Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Agen J&T Express Perorangan Terbaru

Apakah kamu tertarik jadi agen j&t perorangan di daerah tempat tinggal mu? Saat ini, bisnis jasa ekspedisi memang tengah naik daun. Karena banyaknya kegiatan jual beli online di berbagai daerah di Indonesia, membuat perusahaan ekspedisi seperti ini membuka peluang kerjasama untuk para klien yang punya modal untuk menjadi agen resmi mereka di berbagai daerah, khususnya di pelosok yang masih jarang terjangkau oleh layanan seperti ini. Oh iya, selain di Indonesia, mereka juga buka di Malaysia. Tapi kita akan bahas j&t yang di Indonesia saja, mengenai beberapa panduan dan persyaratan agar sobat kosngosan bisa menjadi salah satu agen mereka

J&T Express merupakan salah satu perusahaan layanan pengiriman terbesar di tanah air. Layanan ekspedisi ini menerapkan teknologi sebagai dasar sistem dan pelayananya terhadap customer. J&T Express punya cabang drop point yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, dengan fasilitas pengiriman antar provinsi, antar kota, dalam kota, juga untuk customer yang melakukan transaksi di e-commerce.

Seperti pada kebanyakan fasilitas ekspedisi lainnya, mereka memberikan layanan pick up paket ke alamat pengirim, jadi sobat tidak perlu lagi membawa paket atau barang kiriman ke kantor cabang mereka.

agen J&T Express terdekat

Prosedur dan Persyaratan Jadi Agen J&T

Nah sesuai dengan judul dari artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa persyaratan dasar yang harus kamu penuhi sebelum memutuskan untuk menjadi agen resmi dari perusahaan ini.

Beberapa hal yang perlu di persiapkan oleh sobat kosngosan sebagai calon agen J&T. Terutama syarat administrasi ketika melakukan pendaftaran menjadi agen yang dimana beberapa syarat tersebut meliputi :

Baca juga : Cara Mengirim Dokumen Lewat J&T


1. Surat permohonan untuk menjadi mitra keagenan J&T yang kalian letakkan di atas kop surat

2. Harus dari baja memiliki badan usaha

3. Fotokopi akte pendirian perusahaan yang sudah disahkan oleh pihak yang berwenang

4. Fotocopy KTP pemohon yang masih berlaku 2 lembar

5. Fotocopy SIUP 2 lembar

6. Pas foto pemohon yang berukuran 3 kali 4 sebanyak 2 lembar

7. Fotocopy TDP atau tanda daftar perusahaan yang masih berlaku sebanyak 2 lembar.

8. Fotocopy NPWP yang masih berlaku 2 lembar

9. Bersedia untuk menyerahkan uang jaminan

10. Biaya administrasi saat permohonan telah disetujui.

11. Setelah mengetahui persyaratan untuk menjadi agenda J&T seperti yang sudah disampaikan tersebut selanjutnya maka dapat melakukan pendaftaran agen dengan cara yang bisa dibilang cukup mudah dan simple titik


Panduan Pendaftaran Agen J&T

Untuk dapat menjadi mitra atau agen dari gnp maka dapat mengikuti panduan cara menjadi agen j&t berikut ini :

1. langkah pertama yakni yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah mengumpulkan dan menyusun semua persyaratan yang sudah disampaikan di atas.

2. Setelah semua persyaratan sudah dipersiapkan maka agen yang berminat dapat mendatangi kantor agen J&T Express setempat dan menyampaikan bahwa ingin menjadi atau membuka kantor agen J&T kepada petugas yang ada.

3. Sampai disini biasanya sobat kosngosan akan diminta seluruh berkas pendaftaran termasuk juga dokumen persyaratan yang dipersiapkan sebelumnya

4. Tugas yang akan memeriksa dan dokumen yang telah diberikan, kan sudah tidak ada berkas dokumen yang tertinggal dan lengkapi semua berkas yang ada.

5. Selanjutnya akan disuruh menunggu beberapa hari untuk yang nantinya akan disurvei oleh pihak J&T

6. Silahkan ikuti instruksi selanjutnya dari pihak J&T tersebut


Persyaratan yang perlu dipenuhi bagi pengajuan menjadi agen perorangan atau bukan dari perusahaan maka wajib memenuhi antara lain :

1. Mengisi formulir pendaftaran keagenan yang tertera di dalam aplikasi pengajuan

2. Ktp yang masih berlaku

3. Fotocopy npwp

4 . Pas foto berwarna berukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 rangkap

5. Surat keterangan domisili usaha atau disingkat dengan SKDU atau bukti pembayaran IMB terakhir

6. Denah atau peta lokasi outlet

7. Foto outlet yang berisikan interior dan exterior.

8. Memiliki tempat khusus untuk kantor agent

9. Memiliki kelengkapan komputer dan printer

10. Memiliki timbangan digital minimal bisa menimbang 30 kg yang biasanya disediakan oleh pihak J&T express


Adapun persyaratan bagi yang mengajukan keagenan untuk perusahaan atau badan usaha yakni harus memenuhi persyaratan antara lain :

