Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Dropship di Tokopedia tanpa Modal

Apakah kamu ingin menghasilkan uang dengan menjadi dropshiper di E-commerce? Ada banyak sekali e-commerce besar di tanah air. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas tokopedia. Tapi sebelumnya kita akan bahas apa itu dropship. Dropshipping merupakan sebuah alternatif bisnis yang cocok dipilih sebagai rencana usaha, utamanya bagi kamu yang masih memiliki keterbatasan pada modal.

Hal ini dikarenakan dropshipping cenderung membutuhkan modal yang minim, serta mudah diterapkan oleh siapapun dan dimanapun.

Secara singkatnya, definisi dropshipping merupakan sistem penjualan suatu produk dimana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan/mempromosikan barang milik pihak lain tanpa perlu menyiapkan stok barang (membelinya terlebih dahulu). Hal inilah yang membuat bisnis dropshipping tidak memakan jumlah modal yang begitu besar.

Dewasa ini, ada banyak situs – situs online marketplace yang menyediakan kesempatan untuk berbisnis dengan sistem dropshipping. Beberapa diantaranya sebut saja seperti Shoppee, Tokopedia, Lazada, BukaLapak, Blibli dan lain sebagainya. Dalam pembahasan kali ini, kosngosan akan membahas cara menjadi dropshipper di Tokopedia.


Cara Jadi Dropshiper di Tokopedia

dropship tokopedia terbaru

Menjadi dropshiper bukannya tanpa modal. Yang namanya usaha tetap memiliki modal, akan tetapi untuk menjadi dropshipper, memang modal terpenting adalah networking dan pelayanan terhadap konsumen.

Sebelum menjadi dropshipper di Tokopedia, ada beberapa tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

Baca juga : Cara Memulai Thrift Shop buat Pemula


1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah ini merupakan tahap awal yang wajib dilakukan oleh setiap dropshipper. Kamu juga tidak boleh melakukannya dengan asal – asalan ya! Sebab tahap ini menentukan tingkat keberhasilan terhadap produk yang akan kamu jual nantinya.

Kamu bisa memanfaatkan sosial media, atau situs jejaring di internet untuk melihat produk apa yang banyak diminati oleh masyarakat. Sobat kosngosan juga bisa mengecek langsung di halaman beranda Tokopedia untuk melihat daftar barang yang laris dalam kurun waktu tertentu. Jika kamu masih pemula, lebih baik fokuslah pada satu sektor bisnis saja dulu.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan brand awareness di mata para pelanggan. Jika kamu memutuskan untuk menjual barang dengan berbagai kategori, hal ini dikhawatirkan akan menjaring kompetitor yang lebih banyak sehingga dapat mempersempitmu untuk memenangkan persaingan di Tokopedia kedepannya.


2. Pelajari dan Pahami Produk dengan Baik

Memahami produk yang akan kamu jual sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tidak dikhususkan untuk para supplier saja ya. Sebagai seorang dropshipper, kamu juga harus mempelajari dengan baik apa fungsi dan kegunaan produk yang kamu tawarkan nantinya. Sehingga saat ada calon pembeli yang menanyakan informasi seputar produk, kamu tidak perlu kebingungan dan dapat menjawab pertanyaan mereka dengan lancar.


3. Memilih Supplier atau Pemasok

Langkah selanjutnya setelah kamu berhasil menentukan jenis produk, maka carilah pihak supplier yang memiliki stok barang sesuai dengan produk pilihanmu. Pada tahapan ini, lakukanlah perbandingan antar supplier yang telah kamu temukan.

Kira – kira mana yang terbaik menurutmu? Hal ini bisa dilihat dari segi harga, kualitas, serta pelayanan yang mereka berikan. Selain itu, pilihlah jenis supplier yang mudah dijangkau, baik dalam posisi maupun komunikasi. Posisi yang berada di pusat kota dapat memudahkan barang sehingga lebih cepat sampai di tangan pembeli.

Sedangkan untuk komunikasi, pastikan supplier yang kamu pilih dapat dijangkau melalui berbagai media, baik itu telepon, email, dan chat sehingga jika semisal terjadi masalah dan orderan menumpuk, supplier dapat lebih mudah dihubungi tanpa kendala.


4. Registrasi Akun di Tokopedia

Setelah kamu sudah menemukan jenis produk dan supplier, langkah berikutnya yang wajib kamu lakukan adalah membuat akun di situs resmi Tokopedia.

Pada tahapan kali ini, pastikan sobat kosngosan mengisi data diri atau identitas dengan benar, mulai dari nama lengkap, nomor handphone (yang aktif dan bisa dihubungi), serta alamat email yang valid. Sesudah registrasi, jangan lupa untuk membuka email karena biasanya akan ada tahapan verifikasi pendaftaran atau aktivasi akun.


