Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Jenis Makanan Frozen Food Terlaris

Apa saja contoh makanan frozen food yang laris dan kekinian? Memulai bisnis jualan makanan seperti ini memang prospektif, mengingat orang-orang suka dengan makanan yang mudah untuk diolah dan enak untuk dikonsumsi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas macam macam frozen food beserta gambarnya untuk kalian. Makanan yang akrab disebut sebagai makanan beku kini sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner.

Frozen food adalah jenis makanan yang sengaja untuk dibekukan bertujuan untuk mengawetkan makanan tersebut sehingga siap dimakan. Frozen food juga menjadi alternatif makanan yang cukup digemari banyak orang karena selain cara penyimpanannya yang mudah dan praktis

Frozen food juga memiliki ketahanan atau tenggat kadaluwarsa yang cukup lama daripada makanan biasa pada umumnya. Peluang bisnis untuk membuka usaha makanan ini semakin terbuka lebar apalagi semenjak pandemi.

Hanya dengan modal yang tidak terlalu besar dan cara pengelolaan barangnya yang mudah, kamu bisa jadi agen frozen food di daerahmu. Bisnis ini juga berpeluang memberikan keuntungan buat sobat kosngosan yang cukup menjanjikan.


Macam Macam Frozen Food Kekinian

contoh usaha makanan frozen food

Berikut beberapa rekomendasi makanan frozen food yang terkenal dan cukup digemari banyak orang, cocok untuk digunakan sebagai ide usaha bagi kamu yang tertarik untuk mencoba bisnis satu ini.


1. Nugget

Nugget menjadi salah satu jenis frozen food yang cukup diminati banyak kalangan. Karena selain rasanya yang lezat, cara penyajiannya juga mudah yakni hanya perlu digoreng dalam waktu yang singkat.

Makanan ini biasa disukai oleh anak – anak sebagai lauk makan atau camilan dikala senggang. Selain nugget beku yang beredar di pasaran, kamu sebenarnya juga bisa membuat makanan ini sendiri di rumah. Jangan lupa juga untuk menyimpannya di kulkas agar lebih awet.


2. Sosis

Sosis merupakan makanan yang berbahan dasar dari daging ayam, sapi atau babi yang telah digiling halus lalu dicampur dengan bumbu dan dibungkus dalam bentuk memanjang.

Bungkusnya pun juga beraneka ragam, mulai dari bahan khusus yang bisa dikonsumsi atau bisa juga dengan usus hewan.

Kini sobat kosngosan bisa dengan mudah menemukan makanan ini di outlet – outlet frozen food di sekitar kita. Karena selain banyak peminatnya, sosis ini juga dijual dengan kisaran harga yang cukup terjangkau hingga yang paling mahal tergantung dari brand masing – masing.


3. Otak – Otak Ikan

Contoh frozen food yang memiliki peminat cukup banyak selanjutnya adalah otak – otak ikan. Variasi olahan dari otak – otak ikan ini juga bermacam – macam.

Rasanya yang cenderung kenyal serta cara penyajiannya yang mudah dan praktis, yakni dengan digoreng, direbus, dikukus, atau dipanggang membuat otak – otak ikan semakin laris manis di pasaran.


4. Sayuran

Tidak hanya daging dan olahan ikan saja, kini beberapa sayuran juga banyak yang dijual dalam bentuk beku. Selain karena lebih tahan lama masa simpannya, kamu juga tidak perlu khawatir kandungan gini yang berada di dalamnya akan hilang.

Biasanya frozen food yang umum kita temui dalam bentuk sayuran antara lain seperti kacang polong, buncis, edamame, dan brokoli.


5. Tempura

Tempura merupakan santapan kuliner yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Sama halnya dengan nugget, tempura juga cukup diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Biasanya tempura bisa sobat kosngosan buat dari olahan udang atau ikan yang telah digiling dan diberi campuran adonan wortel dan tepung yang sudah dibumbui. Bentuknya pun juga sama dengan otak – otak yakni memanjang.


6. Dimsum

Dimsum juga menjadi olahan frozen food selanjutnya yang cukup ngetrend dalam beberapa tahun terakhir. Padahal sebenarnya dimsum juga sudah ada sejak lama

Namun karena dalam beberapa dekade belakangan ini banyak penjual yang menawarkan olahan dimsum dengan harga yang cukup miring, membuat orang semakin tertarik untuk mencoba makanan satu ini.

Kini telah banyak produsen frozen food yang menjual dimsum dalam bentuk beku sehingga konsumen dapat menyimpannya di kulkas dengan praktis dan lebih awet tentunya.


7. Daging Sapi/Ayam Beku

Daging sapi dan ayam menjadi bahan pangan yang paling dicari dan diminati khususnya di Indonesia. Umumnya, penyimpanan daging tersebut memang dibekukan apalagi untuk produk yang dikemas ulang di pabrik maupun yang ditujukan untuk produk ekspor.

