Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulik Quarter Life Crisis Dari Sudut Pandang Psikologi

Apakah kamu pernah mengalami kekhawatiran dalam menentukan keputusan penting dalam hidupmu, apalagi yang menyangkut dengan masa depan? Semakin bertambahnya usia, maka semakin banyak hal yang harus dihadapi dan juga fase kehidupan yang baru. Salah satu istilah yang akhir-akhir ini sering disebut dan juga dibahas adalah fase quarter life crisis. Mungkin banyak dari pembaca setia kosngosan yang sebenarnya sedang berada pada fase kehidupan ini, namun tidak dapat memberikan istilah yang tepat untuk memahaminya. 

Maka dari itu, perlu untuk mengetahui tentang apa itu quarter life crisis menurut ilmu psikologi, tanda-tanda yang muncul ketika seseorang mulai memasuki masa tersebut, dan juga usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi masa ini agar dapat dilewati dengan tenang. Berikut penjelasan yang dapat dibaca untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan masa tersebut.


Mengetahui Lebih Jauh Tentang Quarter Life Crisis

Menurut KampusPsikologi.com, Krisis yang terjadi pada umur yang mulai menginjak sekitar seperempat abad atau juga disebut dengan istilah quarter life crisis merupakan salah satu masa yang dialami oleh manusia pada usia sekitar 18 hingga 30 tahun. Bagi yang mengalami masa ini pada usia tersebut, biasanya memiliki rasa kehilangan arah dan tujuan yang ingin diambil dalam hidup dan kemudian menyebabkan rasa khawatir, bingung, ragu, hingga juga gelisah. 

Biasanya rasa tersebut muncul karena merasakan kekhawatiran terhadap apa akan yang terjadi di masa depan dengan kehidupan yang dijalani. Rasa bingung dan juga khawatir ini biasanya berhubungan dengan pekerjaan, percintaan, keuangan, dan juga bahkan hubungan sosial yang dimiliki dengan orang lain.

Menurut ilmu psikologi, quarter life crisis ini cukup sering dialami oleh orang yang mulai menginjak usia 20 tahun hingga menuju 30 tahun. Tidak jarang juga, orang yang mengalami masa ini seringkali mempertanyakan terhadap eksistensi kehidupannya di dunia sebagai manusia. Pada beberapa kasus, mereka bahkan merasa bahwa hidupnya sudah tidak memiliki tujuan lagi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan quarter life crisis ini. Selain itu juga, perlu untuk mengetahui apa saja tanda dari gejala yang muncul ketika masa tersebut datang dan apa saja yang perlu dilakukan agar dapat menghadapinya dengan baik.


Penyebab Serta Tanda yang Muncul Ketika Mengalami Quarter Life Crisis

Sebelum mengetahui tentang tanda yang muncul ketika masa quarter life crisis mulai datang, perlu untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat menjadi penyebab dari munculnya fase ini. Beberapa permasalahan yang dihadapi dan membuat orang menjadi mengalami krisis ini seperti permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan dan juga kondisi keuangan serta rencana akan karir di masa depan.

Pada beberapa kasus, putus hubungan percintaan yang sudah dijalani dalam waktu yang cukup lama juga dapat menjadi penyebab quarter life crisis ini. Krisis ini sendiri juga dapat disebabkan karena membandingkan pencapaian yang dimiliki oleh diri sendiri dengan apa yang dicapai oleh orang lain. Berbagai hal yang berhubungan dengan masa depan biasanya menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami krisis ini.

Bagi orang yang saat ini sedang memiliki rasa khawatir yang cukup tinggi terhadap masa depan, hal ini bisa jadi merupakan salah satu pertanda bahwa sedang mengalami quarter life crisis. Tanda yang muncul biasanya seperti rasa bingung dan juga khawatir yang cukup tinggi dalam memikirkan masa depan. Selain itu, merasa tidak puas atau terjebak dalam kondisi yang tidak disenangi dan mengalami kesulitan dalam mengambil sebuah keputusan besar juga dapat menjadi pertanda.

Ketidakpastian akan kondisi masa depan yang menyebabkan rasa khawatir dan merasa orang lain berada pada kondisi yang lebih baik dapat juga menjadi pertandanya. Selain itu, tuntutan masyarakat, keluarga, dan keinginan yang muncul dari diri sendiri terkadang tidak sesuai dan malah bertabrakan sehingga sulit untuk memilih mana yang harus dijalankan juga merupakan salah satu tanda.


Tips Untuk Menghadapi Quarter Life Crisis Ketika Mulai Melanda

Dalam mengatasi permasalahan quarter life crisis ini, terdapat beberapa trik psikologi yang dapat dilakukan. Hal yang pertama adalah dengan mencoba untuk tidak membandingkan apa yang dimiliki oleh diri sendiri terhadap apa yang orang lain miliki atau sedang alami.

Perilaku membandingkan ini biasanya malah membuat diri menjadi semakin khawatir, padahal waktu tersebut dapat digunakan untuk mencari jawaban atas tujuan hidup apa yang diinginkan. Selain itu, mencoba untuk lebih banyak bertindak dibandingkan dengan hanya dipikirkan saja juga dapat membantu untuk keluar dari masa krisis ini lebih cepat.

Cara lain yang dapat membantu untuk keluar dari masa quarter life crisis ini adalah mencari support system yang baik dari orang-orang sekitar. Hal ini dapat membuat diri merasa lebih terinspirasi dan memiliki dorongan lebih untuk melakukan berbagai kegiatan.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah lebih banyak berfokus terhadap diri sendiri, termasuk juga lebih banyak belajar untuk menyayangi dan memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Masa quarter life crisis ini dapat menyerang siapapun tanpa memandang latar belakangnya, maka dari itu mengetahui tindakan tepat yang dapat mencegah dan mengatasinya dapat membantu agar tidak berlama-lama mengalami krisis tersebut.


Kesimpulan Akhir

Pada akhirnya kita harus memilih keputusan yang terbaik dalam hidup kita, baik itu tentang jodoh, karier, pendidikan dan segala yang menyangkut tentang masa depan. Semoga dengan beberapa tips yang sudah kosngosan.com sampaikan diatas, bisa bermanfaat buat teman teman, dan dijadikan sebagai referensi dalam mengatasi quarter life crisis yang bisa saja menghampiri setiap orang yang sudah dewasa. Jangan lupa klik tombol share dibawah ini, dan bagikan artikel nya ke sosial media kalian masing masing. Terimakasih sudah berkunjung!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya