untuk membuat pot unik sendiri di rumah dengan bermodalkan botol bekas pewangi pakaian.

Cara pembuatannya juga tidak sulit. Cukup potong bagian bawah botol untuk tempat memasukkan bunganya nanti. Selain itu, kamu juga bisa menghias bagian badan botol menggunakan spidol agar terlihat lebih indah.


Kalung Cantik dari Sedotan

Selain disulap menjadi aneka pajangan atau rumah – rumahan, sedotan ini juga bisa dibuat menjadi kreasi kalung cantik loh. Kamu bisa membuatnya bersama anak – anak karena cara pembuatannya juga cukup mudah.

Alat dan bahan yang digunakan meliputi sedotan, benang, jarum, gunting dan tambahan pernak – pernik sesuai selera. Setelah itu, mulailah merangkai sedotan beserta pernak – pernik tadi pada benang menggunakan jarum. Susun dengan selang – seling.


Lampu Gantung Hias dari Kardus Bekas

Lampu gantung hias ini tentu akan sangat unik dan memiliki nilai estetis tersendiri saat dipajang di rumahmu nantinya. Dan untuk membuatnya, sobat kosngosan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan dekorasi rumah. Hanya dengan bermodalkan kardus bekas, peralatan lain serta kreativitas pribadi, kamu sudah mampu menghasilkan lampu gantung yang cantik ini.


Boneka dari Kain Perca

Contoh produk kreativitas ini juga cocok untuk kamu yang memilik hobi menjahit. Jika kamu memiliki banyak sisa kain perca yang sudah tidak dipakai, hal itu bisa dimanfaatkan untuk membuat boneka lucu dengan berbagai bentuk contohnya burung hantu.

Kamu bisa menggunakan jenis motif yang sama atau berbeda sesuai keinginan. Sebelum itu buatlah pola dulu untuk mempermudah lalu mulailah menjahit dan masukkan dakron hingga membentuk pola yang telah ada.


Pigura dari Stick Es Krim

Kebanyakan orang mungkin menganggap remeh stick es krim ini dan membuangnya setelah tidak dipakai lagi. Padahal kamu bisa loh mengolahnya menjadi barang cantik contohnya pigura yang nantinya bisa dipajang di dinding.

Untuk membuat satu bingkai pigura, kamu cukup membutuhkan 4 batang stick es krim saja. Untuk hiasannya, kamu bisa menambahkan bunga atau tangkai yang sudah kering pada tepinya.


Celengan Lucu dari Botol Bekas

Selain mudah dibuat sendiri di rumah, bahan – bahannya pun juga murah dan mudah didapatkan. Dengan hanya bermodalkan botol plastik bekas, bola karet, lem, dan kertas warna – warni, kamu sudah bisa menghasilkan celengan lucu yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang recehmu. Karena memiliki bentuk yang unik, tentu anak – anak akan menyukainya. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjualnya di media sosial.


Hiasan Kaktus

Hiasan ini juga bisa dibuat dari kain flanel. Untuk membuatnya, kamu juga tidak perlu butuh kemampuan menjahit yang professional. Cukup dengan penguasaan tusuk feston, maka kamu bisa mulai mengkreasikan kain flanel yang kamu miliki untuk dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan yang cantik.


Tas Belanja Cantik dari Barang Bekas

Dengan membuat tas daur ulang dari barang bekas contohnya plastik, tentunya juga berperan dalam mengurangi sampah yang ada di lingkungan. Kerajinan jenis ini tentu membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam pembuatannya. Selain bisa dibentuk tas, kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi dompet, wadah alat tulis dan tempat telpon genggam.


Hiasan Rumah dari Sendok Bekas

Salah satu ide kerajinan ini juga bisa kamu coba di rumah dengan memanfaatkan sendok bekas yang sobat kosngosan miliki. Proses pengerjaannya juga cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Bahan – bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah ditemui seperti sendok plastik bekas dengan jumlah sesuai kebutuhan, cat semprot, dan gelas kaca yang sudah tidak terpakai.


Tempat Alat Tulis dari Rol Bekas Tisu

Jika memiliki wadah rol tisu yang sudah tidak terpakai, maka jangan langsung membuangnya ya. Cobalah membuatnya menjadi benda baru yang cantik seperti tempat alat tulis misalnya. Dengan dilapisi pernak – pernik dan kain flanel, tentu akan menambah keunikan pada benda kerajinan ini. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai keinginan menggunakan bahan – bahan yang ada di sekitarmu.


Hiasan Dinding dari Kayu

Kerajinan bahan keras seperti kayu ini juga bisa diolah menjadi hiasan cantik yang bisa kamu pajang di dinding rumahmu. Kamu bisa menggunakan sisa – sisa kayu yang sudah tidak terpakai. Lalu berikan polesan cat dan jangan lupa juga untuk menambahkan manik – manik atau hiasan lainnya supaya lebih menarik. Sediakan tali juga agar lebih memudahkan untuk menggantungnya di dinding.


Asbak dari Kayu

Selain dibuat menjadi hiasan dinding, kamu juga bisa mengkreasikan sisa kayu yang tidak terpakai ini untuk dibuat menjadi asbak unik yang dapat kamu letakkan di meja atau ruang tamu. Bahkan jika hasilnya bagus, kamu juga mempunyai peluang untuk menjualnya agar dapat menambah penghasilan. Bahan dan alat yang dibutuhkan meliputi papan kayu, gergaji, pisau, pernis, lem kayu, dan amplas.


Lampu Hias dari Kain

Selanjutnya ada lampu hias dari kain yang cantik ini bisa kamu coba untuk dijadikan dekorasi rumah tanpa harus ribet mengeluarkan biaya mahal – mahal. Cara membuatnya juga tidak sulit, selain itu bahan – bahan yang dibutuhkan juga bisa sobat kosngosan temukan disekitarmu. Diantaranya seperti kawat dengan bentuk lingkaran, kain perca warna putih, dan tali untuk menggantung lampu tersebut.


Boneka Horta

Apakah kamu pernah mendengar boneka jenis ini? Sebenarnya ini adalah boneka yang dibuat dari serbuk kayu yang dibentuk menggunakan kain ataupun stocking. Kemudian di dalam serbuk kayu tersebut dimasukkan bibit rumput, yang nantinya apabila disiram, maka pada bagian kepala akan tumbuh rumput. Ini adalah salah satu produk kreatif yang cukup banyak digemari karena memiliki bentuk yang lucu dan unik


Kain Pel dari Kain Perca

Kamu bisa membentuk kain pel atau kain lap, yang berasal dari potongan kain kain perca atau kain sisa. Selain bahan baku yang gratis, sobat kosngosan juga bisa berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan karena mengurangi limbah pakaian yang tidak terpakai lagi. Cukup dengan menjahitnya dan memberikan pola tertentu agar terlihat unik dan kreatif


Jas Hujan Plastik Bekas

Kamu pasti pernah memakai jas hujan bukan? Tetapi yang sering kita gunakan adalah jas yang berasal dari bahan plastik atau mantel. Bagaimana kalau jas hujan tersebut dibuat dari rangkaian jahitan bungkus plastik bekas makanan? Tentu saja selain memanfaatkan sampah plastik yang dapat merusak lingkungan, kita juga bisa menghasilkan barang yang memiliki nilai komersial dengan modal yang nyaris nol


Set Hidroponik dari Botol Plastik

Saat ini tren pertanian hidroponik atau menggunakan air sebagai media tanam sudah sangat diminati, khususnya bagi masyarakat di perkotaan. Namun mahalnya alat dan bahan hidroponik membuat para petani urban enggan untuk membelinya. sehingga dibuatlah peralatan hidroponik dari botol plastik bekas, yang dibuat sedemikian rupa untuk bisa menampung berbagai komoditas seperti sayuran sawi, pakcoy, dan lainnya.

Baca juga : Contoh Konsumen bidang Jasa Kreatif


Kata Penutup

Yang namanya produk kreativitas memang membutuhkan Inovasi dan kreativitas. Sehingga produk yang dihasilkan memiliki nilai lebih, dan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan produk massal buatan pabrik. Tentu saja untuk harga yang ditawarkan juga akan lebih mahal karena dibuat secara handmade, dengan kapasitas produksi yang terbatas

Demikian beberapa contoh dari produk kreativitas yang bisa menjadi referensi buat teman-teman kosngosan.com. Ada banyak lagi produk yang lain yang sebenarnya bisa dikategorikan sebagai produk kreatif. Jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ke teman-teman yang lain

Oleh rezaharahap