Kini, produsen daging sapi dan ayam juga semakin kreatif yakni mereka menjual daging beku yang sudah dibumbui sehingga konsumen yang membelinya hanya tinggak mengolahnya saja sesuai dengan selera masing – masing.


8. Springroll

Springroll atau yang akrab disebut lumpia dalam bahasa Indonesia, ternyata kini juga banyak dijual di pasaran dalam bentuk frozen food.

Umumnya, isian dari springroll berupa sayur atau daging. Cara penyajiannya juga tidak rumit, yakni sobat kosngosan hanya tinggal menggorengnya saja. Springroll beku biasanya banyak dijual di restoran – restoran karena dinilai lebih cepat dan praktis dalam pengolahannya.


9. Bakso

Makanan sejuta umat selanjutnya yang dijual dalam versi beku adalah bakso. Kita biasa menemui tiga jenis bakso beku yang paling banyak dijual di pasaran, yakni bakso ayam, bakso sapi, dan bakso ikan.

Bakso merupakan olahan dari daging yang telah digiling halus kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu pilihan tertentu.

Banyak penjual frozen food yang menjual bakso beku dengan varian kemasan yang menarik dan cara penyajian yang praktis sehingga tidak perlu memakan waktu lama dalam pengolahannya.


10. Seafood dan Daging Ikan

Selain olahan daging ayam dan sapi, kini seafood dan olahan daging ikan juga laris manis di pasaran dalam bentuk beku.

Khususnya bagi produk yang akan diekspor ke luar negeri, produk daging tersebut pasti dibekukan agar tidak cepat rusak di perjalanan.

Umumnya seafood yang dijual dalam bentuk frozen food meliputi banyak jenis hewan laut seperti kepiting, udang, gurita, kerang, cumi dan lain sebagainya.


11. Siomay

Siomay sebenarnya juga termasuk dalam jenis dimsum. Dalam resep masakan China, siomay dibuat dari daging babi yang dicincang kemudian dibungkus kulit tipis dari tepung terigu atau kulit pangsit.

Namun kini siomay juga bisa sobat kosngosan buat dalam berbagai varian bahan mulai dari udang, daging sapi, daging kepiting maupun daging ayam.


12. Bakpao

Bakpao beku juga banyak dijual di pasaran atau outlet – outlet frozen food di masa sekarang ini. cara penyajiannya yang lebih praktis dan cepat serta bisa dinikmati kapanpun membuat banyak orang lebih tertarik membeli bakpao versi beku daripada membuat dengan adonan sendiri.

Isian bakpao beku juga bervariasi, mulai dari daging ayam cincang, kacang hijau, coklat, keju, strawberry dan lain sebagainya.


13. Kebab

Kebab atau makanan yang berasal dari Timur Tengah ini sudah sangat populer dan tidak asing lagi di telinga kita tentunya.

Jika dulu untuk menikmatinya kita harus berkeliling dulu untuk mendapatkannya, namun sekarang sudah banyak agen frozen food yang menjual kebab dalam versi beku sehingga konsumen hanya mengolahnya saja dengan cara dipanggang.

Untuk isiannya pun biasanya juga sudah disiapkan dengan bumbu khusus sehinga kamu hanya perlu menambahkan bahan pelengkapnya saja sesuai selera seperti mayones, saus, daun selada, dan keju.


14. Donat

Meski terdengar remeh, ide usaha frozen food dari donat ini sebenarnya cukup menjanjikan dan patut untuk sobat kosngosan coba.

Mengingat makanan ini banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa. Sekarang pun sudah tersedia banyak varian rasa dan topping unik yang bisa dipilih sesuai dengan selera.


15. Pastel

Pastel menjadi jenis frozen food terakhir yang berpeluang cukup menjanjikan untuk kamu jalankan. Pastel sendiri merupakan makanan sejenis pastry

Makanan ini dibuat dari olahan tepung atau kulit pangsit yang kemudian diberikan isi di kedalam adonannya. Untuk bagian luarnya sendiri memiliki tekstur renyah sedangkan isiannya gurih atau manis.


Beberapa macam frozen food lainnya yang bisa kamu jadikan referensi diantaranya :

16. Kentang Beku (langsung digoreng)

17. Mie Beku

18. Fiesta Chicken Nugget (merk frozen food terkenal)

19. Kanzler Sosis (merek frozen food)

20. Golden Farm Mixed Vegetables (merek frozen food)

Baca juga : Contoh Usaha PKL yang Kekinian


Bagian Penutup

Ada banyak macam dan jenis frozen food yang dijual di pasaran. Jadi sobat kosngosan.com harus memilih berdasarkan kebutuhan mengetahui berapa lama waktu penyimpanan yang disarankan 

Hal ini supaya makanan tersebut layak untuk dikonsumsi. demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan ke sosial media mu ya

Oleh rezaharahap