Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Binary Option Dengan Spot Trading

Apakah kamu tahu apa perbedaan antara trading binary option dan spot trading? Banyak orang yang mengenal istilah trading pada masa sekarang ini, akan tetapi sebenarnya ada beberapa jenis atau sistem trading lho. Orang hanya tahu trading, akan tetapi sebenarnya ada beberapa jenis seperti Binary Option, spot trading, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang mengira sama, padahal sebenarnya konsep dari beberapa jenis trading tersebut berbeda lho. Untuk itu kosngosan akan membahas selengkapnya apa saja perbedaan dari kedua instrumen trading ini. Simak terus pembahasannya dibawah ya

Apabila Kamu memutuskan mau melakukan trading dan menghasilkan uang, maka Kamu harus tahu dulu setiap konsep trading tersebut. Sehingga Kamu nantinya akan bisa memilih jenis trading yang paling sesuai dengan Kamu dan kemungkinan berhasil pun jadi makin besar.


Perbedaan Binary Option dan Spot Trading

perbedaan binary option dan spot trading

Tentu saja terdapat sejumlah perbedaan antara Binary Option dengan Spot Trading atau biasa disebut dengan Forex ini. Kita akan membahas satu per satu untuk lebih mempermudah kalian.


Mengenal Binary Option

Binary option adalah salah satu bentuk investasi yang menurut banyak orang bahkan termasuk profesional itu memiliki risiko yang tinggi.

Akan tetapi memang keuntungan yang bisa didapatkan itu sangatlah tinggi, dan yang lebih menarik adalah tidak membutuhkan waktu banyak. Jadi investasi seperti ini sangat tepat untuk para pekerja yang ingin melakukan trading, karena waktunya sebentar.

Jadi konsep dari Binary Option itu adalah Kamu tinggal menebak atau memperkirakan apakah harga satu aset akan naik atau turun.

Jadi sobat kosngosan bisa memasukkan nilai investasi yang akan dimasukkan dan kemudian memilih jangka waktu kadaluwarsa dan kemudian Kamu tentukan naik atau turun. Setelah itu Kamu tunggu sampai waktu kadaluwarsa selesai dan hasilnya keluar apakah Kamu berhasil atau gagal.

Ada beberapa poin kunci dari Binary Option yang merupakan sistem ataupun konsep dari trading Binary Option ini. Berikut ini beberapa poin dari Binary Option yang harus diketahui agar Kamu tahu perbedaannya dengan jenis trading yang lainnya.

1. Terdapat jangka waktu yang bisa dipilih, dan hasil dari setiap rentang waktu itu bisa jadi berbeda-beda tentunya

2. Kamu hanya tinggal memilih apakah akan naik atau turun berdasarkan analisa yang sudah Kamu buat sebelumnya

3. Tidak ada pembelian aset, hanya tinggal tentukan saja akan naik atau turun berdasarkan rentang waktu yang Kamu pilih


Mengenal Istilah Spot Trading

Nah untuk spot trading itu adalah trading di kondisi langsung dari aset tersebut, jadi orang mendapatkan keuntungan dan kerugian dari fluktuasi harganya.

Dan keuntungan yang didapatkan dari spot trading itu memang sangat berpengaruh pada harga dari aset yang dipilih tersebut. Jadi nilai keuntungan itu akan fluktuatif menyesuaikan dengan pergerakan harga dari aset yang dipilih trading.

Jadi kalau spot trading itu Kamu membeli aset terlebih dahulu dengan modal yang Kamu miliki, dan kemudian menjual lagi di waktu tertentu.

Mengenai rentang waktu beli dan jual itu ya Kamu yang menentukan sendiri dengan melihat kondisi harga terkini seperti apa. Dan semakin tinggi modal yang digunakan, maka akan semakin tinggi juga nilai keuntungannya.

Jadi ketika Kamu memilih aset dengan harga 1 juta dan Kamu membeli 100 ribu, maka ketika terjadi kenaikan keuntungannya menggunakan persentase.

Bila naik menjadi 2 juta, maka keuntungan yang akan Kamu dapatkan itu adalah 200 ribu. Jadi menyesuaikan fluktuasi dari aset dan juga menyesuaikan juga dengan modal yang dipakai untuk trading tersebut.


Perbedaan Binary Option Dan Spot Trading

Nah meskipun sama-sama sebagai salah satu metode trading yang dilakukan secara online, namun Binary option itu sangat berbeda dengan spot trading.

Karena itu Kamu harus tahu dulu perbedaannya agar supaya nantinya Kamu tidak keliru dengan salah satu jenis trading tersebut. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa perbedaan antara Binary Option dan juga spot trading untuk pembaca binaryoptions.com


1. Konsep Keuntungan Yang Didapatkan

Perbedaan pertama yang memang langsung cukup mencolok dan langsung bisa terlihat adalah dari sisi konsep keuntungan. Di mana keuntungan yang didapatkan dari kedua jenis trading ini memang sangat berbeda, Kamu perlu tahu untuk supaya bisa membedakannya dengan mudah. Berikut ini perbedaannya yang mungkin tidak banyak orang sadari, padahal sebenarnya sangat terlihat lho.

a. Binary Option

Kalau Binary Option itu sebenarnya keuntungan yang didapatkan itu sudah ditentukan sedari awal dengan menggunakan konsep modal. Jadi tidak terpengaruh oleh kenaikan harga dan juga penurunan harga, semua sudah ditentukan sedari awal. Menyesuaikan dengan modal yang dimasukkan saja tanpa memperhatikan hal yang lainnya.

b. Spot Trading

Sementara kalau spot trading itu keuntungannya masih belum bisa ditentukan, dan bisa terlihat ketika sudah mulai trading.

Karena di spot trading itu bukan hanya berdasarkan pada modal saja, tapi juga bergantung pada fluktuasi harga juga. Semakin tinggi harganya naik maka akan semakin besar keuntungannya, demikian juga untuk konsep kerugiannya.


2. Jenis Order

Perbedaan yang kedua adalah dari sisi jenis order yang memang sangat berbeda antara Binary Option dengan spot trading. Perbedaan jenis order ini pun menjelaskan kalau konsep dari Binary Option dan juga spot trading itu berbeda. Berikut jenis order dari kedua sistem trading tersebut.

a. Binary Option

Untuk jenis order dari Binary option itu biasanya hanya naik dan juga turun, di mana memang konsepnya itu sederhana. Jadi Kamu tinggal memilih harga akan naik atau turun dari satu aset tersebut dan juga rentang waktu yang dipilih.

b. Spot Trading

Sementara untuk spot trading sendiri memang jenis order adalah beli dan jual, karena memang konsepnya jual beli. Jadi Kamu beli aset tertentu di harga tertentu dan kemudian menjual kembali, jadi jenis order seperti ini.


3. Biaya Trading

Untuk biaya trading juga ada perbedaan, di mana kalau Binary Option sendiri tidak memerlukan biaya trading sama sekali. Kalau spot trading sudah pasti ada nilai spread yang harus sobat kosngosan bayarkan, jadi pasti akan ada biayanya


4. Close Posisi

Perbedaan selanjutnya adalah dari close posisi, di mana kalau Binary Option itu sudah ditentukan sesuai dengan rentang waktu yang dipilih. Sementara kalau untuk spot trading itu penentuan close posisi dilakukan manual, sesuai keinginan dari trader.


5. Platform Trading

Perbedaan yang berikutnya adalah dari sisi platform yang jelas sangat berbeda antara Binary Option dengan Spot Trading. Binary option menggunakan Web trader yang sekarang ini pun memang sudah cukup berkembang, sementara spot trading menggunakan MT4 atau MT5.


6. Ukuran Trading

Perbedaan yang terakhir adalah soal ukuran trading, Binary Option ukurannya itu persentase dari modal yang akan dikeluarkan.

Sementara kalau spot trading itu Kamu nilai lot dari satu aset atau Kamu bisa membeli sekian bagian dari aset tersebut. Jadi jelas keduanya itu sangat berbeda secara konsep meski memang sama-sama dilakukan secara online.


Kata Penutup

Demikianlah beberapa perbedaan antara Binary Option dengan spot trading yang memang secara konsep saja sudah berbeda.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, sebagai pemula, sobat kosngosan harus banyak belajar tentang money management, baik itu pada trading di binary option atau di spot option.

Kalian juga perlu untuk memperhatikan metode yang digunakan dan juga waktu proses pelaksanaannya. Semoga beberapa informasi diatas bisa membuat kalian menentukan cara untuk menjalankan strategi trading binary option dan spot option yang terbaik. jangan lupa share artikel ini ya

Oleh rezaharahap