Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Desain Ruangan Podcast Minimalis

Ingin menjadi podcaster? Kamu bisa memproduksi konten podcast mu sendiri di berbagai platform, seperti youtube, spotify, soundcloud dan lainnya. Untuk membuat podcast yang berkualitas, kamu butuh ruangan yang memadai. Nah kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa referensi contoh desain ruangan podcast yang konsep sederhana dan minimalis. Penasaran? yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Keberadaan podcast, terutama di kalangan para content creator dan influencer saat ini, terbilang cukup meningkat dan banyak peminatnya. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mencoba membuat interior ruangan podcast dengan ukuran yang variatif. Mereka mengisinya dengan topik atau obrolan santai yang mereka tentukan sendiri. 

Selain karena topik bahasannya yang santai dan lebih variatif, isi podcast juga umumnya dinilai lebih intens dan terkesan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio. Hal inilah yang membuat podcast semakin diminati dan menjadi media komunikasi yang baik bagi sebagian orang.

Podcast adalah hasil dari rekaman audio atau video yang kemudian dipertunjukkan kepada khalayak umum melalui media sosial atau internet sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang.  
Podcast juga bisa berupa rekaman dari program radio atau siaran televisi, pertunjukan dan acara – acara lainnya yang membawakan berbagai topik dan tema tertentu. Pembahasannya bisa mengangkat tentang isu terkini, hobi, komedi, dan diskusi asik lainnya.


Desain Studio Podcast Keren

Contoh Desain Studio Podcast

Beberapa aspek yang mengisi desain studio pada podcast adalah, background studio, ukuran ruangan, tata letak meja dan kursi

Selain itu, ada juga penggunaan sound system, mixer, cable management, peredam suara dan berbagai perlengkapan lainnya yang mendukung. 

Berikut beberapa desain studio podcast yang bisa sobat kosngosan jadikan referensi :

Desain Ruangan Podcast minimalis 


Interior studio podcast

  interior studio podcast 


Desain studio podcast minimalis

  desain studio podcast minimalis 


Ruang podcast sederhana

  ruang podcast sederhana 

Background studio podcast kosngosan

  ruang podcast 

Interior studio podcast

  interior studio podcast 

Ruang podcast sederhana

  ruang podcast sederhana 

Desain studio podcast minimalis

  desain studio podcast minimalis 


Interior studio podcast

  interior studio podcast 


Background studio podcast

  podcast minimalis 


Background studio podcast

  backdrop podcast 

Interior studio podcast

  interior studio podcast 

Interior studio podcast

  konsep studio podcast 

Ruang podcast sederhana

  ruang podcast sederhana 

Desain studio podcast minimalis

  desain studio podcast minimalis 

Interior studio podcast

  interior studio podcast 

Desain studio podcast

  desain studio podcast 

Desain studio podcast

  studio podcast sederhana 

Desain studio podcast

  desain studio podcast 

Ruang podcast sederhana

  ruang podcast sederhana


Tips Desain Ruangan Podcast

Membangun podcast sendiri memang “susah – susah gampang”. Apalagi jika kamu masih pemula dan bingung mau mulai darimana. 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kali ini, kosngosan akan membahasnya bersama mengenai beberapa tips sukses untuk membangun ruang podcast. Berikut penjelasannya :


1. Pilihlah Ruangan Yang Kedap Suara Untuk Podcast

Hal penting dalam kesuksesan sebuah podcast, terletak pada cara pemilihan ruangan yang tepat. Ruang yang kedap suara dan jauh dari kebisingan tentunya akan membuat hasil suara rekaman menjadi lebih tenang dan nyaman didengarkan. 

Ruangan kedap suara ini umumnya sudah dilengkapi dengan berbagai komponen yang dapat meredam suara bising yang masuk, seperti suara kendaraan, dan kebisingan lain yang berasal dari luar.


2. Setting Ruangan Podcast

Kamu juga harus mensetting ruang podcastmu dengan baik supaya bisa lebih fokus dan hasil rekaman audio yang dibuat juga maksimal. 

Tipsnya adalah, pilih tempat ruangan yang bersih dan nyaman, paling tidak memiliki ukuran seluas 3x3 meter, jangan lupa untuk membiarkan cahaya matahari masuk dan menerangi ruangan agar tidak lembab atau pengap. 

Kamu juga bisa menambahkan ventilasi agar pertukaran udara yang masuk bisa lebih mudah. Satu lagi, jika pengambilan gambar yang kamu butuhkan dalam rekaman podcast terbilang cukup luas, kamu bisa menggunakan background atau backdrop. 

Perlengkapan ini bisa membuatmu lebih mudah mengkustomisasi background video sesuai dengan yang kamu butuhkan.


3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Setelah mensetting ruangan, tips penting lain yang memang wajib dilakukan terletak pada perlengkapan dan sarana podcast yang dibutuhkan. 

Pastikan alat – alat yang kamu gunakan sesuai dengan ketentuan sehingga hasil rekaman bisa optimal. Beberapa peralatan utama yang harus kamu sediakan seperti, kamera DSLR atau kamera HP, microfon, tripod, analog, pop filter, headphone, backdrop, lampu, dan komputer.


4. Periksa Kendala Yang Ada

Jangan pernah lupa untuk mengecek kembali semua hal dan perlengkapan yang telah kamu siapkan. Hal ini agar nantinya pada saat rekaman dimulai, tidak ada lagi hambatan atau kendala yang muncul. 

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan misalnya seperti, mengecek kesesuaian cahaya dengan ruangan, memastikan backrop benar – benar telah menutupi ruangan agar tampak bagus di kamera, dan memastikan kualitas suara yang direkam telah jernih dan bagus ketika didengarkan.


5. Hindari Rekaman Di Siang Hari

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari rekaman pada siang hari. Hal ini untuk meminimalisir suara – suara bising dari aktivitas warga atau sekitar. 


Bagian Penutup

Sebenarnya konten podcast dapat didengarkan melalui berbagai platform atau aplikasi, seperti Spotify, Joox, Anchor, dan Soundcloud. Tapi yang lebih terkenal adalah penggunaan podcast untuk konten video youtube. semua kalangan bisa membuat channel siaran podcastnya sendiri. 

Dan semoga sobat kosngosan bisa membuat desain ruangan yang keren seperti diatas. Trims sudah berkunjung, jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini. sampai jumpa kembali

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya