Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Inovasi Teknologi Pendidikan Terbaik yang Sudah Berjalan Saat Ini

Apa saja contoh inovasi di bidang pendidikan yang bisa kita terapkan di Indonesia? Inovasi teknologi adalah fasilitas atau cara baru yang dimanfaatkan untuk mempermudah kita dalam melakukan suatu hal. Adanya inovasi ini menyebabkan perubahan besar-besaran di semua sektor. Perubahan tersebut sudah terasa di bidang kesehatan, keuangan, hiburan, pendidikan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Banyak orang optimis bahwa inovasi teknologi membawa perubahan positif dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Walaupun tidak bisa dipungkiri ada efek negatifnya.

Salah satu sektor esensial yang mengalami langsung perubahan teknologi digital adalah sektor pendidikan. Sejumlah penemuan baru, metode baru, gaya baru dan lain hal mengubah cara pembelajaran.

Meluasnya akses internet merupakan salah satu faktor yang mempercepat implementasi layanan teknologi di bidang pendidikan. Ide menyebar dengan cepat dan orang dapat meneliti metode terbaik untuk menggunakan teknologi dalam pendidikan.


Contoh Inovasi Teknologi Pendidikan

contoh inovasi pendidikan terbaik

Nah buat sobat kosngosan yang ingin tahu apa saja sih contoh penerapan inovasi teknologi di bidang pendidikan, berikut ini beberapa inovasi yang memberikan sudut pandang baru di aktivitas belajar-mengajar dan bisa kita terapkan di Indonesia :


1. Virtual Reality (VR)

Teknologi Virtual Reality mendapat banyak sorotan publik di dunia teknologi. Sejumlah perusahaan besar sudah mengambil ancang-ancang melakukan perang teknologi virtual reality.

Kemampuan inovasi VR bisa digunakan di banyak sektor kehidupan. Karena itulah, perusahaan semacam Google, Sony, Oculus (didukung oleh Facebook), Samsung, dan masih banyak lagi berlomba-lomba jadi yang terbaik dalam penyajian VR.

Salah satu bidang penerapan teknologi VR adalah pendidikan. Dengan VR, siswa dapat belajar melalui interaksi dengan realitas 3 dimensi. Google telah menjadi yang terdepan dalam memperkenalkan pembelajaran berdasarkan pengalaman di sekolah melalui teknologi VR.

Masa depan inovasi teknologi VR dan pendidikan bukan sesuatu yang dapat diabaikan. Teknologi VR ini akan mengubah banyak spektrum di aktivitas belajar-mengajar.


2. Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

Kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) sedang diterapkan di berbagai level teknologi terapan, dari tingkat yang paling rendah hingga yang paling canggih. Dari level untuk konsumen langsung atau untuk kepentingan bisnis dan penelitian.

Pada spektrum pendidikan, AI digunakan di sekolah untuk menjalankan otomotisasi sejumlah aktivitas. Seperti penilaian mata pelajaran, memberikan umpan balik ke siswa, dan memberikan soal ujian.

Saat ini, kecerdasan buatan bisa digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang dipersonalisasi bagi siswa. Lebih spesifik lagi, siswa yang berkebutuhan khusus bisa merasakan langsung inovasi AI.

Dengan machine learning, program-program diadaptasi dan dikembangkan sedemikian rupa agar sesuai kebutuhan siswa. Sehingga aktivitas belajar mengajar bisa memperhatikan dan concern pada kebutuhan siswa.


3. Komputasi Awan

Bahan-bahan pelajaran dapat diakses dari belahan dunia mana pun berkat inovasi teknologi komputasi awan. Sumber daya penting seperti bahan ajar teks, audio, video, dan tugas siswa dapat disimpan di terminal cloud sekolah.

Siswa dapat mengakses sumber daya tersebut dari rumah mereka. Para siswa tinggal menggarap lalu mengumpulkan tugas kembali ke guru mereka.

Komputasi awan akan menghilangkan ribetnya membawa banyak buku, lelahnya tinggal berlama-lama di kelas atau perpustakaan cuma untuk menggarap tugas.

