Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Aplikasi Terbaik untuk Mahasiswa PJJ Tahun 2022

aplikasi untuk mahasiswa

Sejak wabah Covid-19 merebak, semua lini pendidikan tidak terkecuali tingkat perguruan tinggi mau tidak mau menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau lebih sering kita dengar dengan singkatan PJJ. Selama PJJ atau sistem daring berjalan maka selama itu pula penggunaan sistem digital meningkat tajam.

Jika kamu seorang pelajar, tentu sudah merasakan hal ini bukan. Sekarang kamu pasti sudah kenal dengan banyak aplikasi pendidikan untuk siswa guna mendukung proses pembelajaran dari rumah. Apa saja aplikasi untuk belajar yang kamu rasa bermanfaat pasti kamu download tanpa pikir panjang.

Namun ternyata di dunia maya, apa saja bisa terjadi. Tidak jarang selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung, banyak pelajar dan mahasiswa yang datanya diretas oleh hacker.

Hal tersebut agak menakutkan, tapi kamu bisa uji coba gratis dan pakai aplikasi VPN untuk PC agar aman dari peretas. Jika kamu pakai produk Apple maka kamu bisa pakai VPN untuk iOS. Kamu bisa download gratis sebagai klien VPN Mac di sini. Aplikasi VPN dari VeePN tersebut membantu menghindari peretasan dengan cara mengenkripsi data. Jangan khawatir karena kini VPN sudah tersedia untuk semua perangkat.

Jadi, balik lagi ke aplikasi terbaik untuk siswa yang wajib sobat kosngosan unduh agar pengerjaan tugas sekolahmu lancar.


Aplikasi mana yang terbaik untuk siswa?

Dari sekian banyak aplikasi, mana saja yang sebaiknya pelajar miliki? Berikut ini kami merangkum beberapa aplikasi terbaik untuk siswa sebagai rekomendasi agar proses pembelajaran meningkat.


Aplikasi untuk belajar daring

1. Zoom

aplikasi zoom

Zoom merupakan aplikasi telekonferensi video yang mulai booming sejak pandemi. Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan komunikasi beramai-ramai secara daring bersama guru atau dosen untuk keperluan proses pembelajaran jarak jauh.


2. Google Meet

aplikasi google meet

Aplikasi Google Meet kurang lebih sama dengan Zoom. Keduanya sama-sama menyediakan fitur-fitur untuk komunikasi video jarak jauh. Perbedaannya hanya pada perusahaan yang mengembangkannya saja.


3. WhatsApp

aplikasi whatsapp

Nah, sebelum sampai pada pertemuan di Zoom atau di Google Meet, tentu kamu akan menerima notifikasi atau pemberitahuan dari guru atau dosen untuk suatu kelas daring.

Aplikasi perpesanan Whatsapp lah yang memberikan manfaat yang cukup besar disini untuk menyampaikan pengumuman tersebut. Hanya dengan koneksi ke internet, sobat kosngosan bisa dengan mudah bertukar pesan tanpa pulsa.


Aplikasi untuk mencatat dan sebagai pengingat

4. Evernote

aplikasi evernote

Aplikasi ini adalah alat untuk membuat catatan yang ingin kamu buat. Kamu bisa mengumpulkan artikel-artikel sumber untuk kepentingan pelajaranmu. Evernote bisa kamu akses dari berbagai perangkat yang kamu miliki.


5. Notion

aplikasi notion

Notion juga salah satu aplikasi dengan berbagai fitur untuk mencatat. Akan tetapi aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengatur jadwal pelajaran, sebagai jurnal harian, agar semuanya terorganisir dengan baik. Karena bisa memakai template di Notion maka mencatat menjadi semakin efisien.


6. CamScanner

aplikasi camscanner

Dengan aplikasi ini, perangkat android dan iOS dapat memindai gambar dan mengubahnya dari bentuk foto ke bentuk JPEG atau PDF. Jadi menscan berkas-berkas tidak perlu lagi harus melalui printer.


7. Office Lens

aplikasi officelens

Ini juga aplikasi lain untuk memudahkan memindai dokumen dan menyimpannya di perangkat. Aplikasi ini sangat berguna apalagi jika dosen menerangkan materinya dengan diagram kompleks yang akan memakan waktu untuk dicatat secara manual. Hanya perlu mengambil gambarnya dan bisa digunakan kembali kapan saja dibutuhkan.


8. Google Lens

aplikasi google lens

Tidak mau kalah saing, perusahaan besar Google juga mengembangkan aplikasi serupa CamScanner dan Office Lens dengan nama Google Lens. Aplikasi ini juga memunculkan informasi dari objek yang diidentifikasi dengan mengandalkan analisis visual.


9. Smart Recorder

aplikasi smart recorder

Beberapa dari kalian mungkin lebih senang dan lebih mudah mencerna pelajaran dengan cara mendengarkan. Aplikasi Smart Recorder sangat cocok untukmu.

Kamu bisa dengan mudah merekam pelajaran dari dosen, menyimpan, memutar kembali hingga membagikan rekamannya.


10. Any.do

aplikasi any do

Jadwal pelajaran atau kuliah yang padat, tidak lagi menjadi masalah dengan Any.do. Kamu bisa dengan mudah mengatur dan menyelesaikan berbagai macam hal dengan bantuan aplikasi ini.


11. Google Docs

aplikasi google docs

Google dokumen membantu kamu mengolah kata di suatu halaman mulai dari bentuk lembaran, formulir dan presentasi secara gratis selama terkoneksi ke internet. Apapun perubahan yang kamu buat di dokumen akan langsung tersinkronisasi.


12. WPS Office + PDF

aplikasi wps office

Dari mulai Word, Excel, hingga Powerpoint untuk presentasi tentu menjadi makanan sehari-hari mahasiswa. Aplikasi WPS Office + PDF wajib kamu punya. Karena jika tidak bisa mengakses dokumen dari komputer atau laptop, kamu bisa mengandalkan HP


13. Plagiarism Checker | Grammarly

Plagiarism checker dari Grammarly untuk menunjukkan orisinalitas tugas yang kamu buat. Selain sebagai alat pendeteksi plagiarisme, Grammarly juga memiliki banyak fungsi lain sebagai, pengecek grammar bahasa Inggris, dan lain sebagainya.


Aplikasi sebagai menyimpan data

14. Google Drive

aplikasi google drive

Google Drive merupakan aplikasi untuk kamu menyimpan data dan tersinkronisasi sehingga bisa diakses melalui berbagai perangkat.


15. Dropbox

aplikasi dropbox

Dengan dropbox kamu juga bisa saling berbagi data dengan pengguna lain dan tersinkronisasi melalui jaringan internet.


Aplikasi sebagai sumber ilmu pengetahuan

16. iPusnas

aplikasi ipusnas

Persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memungkin kamu untuk mengakses segala macam buku dari mana saja tanpa perlu datang ke perpustakaannya.


17. Udemy

aplikasi udemy

Salah satu platform e-learning populer saat ini dimana kamu bisa mengakses materi kursus untuk menambah skill di berbagai bidang. Perangkat lunak ini juga bisa sobat kosngosan akses secara offline.


18. Duolingo

aplikasi duolingo

Belajar bahasa asing jadi lebih menyenangkan dan menghemat waktu dengan Duolingo. Kamu bisa belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing mu dengan memanfaatkan berbagai fitur dalam aplikasi ini.


19. Oxford Dictionary

aplikasi oxford dictionary

Belajar bahasa Inggris tentu harus punya kamus dong. Oxford Dictionary adalah standarnya. Jadi, kamu harus punya ini.


Bagian Konklusi

Belajar online dengan menggunakan berbagai aplikasi diatas tentu saja punya tantangan tersendiri. Memang ada kelebihan belajar daring, seperti lebih bebas dan fleksibel. Akan tetapi, sobat kosngosan juga dituntut supaya memiliki komitmen untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah.

Semoga dengan beberapa informasi diatas, bisa bermanfaat untuk kalian dan lebih giat lagi dalam melakukan pembelajaran denga memanfaatkan teknologi informasi. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman teman mu ya!

Oleh rezaharahap