5. Membuat Toko di Tokopedia

Tahapan berikutnya setelah selesai mengaktivasi akun, kamu harus membuat toko di Tokopedia ya. Awali dengan mengisi semua formulir yang disediakan. Baik dari nama toko yang dipilih, deskripsi maupun slogan. Setelah selesai, ada juga tahapan metode pengiriman.

Pada tahap ini, kamu bisa menyesuaikan metode pengiriman apa saja yang bisa dilakukan oleh supplier produkmu. Hal ini harus sama karena nantinya yang menangani pengiriman produk juga supplier.

Setelah metode pengiriman masih ada satu langkah lagi, yakni dukungan pembayaran. Hal ini juga sama dan bisa disesuaikan seperti sebelumnya.

Sesudah kamu berhasil mengisi setiap formulir yang ada maka kemudian klik tombol buka toko untuk mengaktifkan. Jika kamu sudah berada di tahapan ini, maka tandanya kamu sudah berhasil membuat toko di situs Tokopedia.


6. Tambahkan Produk di Toko Onlinemu

Kamu sudah berhasil membuka toko onlinemu di Tokopedia, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan produk yang akan kamu jual nantinya. Untuk menambahkan produk, klik tombol tambahkan produk, lalu isi semua informasi yang lengkap

Meliputi deskipsi mengenai barang, seperti nama produk, harga, kategori, ukuran, berat produk, jumlah minimum pemesanan, gambar yang sesuai, dukungan garansi, serta kondisi dan kebijakan terhadap pengembalian barang. Jangan lupa klik simpan, dan tada! Produkmu kini sudah bisa dilihat oleh semua pengunjung yang ada di Tokopedia. Mudah bukan?


7. Promosikan Produkmu

Sebagus apapun jenis produk yang kamu jual, itu semua akan percuma saja jika tidak ada orang yang melihatnya. Maka dari itu, strategi promosi cukup penting untuk kamu terapkan. Cara promosi produk paling mudah dan murah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan cara word of mouth atau dari mulut ke mulut.

Tawarkan produkmu pada orang terdekat terlebih dahulu, lalu dari sana mintalah bantuan mereka untuk mempromosikan barangmu ke teman – temannya.

Sedangkan jika sobat kosngosan berjualan dengan skala yang lebih besar, manfaatkanlah sosial media seperti Instagram dengan sistem paid promot. Sesuaikan selebgram atau artis dengan target market atau budget yang kamu miliki.


8. Manfaatkan Layanan Top Ads Produk

Jika produk yang kamu tawarkan memiliki peluang persaingan yang cukup tinggi, kamu bisa mencoba memanfaatkan layanan Top Ads produk yang disediakan oleh Tokopedia. Layanan ini dapat memungkinkan produk yang kamu jual berada di jajaran atas sehingga dapat lebih mudah dilihat konsumen.

Layanan Top Ads ini umumnya terbagi atas 2 kelompok, yakni iklan grup yang mampu mengiklankan produk hingga mencapai 300 buah dalam 1 grup, dengan tambahan 1 kata kunci pencarian dalam grup. Serta iklan tanpa grup semisal kamu ingin mengiklankan 1 jenis produk yang lebih spesifik.


9. Berjualan Dengan Fitur Premium

Selain fitur Top Ads, kamu juga bisa mencoba fitur premium lain dari Tokopedia yakni Gold Merchant. Melalui fitur Gold Merchant ini, toko online yang kamu miliki akan terlihat lebih professional sehingga memungkinkan kamu untuk menggunakan banyak tools yang disediakan.

Tentunya hal ini dapat memudahkan kamu dalam mengoptimalkan hasil penjualan. Namun untuk menggunakan fitur premium jenis ini, kamu akan dibebankan biaya langganan sebesar Rp 150.000 per bulannya.


10. Tingkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Selain melakukan promosi terhadap produk yang kamu tawarkan, kamu juga harus memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan yang mengunjungi toko onlinemu. Usahakan membalas pertanyaan dari pembeli secepat mungkin (fast response) sehingga mereka tidak perlu menunggu lama atau bahkan batal membeli.

Pelayanan dan perhatian yang cepat tanggap akan membuat konsumen senang dan merasa dihargai. Selain itu dapat memungkinkan mereka akan merekomendasikan toko onlinemu kepada banyak orang.

Baca juga : Cara Berjualan Online Shop biar Cepat Laku


Kata Penutup

Seperti yang kita ketahui, Bisnis online dengan menggunakan metode dropship memang menjadi populer dan jadi cara alternatif buat sobat kosngosan yang tidak punya modal, tapi ingin tetap menghasilkan cuan dari rumah.

Usaha ini memang cocok untuk dijalankan dan bisa sesuai dengan perkembangan zaman, karena kamu bisa menjual barang yang lagi trend untuk segmentasi konsumen tertentu. Kelebihan dari usaha ini juga menawarkan resiko yang lebih rendah dalam berbisnis. Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel nya ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap