Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon tidak Terdeteksi

Buat kamu yang saat ini mengalami permasalahan cartridge, khususnya pengguna printer canon, bisa membaca ulasan dari kosngosan kali ini. Pabrikan mesin cetak canon, sampai saat ini menjadi salah satu brand yang paling populer di Indonesia. Ada banyak jenis series printer yang sudah dirilis dengan pangsa pasar tanah air. Ada yang ditujukan untuk kalangan Low-end dengan harga terjangkau, atau juga yang untuk high-end buat kebutuhan bisnis perusahaan, yang tentu saja harganya juga lebih mahal.

Ada banyak sekali permasalahan terkait printer yang sering dialami oleh pengguna. Salah satunya adalah perangkat keras paling penting dalam sebuah mesin cetak yang bernama Katrit atau Cartridge (alat penampung tinta). Sebenarnya ada jenis lain dari printer yang disebut sistem infus, tapi mesin dengan sistem Katrit atau inkjet lebih terjangkau dan mudah dalam hal perawatannnya.

Apa yang dimaksud dengan Cartridge? ini adalah benda yang bisa kita temui pada suatu printer yang gunanya adalah untuk menampung ink (tinta) yang akan dialirkan pada head katrit. Bagian ini adlaah komponen yang paling penting pada sebuah printer, karena merupakan mesin utama penghasil cetakan.

Biasanya apabila tidak ditangani dengan tepat, masalah pada komponen printer ini bisa lebih parah dan bahkan harus diganti dengan yang baru, tentu saja harga katrit sangat mahal, hampir 70% harga printer itu berasal dari Cartridge.

Pengguna awam, yang mengalami Katrit Printer tidak terdeteksi, biasanya mereka langsung menggantinya saja dengan yang baru. Tapi setelah membaca artikel dari kosngosan ini, kamu akan belajar mencoba untuk memperbaikinya. Seperti memperbaiki mesin pada umumnya, Katrit yang rusak, harus dicari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Termasuk permasalahan yang paling sering ditemui, yaitu Cartridge tidak terdeteksi.

memperbaiki cartridge canon


Cara Memperbaiki Printer Canon yang Rusak

Secara umum, memang kita tidak bisa men-generalisir solusi yang sama pada setiap masalah yang terjadi pada mesin cetak printer. Oleh karena itu, beberapa masalah dan solusinya sudah mimin kosngosan persiapkan dibawah ini. berikut yang bisa kamu coba :


1. Chip Katrit Rusak

Chip Cartridge yang rusak bisa ditandai dengan munculnya notifikasi error pada komputer seperti : "unrecognized Cartridge", "not compatible" atau Cartridge belum terpasang, yang secara garis besar menyatakan Cartridge rusak dan perlu untuk diganti. Tapi sebelum kamu ganti, coba saja dulu cara dibawah ini. Sebelumnya, kita harus tahu dulu apa penyebab Chip katrit rusak? Berikut beberapa diantaranya :

  • Korsleting konektor karena terkena cairan
  • Kelebihan arus akibat tegangan listrik tidak stabil
  • Kotoran yang melekat pada konektor chip
  • Sudah habis masa pakainya (sudah beberapa kali disuntik di isi ulang)

Untuk penyebab yang terakhir, memang hal ini sudah lumrah. Karena pabrikan printer memang sengaja membuat katrit dipakai dalam jangka waktu tertentu saja. Ada katrit yang memang dirancang untuk rusak dalam jangka waktu tertentu setelah pemakaian beberapa kali isi ulang tinta. 

Tujuan pabrikan tersebut supaya pengguna tidak bisa lagi mengisi ulang atau menggunakan kembali katrit printer yang sudah habis itu, yang ujung ujungnya harus memakai katrit original yang baru dari mereka

Baca juga : Cara Mengirimkan Printer yang Aman tanpa Rusak


2. Cara mengatasi Chip Katrit yang rusak

Sobat kosngosan bisa melakukan cara ini untuk memperbaiki katrit yang rusak. Kemungkinan katrit kamu akan bagus kembali bisa saja terjadi, setelah kamu melakukan salah satu cara dibawah ini.


Membersihkan Chip yang kotor

Ini adalah cara yang pertama harus kamu lakukan sebelum mencoba cara berikutnya. Silahkan membersihkan chip katrit menggunakan cairan alkohol, usapkan dengan tisue atau kertas lembut pada bagian konektor chip yang kotor. 

Atau kamu bisa mencoba dengan menggosok chip dengan karet penghapus yang bersih. Setelah dirasa cukup bersih, silahkan cek kembali apakah sudah terdeteksi di komputer atau belum. Apabila masih belum, maka silahkan ke cara selanjutnya


Memanaskan chip dengan solder

Cara ini terkadang bisa membantu. Tingkat keberhasilannya lumayan kecil sih, akan tetapi tidak ada salahnya juga kamu coba, apabila cara pertama tidak berhasil walaupun sudah dibersihkan. Caranya dengan memanaskan konektor chip menggunakan ujung solder, berikut selengkapnya :

a. Siapkan solder, pastikan mata solder bersih dan panaskan solder dengan menghubungkannya ke listrik

b. Kemudian pastikan bagian sekeliling konektor chip katrit tertutupi flux, hal ini bertujuan untuk melindungi kabel fleksibel konektor chip katrit agar tidak terkena dampak negatif akibat panas dari solder

c. Lalu tempelkan mata solder ke konektor chip katrit satu per satu. Cukup tempelkan selama 2 hingga 3 detik saja, jangan lama lama.

d. Kemudian bersihkan konektor chip katrit dengan penghapus, dan pasang katrit printer pada printer seperti semula lalu lakukan uji coba

Sebaiknya dalam melakukan hal ini, gunakan katrit yang kerusakannya sudah parah dan merupakan solusi terakhir saja. Belajar terlebih dahulu jadi setelah mencobanya sendiri kamu bisa mengetahui caranya lebih detail


3. Head Katrit Printer Rusak

Katrit printer menjadi tersumbat umumnya diakibatkan karena printer tidak digunakan untuk mencetak dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan tinta diujung katrit menjadi kering dan menghambat aliran tinta dari inktank katrit ke head katrit. Sehingga menyebabkan hasil cetak menjadi bermasalah. Berikut beberapa penyebab Head katrit rusak :

a. Penyumbatan akibat tinta yang mengering, sehingga hal ini akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan ketika mencetak

b. Bercampurnya kotoran atau debu yang masuk ke katrit bersamaan dengan tinta, sehingga menyumbat lubang pada head atau nozle

c. Adanya panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.

d. Ujung head tergores akibat benturan atau gesekan dengan benda yang lebih keras

Perlu kamu ketahui, untuk penyebab yang terakhir, diameter lubang head katrit sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur atau tergesek benda keras akan mudah rusak.


4. Cara mengatasi Head Katrit rusak

Head katrit rusak yang masih bisa diperbaiki yaitu : head katrit yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Solusi penanganan tergantung kondisi kerusakan head katrit, dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan katrit tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.

Penyumbatan ringan :

Sobat kosngosan bisa melakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga. Caranya seperti berikut,

Tab Maintenance Printer Untuk Cleaning Katrit

Buka Control Panel, cari saja di Start Menu dengan keyword "control panel"

Setelah jendela Control Panel terbuka, jika antar muka Control Panel menggunakan mode View by Category (lihat bagian kanan atas), maka klik View devices and printers pada kategori Hardware and Sound.

Perlu kamu ketahui, jika interface "Control Panel" menggunakan mode "View by Large icons" atau "View by Small icons", maka klik "Devices and Printers"

Ketika opsi "Devices and Printers" terbuka, lihat printer yang bersangkutan (contoh iP2770).

Klik kanan pada icon printer tersebut, dan pilih "Printing Preferences"

Opsi "Printing Preferences" kemudian akan muncul, dan klik tab "Maintenance" dan  klik pilihan "Head Cleaning"

Klik Start atau Ok atau Yes, jika muncul jendela konfirmasi, proses pembersihan head akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai yang ditandai dengan printer berhenti beroperasi

Cobalah cetak gambar atau teks berwarna pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada katrit printer tersebut terkategori ringan, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara Penyumbatan sedang.

Penyumbatan sedang: Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot katrit. Caranya pun mudah cukup pasang katrit yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan.

toolkit penyedot katrit

Kamu dapat membeli toolkit penyedot tinta di toko komputer terdekat, namun bila Kamu kreatif Kamu dapat membuatnya sendiri dengan memodifikasi bekas suntikan tinta printer. Adapun cara menyedot tinta dari head katrit,

Cabut katrit printer yang bermasalah dari printer (untuk printer PIXMA series iP, Mp, dan sejenisnya cukup dengan menyalakan printer lalu membuka penutup printer dan katrit printer akan berpindah ke posisi releaseable)

Tempelkan bagian ujung penyedot tinta ke bagian head katrit (bawah katrit) lalu tarik tuas pada penyedot tinta hingga tinta dari dalam katrit mengalir keluar dari head katrit.

Lakukan terus hingga tidak ada tinta tersisa di dalam head katrit.

Jika sekiranya sudah kosong, maka isi katrit printer tersebut dengan tinta baru, hal ini sangat mimin sarankan daripada kamu menggunakna tinta yang tadi disedot keluar oleh penyedot tinta alias tinta bekas.

Coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada katrit printer tersebut terkategori sedang, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara Penyumbatan berat.

Penyumbatan berat

Sobat kosngosan bisa merendam head katrit dengan menggunakan cairan cleaner (tentu saja bukan sembarang cairan cleaner atau kamu dapat menggunakan air panas sebagai gantinya, hanya saja hasilnya akan lebih optimal apabila menggunakan cairan head cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai kena chip katrit. 

Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head katrit (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot katrit. Berikut cara dalam mengatasi penyumbatan kategori berat head katrit,

Merendam head katrit dengan menggunakan cairan cleaner atau air panas

Siapkan wadah dengan ukuran yang sekiranya dapat masuk dua buah katrit printer (dengan asumsi katrit printer yang bermasalah adalah katrit hitam dan katrit warna).

Tuangkan head cleaner secukupnya, ketinggian standar 2 mm hingga 5 mm karena hanya akan digunakan untuk merendam bagian head katrit, bukan keseluruhan katrit printer.

Letakkan katrit printer didalam wadah tersebut dengan posisi bagian head katrit terendam oleh cairan head cleaner.

Biarkan hingga beberapa jam, lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head katrit (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari), cukup hingga sekiranya cairan head cleaner mengikis tinta yang menggumpal pada head katrit.

Jika dirasa telah cukup, angkat katrit printer lalu bersihkan bagian head dengan tisu kering.

Coba cetak beberapa gambar berwarna pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada katrit printer sudah mulai teratasi

Baca juga : Cara Membuat Blanko Undangan dengan Printer


Bagian Penutup

Memang kelebihan katrit memang dapat diisi ulang saat tinta di dalamnya sudah habis, akan tetapi cartridge juga punya batas usia pakai. Jadi ada baiknya jika sobat kosngosan sudah menggunakan cartridge terlalu lama, tetap harus menggantinya dengan yang baru. 

Demikian beberapa cara memperbaiki katrit dari printer cannon, semoga bisa bermanfaat buat teman teman sekalian. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikelnya ke sosial media kalian juga ya

Oleh rezaharahap