Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Desain Toko Listrik yang Keren

Apakah kamu sedang mencari desain dan gambar toko listrik yang minimalis namun tetap terlihat keren? Toko listrik adalah tempat usaha yang menyediakan segala kebutuhan dan peralatan elektrik yang dapat digunakan untuk memenuhi keperluan sehari – hari masyarakat yang berkaitan dengan keperluan per-listrik-an.

Beberapa barang yang harus ada di toko listrik mulai dari kabel, lampu dengan berbagai varian watt sesuai kebutuhan, stop kontak, meteran listrik, fitting lampu, pengaman listrik, saklar, steker, terminal listrik, sekering, dan masih banyak lagi.

Membuka toko listrik memang dinilai cukup menjanjikan untuk dicoba pemula, apalagi di daerah perkotaan dan pemukiman yang padat penduduk. Listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar seluruh lapisan masyarakat yang hampir tidak bisa dilewatkan setelah air. Bahkan saat ini sudah banyak yang mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di atap rumah masing masing.

Apalagi di zaman yang semakin modern seperti saat ini, sepertinya nyaris tidak ada rumah yang tidak dialiri dengan arus listrik. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik itulah yang membuat toko peralatan listrik menjadi usaha yang sering dicari masyarakat.

Hal ini mengingat peralatan elektrik terus menerus dibutuhkan dan beberapa alat listrik yang rusak harus segera diganti agar tidak menghambat kegiatan sehari – hari.


Gambar Toko Listrik

desain toko listrik

Untuk menjalankan usaha toko listrik, skala modal yang dibutuhkan adalah menengah hingga besar. Jadi modal juga sangat penting untuk memulai usaha bidang ini, selain tentunya desain display dan cara mencari supplier-nya.

Toko listrik butuh penataan barang yang teratur, jadi sobat kosngosan wajib untuk menyusun produk dengan rapi, menggunakan rak atau etalase yang memungkinkan pelanggan melihat dengan jelas tanpa perlu mencari dengan effort yang lebih. 

Selain itu berikan kategori dan label produk yang jelas, dan pastikan toko memiliki pencahayaan yang baik untuk menyoroti barang barang listrik secara optimal.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Contoh desain toko elektrik

desain toko listrik


Contoh toko alat listrik

contoh toko alat listrik


Contoh desain toko listrik kosngosan

contoh toko alat listrik


Design toko listrik pemula

usaha toko listrik pemula


Desain toko listrik minimalis

desain toko elektrik minimalis


Toko listrik pemula

toko listrik pemula


Contoh toko alat listrik kosngosan

contoh toko alat listrik


Usaha toko listrik pemula

desain usaha toko listrik


Contoh desain toko listrik

desain toko listrik


Contoh desain toko listrik

desain toko listrik


Contoh toko alat listrik kosngosan

contoh toko alat elektrik


Desain toko listrik

desain toko listrik


Contoh gambar desain toko listrik

gambar desain toko listrik


Contoh gambar toko alat listrik

contoh gambar toko alat listrik


Display toko alat listrik

desain toko listrik


Contoh toko alat listrik

display toko alat listrik


Desain toko listrik

desain toko listrik


Contoh toko alat listrik

display toko alat listrik


Display rak toko listrik

desain rak toko listrik


Contoh Video desain Toko Listrik

Kamu bisa menonton video desain toko listrik disini :'


Tips Desain Toko Listrik

Setelah melihat beberapa contoh desainnya, kamu perlu menerapakn beberapa langkah sebelum memutuskan untuk membangun suatu toko peralatan listrik.

Berikut beberapa tips sukses untuk membangun toko listrik agar mampu menghasilkan omzet yang maksimal :


Tentukan Perkiraan Modal Usaha

Kebutuhan modal tentunya wajib diperhitungkan sebelum kamu menjalankan suatu bisnis. Usaha toko listrik ini juga tergolong membutuhkan jumlah modal yang cukup besar.

Apalagi jika kamu memutuskan untuk membuka bisnis di area luar atau pada pusat perbelanjaan yang mengharuskan kamu untuk menyewa tempat.

Oleh karena itu jika masih memiliki budget yang terbatas, kamu cukup membuka kios kecil – kecilan terlebih dahulu saja.

Namun jika kamu memiliki lahan kosong di rumah, akan lebih bagus untuk memanfaatkannya sebagai toko sehingga kamu tidak perlu membayar sewa tempat lagi.


Carilah Supplier Yang Terjamin dan Berkualitas

Mencari supplier atau pemasok barang memang bukan proses yang mudah. Oleh karena itu, banyak – banyaklah mencari survey dan informasi mengenai supplier yang berkualitas kepada orang – orang yang sudah berpengalaman.

Usahakan juga kamu menjalin hubungan yang baik dengan supplier agar ketika kamu membutuhkan sesuatu, mereka dapat menyediakannya dengan mudah dan cepat.

Selain itu, jalinan hubungan yang baik dengan supplier juga bisa membuatmu berpeluang mendapatkan potongan harga dari mereka.


Jangan Menyetok Barang Terlalu Banyak

Hindari menyetok barang dengan jumlah yang banyak karena perputaran alat listrik jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.

Kamu bisa menggunakan motto sedikit tapi komplit, artinya menyediakan berbagai jenis barang namun dengan stok yang secukupnya saja.

Hal ini disebabkan karena peralatan listrik tidak melulu dibutuhkan dan hanya dicari pada waktu – waktu tertentu saja.


Berikan Pelayanan Yang Terbaik Pada Pelanggan

Ingatlah bahwa setiap pembeli adalah raja, oleh karena itu sebisa mungkin berikan pelayanan ramah dan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang.

Pahami karakter mereka dengan baik, bantu dan jelaskan mengenai apa yang mereka butuhkan.

Dengan memberikan pelayanan yang prima tentunya pelanggan akan merasa nyaman dan dihargai sehingga mereka bisa berlangganan ke tokomu lagi.


Harga Miring dan Bersaing

Tips terakhir adalah dengan mematok harga yang tidak melebihi pasaran, minimal lebih murah atau sama dengan yang lainnya.

Jangan sampai kamu menawarkan harga yang jauh lebih mahal karena tentunya pelanggan akan kapok dan memilih untuk mencari tempat lain yang lebih murah.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengamati dan mencari informasi mengenai harga yang beredar di pasaran agar bisa menyesuaikan nantinya.


Kata Penutup

Setelah membaca postingan kosngosan diatas, semoga kamu sadar betapa penting banget buat kalian yang memiliki planning untuk membuka usaha toko listrik kecilan untuk memberikan konsep dengan baik terhadap toko kecil milikmu.

Konsep desain toko kecil yang bagus dan menarik bisa membuat konsumen tertarik untuk datang langsung membeli. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share artikel ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya