Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Suzuki Jimny Jangkrik Masih Diminati

Apakah kamu penggila otomotif? Salah satu koleksi mobil yang masih banyak orang cari adalah Jimny Jangkrik. Mengapa Suzuki jenis ini masih diminati? Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba memberikan beberapa alasan dan juga ulasan seputar jenis kendaraan ini kepada kalian.

Pesona Jimny Jangkrik tak lekang oleh waktu, karena ada banyak kolektor yang memburu legenda yang satu ini. Pasalnya masih banyak pecinta otomotif di Indonesia yang memilih membeli mobil ini dengan harga selangit.

Sebutan Jimny Jangkrik memang diperuntukkan bagi kendaraan pabrikan Suzuki dengan jenis Jimny generasi pertama yang rilis di Indonesia pada sekitaran tahun 1980-an. 

Istilah "Jimny Jangkrik" dikatakan terinspirasi dari karakter yang diadaptasi dari serial kartun yang bernama Jimny The Cricket. Mobil ini memang memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding mobil lainnya. Kapasitas mesinnya hanya 800 cc.

Dalam hal perawatannya juga relatif mudah, sehingga banyak dipakai orang untuk mobil kedua atau koleksi. Jimny generasi pertama ini diberi seri "LJ80" yang dipasarkan di Indonesia mulai tahun 1979 silam. Kendaraan ini dirakit di Indonesia, memiliki model turunan lainnya yang diproduksi sampai tahun 1981, seperti model LJ-80V dan LJ-80Q,

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Jimny Jangkrik sudah menarik perhatian. Sampai-sampai mobil ini sangat terkenal di era 90. Alasan utamanya adalah mobil ini menggunakan sistem penggerak 4X4. 

Sehingga masyarakat yang sangat suka dengan kegiatan jelajah alam bisa menjelajah dengan kendaraan ini. Kelebihan yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih Jimny Jangkrik bukan hanya itu saja


Alasan Suzuki Jimny Masih Banyak Diminati di Indonesia

review suzuki jimny

Meskipun sudah tidak bisa kamu temukan di dealer resmi Suzuki lagi, seperti Dealer Suzuki Sejahtera Sunindo Trada atau dealer resmi lainnya, mobil ini masih diminati karena keunikan dan nilai historisnya. Apa alasannya si Jimny Jangkrik atau akrab dengan sebutan Kotrik menarik perhatian? 

Padahal mobil 4X4 sudah keluar sejak tahun 1982. Bahkan di pasaran mobil bekas, Jimny Jangkrik pun masih dijual dengan harga tinggi. Kira-kira apa alasannya ya? 

Berikut ini beberapa alasan yang perlu sobat kosngosan ketahui :


1. Bodi yang Ramping

Di antara mobil 4X4 lainnya, Jimny Jangkrik yang memiliki body paling ramping pada semua serinya kala itu. Ukuran bodi yang ramping ini tentu mempermudah para petualan untuk melewati jalan yang terjal. 

Tanpa harus takut tidak bisa melewati jalanan yang sempit. Jimny Jangkrik mampu melewati hampir semua jenis jalan. Baik perkotaan maupun offroad dengan bodinya yang ramping.


2. Paling Hemat BBM

Baik sekarang atau dulu, masyarakat selalu mencari kendaraan yang hemat bahan bakar. Jimny Jangkrik dibekali dengan mesin yaitu 1 liter silinder. 

Ditambah dengan rasio kompresinya adalah 8:8:1 yang sudah pasti hemat bahan bakar. Pemilik mobil pun tak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang untuk bahan bakar ketika harus bepergian jauh.


3. Suku Cadang yang Masih Mudah Ditemukan

Meskipun termasuk mobil tahun 90 an, namun hingga saat ini suku cadang Jimny Jangkrik masih mudah ditemukan. Sparepart sangat penting bagi pemilik mobil tua karena semakin bertambah umur tentu banyak suku cadang yang perlu penggantian. 

Karena mudah menemukan suku cadangnya maka tak banyak yang berpikir dua kali untuk bisa membeli Jimny JAngkrik.


4. Performa Mesin Baik Khususnya untuk Offroad

Inilah yang membuat banyak pecinta Jimny Jangkrik terus ada di Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan mesin yang 1000 cc dengan 4 silinder dan 8 katup. 

Namun melalui mesin tersebut, performa yang didapatkan tidak kalah baik. Jimny Jangkrik mampu melewati semua medan offroad dengan tenaga yang kuat. Siapa saja yang suka menjelajah tentu tak ingin melewatkan hal ini bukan.


Mengenal Jimny Terbaru Keluaran Suzuki

Suzuki sebagai produsen Jimny Jangkrik pun tak melewatkan momen dari Jimny Jangkrik. Pasalnya Suzuki Jimny terus diproduksi dengan memberikan pembaharuan yang sesuai zaman. Generasi terbaru yaitu Suzuki Jimny 2020 memiliki banyak kelebihan yang tak kalah gahar.

Hal ini dapat dilihat dari bodinya yang mengalami perubahan besar. Jimny kini tidak terlalu ramping tapi justru dibuat semakin gagah. Tambahan bumper depan belakang yang membuat kendaraan terlihat macho.

Selain itu juga mesin yang digunakan lebih besar dengan mesin 1.5 liter yang sangat bertenaga. Melalui mesin tersebut torsi yang dihasilkan cukup besar. Sehingga untuk melewati medan offroad Kamu tidak perlu khawatir kenyamanannya.

Beralih pada bagian interiornya, kemewahan akan sangat terasa di sini. Kabinnya kini menjadi lebih luas seiring bertambahnya ukuran mobil. Selain itu juga mobil ini sudah menggunakan sistem audio 2 DIN dan touchscreen yang terhubung ke kamera.

Penasaran bagaimana tampilan dari Jimny Jangkrik generasi terbaru secara lengkap? Kamu bisa langsung datang ke Suzuki Sejahtera Sunindo Trada untuk wilayah Semarang. Bisa juga mengakses website suzukitradajateng.co.id

Saat mengakses website jangan lupa nyalakan gps pada smartphone sehingga fitur pendeteksi lokasi akan bekerja. Kamu bisa langsung tahu mana saja dealer resmi Suzuki terdekat untuk bisa dihubungi.

Selain itu Kamu juga bisa melakukan booking service melalui pengisian formulir yang sudah tersedia. Melalui website yang sama, Kamu juga mencari informasi seputar suku cadang bahkan memesannya langsung.

Jangan lewatkan kemudahan Suzuki ini untuk diakses. Kamu yang berada di Semarang bisa mengaksesnya sekarang juga.


Bagian Penutup

Demikian beberapa informasi dan alasan kenapa jenis kendaraan yang satu ini masih tetap diminati hingga sekarang. Buat kamu yang ingin membeli kendaraan langka ini, harus punya network yang luas dan juga siapkan budget yang lebih untuk pemeliharaan serta mendapatkan kepercayaan dari pemilik mobilnya. 

Jimny jangkrik telah berhasil membawa Suzuki menuju puncak popularitas pada masanya karena memiliki bodi kompak, mudah dimodifikasi, lincah dan tangguh berpetualang. Jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya