Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Pindah ke Apartemen Untuk Pertama Kali

Bagaimana tips pindah apartemen yang baik dan benar? Ada beberapa hal menarik yang dapat kamu lakukan ketika kamu pindah ke apartemen pertamamu. Baik kamu menandatangani kontrak sewa apartemen ataupun membelinya, pindah ke Apartemenmu sendiri akan memberikanmu kebebasan untuk mendekorasi dan mendesain hunianmu senyaman yang kamu inginkan.

Namun, sebelum mengemasi barang-barangmu dan melakukan pindahan, ketahuilah bahwa pindah ke apartemen pertama memiliki banyak hal yang harus dilakukan dan penuh tanggung jawab. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan energi dan waktu ekstra untuk mempersiapkan semuanya agar kepindahanmu lancar dan tidak menemukan halangan yang berarti.

Selain mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan, kamu juga harus tahu bahwa pindah ke hunian baru tidak dapat dilakukan dengan terburu-buru. Kamu perlu melakukannya secara bertahap, mendaftar barang apa saja yang harus dibawa, membeli berbagai keperluan, dan yang lainnya agar tidak ada yang terlewat.


Tips Pindah Apartemen Pertama Kalinya

tips pindah apartemen

Untuk mengetahui apa saja yang harus sobat kosngosan lakukan, kamu bisa mengikuti beberapa tips pindah ke apartemen berikut ini dan melakukan berbagai daftar kegiatan yang kamu perlukan untuk membuat hunian baru milikmu menjadi nyaman untuk ditempati.


1. Persiapkan utilitas dengan baik

Tips pindah ke Apartemen yang pertama harus kamu lakukan adalah menghubungi penyedia layanan utilitas atau pengelola gedung beberapa minggu sebelum pindah untuk menjadwalkan tanggal dan waktu pemasangan berbagai utilitas termasuk kabel dan internet, air dan saluran pembuangan, gas, listrik, sistem keamanan, pembuangan sampah dan telepon.

Beberapa utilitas seperti kabel dan internet mungkin bisa kamu selesaikan beberapa minggu setelah kepindahanmu, sedangkan yang lain seperti air, listrik dan gas sebaiknya kamu persiapkan pada hari kepindahanmu atau bahkan di hari-hari sebelumnya.


2. Tambahkan lapisan cat baru

Personalisasi apartemen pertamamu dengan menambahkan lapisan cat baru ke dinding. Jika kamu sewa apartemen di Jakarta atau kawasan lainnya, maka pastikan terlebih dahulu untuk meminta izin kepada pemilik sebelum kamu melakukannya.

Cara lain untuk menanamkan desain dan gayamu pada dinding apartemen yang kamu sewa adalah dengan menerapkan wallpaper yang bisa dilepas nantinya. Karena wallpaper ini dapat dengan mudah dilepas ketika kamu pindah ke tempat lain, maka biasanya akan disetujui oleh pemilik.


3. Cari tahu situasi surat-menyurat

Apakah gedung apartemenmu memiliki pusat kotak surat umum? Atau justru memiliki slot surat sendiri di depan pintu seperti yang diterapkan oleh beberapa apartemen di Jakarta?

Jika kamu gemar berbelanja online atau sering berhubungan dengan surat-menyurat, kamu juga harus mencari tahu apakah penjaga atau petugas di sana akan menyimpan surat dan paket milikmu ketika kamu pergi, atau kamu harus meminta bantuan tetanggamu untuk mengambilnya, atau justru malah ditinggal di luar gedung begitu saja.


4. Merapikan area pintu masuk

Ingin membuat kesan pertama yang baik pada teman dan tamu? Rapikan area pintu masuk apartemenmu dengan kait dinding, keranjang, rak sepatu, dan / atau tempat payung. Semua aksesori pintu masuk ini memberikanmu tempat untuk meletakkan barang-barang sekaligus membuat apartemen terlihat rapi dan terorganisir.


5. Beli perlengkapan pembersih

Bersihkan apartemenmu dengan baik sebelum memindahkan furnitur ke dalam. Pastikan untuk menyedot debu dan mengepel semua lantai, bersihkan kamar mandi secara menyeluruh. Jangan lupa juga untuk mengambil persediaan tisu, semprotan disinfektan, serta kantong vakum dan sabun saat membeli perlengkapan.


6. Siapkan satu set kunci ekstra

Jangan lupa untuk menyiapkan satu set kunci ekstra untuk apartemenmu. Tips ini penting agar suatu hari nanti kamu tidak terkunci di luar. Sobat kosngosan bisa memberikan satu set kunci ini kepada kerabat atau anggota keluarga yang kamu percaya untuk berjaga-jaga jika terjadi keadaan darurat.


7. Beli Beberapa furniture

Sebelum pindah ke apartemen, pastikan untuk melakukan pengukuran ruangan. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui apakah furnitur yang kamu miliki cocok atau tidak.

Kebanyakan orang yang pindah ke apartemen pertama perlu membeli setidaknya beberapa perabotan dasar. Jika memiliki anggaran terbatas, cobalah berinvestasi di sofa dan tempat tidur yang nyaman, dan sisanya dapat menyusul.

Tempat tidur adalah ruangan yang paling banyak digunakan untuk menghabiskan sebagian besar waktu luang. Jadi dengan memenuhi kamar tidur dengan berbagai furniture yang baik serta tempat tidur yang nyaman, makan ini dapat memenuhi kebutuhan emosional serta fisikmu ketika beristirahat.


8. Siapkan satu set sprei dan handuk ekstra

Untuk menghindari mencuci seprei dan handuk yang sama berulang kali, siapkan satu atau dua set ekstra. Ini juga akan berguna ketika ada teman atau keluarga yang menginap di apartemenmu. Selain itu kamu juga bisa menyiapkan beberapa perlengkapan


9. Bertemu dengan tetanggamu

Tinggal di apartemen berarti kamu kamu akan memiliki orang lain yang berada tepat di kiri, kanan atas, dan bahkan di bawahmu. Untuk membuatmu betah dan nyaman ketika pindah ke apartemen, kamu bisa memperkenalkan dirimu kepada tetanggamu. Hal ini tidak hanya akan memberimu rasa kebersamaan, tetapi tetanggamu juga mungkin dapat membantumu suatu saat jika kamu mengalami kesulitan.


10. Ganti baterai detektor asap

Segera setelah kamu pindah, ganti semua baterai detektor asap dengan yang baru. Hal ini tidak hanya aman dan cerdas untuk dilakukan, tetapi juga satu-satunya cara untuk mencegah detektor asap kamu terus-menerus berbunyi.


11. Belilah kotak perkakas

Jika sobat kosngósan belum memilikinya, belilah kotak perkakas untuk dibawa ke apartemen barumu. Bahkan yang kecil dan portabel lebih baik daripada tidak sama sekali. Kotak perkakas harus dilengkapi dengan semua kunci pas, palu, dan obeng yang diperlukan untuk menggantung dekorasi dinding, menyatukan furnitur, dan memperbaiki berbagai kerusakan di apartemenmu.

Tentu saja, untuk perbaikan yang lebih sulit dan besar, kamu lebih baik memanggil tukang yang berkualifikasi. Namun, dengan memiliki kotak perkakas kamu bisa memperbaiki beberapa kerusakan kecil dan mendasar.


12. Beli toilet plunger

Sebaiknya sediakan plunger untuk berjaga-jaga jika toilet kamu mampet atau meluap. Untungnya, membeli plunger tidak akan membebani anggaranmu, karena harganya cukup terjangkau dan dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai toko.


13. Ubah alamatmu

Saat pindah ke apartemen baru, jangan lupa untuk memberitahu bank sesegera mungkin. Pastikan untuk memperbarui informasi kartu kredit dengan alamat penagihan baru milikmu. Selain itu, jangan lupa untuk memberi tahu teman dan keluarga bahwa kamu telah pindah.


14. Cari tahu hari pengambilan sampah

Karena hari pengambilan sampah dan daur ulang berbeda-beda, pastikan untuk menanyakan detailnya kepada tetangga atau pengelola apartemen mengenai permasalahan ini agar kamu tidak kebingungan ketika ingin membuang sampahmu.


15. Jelajahi lingkungan Apartemen

Keluar dari apartemenmu dan jelajahi lingkungan barumu. Berjalan, berkendara, atau bersepeda di sekitar area untuk mengetahui tempat dan fasilitas apa saja yang ada di sekitar adalah kegiatan yang menyenangkan ketika berada di lingkungan baru.

Pastikan juga kamu mencari toko bahan makanan, taman, sekolah, museum, perpustakaan, toko perangkat keras, rumah sakit, apotek terdekat, dan akses transportasi publik yang bisa kamu gunakan agar kamu tidak kebingungan jika suatu hari nanti kamu butuh ke tempat-tempat tersebut.


Kata Penutup

Apartemen menjadi salah satu properti tempat tinggal yang banyak dipilih oleh masyarakat perkotaan. Tapi sering sekali kita kebingungan bagaimana sih tips pindah apartemen yang tidak bikin repot, sekaligus efektif dan efisien? 

Nah semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat buat sobat kosngosan.com sekalian. Semoga saja, dan jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing. Terimakasih sudah berkunjung!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya