Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Desain Ruangan Karaoke Minimalis

Butuh contoh desain ruang karaoke? Membuka bisnis karaoke menjadi salah satu usaha yang cukup prospektif, terutama di lingkungan perkotaan. Sebelum memulai usaha ini, kamu butuh ide dekorasi gambar room karaoke yang minimalis dan bahkan terkesan ala rumahan.

Tapi tetap memperhatikan standar ruangan karaoke yang ada. Banyak keluarga, teman kantor atau anak muda seperti sobat kosngosan yang tertarik datang ke ruangan karaoke hanya untuk melepas penat.

Tujuan mereka bernyanyi adalah untuk sekedar mencari hiburan dan menghilangkan rasa lelah setelah menjalankan aktivitas seharian.

Tentunya hal ini akan lebih seru lagi jika dilakukan bersama keluarga dan teman. Tempat karaoke umumnya lebih ramai ketika malam hari khususnya pada weekend atau hari libur


Pengertian Ruangan Karaoke

Ruangan karaoke adalah tempat atau fasilitas hiburan yang menyediakan peralatan karaoke, dengan mikrofon, sound system, music (pengiring), atau orchestra

Dimana nanti penggunanya dapat bernyanyi diiringi musik minus (one vokal) dan disertai dengan bantuan tulisan atau lirik yang tertera pada layar monitor.


Contoh Desain Ruangan Karaoke

Bisnis karaoke ini sebenarnya cukup layak untuk dipertimbangkan sebagai ide usaha mengingat tingginya minat masyarakat terhadap hiburan seperti ini

Terutama di kalangan anak muda seperti pelajar dan mahasiswa. Ruangan karaoke merupakan salah satu tempat yang menggunakan peredam bunyi, supaya polusi suara tidak menganggu sekitar.

Oleh karena itu, buat sobat kosngosan yang tertarik ingin membuka usaha seperti ini, beberapa gambar room yang bisa kamu jadikan inspirasi seperti berikut ini :


Gambar Room Karaoke

Gambar Room Karaoke


Contoh desain ruangan karaoke
desain ruangan karaoke minimalis


desain ruangan karaoke minimalis
contoh desain ruang karaoke mewah


desain ruang karaoke mewah
dekorasi ruang karaoke


dekorasi room karaoke
room karaoke


room karaoke mini
Contoh desain ruangan karaoke


Contoh desain ruangan karaoke
desain room karaoke mewah


desain ruang karaoke mewah
desain room karaoke keluarga


desain ruang karaoke keluarga
desain ruangan karaoke minimalis


desain ruangan karaoke minimalis
dekorasi ruang karaoke


dekorasi room karaoke
Contoh desain ruangan karaoke


Contoh desain room karaoke
desain room karaoke minimalis


desain ruangan karaoke minimalis
Contoh desain ruangan karaoke


Contoh desain ruangan karaoke
desain ruang karaoke


desain ruang karaoke keluarga

ruang karaoke mini


ruang karaoke mini kosngosan
ruang karaoke mini


gambar room karaoke mewah
desain room karaoke mewah


Contoh gambar ruangan karaoke kosngosan
Contoh desain ruangan karaoke


dekorasi ruang karaoke
dekorasi ruang karaoke


desain ruang karaoke mewah
desain ruang karaoke mewah


desain ruang karaoke keluarga
desain ruang karaoke gambar


Tips Mendesain Tempat Karaoke Minimalis

1. Rancang Ruangan Karoke Yang Kedap Suara

Ruangan karaoke hendaknya memang dibuat menjadi kedap suara, agar suaranya tetap menggema di dalam, mengurangi kebisingan baik di dalam maupun diluar ruangan, sehingga tidak mengganggu ketenangan sekitar.

Adanya peredam suara suara dalam ruangan juga dapat membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Kamu bisa menggunakan beberapa peredam yang bisa dipasang di dinding ruangan seperti busa, spon, kain, gabus atau karpet.


2. Desainlah Ruangan Karoke Senyaman Mungkin

Ruang karaoke juga harus dibuat bersih dan nyaman agar pengunjung merasa betah dan tidak terganggu.

Letakkan beberapa sofa yang empuk sebagai tempat duduk, kamu juga bisa menambahkan karpet dibawahnya. Pasang AC atau kipas angin di sudut ruangan agar tidak gerah dan panas.

Agar ruangan terlihat lebih cantik, kamu bisa menghadirkan beberapa aksesori seperti foto, lukisan dan beberapa dekorasi dinding lainnya agar ruangan tampak lebih variatif. Jangan lupa juga untuk memasang pencahayaan yang tepat.


3. Gunakan Proyektor Mini

Kalau sobat kosngosan merasa modal yang dikeluarkan masih cukup terbatas, kamu bisa menekan biaya pengeluaran dengan mengganti layar televisi menggunakan proyektor mini.

Proyektor mini tentunya memiliki standar harga yang lebih murah daripada televisi. Proyektor juga dapat memancarkan proyeksi gambar yang lebih besar yakni mencapai 180x120 cm.

Kalau kamu menggunakan proyektor, tentunya kamu bisa lebih leluasa memilih daftar lagu dari laptop sesuka hati.


4. Pilihlah Perangkat dan Pendukung Audio Yang Berkualitas

Untuk menghasilkan hasil karaoke yang terbaik, maka kamu juga harus menyediakan perangkat dan perlengkapan audio dengan kualitas yang terbaik juga.

Ada banyak sekali merk – merk atau brand elektronik yang menawarkan berbagai macam spesifikasi dengan keunggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

Ada juga paket speaker yang banyak ditawarkan di pasaran dengan harga yang bervariasi, semua tergantung dengan kualitas dan kemampuan teknologi yang dimiliki.

Kamu bisa membeli perlengkapan ini sesuai dengan budget yang kamu punya, namun disarankan untuk memilih dengan kualitas yang mumpuni.


5. Siapkan Tenaga Kerja atau Karyawan

Merekrut karyawan bisa jadi pilihan yang cukup baik untuk membantu jalannya usaha karaoke ini.

Karena kalau dipikir – pikir, tidak mungkin juga kamu harus menjaga tempat karaoke seorang diri, pastinya nanti akan kerepotan bukan.

Kamu bisa menyiapkan beberapa tenaga kerja untuk membantumu, contohnya meliputi operator, pramusaji jika diperlukan, security untuk keamanan bahkan tukang parkir untuk menjaga kendaraan pengunjung yang datang.


Bagian Penutup

Bisnis karaoke memang cukup populer di kalangan masyarakat kita di Indonesia. Karaoke bisa menjadi wisata hiburan tersendiri sebagai penghilang stress dan penat.

Semoga beberapa informasi dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat buat teman teman sekalian yang sedang ingin membuka usaha seperti ini.

Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya