Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Desain Toko ATK dan Fotocopy Keren

Kamu tertarik untuk membuka toko yang menjual Alat Tulis Kantor dan fotocopy? Tentunya kamu juga butuh referensi desain untuk toko seperti itu. Design yang berkonsep sederhana, rumahan dan minimalis bisa menjadi pilihan demi menarik calon pembeli untuk datang ke tempat usahamu. tapi sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu tentang peluang usaha ini secara singkat.

Di zaman yang canggih seperti sekarang pun, usaha fotocopy nyatanya masih saja dibutuhkan dan tetap dicari oleh banyak orang. Karena selagi penggunaan kertas masih berjalan, baik itu untuk keperluan pendidikan maupun pekerjaan, usaha ini tidak akan pernah mati dan prospeknya masih cukup menguntungkan untuk dijalankan. 

Asalkan sobat kosngosan pandai – pandai saja untuk memilih lokasi usaha yang strategis, pelayanan yang bagus dan harga yang relatif lebih murah dari pada kompetitor. 

Apa yang dimaksud dengan Toko ATK? Ini adalah toko yang menjual dan menyediakan berbagai kebutuhan alat tulis atau sarana – sarana yang dibutuhkan dalam berjalannya fungsi administrasi baik bagi pribadi maupun perusahaan. Sedangkan toko fotocopy merupakan sebuah usaha yang menyediakan jasa di bidang percetakan, penyalinan, atau penduplikatan baik bagi gambar, tulisan, dokumen dan sejenisnya. 


Desain Toko Fotocopy dan Alat Tulis Kantor

Untuk usaha atk skala rumahan, kamu bisa memanfaatkan halaman kosong atau ruangan yang tidak terpakai untuk disulap jadi tempat rak produk. Untuk gambar desain toko yang lebih lengkapnya, kamu bisa cek dibawah ini :

toko fotocopy 


desain toko atk sederhana
  desain toko atk sederhana 


usaha atk rumahan
  usaha atk rumahan 


desain toko fotocopy
  desain toko fotocopy 


desain toko atk dan fotocopy
  desain toko atk dan fotocopy 

desain toko atk sederhana
  desain toko atk sederhana 


desain toko fotocopy
  desain fotocopy 


usaha atk rumahan
  usaha atk rumahan 


desain toko atk dan fotocopy
  toko atk minimalis 


desain toko atk dan fotocopy kosngosan
  desain toko atk fotocopy sederhana 


desain toko fotocopy
  desain toko fotocopy minimalis 


usaha atk rumahan
  usaha atk rumahan 


desain toko atk dan fotocopy
  desain tempat fotocopy 


desain toko atk minimalis
  desain toko atk minimalis 


desain toko atk sederhana
  desain tempat fotocopy 


gambar mesin fotocopy
  gambar mesin fotocopy 


toko atk dan fotocopy
  desain ruangan fotocopy 


desain toko rak atk dan fotocopy
  desain ruangan fotocopy 


desain rak atk dan fotocopy
  toko atk sederhana 


desain toko atk minimalis

  desain toko alat tulis yang menarik 


desain toko atk minimalis
  desain toko buku dan alat tulis

Baca juga : Contoh Desain Toko depan Rumah


Tips Membangun Toko Atk dan Fotocopy

1. Persiapkan Rencana Bisnis Dengan Matang

Buatlah konsep perhitungan dan perencanaan modal dengan baik agar dana yang dikeluarkan nanti bisa dipakai secara optimal dan memang benar – benar dibutuhkan. 

Tentukan target pasar dan strategi promosi dengan tepat agar pemasaran bisa berjalan dengan baik dan mampu menarik banyak minat pelanggan. 

Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan peluang maupun plus minus yang mungkin akan terjadi kedepannya beserta solusi yang bisa kamu lakukan. 

Akan lebih baik lagi jika semua rencana ini berbentuk proposal, jadi bisa lebih mudah dibaca dan menjadi acuan dalam menjalankan bisnismu nantinya.


2. Tentukan Lokasi Pembukaan Usaha

Pastikan sobat kosngosan memilih lokasi usaha yang strategis untuk memungkinkan pelanggan agar lebih mudah mengetahui dan menjangkau tempat usahamu. 

Kamu bisa memilih tempat – tempat yang dekat dengan sekolah, kampus, jalanan yang ramai atau tempat lain yang sering dilalui orang. 

Akan lebih bagus lagi jika kamu memilih lokasi yang memang belum terdapat tempat fotocopy sebelumnya jadi bisa lebih meminimalisir pesaing usaha.


3. Persiapkan Mesin dan Peralatan Lainnya 

Kalau kamu membuka tempat fotocopy, tentunya kamu juga harus memiliki mesin fotocopy untuk mendukung usaha ini. 

Jadi pilihlah jenis mesin yang memang tepat dengan merk yang berkualitas. Tidak perlu dengan harga yang paling mahal. 

Kamu bisa mencari berbagai referensi untuk bahan pertimbangan terlebih dahulu asalkan mesin yang kamu pilih dapat dipastikan sistem dan fungsinya dapat berjalan dengan baik. 


4. Letakkan Barang Dalam Etalase

Letakkan barang yang kamu jual ke dalam etalase kaca agar lebih mudah dilihat pelanggan, dan tidak cepat kotor atau berdebu. 

Dengan meletakkannya ke dalam etalase tentunya akan mempermudah mereka untuk mencari barang apa yang diinginkan. Usahakan juga untuk menyediakan barang yang lengkap dan lebih bervariasi. 

Kamu bisa mengisinya dengan buku tulis, pensil, pulpen, spidol, kertas HVS dengan berbagai ukuran, kertas folio, nota, materai, kwitansi, penghapus, penggaris dan berbagai ATK lainnya yang umum dibutuhkan. 

Hindari juga untuk menyetok barang dengan jumlah banyak karena justru hal ini malah akan membuatmu telat update mengenai harga terbaru yang keluar di pasaran.


5. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan 

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang datang. 

Biasakan untuk bersikap ramah dan menanggapi dengan cepat agar pembeli tidak perlu menunggu lama, dan merasa nyaman karena diperlakukan dengan baik. 

Dengan adanya pelayanan yang prima, tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri bagi pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan. Mereka pun dengan senang hati akan datang lagi ke tempat usahamu nantinya.


Kata Penutup

Usaha jualan Alat tulis kantor (ATK) dan jasa fotocopy bisa menjadi kebutuhan dalam dunia kerja dan pendidikan. 

Toko yang menjual kebutuhan perkantoran dan alat tulis bahkan meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu membuka toko yang menjual alat seperti ini cukup menjanjikan. 

Semoga kamu bisa mendapatkan inspirasi dari melihat postingan kosngosan diatas. jangan lupa untuk klik tombol share, untuk membagikan url nya ke linimasa sosial media kalian. Bookmark juga ya!

Oleh rezaharahap