1. Mengisi formulir pendaftaran keagenan yang tertera di dalam aplikasi pengajuan menjadi Agen J&T

2. Fotokopi direksi perusahaan

3. Fotocopy npwp perusahaan

4. Akte pendirian perusahaan

5. Fotokopi surat izin usaha perusahaan atau disebut dengam SIUP

6. Fotocopy tanda daftar perusahaan (TDP)

7. Pas foto berwarna ukuran 4 X 6 cm sebanyak 3 rangkap

8. Surat keterangan domisili (SKDU) uti pembayaran (IMB) terakhir

9. Denah atau peta lokasi outlet

10. Foto outlet yang berisikan dengan foto interior dan exterior

11. Memiliki tempat khusus untuk kantor agent

12. Memiliki fasilitas seperti komputer dan printer

13. Memiliki perlengkapan timbangan digital minimal bisa menimbang 30 kg yang biasanya disediakan oleh pihak J&T express

14. Selanjutnya selain persyaratan tersebut masih ada juga persyaratan lainnya memang harus dipersiapkan oleh sobat kosngosan sebagai calon agen J&T yang melakukan pengajuan sebaga Agen J&T sesuai dengan keputusan dari pusat.

15. Memulai menjadi agen resmi dari J&T maka bisa memulainya dengan mengajukan lokasi yang nantinya akan dijadikan sebagai kantor

16. Selanjutnya maka tim surveyor dari J&T akan melakukan survei lokasi terlebih dahulu

Baca juga : Kata Semangat untuk Abang Kurir J&T


Adapun agen J&T Express juga memberikan persyaratan bagi yang membuka agen miliki 1 sampai 2 karyawan.

1. Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran untuk agen secara tunai bukan melalui ATM atau transfer namun untuk pembayaran paket keagenan dapat dilakukan dengan transfer ATM atau lewat internet banking ke rekening J&T Express.


2. Syarat lokasi dan infrastruktur outlet

Minimal lokasi untuk agen yang harus dapat diakses kendaraan besar atau roda 4 secara mudah. Khasiat olahan parkirnya lebih luas. Agen agen J&T Express juga harus menyiapkan meja dan kursi tunggu bagi para pelanggan karena bisa jadi agen yang dibuat akan berkembang pesat. Siapkan spanduk plang J&T Express


3. Sebelum Paket Keagenan

Sebelum memulai mendaftar menjadi agen J&T Express terlebih dahulu memiliki paket keagenan dengan modal mulai dari 10 juta sampai 20 juta. Pembayaran paket keagenan bisa dilakukan dengan cara transfer ke rekening J&T Express yang akan diberitahukan setelah memenuhi semua Persyaratan yang telah ditentukan untuk menjadi agen J&T Express.


4. Menghubungi J&T Ekpress Tingkat Provinsi

Contohnya Jika kamu berminat membuka agen J&T Express pada daerah tempat tinggal, maka harus menghubungi cabang atau perwakilan setiap provinsi terlebih dahulu. Hal ini untuk melakukan konfirmasi dan pembaharuan data dari mereka


5. Memenuhi Syarat Pembukaan Agen J&T

Dalam proses menjadi agen J&T Express maka harus mempunyai persyaratan administrasi di atas. Tidak hanya persyaratan administrasi saja dan roda empat. Setelah itu penuhi tour agen J&T Express seperti komputer, printer serta timbangan digital yang dapat menampung hingga 30 kg.

Calon agen J&T Express harus menyiapkan seorang karyawan kurang lebih satu atau dua mengoperasikan komputer dengan Mahir karena segala proses pelayanan J&T telah menggunakan teknologi modern.


6. Mendaftarkan Agen Melalui Pihak Pengelola J&T

Untuk proses pendaftaran maka dapat dilakukan dengan mendatangi agen J&T Express, Calon agen J&T dapat mendaftar pada kantor J&T Provinsi atau pusat.

Untuk selengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs jetexpress.co.id/Agent dan daftarkan dirimu secara online. Kamu juga bisa baca info grafis dibawah ini untuk lebih lengkapnya :

infografis j&t



Kata Penutup

Terakhir, perusahaan ekspedisi ini memang mmemberikan banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk konsumen. Kamu juga bisa mengecek tarif ongkos kirim dari kota asal ke kota penerima berdasarkan berat dan dimensi barang yang akan kamu kirimkan. Selain itu mereka juga punya standar pengemasan barang yang sesuai, serta ada cukup banyak drop point atau cabang J&T paling dekat di daerahmu

Dari penjelasan mimin kosngosan di atas, semoga bermanfaat dan kamu bisa menjadi agen yang sukses mendapatkan banyak sekali konsumen di daerah mu ya. Dan jangan lupa untuk klik tombol share serta bagikan artikel ini ke lini masa sosial media kalian masing masing, Terimakasih sudah berkunjung di blog ini

Oleh rezaharahap