Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Turnitin Gratis secara Online

Apa yang dimaksud dengan Turnitin? Ini adalah salah satu website yang menyediakan layanan pemeriksaan plagiasi (duplikasi) pada konten tulisan. Jadi jasa cek Turnitin yaitu sebuah layanan yang memiliki fokus terhadap serangkaian kegiatan pengecheckan plagiasi dari suatu dokumen. Jasa lolos turnitin online akan mengutamakan screaning konten dan kandungan redaksi sesuai dengan teks asli dengan proses yang lebih mudah.

Banyak sekali pertanyaan tentang "Dimana saya bisa mendapatkan jasa check turnitin ini? Kebutuhan akan layanan jasa check turnitin sekarang ini sangat diperlukan dalam bidang pendidikan. Apalagi sebagaimana yang sobat sudah tahu, bahwa hampir seluruh universitas atau perguruan tinggi telah mewajibkan seluruh dokumen akademik contohnya skripsi, jurnal, disertasi, tesis dan berbagai jenis karya tulis ilmiah lainnya harus melewati proses pengecekan plagiasi melalui turnitin atau software cek plagiat sejenis

"Turnitin" sendiri adalah sebuah perangkat lunak atau software yang sudah cukup populer di berbagai kalangan akademik yang digunakan untuk mengecek revisi atau plagiasi dokumen secara online. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencegah kemungkinan terjadinya penjiplakan suatu karya tulis ilmiah yang sudah dibuat oleh orang lain, baik itu disengaja atau tidak disengaja


Cara Cek Turnitin Online

Apakah kamu ingin mencari jasa check turnitin? Sebelumnya kamu juga bisa menggunakan fitur website ini dengan mengunjungi website turnitin di browser perangkatmu. Misalnya kamu ingin mengecek file skripsi yang diupload untuk Turnitin, dengan ketentuan:

1. File dokumen memiliki format .doc atau .docx

2. File dokumen yang di-upload adalah tulisan karya tulis ilmiah mulai dari BAB 1 (pendahuluan) sampai BAB terakhir (Kesimpulan)

Nah setelah kamu memastikan syarat diatas, maka kamu bisa mendaftar atau registrasi dengan beberapa langkah seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini :

Langkah 1 : Membuka website turnitin.com di browser perangkatmu, kemudian pilih "Login", pilih "Create Account" dan Klik "Student"

Langkah 2 : Lalu kamu bisa memasukkan Class ID yang kamu dapat dari pengumuman di akademik sesuai dengan program studi atau jurusan sobat kosngosan masing masing.

Langkah 3 : Kamu wajib memasukkan Enrollment password (dari informasi pengumuman di akademik sesuai dengan program studi masing masing)

Langkah 4 : Kamu diharuskan untuk memasukkan Nama Depan dan Nama Belakang (jika kamu hanya memiliki nama depan, maka nama belakang disamakan saja)

Langkah 5 : Selanjutnya mesukkan alamat Email yang masih aktif, dan password yang diinginkan (pastikan kamu mencatat passwordnya) kemudian klik "Agree"

Baca juga : Cara Parafrase Online dan Offline


Cara Cek Plagiasi Pakai Turnitin

cara cek turnitin gratis

Selanjutnya kamu sudah bisa mengupload file skripsi, tesis atau disertasimu ke situs "turnitin.com" dengan cara klik Login dan masukkan account dan password yang sudah kamu buat sebelumnya :

Langkah 1 : Pilih "Classname" kemudian "Submit" dan masukkan "Submission title" dengan format "Judul Skripsi - Nama Mahasiswa" tanpa tanda petik

Langkah 2 : Selanjutnya klik "Choose from this Computer" dan carilah dokumen skripsi yang sudah kamu simpan di perangkatmu dan klik Open. Tunggu sampai uploading selesai

Langkah 3 : Dan terakhir, kamu bisa menunggu proses pengecekan selama kurang lebih 1 jam. Untuk Hasil pengecekan plagiasi bisa kamu lihat kolom Similarity (%)

Untuk detail kalimat yang dianggap plagiat oleh Turnitin kamu bisa klik Hasil prosentase, jika persentase plagiasi lebih dari 25% maka kamu harus memperbaiki kalimat yang dianggap plagiasi tersebut.

Kemudian kamu wajib meng-upload ulang File skripsi yang sudah kamu perbaiki, melalui menu Submit Revision kembali. Begitu langkah teknis cara cek plagiasi pakai website turnitin online.


Pentingnya Check Turnitin

Sebagaimana yang sudah dibahas di awal postingan ini, tentang pengertian jasa check turnitin dan apa itu turnitin sendiri, kini sobat sudah bisa mengetahui teknologi canggih dalam bidang pendidikan saat ini, termasuk bagaimana kita bisa mengecek apakah karya tulis kita mengandung plagiat atau masih original. Dengan koleksi kosa kata dan pengalaman yang didukung oleh perangkat digital canggih untuk mengakses karya penulisan yang orisinal, akan sangat membantu akademisi.

Istilah "Plagiasi" sendiri ialah sebutan bagi suatu aktifitas berupa pengambilan hasil tulisan, pendapat atau opini dan kekayaan intelektual orang lain yang diklaim sebagainya miliknya. Kemudian menjadikan karangan tersebut seolah olah adalah pendapat atau opini sobat sendiri. 

Sebagai contoh, sobat kosngosan menerbitkan suatu karya tulis ilmiah yang mengambil sebagian atau seluruh tulisan dari orang lain atas nama kalian sendiri. Plagiasi ini disebut juga dengan istilah menjiplak, yang tentu saja akan merugikan orang yang dicuri konten tulisannya.

Akibat dari kegiatan plagiasi pada perkembangan teknologi sekarang bisa sangat buruk, karena terkait dengan pelanggaran hak cipta yang bisa berbuntut masalah hukum. Mulai dari reputasi yang tidak baik, pembelajaran yang sia sia, menurunkan kepercayaan diri bahkan terancaman denda sampai dipenjara. Inilah mengapa penting sekali jasa check turnitin dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam bidang pendidikan. Untuk itu Sobat harus tahu tips memanfaatkan teknologi dengan baik.


Cara kerja Website Turnitin

Fitur cek plagiasi yang dimiliki oleh situs Turnitin memang khusus dirancang agar bisa mendapatkan hasil pengecekan plagiasi tulisan yang akurat sesuai dengan kebutuhan akademik. Sobat kosngosna yang baru mengenal turnitin pasti ingin tahu bagaimana cara kerjanya bukan?

Original Check : yaitu kegiatan pengecheckan tulisan yang diperoleh dari hasil pencocokan suatu redaksi yang menggunakan sekumpulan informasi yang bersumber pada database web repositories atau bisa juga disebut software yang tersedia dalam suatu website

GradeMark : yaitu kegiatan pengecheckan tulisan yang dilakukan dengan menggunakan sistem digital atau paperless

PeerMark : yaitu kegiatan pengecheckan suatu tulisan untuk mengetahui hasil yang ditentukan berdasarkan keputusan tutor, guru atau dosen secara proporsional

GradeBook : yaitu kegiatan pengecheckan suatu tulisan secara online yang memungkinkan para tutor bisa memberikan tugas kepada kelompok mahasiswa

Website Turnitin menggunakan sistem penulisan kembali yang mengutamakan sistem anti plagiat, orisinilitas, kerapian revisi dan yang adanya garansi dari pihak turnitin atas jaminan layanan mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat yaitu kebanggaan dan kepuasaan sobat terutama dari kalangan akademisi

Baca juga : Tips Menulis Disertasi bebas Plagiat


Kata Penutup

Semoga beberapa materi mengenai cara mengecek dan menggunakan fitur turnitin bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan.com sekalian. Menghasilkan karya tulis yang original dan bebas dari plagiat adalah salah satu kebanggaan yang harus kamu miliki ketika kamu sudah selesai kuliah di perguruan tinggi

Oleh karena itu jadilah seorang peneliti yang benar-benar menghasilkan karya tulis yang bebas dari plagiat. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk Klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing-masing.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya