Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Genre Lagu untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Siapa bilang lagu hanya ditujukan untuk hiburan semata? Asal kamu tau, lagu juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja seseorang agar semakin produktif lho! Namun lagu yang didengarkan untuk meningkatkan produktivitas seseorang bukan dengan sembarang lagu yang sering kamu dengar di aplikasi pemutar musik pada umumnya.

Ada jenis lagu-lagu tertentu yang dikhususkan untuk merangsang kemampuan otak manusia agar semakin fokus dalam pekerjaan yang ada di depan mata. Dengan menjadi fokus, perhatian dan kemampuan seseorang dalam mencapai hasil dari pekerjaannya pun akan semakin meningkat dan sesuai atau bahkan melebihi ekspektasinya.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan kalau mendengarkan lagu dapat membuat pikiran manusia semakin lebih baik. Hal tersebut dapat mendorong kemampuan mengingat dan belajar serta mengeksekusi tugas seseorang agar lebih kuat dan tepat, walaupun tidak semua orang cocok dengan konsep mendengarkan lagu ketika bekerja.

Lagu yang mampu meningkatkan produktivitas seseorang biasanya berbentuk instrumental. Hadirnya lagu instrumental yang mendampingi kegiatan seseorang dinilai lebih baik membuat seseorang fokus karena tidak ada suara sang penyanyi yang mengganggu. Akan tetapi, tidak semua lagu produktivitas berbentuk instrumental saja.

Walaupun penelitian menyatakan bahwa orang lebih condong ke lagu instrumental ketika ingin produktif, beberapa orang memiliki preferensi yang berbeda sesuai dengan selera masing-masing.


Daftar Lagu untuk Produktivitas Kerja

lagu produktivitas kerja

Berikut adalah beberapa jenis lagu yang dapat kamu dengarkan agar produktivitas mu semakin meningkat. Peningkatan produktivitas dinilai mampu membuat seseorang mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lebih efektif dan efisien.


1. Lagu Klasik

Lagu klasik adalah jenis lagu yang paling sering disebutkan ketika suatu lagu dapat memiliki dampak yang nyata pada produktivitas seseorang. 

Lagu-lagu milik salah satu komposer lagu ternama pada masanya, yaitu Mozart, berdasarkan studi terbaru, telah membuktikan keberhasilannya dalam membangun kemampuan reasoning atau menyusun argumen dengan jelas dan terstruktur ketika mendengarkan lagu Mozart, walaupun hanya sesaat.

Studi dilakukan terhadap tiga kelompok pelajar, dimana kelompok pertama diberikan pilihan lagu-lagu klasik Mozart, kelompok kedua hanya diberikan rekaman untuk bersantai, dan kelompok terakhir atau ketiga hanya dibiarkan tidak mendengarkan apa-apa selama 10 menit. Hasil yang didapatkan dari studi itu pun cukup mengejutkan.

Setelah diberikan suatu tes tertentu yang ditujukan untuk mengukur kemampuan berpikir mereka. Kelompok pertama mendapatkan skor yang lebih tinggi dalam bidang IQ dibanding kelompok yang tidak mendengarkan lagu klasik milik Mozart.


2. Lagu Bernuansa Alam

Lagu bernuansa alam atau lagu dengan suara-suara alam dinilai mampu meningkatkan kemampuan produktif seseorang ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih baik dari sebelumnya. 

Berdasarkan jurnal yang dipublikasi oleh asosiasi akustik Amerika, suara-suara alam pada lagu terbukti meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan untuk berkonsentrasi, dan menaikkan rasa kepuasan dalam setiap penyelesaian tugas.

Bunyi-bunyi seperti gelombang yang bertabrakan, burung-burung yang berkicau, dan aliran sungai yang tenang dan sunyi serta keseluruhan bunyi alam yang ada disekitarnya, mampu membuat seorang pendengar merasa lebih fokus dan tenang. Seakan-akan kalian sedang berada di alam secara langsung dan menjadi bagian dari alam itu.


3. Lagu Instrumental

Lagu instrumental adalah jenis lagu yang tidak menyisipkan lirik kata sama sekali di dalamnya. Berbeda dari lagu pada umumnya, lagu-lagu instrumental berfokus pada permainan instrumen yang ciamik dan penuh rasa.

Penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa murid-murid yang mendengarkan lagu instrumental mencetak skor ujian lebih tinggi dibanding murid-murid yang mendengar lagu berlirik alias memiliki kata-kata. 

Walaupun ada beberapa orang yang lebih memilih lagu dengan lirik atau kata-kata, akan tetapi penemuan lebih lanjut menegaskan cukup banyak orang yang tidak sengaja menuliskan lirik dari lagu yang didengar saat menulis atau memikirkan sesuatu.

Dengan hadirnya beberapa pilihan lagu yang beraneka ragam, kita semua dapat mengeksplor setiap kemungkinan yang dapat diterapkan dari setiap lagu yang kita dengar untuk dapat meningkatkan produktivitas kita.


4. Lagu Tempo Tinggi atau Cepat

Ternyata, mendengarkan lagu yang memiliki tempo yang tinggi atau cepat, terbukti dapat meningkatkan kemampuan produktif seseorang semakin cepat. 

Sesuai namanya, orang-orang yang nantinya mendengar lagu dengan tempo tinggi, akan dengan mudah terpompa adrenalin, menghasilkan pergerakan yang tidak biasa dibanding sebelumnya.

Biasanya lagu bertempo cepat sangat cocok untuk kegiatan yang berhubungan dengan latihan-latihan fisik, seperti olahraga aerobik atau ketika bersih-bersih rumah. 

Penelitian yang diadakan pada tahun 2003, menunjukkan bahwa orang yang sedang bersepeda sambil mendengarkan musik bertempo tinggi, lebih cepat dalam memutar pedal sepeda dibandingkan mereka yang tidak mendengarkannya.


5. Lagu dari Video Game

Berdasarkan pernyataan dari cukup banyak pembuat lagu untuk sebuah video game, disebutkan bahwa banyak pengembang video game yang berlomba-lomba membayar mahal seorang produser musik untuk memberikan lagu terbaik pada game yang mereka buat. Kisaran harga yang dibayarkan pun tidak main-main.

Ada yang berkisar mulai dari 700 juta rupiah (harga terendah) hingga 14 miliar rupiah (harga tertinggi). Ini menunjukkan bahwa lagu yang disematkan dalam video game harus menyesuaikan tema permainan dari jenis game itu sendiri.

Game seringkali membutuhkan fokus yang tajam, perhatian yang kuat terhadap setiap detail, dan pengambilan keputusan yang cepat karena dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang berbeda di setiap tahap. Semakin tinggi suatu tahap, maka tingkat kesulitan biasanya akan semakin rumit.

Dengan bantuan lagu yang sesuai dari dalam video game, kinerja dan produktifitas bermain dari para gamers itu sendiri dapat meningkat secara drastis. Hal ini karena lagu yang ada di dalam sebuah game, umumnya bisa membantu pemainnya untuk menjadi lebih fokus.

Hal ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan kepada para pemain video game Legend of Zelda. Disebutkan apabila pemain memiliki performa bermain yang buruk ketika tidak mendengarkan lagu sama sekali, namun menjadi sangat tinggi ketika sambil mendengarkan lagu.

Hadirnya lagu yang ada pada video game yang sudah dapat diputar di platform pemutar musik manapun, bisa menjadi sumber lagu lain yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari.


6. Lagu Favorit Bernuansa Bahagia

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedang merasa lelah, bingung, dan kehilangan sentuhan untuk menjadi produktif, dapat kembali mendapatkan kekuatan untuk berkegiatan dan menghasilkan sesuatu yang bernilai ketika mendengarkan lagu kesukaan mereka yang bernuansa menyenangkan.

Sang pendengar lagu bahagia akan terasa seperti disuntik oleh cairan semangat membara yang dapat membuat mereka kembali beraktivitas, bahkan lebih baik dari sebelumnya.


7. Lagu Cover

Lagu cover adalah lagu yang sudah, kemudian diubah cara menyanyikannya hingga menjadikan lagu tersebut terasa lebih baru dengan penambahan instrumen atau gaya bermain musik yang berbeda dari asli-nya. 

Ada banyak sekali jenis lagu cover di youtube maupun spotify. Jadi kamu bisa mencari dan mendengarkan musik seperti ini untuk menemani waktu bekerjamu supaya lebih semangat dalam mencari cuan.


Bagian Kesimpulan

Dengan adanya jenis-jenis lagu di atas, orang yang tadinya kesulitan beraktivitas dengan baik, dapat terbantu dan dengan mudah menyelesaikan tugas-tugasnya.

Untuk kalian yang ingin mendengarkan lagu agar produktivitas kalian meningkat, jangan lupa untuk mendownload lagu yang sesuai dengan preferensi kalian di tempat download lagu yang terpercaya dan aman.

Mendownload lagu di sumber yang jelas, akan memastikan kualitas download lagu yang kalian terima menjadi lebih baik. Hal ini tentunya dapat membantu kalian ketika ingin mendengarkan lagu tersebut bahkan ketika kalian tidak memiliki jaringan internet yang memadai.

Oleh rezaharahap