Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Singkat Honda Jazz, Masih Dicari Walau Berhenti Produksi

Kamu sedang mengincar Honda Jazz? Walaupun sudah dihentikan Honda produksinya, tetapi demand terhadap kendaraan ini cukup tinggi lho. Review singkat mengenai Honda Jazz ini boleh jadi menjadi salah satu topik yang cukup menarik untuk dibahas. Pasalnya, kendati sudah berhenti diproduksi, mobil pabrikan Jepang satu ini masih banyak peminatnya di Indonesia. Kalau kamu ingin tahu seberapa antusiasme orang mencari unit yang satu ini, maka kepoin terus postingan kosngosan kali ini.

Jazz sendiri merupakan model mobil pabrikan Honda yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2004. Generasi terakhirnya yang dipasarkan di Indonesia merupakan generasi ketiga dari mobil yang juga dikenal dengan nama Honda Fit di negara asalnya ini.

review honda jazz

Generasi terakhir dari varian tersebut mendapatkan yang cukup banyak. Kita bisa lihat dari segi eksterior dan juga  interiornya. Pihak Honda menghadirkan juga beberapa opsi  warna eksterior yang atraktif untuk mobil jenis ini.

Kali ini, kita akan mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Honda Jazz. Daripada penasaran, langsung saja kita simak review singkat Honda Jazz berikut ini.


Dimensi Honda Jazz

Pada bagian pertama dari review singkat Honda Jazz, kita akan melihat dulu dimensi mobil hatchback yang satu ini. Untuk ukuran, mobil ini sudah tentu proporsial, memiliki dimensi panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm.

review honda jazz

Ground clearance mobil ini cukup rendah, yaitu 150 mm, mengingat mobil ini memang ditujukan untuk digunakan di perkotaan. Sedangkan wheelbase alias jarak sumbu rodanya memiliki ukuran 2.530 mm, dan radius putarnya berukuran 4.900 mm.

Hatchback ini dibekali dengan ban dengan ukuran 175/65. Sementara peleknya menggunakan pelek alloy berdiameter 15 inci.

Demi memberikan pengendaraan yang lebih nyaman bagi konsumennya, mobil ini juga dilengkapi sistem suspensi yang cukup baik. Berbicara mengenai suspensi depan, varian ini menggunakan MacPherson Strut dan suspensi belakangnya menggunakan H-Shape Torsion Beam.


Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Honda Jazz

Selanjutnya pada review singkat ini kita akan bahas soal mesin Honda Jazz. Honda Jazz ini memiliki mesin 4 silinder berkode L15A dengan kapasitas 1.5 liter (1.497 cc) yang dilengkapi dengan teknologi tercanggih dari Honda, dan salah satunya adalah Drive By Wire.

review honda jazz

Bagi yang mungkin masih asing dengan istilah ini, Drive By Wire ini merupakan teknologi yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve. Dengan adanya teknologi ini, kendaraan bisa memberikan akselerasi yang lebih presisi, namun tetap efisien bahan bakar.

Mengusung penggerak roda depan (Front Wheel Drive), mesin mobil ini juga dikawinkan dengan dua jenis transmisi. Terdapat transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT, menggunakan teknologi Earth Dreams Technology khas Honda.

Seperti yang bisa kita ketahui bahwa tenaga yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 118 HP pada putaran 6.600 rpm. Sedangkan untuk perihal torsi puncaknya bisa mencapai 145 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Bicara mengenai spesifikasi mesin Honda Jazz yang lebih detail, mari sobat kosngosan lihat pada tabel dibawah ini :

KETERANGAN SPESIFIKASI MESIN
Mesin L15A 4 silinder dengan Drive By Wire
Kapasitas 1.5 L (1.497 cc)
Transmisi Manual 5 Percepatan / CVT
Tenaga 118 HP @ 6.600 rpm
Torsi 145 Nm @ 4.800 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota 12,5 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota 17,4 km/liter


Fitur Honda Jazz

Sekarang kita tiba di pembahasan fitur pada review singkat Honda Jazz ini. Berbicara mengenai fiturnya, kita bisa mengatakan bahwa mobil ini memiliki fitur yang mumpuni dan cukup lengkap di kelasnya

review honda jazz

Perihal fitur keselamatan aktif, mobil hatchback Jepang ini memberikan fitur Anti-lock Braking System, Brake Assist, serta adanya Electronic Brake Distribution. Bicara mengenai kemudahan proses parkir, mobil ini juga diberikan fitur Parking Sensor dan Rearview Camera.

Kemudian, untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini diberikan fitur yang bernama Dual Front SRS Airbags serta sabuk pengaman dengan adjuster. Untuk firur keamanan penumpang anak-anak, mobil ini diberikan dengan fitur ISOFIX dan Child Safety Locks.

Fitur keamanannya sendiri cukup standar, yakni Anti Theft Alarm System dan Engine Immobilizer. Sementara itu, sebagai fitur hiburannya mobil yang satu ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci yang lengkap dengan fungsi CD atau DVD Player, MP3 atau WMA, AM atau FM Radio, USB Port, serta konektivitas iPod atau iPhone.


Varian dan Harga Honda Jazz

Review singkat ini kami akhiri dengan membahas varian dan harga Honda Jazz. Saat ini ada empat varian Honda Jazz yang masih dipasarkan di Indonesia, dan keempat varian tersebut dibanderol dengan kisaran harga Rp256,5 jutaan hingga Rp300 jutaan.

Keempat varian yang dibicarakan sebelumnya, juga hadir dalam beberapa varian warna yang bisa kamu pilih. Beberapa varian tersebut, seperti Carnival Yellow, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Phoenix Orange Pearl Two Tone, Rallye Red, dan juga White Orchid Pearl.

Untuk mengetahui detail varian dan harga Honda Jazz, mari kita lihat tabel dibawah ini :

VARIAN HARGA
Honda Jazz MT Rp 256.500.000
Honda Jazz CVT Rp 267.000.000
Honda Jazz RS MT Rp 289.500.000
Honda Jazz RS CVT Rp 300.000.000


Kata Penutup

Kelebihan dari Honda Jazz ini, tentu saja sobat kosngosan bisa sependapat, yaitu tampilan mobil yang sporty dan stylish. Mimin rasa kalian juga sepakat bahwa tampilannya lebih stylish, elegan dan sporty dengan kemasan desain body yang hampir sempurna. Ini jarang kita temui pada varian kendaraan lain yang serupa. demikian pembahasan seputar honda jazz kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap