Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lordosis Adalah, Jenis dan Cara Mencegahnya

Lordosis adalah kelainan bentuk tulang yang mengakibatkan tulang menjadi bengkok ke dalam. Penyakit pada tulang ini disebabkan oleh berbagai faktor. Tulang yang melengkung tidak normal ini bisa mengakibatkan berbagai dampak serius yang berpengaruh pada produktifitas kerja seseorang. Pada kesempatan kali ini, kosngosan.com akan membahas mengenai lordosis, jenis jenis penyakit tulang belakang ini serta bagaimana cara kita untuk menghindari penyakit tulang belakang ini dengan langkah langkah yang cukup sederhana. Penasaran? mari simak artikelnya dibawah ini!

pengertian lordosis

Pengertian Lordosis

Lordosis merupakan sebuah penyakit yang menyerang tulang belakang. Kelainan tulang belakang pada penderita penyakit lordosis ini mengalami lengkungan yang cukup dalam. Tulang belakang yang melengkung melebihi batas normal ini membuat tulang bagian bawah atau disebut juga dengan lumbar juga ikut melengkung. Kejadian ini dalam dunia kesehatan disebut dengan istilah swayback. 

Tulang belakang yang melengkung berlebihan ini bisa menyebabkan lumbar lebih maju ke bagian depan tubuh. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap perut yang maju ke depan dan bagian pinggul juga menonjol ke belakang.

Penyakit lordosis ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh beberapa orang tanpa mengenal usia. Penyakit kelainan tulang belakang ini dapat menyebabkan penderita mengalami rasa nyeri, kesemutan, mati rasa dan bisa menyebabkan kelemahan pada kaki. 

Selain itu adanya penyakit tulang belakang ini juga dapat menyebabkan perubahan penampilan dari postur tubuh. Dimana saat berdiri, duduk maupun saat berjalan akan terlihat pundak dan tulang pinggang tidak seimbang dan menyebabkan kesulitan dalam beraktifitas. 

Selain itu dampak lain yaitu akan terjadinya gangguan pencernaan seperti sulit menelan dan kesulitan dalam pernafasan. Gangguan dari lordosis ini dapat membuat fungsi paru-paru tidak berjalan dengan baik. 

Beberapaa penyebab terjadinya kelainan pada tulang belakang yaitu:

  • Terjadinya pergeseran tulang punggung bagian bawah ke tulang belakang bagian depan.
  • Cedera saat Berolahraga
  • Terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Hal ini tidak hanya menyebabkan lordosis namun bisa menyebabkan patah tulang dan penyakit tulang lainnya.
  • Adanya kanker tulang, dimana kanker ini umumnya menyerang tulang belakang dan bagian bahu.
  • Terjadinya kelebihan berat badan dimana lemak tubuh tertimbun dan dapat menghimpit tulang.
  • Posisi duduk yang kurang baik
  • Kebiasaan mengangkat barang berat yang salah
  • Adanya gangguan yang terjadi pada tulang belakang.


Jenis-Jenis Lordosis

1. Lordosis Kongental

Penyakit Lordosis jenis kongental ini merupakan penyakit tulang belakang bawaan sejak lahir yang terjadi pada perkembangan janin. Perkembangan tulang belakang pada janin sangat lemah atau bahkan tidak sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan cacat pada tulang belakang sehingga membuat tulang melengkung secara berlebihan.

Selain karena perkembangan di dalam janin, penyakit tulang belakang ini juga bisa disebabkan karena trauma atau cedera. Cedera yang umum terjadi misalkan karena tabrakan, terjatuh atau bisa jadi saat berolah raga dan salah gerakan pada tubuh.


2. Lordosis Postural

Kelainan tulang belakang lordosis postural ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan berat badan. Saat badan memiliki berat yag berlebih, bagian perut akan sedikit membesar dan membuat lumbar menjadi lebih maju dari pada tubuh normal. Kemudian saat badan memiliki berat yang sangat kurang bagian perut akan kesulitan menahan beban tulang belakang dan menyebabkan tulang melengkung berlebih.


3. Lordosis Sekunder

Penykit tulang belakang sekunder ini merupakan kelainan yang disebabkan karena adanya pemendekan pada sendi dan otot pinggul tubuh. Kesalahan konstruksi tulang ini terjadi karena beberapa hal yaitu adanya cedera, infeksi, atau bisa jadi karena otot pinggul yang kurang seimbang.


4. Lordosis Neuromuskuler 

Penyakit tulang belakang jenis neuromuskuler ini merupakan penyakit yang terjadi karena terganggunya fungsi dan kerja syaraf pada otot. Lordosis jenis neuromuskuler ini juga dapat berpengaruh terhadap kelainan distrofi otot dan cerebral palsy. Dimana Distrofi otot ini adalah sebuah penyakit yang dapat melemahkan otot. Sedangkan Cerebral palsy adalah penyakit yang menyebabkan kesalahan fungsi otak dan saraf. Kedua penyakit ini dapat berdampak buruk pada kelainan tulang belakang atau lordosis neuromuskuler.


5. Lordosis Leminektomi Pasca bedah (hiperlordosis)

Penyakit hiperlordosis ini disebabkan karena adanya proses pengangkatan tulang belakang yang disebut dengan operasi leminektomi. Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi akibat efek dari operasi pasca bedah leminektomi. Akibat dari operasi bedah ini dapat membuat tulang belakang mengalami kelengkungan yang meningkat atau tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan punggung bawah terlalu melengkung atau hiperlordotik.  


Tips Mencegah Lordosis

1. Diet atau Makan Makanan Sehat yang Baik

Memulai program diet yang baik untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Cara ini dapat mencegah kamu dari penyakit kelainan tulang belakang ini. Diet tidak melulu membicarakan soal mengurangi porsi makan, namun diet yan baik adalah merupakan makan makanan yang baik dan sehat sesuai dengan porsinya. 

Diet untuk mendapatkan berat badan ideal membuat kamu untuk selalu makan teratur dengan mengurangi makanan yang tidak sehat. Selain itu diet juga dapat membantu kamu makan dengan tidak berlebihan dan tidak juga terlalu sedikit.


2. Selalu Istirahat Jika Duduk terlalu Lama atau Berdiri terlalu Lama

Saat berkegiatan di siang hari dan memaksa kamu untuk duduk terlalu lama, usahakan untuk selalu istirahat sebelum badan mulai merasa lelah. Kamu bisa beristirahat dengan melakukan peregangan untuk beberapa menit saja selama istirahat. Hal ini dapat membantu kamu terhindar dari penyakit lordosis. 

Kamu juga bisa duduk dengan bersila atau kaki rata dan menempel di lantai. Selain itu cara lain yaitu dengan menggunakan bantal atau gulungan kain untuk duduk. Hal ini dapat membatu untuk menopang tubuh.

Saat kamu berdiri telalu lama, usahakan untuk mengganti tumpuan badan dari kaki kiri ke kaki kanan. Hal ini dilakukan supaya satu kaki tidak menahan berat badan terlalu lama. Lakukan hal ini secara berkala supaya tidak mempengaruhi kesalahan pada tulang belakang. 


3. Olahraga Teratur

Selain makan makanana yang sehat dan bergizi, kamu juga perlu melakukan olahraga secara teratur dan berkala. Lakukan olahraga bersama mentor professional supaya tidak terjadi kesalahan dalam gerakan. 


4. Menggunakan Sepatu Flat atau Hak Rendah dan Nyaman 

Untuk perempuan yang menggunakan sepatu dengan hak yang tingi dapat membuat lebih tampak percaya diri. Namun menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tips untuk mencegah penyakit tulang belakang berikutnya yaitu dengan menggunakan sepatu yang nyaman. Tidak menggunakan sepatu dengan hak lebih dari 5 cm terlalu lama. Usahakan untuk keseharian gunakan sepatu hak rendah yang nyaman, atau dengan hak satu sampai 2 cm. 


5. Mengurangi Aktifitas yang Berat dan Berlebihan 

Terlalu sering melakukan aktifitas yang berat dan berlebihan di luar kemampuan tubuh dapat mempermudah resiko terjadinya penyakit lordosis. Pengangkatan barang berat harus dilakukan dengan cara yang baik. Selain itu perlu melakukan istirahat yang banyak di setiap aktifitas berat.


6. Rutin Melakukan Cek ke Dokter

Tips terakhir yaitu kamu perlu rutin melakukan konsultasi ke dokter secara rutin sekitar satu kali untuk enam bulan. Jika kamu merasakan ada beberapa gejala yang tidak biasa dirasakan segeralah memeriksa ke dokter. Penanganan yang cepat dapat membantu kemungkinan penyakit lordosis segera terdeteksi, sehingga pengobatan pun dapat segera dilakukan.

Kalau sobat kosngosan tidak sempat untuk mengunjungi rumah sakit atau tempat praktek dokter, maka kalian bisa konsultasi dan mendapatkan layanan medis secara online lho! layanan kesehatan daring dari Halodoc sudah sangat terpercaya di Indonesia karena platform ini telah memiliki list dokter pilihan terbaik di bidangnya masing masing. Dokter apa yang kamu butuhkan? Mulai dari dokter umum sampai dokter spesialis berpengalaman bisa kamu hubungi dengan mudah, hemat dan tentu saja praktis. Cukup download, install aplikasi halodoc dan buka untuk segera menikmati layanannya


Kata Penutup

Kesehatan tulang merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menopang aktifitas sehari hari. Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa menjaga kesehatan tulang dimulai dari kebiasaan kecil seperti memperbaiki pola makan dan olahraga yang cukup. Karena tulang menjadi tiang penyangga tubuh, makanya perannya sangat penting.

Demikian beberapa pembahasan mengenai penyakit yang biasanya manusia alami, termasuk lordosis. Semoga bisa menjadi referensi buat sobat kosngosan.com mengenai tulang. Apabila kalian ingin berkontribusi, silahkan klik tombol share dibawah ini dan bagikan artikelnya ke teman teman mu yang lain ya. Terimakasih sudah berkunjung!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya