Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Belajar Bahasa Inggris Online untuk Pemula

Saat ini belajar bahasa inggris sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Karena bahasa ini telah menjadi bahasa internasional yang dipakai diberbagai kesempatan. Sebagai salah satu skill dasar yang harus dimiliki untuk memasuki dunia kerja, maka penting sekali untuk mendapatkan akses pembelajaran terhadap bahasa inggris. 

Perkembangan teknologi informasi membuat sobat kosngosan tidak perlu lagi untuk belajar manual dari buku atau pun kursus bahasa inggris online. Karena kini, kita bisa memanfaatkan berbagai media online sebagai sarana untuk membantu dalam belajar bahasa inggris yang lebih efektif dan efisien.

 

Menghapal Vocabulary Terlebih dahulu

Cara Belajar Bahasa Inggris Online

Kosakata menjadi hal pertama yang harus kamu kuasai sebelum berniat belajar bahasa inggris. Vocabulary itu ibaratkan pondasi yang akan menjadi penopang dalam membangun kemampuan kamu menguasai english. Artinya semakin banyak Vocabulary yang kamu hafal, semakin besar kesempatan menguasai bahasa ini. 

Pertanyaannya, Vocabulary yang mana yang sebaiknya kamu kuasai terlebih dahulu? Sebaiknya kamu memperbanyak penguasaan Vocabulary tentang hal-hal yang ada sekitar kita. Agar semakin efektif dan inovatif, kamu bisa menggunakan bantuan tool camera dari Aplikasi Google Translate yang akan memberi tahu bahasa inggris dari berbagai kata yang kamu scan pakai kamera smartphone mu.


Belajar Grammar 

Dalam bahasa indonesia, istilah ini disebut dengan "ejaan yang disempurnakan" atau (EYD). Dalam english ada yang namanya grammar atau tata bahasa. Apakah grammar penting untuk dikuasai? Tentu saja penting. Jika kamu belajar english untuk digunakan dalam lembaga formal, maka grammar menjadi sangat penting untuk dikuasai

Tapi jika sobat kosngosan belajar english untuk kegiatan sehari hari, grammar relatif tidak terlalu penting untuk dipelajari. Akan tetapi, disarankan lebih baik kamu mempelajarinya, supaya nanti english yang kamu miliki bisa lebih fasih dan sesuai dengan tata bahasa baku. Kamu bisa pakai layanan tool grammar checker yang ada di Internet.


Meningkatkan Kemampuan Listening

Untuk belajar listening sendiri, kamu bisa menggunakan berbagai metode, seperti rajin mendengar lagu billboard di spotify, jika ada lirik yang sulit atau tidak dimengerti kamu bisa langsung mencatatnya dam googling untuk mengetahui artimnya. 

Selain itu kamu juga bisa menonton film hollywood yang menggunakan bahasa inggris tanpa subtitle (atau menggunakan subttile bahasa inggris) agar kamu bisa meniru percapakan tokoh didalamnya dengan lebih fasih. 

Dan tidak sedikit orang yang paham karena rajin mendengar konten konten dalam english. Kemampuan mendengar ini sangat penting, karena nantinya sobat bisa mengerti maksud lawan bicara jika nanti berkomunikasi langsung


Meningkatkan Kemampuan Writing

Memperbanyak latihan menulis english dalam bentuk kosakata atau percakapan, membuat kamu akan terbiasa nantinya. 

Kamu bisa memanfaatkan perangkat HP atau tablet untuk mencatat di layar, menulis diary (buku harian) dalam bahasa inggris yang didalamnya menceritakan kegiatan kamu sehari-hari. DIrahapkan dengan menerapkan cara ini, maka peluang kamu cepat mahir menguasai bahasa ini bisa terbuka lebar.


Meningkatkan Kemampuan Speaking

Bahasa apa pun didunia ini, pada intinya adalah skill untuk berucap atau berbicara. Percuma kamu pandai mendengar dan menulis, tapi tidak cukup pandai untuk berucap dalam bahasa inggris. Dan lebih susahnya lagi, dalam english itu pengucapan dan penulisannya berbeda. 

Berbeda dengan bahasa indonesia yang penulisan dan penyebutannya sama, seperti jika kita menulis kata "kamu" maka pengucapannya pun tetap dibaca "kamu". 

Berbeda dengan english yang pengucapan dan penulisannya seperti tulisannya "class" maka cara membacanya adalah "kla:s" atau "close" maka cara bacanya "klauz". Belajar berbicara dengan cara pengucapan atau prononciation yang sesuai sangat penting supaya lawan bicaramu bisa mengerti apa yang kamu hendak bicarakan.


Bergabung dengan Komunitas

Supaya kamu bisa tetap konsisten dalam belajar bahasa inggris, maka kamu juga bisa bergabung dengan komunitas english yang ada di daerahmu masing masing. 

Keuntungan bergabung dengan komunitas seperti ini adalah kamu bisa menemukan banyak teman yang satu misi dan memberikan support kepadamu. Seperti kampung english yang banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia, sangat cocok buat kamu dalam proses yang masih sedang belajar english. 

Dengan bergabugan dengan kampung inggris, kamu akan menemukan lawan bicara dan bisa mengimplementasikan kemampuan berbicaramu langsung dengan banyak orang


Mengiikuti Kegiatan workshop English

Di internet, ada banyak sekali seminar atau workshop yang diadakan secara online menggunakan zoom atau google meet. Kalau sobat kosngosan memang serius dan bersungguh-sungguh untuk belajar bahasa inggris, maka ada banyak cara dan jalan yang bisa kamu pilih. Salah satunya yaitu dengan mengikuti seminar seperti ini.

Tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk mengikuti seminar atau workshop dalam bahasa inggris, atau minimal membahas tentang bahasa inggirs. Kamu bisa mengikutinya dalam acara perkuliahan, sekolah atau seminar umum yang diadakan oleh pihak tertentu.


Mencari kenalan orang luar

Dunia begitu sempit jika kamu sudah menguasai teknologi informasi. Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kenalan dari luar negeri. Jika kamu memiliki smartphone dan memiliki akun media sosial seperti Facebook dan Twitter, kamu bisa mencari kenalan orang luar.

Selain itu ada juga aplikasi video call random seperti Ome TV yang bisa mengenalkan kamu dengan orang orang luar secara acak. Kamu juga bisa menggunakan fitur Telegram Bot yang bernama Anonymous, dimana kamu bisa chat dengan orang orang diluar negeri secara acak. 

Ini juga bisa dijadikan sebagai media untuk belajar english dengan mengajak teman asing kamu itu untuk berkomunikasi. Untuk tahap pertama, bisa chatting dulu. 

Nanti kalau sudah terbiasa, kamu bisa mengajak teleponan atau mungkin video call an supaya lebih fasih lagi. Kamu bisa jujur pada teman chat kamu, bahwa kamu sedang belajar english dan meminta untuk dibantu.


Mengikuti Kursus Bahasa Inggris Online

Langkah untuk belajar bahasa inggris selanjutnya yang paling recomended dari kosngosan, yakni dengan mengikuti les bahasa inggris online. Kenapa harus online? karena memang kamu tidak perlu repot repot lagi dalam mengikuti kelas offline yang biasanya menyita waktu ke tempat tujuan.

Untuk itu kami menyarankan kalian menggunakan platform online khusus Kursus Bahasa Inggris dari Cerah.co.  Kenapa harus disini? Karena layanan ini menyediakan paket pembelajaran bahasa inggris yang lengkap dengan penawaran harga yang terjangkau. Ini akan berbanding lurus dengan ilmu yang akan kamu dapatkan. 

Selain itu, tenaga pengajar yang mengajar di lembaga kursus ini juga profesioanl yang sudah bisa dipastikan akan membuat kamu semakin pintar dalam berbahasa inggris. Jangan khawatir, memilih lembaga kursus dari cerah.co ini tentu sudah terkenal dan terjamin kredibilitasnya. Ayo segera daftar dan jadilah salah satu member-nya!


Kata Penutup

Demikianlah beberapa cara dalam belajar english yang lebih efektif dari hanya sekedar belajar manual seperti zaman dulu. Sobat kosngosan bisa mencoba untuk mengaplikasikanya, supaya bisa lancar dan fasih dalam menguasai bahasa internasional ini. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini ya, terimakasih!

Oleh rezaharahap