Dengan belajar dari rumah dan memanfaatkan komputasi awan, alasan tidak mengerjakan tugas akan terasa ketinggalan zaman.


4. Bimbingan belajar online

Bimbingan belajar (bimbel) adalah layanan bimbingan dan bantuan ke siswa untuk menyelesaikan sejumlah masalah atau kesulitan belajar yang dihadapi.

Bimbel dibagi dalam 4 rumusan utama yaitu, strategi pembelajaran, konsultasi belajar, pemecahan masalah, dan evaluasi perkembangan belajar.

Perkembangan keempat rumusan utama bimbel, kondisi siswa, dan inovasi teknologi menghasilkan kombinasi bimbel dengan inovasi teknologi yang bernama bimbel online.

Kini, seperti sudah kita ketahui bersama, sejumlah aplikasi bimbel online terbaik di Indonesia sudah menemani siswa-siswi menjalani masa pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.


5. Media Sosial di Lembaga Pendidikan

Institusi pendidikan pun tak ketinggalan memanfaatkan dampak media sosial. Fakta menarik terkait media sosial dan pendidikan adalah sebagian besar situs jejaring sosial dikembangkan di kampus-kampus oleh mahasiswa, dan diuji-coba oleh mahasiswa lain.

Sejumlah sekolah sudah mulai memiliki media sosial. Dengan begitu, akses informasi siswa dan publik ke institusi pendidikan jadi lebih mudah.

Melalui media sosial, hubungan antar sekolah juga bisa terjalin dengan lebih santai dan informal. Berbagai pertukaran ide pendidikan bisa dilakukan di media sosial. Sehingga tercipta ekosistem pendidikan baru yang positif dan menyenangkan bagi siswa.


6. Penggunaan Biometrik di Sekolah

Inovasi teknologi biometrik di sekolah memungkinkan sekolah untuk beroperasi lebih efektif dan efisien.

Pengenalan wajah, sidik jari, pengenalan suara, dan pelacakan mata adalah beberapa metode biometrik yang telah diterapkan sekolah untuk merampingkan operasi mereka.

Selain digunakan untuk memantau kehadiran siswa di kelas, juga digunakan saat meminjam barang milik sekolah seperti buku di perpustakaan.

Guru juga dapat menggunakan metode pelacakan mata untuk memantau bagaimana siswa menyerap konten yang telah diajarkan.


7. Pencetakan 3D

Printer 3 dimensi mencuri perhatian banyak sektor, tidak terkecuali di area pendidikan. Para guru melihat potensi besar pemakaian printer 3 dimensi dalam proses belajar-mengajar.

Bahan pelajaran konvensional yang biasanya diajarkan di buku teks sekarang dapat dicetak dengan printer 3 dimensi.

Melalui teknik pencetakan ini, siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sesuatu yang dianggap kompleks.

Universitas dan lembaga pendidikan tinggi sudah memakai pencetakan 3 dimensi untuk mengembangkan prototipe sebuah produk/sistem. Sekolah mulai bisa ikut serta memakainya dalam konteks yang lebih sederhana.

Perkembangan dan implementasi inovasi teknologi di dunia pendidikan adalah sesuatu yang akan terus berkembang. Pemahaman yang baik dari guru dan orang tua akan mengantarkan transfer pemahaman yang positif atas teknologi ke para siswa. Dengan begitu, efek negatif teknologi jadi lebih bisa dikurangi.


Kata Penutup

Teknologi yang berkembang saat ini memang memudahkan manusia untuk belajar dan mempelajari hal hal baru. Teknologi di bidang pendidikan, bisa membuat kita lebih berkarya.

Contohnya saja seperti adanya start up di bidang pendidikan dan fasilitas yang memudahkan para siswa untuk belajar dimana saja, sehingga tidak terikat lagi oleh lembaga formal yang bernama sekolah. Demikian pembahasan dari kosngosan.com kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih

Oleh rezaharahap