Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alat Teknologi yang Memudahkan Hidup Anak Kost

Apa saja alat teknologi yang bermanfaat untuk anak kost? Teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia. Bagi kalian yang ngekost, pasti memerlukan teknologi untuk menunjang keperluan sehari-hari termasuk untuk bekerja dan hiburan. 

Hidup sebagai anak kost memang harus dituntut serba praktis. Anak kost adalah mereka yang hidup dan tinggal jauh dari keluarga. Umumnya kalian ngekost karena sedang sekolah, kuliah atau bekerja di rantau orang.

Beberapa alat berikut ini bisa mempermudah kehidupanmu menjadi lebih efektif dan efisien. Karena selain punya waktu yang relatif sibuk, anak kost juga lebih suka memanfaatkan alat yang bisa membuat pekerjaannya lebih mudah


Rekomendasi Alat Teknologi untuk Anak Kost

contoh teknologi anak kost

Berikut adalah teknologi yang kami sarankan bagi kalian yang ngekost.


Laptop

Tentunya bagi mahasiswa sangat disarankan sekali untuk memiliki laptop dan bahkan bisa dibilang sebagai kewajiban untuk memilikinya. Laptop merupakan keperluan primer bagi mahasiswa masa kini karena komputer digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.

Laptop dipilih oleh mahasiswa terutama yang tinggal di kos-kosan karena praktis dan mudah dibawa kemanapun, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mencolok sana-sini. 

Selain karena alasan kepraktisan, laptop dipilih karena tidak menggunakan daya listrik yang besar dan jauh lebih hemat daripada komputer, sehingga menghemat biaya tagihan atau saldo token PLN.

Selain untuk mahasiswa, karyawan yang bekerja baik yang tinggal di kos-kosan atau yang tidak, sangat disarankan untuk memiliki laptop karena alasan yang sama, yaitu praktis & hemat daya listrik, serta dapat menunjang pekerjaan.

Sebelum membeli laptop, sebaiknya harus memperhatikan aspek-aspek berikut ini, yaitu:

1. Spesifikasi

Sebelum membeli laptop, hal pertama yang perlu sobat kosngosan perhatikan adalah spesifikasi laptop. Spesifikasi laptop yang akan dibeli sebaiknya disesuaikan dengan keperluan. 

Jika laptop diperuntukkan untuk kegiatan dasar seperti mengetik, menonton film, dan browsing ringan, sudah cukup dengan spesifikasi rendah. 

Namun jika laptop digunakan untuk kegiatan yang berat seperti untuk bermain game dengan kualitas grafis tinggi, dan untuk desain tiga dimensi, maka diperlukan laptop dengan spesifikasi tinggi.


2. Harga

Harga tentunya menjadi penentu bagus atau tidaknya laptop, serta rendah atau tingginya spesifikasi laptop. Maka dari itu diperlukan penyesuaian dengan kebutuhan agar tidak menggelontorkan dana yang tidak sesuai dengan keperluan.


3. Fitur

Selain kedua hal yang disebutkan di atas, fitur juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Karena terdapat fitur yang diperlukan dan ada yang tidak, bagi beberapa orang, seperti fitur DVD, port VGA, port USB type-C.


Berikut adalah rekomendasi laptop untuk anak kost sesuai dengan kelasnya:

Kelas menegah ke bawah 

Axioo Slimbook 11 S1

Axioo Slimbook 11 S1 merupakan laptop kelas menengah ke bawah yang ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4020 sebagai dapur pacunya. 

Laptop ini menggunakan SSD berkapasitas 128GB dan RAM berkapasitas 4GB. Manfaat SSD sebagai media penyimpanan utama pada laptop ini menjadikan kinerja laptop ini akan menjadi lebih cepat daripada sekedar menggunakan HDD. Namun kapasitasnya yang kecil menjadikan laptop ini tidak mampu menampung file yang terlalu besar.

Laptop ini secara default menggunakan sistem operasi DOS, sehingga pengguna harus menginstal OS secara mandiri.

Termasuk garansi resmi selama 1 tahun, laptop ini dibanderol dengan harga Rp.3.249.000 di toko resmi Intel di Tokopedia.


Kelas menengah

Lenovo Ideapad Slim 3

Lenovo Ideapad Slim 3 merupakan laptop kelas menengah. Cocok bagi kalian yang memerlukan laptop untuk kebutuhan kerja atau kuliah dengan kemampuan multitasking dan gaming dengan grafis kualitas menengah.

Ditenagai dengan APU AMD 3020e, dengan prosesor dual-core yang memiliki clock speed maksimal 2.6Ghz, dan disertai dengan GPU triple-core laptop ini mampu menjalankan game dengan grafis kualitas menengah* dan mampu dengan lancar mengoperasikan aplikasi yang tidak membutuhkan terlalu banyak resource.

Untuk sektor penyimpanan data, laptop ini menggunakan SSD M.2 NVMe dengan kapasitas 256GB, dan RAM berkapasitas 4GB dengan satu slot kosong untuk ekspansi kapasitas RAM. Penggunaan SSD M.2 NVMe dapat mempercepat performa laptop ini secara signifikan, serta kapasitas SSD yang cukup, menjadikan ruang penyimpanan laptop ini cukup luas jika tidak digunakan untuk menyimpan file berukuran besar.

Lenovo Ideapad Slim 3 dibanderol dengan harga berkisar 5 jutaan di toko resmi Lenovo di Tokopedia.


Kelas atas

Acer Swift 3 Infinity 4

Laptop ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 sebagai dapur pacunya. Selain itu, laptop ini juga menggunakan GPU high-end dari Intel, yaitu Intel® Iris® Xe Graphics 80 dan disertai dengan RAM berkapasitas 16GB. 

Dengan kombinasi ketiganya, memungkinkan laptop ini untuk menjalankan aplikasi yang berat, seperti AutoCAD, Android Studio, dan Unity 3D. Selain untuk menjalankan aplikasi yang berat, tentunya laptop ini juga mampu menjalankan game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi, seperti GTA V, Watch Dogs 2, Red Dead Redemption 2, dan lain-lain.

Media penyimpanan yang digunakan laptop ini adalah SSD PCIe Gen4 NVMe berkapasitas 512GB, media penyimpanan ini menawarkan kecepatan akses yang cepat, serta dengan kapasitas yang besar Anda dapat menyimpan file besar, sehingga jika Anda download lagu, aplikasi, game, atau file lainnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan penuhnya kapasitas SSD.

Pada Acer Swift 4 Infinity 4 terdapat port Thunderbolt 4 dan sensor sidik jari. Keberadaan sidik jari membuat proses membuka kunci layar laptop atau proses login ke laptop menjadi lebih cepat.

Laptop ini dibanderol dengan harga Rp.14.999.000 di toko resmi Acer di Tokopedia.


Earphone atau headset

Bagi kalian yang ngekost dan suka dengar lagu atau nonton, kalian harus mempunyai earphone atau headset agar tidak mengganggu tetangga. Kini earphone tersedia dalam beberapa model dan jenis.

Untuk keperluan jangka pendek seperti mendengarkan musik, atau menonton video singkat, kami menyarankan Anda untuk membeli earphone Bluetooth. 

Namun, untuk penggunaan jangka panjang seperti untuk menonton film berdurasi panjang dan bermain game, kami merekomendasikan earphone kabel. Karena dikhawatirkan Anda akan kerepotan untuk mengisi daya baterai earphone Bluetooth anda.

Penggunaan earphone atau headset berguna bagi Anda yang suka download lagu dan mendengarkannya atau streaming lagu tanpa mau orang lain mendengarnya.


Jam Meja Digital

Walaupun kita dapat melihat jam di ponsel kita, penggunaan jam digital masih diperlukan, terutama jika Anda berusaha untuk tidak kecanduan smartphone. Mengapa jam digital? kenapa tidak jam analog saja?

Kami merekomendasikan jam digital karena jam ini memiliki fitur-fitur yang jam analog tidak miliki, di antaranya:

1. Dilengkapi dengan lampu LED

Manfaat lampu LED pada jam digital akan berguna bagi sobat kosngosan yang tidur dalam keadaan lampu dimatikan.

2. Dapat berfungsi sebagai alarm

Walaupun semua ponsel dilengkapi dengan fitur alarm, fitur alarm pada jam digital dapat berguna apabila anda sedang dalam program diet smartphone dan ingin mengatasi kecanduan smartphone.

3. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan speaker 

Biasanya fitur ini yang dapat terkoneksi dengan perangkat melalui jaringan Bluetooth. Keberadaan fitur ini menjadikan Anda tidak perlu membeli speaker lagi untuk keperluan hiburan atau sebagai pengganti speaker yang rusak. Tentunya menjadi sangat bermanfaat.

Kini Anda dapat memperoleh jam meja digital dengan harga rata-rata di bawah 100 ribuan


Rice cooker

Rice cooker merupakan barang elektronik yang sangat disarankan untuk dimiliki karena dapat menghemat uang makan dengan menanak nasi sendiri. Sebelum membeli rice cooker, perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Ukuran

Ukuran menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan karena rice cooker akan bekerja dengan maksimal jika digunakan sesuai dengan kapasitasnya. Berikut perkiraan kapasitas rice cooker dan jumlah orang per sajian:

Kapasitas 0.6L = 3 cup untuk 4 – 5 orang dewasa

Kapasitas 1L = 5 cup untuk 7 – 8 orang dewasa

Kapasitas 2L = 10 cup untuk 14 orang dewasa

Kapasitas jumbo = lebih besar dari 14 cup

2. Material inner pan

Karena inner pan merupakan bagian yang mengalami kontak langsung dengan nasi, maka material yang digunakan pada inner pan harus diperhatikan.

Berikut adalah jenis-jenis inner pan pada rice cooker:

1. Stainless steel

Kelebihan dari material ini adalah lapisan coating tidak mudah mengelupas, sehingga aman bagi nasi. Sedangkan kekurangannya adalah nasi menjadi lengket ke inner pan.

2. Aluminium

Rice cooker yang menggunakan aluminium dapat memasak nasi dengan cepat karena aluminium adalah penghantar panas yang baik, namun perlu diperhatikan apakah lapisan coating masih bagus atau tidak, karena kalau tidak, dapat mengakibatkan masalah kesehatan, karena aluminium tidak bagus jika kontak langsung dengan makanan.

3. Charcoal atau clay

Inner pan menggunakan teknologi dari bahan charcoal atau clay mampu menanak nasi dengan matang sempurna, karena material ini punya kekuatan didih yang sangat tinggi.

4. Keramik

Material keramik dapat menghasilkan tekstur nasi yang lembut dan pulen dikarenakan memiliki daya simpan panas yang kuat. Namun rice cooker dengan material inner pan dari keramik mudah pecah dan dijual dengan harga yang relatif mahal.

5. Teflon

Rice cooker yang menggunakan material teflon pada inner pan merupakan rice cooker yang dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu dengan kisaran harga Rp.150.000. Selain itu material teflon menjadikan nasi lebih mudah dibersihkan karena tidak lengket.

3. Fitur dan harga

Kini rice cooker menawarkan fitur-fitur yang beragam, tentunya semakin banyak fitur yang ditawarkan, maka harga yang ditawarkan akan lebih tinggi. Karena itu perlu sekali untuk menyesuaikan budget dengan keperluan sebelum membeli rice cooker.


Stop kontak dan roll kabel

Stop kontak atau yang biasa disebut dengan roll kabel termasuk salah satu teknologi yang anak kost harus punya, karena kamar kost rata-rata hanya memiliki 1 hingga 2 lubang stop kontak di tembok, sehingga untuk mengatasi kekurangan stop kontak, diperlukan lubang stop kontak tambahan. 

Selain untuk mengatasi masalah kekurangan lubang stop kontak, penggunaan roll kabel dapat membantu dalam mengatasi pendeknya kabel steker, yang mengakibatkan steker tidak dapat dicolok ke stop kontak yang ada di tembok.

Stop kontak/roll kabel dapat dibeli dengan harga rata-rata di bawah Rp.50.000 di toko elektronik

Oleh rezaharahap