Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Merawat Battery Health iPhone

Bagaimana cara merawat baterai health iphone? Produk smartphone dari apple ini memang terkenal dengan segudang fitur dan kenyamanan ekosistem nya. Tapi salah satu kekurangan iphone yang sangat dirasakan oleh user adalah sedikitnya kapasitas baterai yang ditanamkan didalam perangkat tersebut. Dan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah baterai dalam suatu iphone masih baik atau soak adalah dengan memperhatikan baterai health atau sering disingkat BH.

Apple telah memfasilitasi perangkat bawaannya dengan Battery Health, dengan adanya fitur ini akan memudahkan sobat kosngosan sebagai penggua dalam melakukan pengecekan status daya secara otomatis.

Dengan mengetahui persentase battery pada iPhone, kita dapat mengantisipasi bila suatu saat daya mulai berkurang dan membuat performa perangkat menurun.

Kalau sudah membeli produk apple seperti iphone (yang harganya tidak murah), sudah menjadi kewajiban buat kita untuk menjaganya bukan?

Kalian pasti tidak mau iphone kalian cepat rusak, terutama bagian baterai yang sangat menunjuang aktifitas dan keberlangsungan daya hidup perangkat iphone kalian. Dan semoga postingan kali ini bisa membuat kalian yakin bagaimana cara merawat baterai hp yang baik dan menghindari kesalahan charger baterai hp.


Cara Merawat Baterai Health iPhone

Cara Merawat Baterai Health iPhone

Nah berdasarkan judul yang sudah kamu temukan sebelumnya, kali ini kita akan fokus membahas beberapa langkah sederhana supaya persentase battery health di iphone mu tidak drop terlalu besar akibat kesalahan penggunaan yang tidak semestinya.

Ada berbagai macam cara yang dapat membantu untuk menjaga kualitas battery iphone mu yang kamu beli secara cash atau dari aplikasi cicilan hp tanpa kredit, yang akan diulas pada artikel dibawah ini.


1. Jangan Menempatkan iPhone pada Suhu Ekstrem

Dalam panduan penggunaan iPhone, suhu ideal yang dibutuhkan untuk menempatkan perangkat tersebut berada dalam kisaran ideal 16 sampai 22 derajat Celcius.

iPhone dirancang dengan menggunakan material yang terbuat dari kaca dan metal. Panas akan jauh lebih cepat terhantar dengan kondisi tersebut. Baiknya untuk mencegah rusaknya kapasitas battery letakkan iPhone pada suhu yang tidak lebih dari 32-35 derajat Celsius.


2. Usahakan untuk Tidak Menggunakan iPhone Sampai Panas

Sama seperti penggunaan perangkat elektronik pada umumnya, sobat kosngosan jangan menggunakan iPhone dengan terus menerus hingga perangkat menjadi panas.

Penggunaan yang dipaksakan akan dapat merusak bagian-bagian perangkat lain, kerusakan dapat berupa menurunnya kinerja perangkat hingga membakar bagian dalam battery.


3. Lebih Baik Tidak Mengisi Daya Battery Hingga 100%

Bila kalian ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang lama, tidak dianjurkan untuk mengisi daya sampai full (persentase maksimum 100%). Pihak Apple menganjurkan para penggunanya untuk mengisi daya dalam range persentase 50% - 80% saja.

Anjuran ini bertujuan agar kapasitas keja battery tidak menurun dan mengurangi kekuatan daya. Pada beberapa software Apple seperti iOS 13 telah diatur pembatasan daya hingga 80%. Dengan ini pengguna tidak perlu cemas saat lupa mencabut kabel karena charging terlalu lama.

Kalian juga dapat mengaktifkan fitur Optimized Battery Charging secara manual dengan cara menglik menu settings lalu pilih battery.


4. Jangan Biarkan Perangkat iPhone Drop

Battery yang drop dan dibiarkan terlalu lama akan membuat iPhone lama kelamaan tidak dapat menyimpan daya sama sekali.

Bila memang terpaksa untuk tidak menggunakan perangkat sama sekali dalam kurun waktu berbulan-bulan minimal, sobat kosngosan harus mengisi daya iPhone hingga 50% selama enam bulan sekali.


5. Segera Isi Daya Battery Sebelum Perangkat Mati

Saat sedang mengoperasikan perangkat elektronik khususnya pada iPhone, usahakan untuk tepat waktu dalam melakukan pengisian daya. Seringkali berbagai macam aktifitas membuat kita menunda-nunda waktu untuk men-charge daya seperti menonton film atau melihat media sosial yang terlalu lama.

Jangan sampai ini menjadi kebiasaan karena akan berdampak buruk pada keseluruhan perangkat. Bila datang notifikasi dari hanphone saat sisa daya 20% sebaiknya kalian bergegas untuk melakukan pengisian battery.


6. Selalu Gunakan Kabel dan Charger yang Original

Kompatibilitas kabel dan charger akan mempengaruhi performa battery. Selalu gunakan charger bawaan dan original dari Apple. Bila aksesori sudah rusak maupun hilang, sebaiknya pengguna mencari toko yang sudah memiliki sertifikat MFI (Made For iPhone) dan authorized secara resmi dari pihak Apple.

Jangan memaksakan penggunaan charger dan kabel yang bukan khusus untuk iPhone, karena akan merusak voltase dan mempengaruhi stabilitas daya.


7. Jangan Mengoperasikan iPhone Sambil Mengisi Daya Battery

Untuk menghindari battery, IC USB dan IC Charger agar tidak terlalu panas, sebaiknya sobat kosnցosan jangan menggunakan perangkat iPhone saat sedang melakukan charging.

Kegiatan ini akan membuat software dan hardware iPhone akan bekerja terlalu berat dan menjadi panas. Dan karena overheating ini lah yang akan merusak komponen bateri didalam nya


8. Usahakan Tidak Terlalu Sering Mengisi Daya dengan Power Bank

Pengisian daya menggunakan power bank memang terkesan lebih praktis dan efisien, dengan menggunakan alat ini kita dapat berpindah tempat tanpa khawatir iPhone akan menjadi drop karena kehabisan daya.

Akan tetapi, penggunaan power bank secara terus menerus akan membuat battery lebih cepat boros dan akhirnya perangkat cepat mati.


9. Minimalisirkan Pengisian Battery dalam Mobil

Mobil-mobil tertentu biasanya dilengkapi dengan fasilitas USB charging sehingga akan lebih mudah bagi kita bila sedang dalam perjalanan dan ingin melakukan pengisian daya.

Tips untuk mengisi daya iPhone pada mobil adalah dengan tidak terlalu sering mengisi battery pada mobil, sebaiknya lakukan pengisian bila mobil sudah dilengkapi dengan inverter. Hal ini dikarenakan tegangan listrik pada mobil tidak stabil sehingga mengakibatkan battery iPhone akan cepat rusak.


10. Lepaskan Case iPhone saat Melakukan Pengisian Daya

Case iPhone yang terbuat dari silicon atau bahan lain yang lebih keras akan menghambat pengisian daya iPhone. Jika kalian merasa saat mengisi battery menjadi cepat panas, maka cobalah untuk melepas case iPhone.

Jangan memaksakan untuk mengisi daya dengan memakai casing handphone bila tidak memungkinkan. Alih-alih battery menjadi semakin penuh, malah membuat perangkat semakin panas dan mempengaruhi kapasitas daya. Himbauan ini juga disampaikan langsung oleh pihak penyedia iPhone.


11. Atur Kecerahan Layar Secara Otomatis

Agar kinerja layar tidak terlalu diforsir maka penting bagi pengguna iPhone untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis.

Untuk mengatur kecerahan layar pada iOS 12 keatas, sobat kośngosan dapat klik setting, pilih general, lalu pilih accessibility, klik display accommodation dan pilih auto brightness.


12. Selalu Update Software iPhone

Masa pakai battery akan semakin lama bila perangkat lunak atau software pada iPhone selalu di update. Pembaruan ini bertujuan untuk selalu mengaktifkan GPS, Kalender dan Waktu agar semakin akurat.

Bila terlambat melakukan update pada software, kalender dan GPS bisa saja tidak menjadi presisi, hal ini tentu saja akan berpengaruh kepada keseluruhan kinerja perangkat dan mengurangi optimalisasi masa pakai battery.


13. Gunakan Low Power Mode iPhone pada Keadaan Mendesak

Menjaga keawetan battery iPhone juga dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan mode Low Power. iPhone akan dapat bertahan lebih lama bila mengaktifkan mode ini.

Cara untuk mengaktifkan low power mode dengan membuka menu pengaturan, kemudian pilih baterai, atur pada mode daya rendah. Opsi kedua adalah dengan mengklik pengaturan, kemudian pilih pusat kontrol, lalu klik sesuaikan kontrol dan tambahkan mode daya rendah.


14. Perhatikan Aplikasi-aplikasi Memakan Daya

Beberapa aplikasi dapat membuat cache yang cukup besar. Overheating atau panas yang berlebih akibat penggunaan aplikasi yang memakan daya lebih akan terjadi.

Tentu saja hal ini akan berdampak pada performa battery. Biasanya aplikasi-aplikasi populer akan memerlukan daya yang lebih besar pula. Oleh karena itu kita harus terus mengawasi penggunaanya, bila perlu hapus aplikasi yang dirasa tidak diperlukan lagi.


15. Nonaktifkan Background App Refresh

Penggunaan aplikasi dengan berlatar belakang background ternyata membuat daya iPhone lebih cepat habis. Berikut ini adalah langkah untuk menonaktifkan background pada aplikasi, pertama klik settings, kemudian pilih general, lalu pilih background app refresh dan yang terakhir klik select app to turn off.

Selain itu beberapa langkah pencegahan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah :

16. Colok adapter - kabel Charger terlebih dahulu ke Stop Contact, lalu hubungkan Charger ke iPhone

17. Langsung ganti baterai iPhone apabila diketahui baterai iPhone sudah rusak

18. Segera bawa ke reparasi iPhone apabila merasa baterai sudah cepat panas

19. Hindari pembelian baterai palsu atau KW

20. Jika sudah selesai, lepaskan Charger dari iPhone, lalu lepaskan Charger dari Stop Contact


infografis baterai health iphone

Baca juga : Cara Setting Jaringan 5G di HP


Kata Penutup

Merawat iphone adalah suatu keharusan, apalagi karena harganya yang tidak murah. Setidaknya, untuk mencegah iPhone kesayanganmu supaya tidak rusak dalam waktu cepat, tentu membutuhkan sedikit upaya preventif tambahan seperti yang sudah dijelaskan kosngosan.com sebelumnya diatas.

Demikian beberapa panduan buat kita, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih banyak

Oleh rezaharahap