Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menentukan Domain untuk Bisnis

Bagaimana cara memilih domain yang tepat untuk bisnis mu? Keberadaan identitas untuk branding dinilai sangat penting untuk perkembangan bisnis. Apalagi zaman sekarang, rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal marketplace, online shop dan toko online. Kegiatan bisnis sudah bergeser, dari yang dulunya hanya mengandalkan interaksi langsung, kini cukup bermodalkan internet sudah bisa melakukan transaksi jual beli melalui berbagai platform yang ada.

Apa itu domain? Domain adalah salah satu idenditas yang berguna untuk sebuah website. Ini adalah kode yang diketikkan pada URL bar di browser. Cara memilih domain yang tepat adalah dengan menentukan terlebih dahulu apa brand dari produk kita.

Domain yang bagus adalah yang singkat, jelas, padat dan mudah diingat oleh banyak orang. Tidak mudah memang menentukannya, untuk itu dibutuhkan berbagai preferensi dalam menentukan atau cara memilih domain yang tepat sesuai kebutuhan

Alamat domain disebut juga sebagai alamat website atau URL (Uniform Resource Locator) yang harus dimiliki oleh suatu website supaya memudahkan komputer dalam mengidentifikasi supaya tidak tertukar dengan jaringan yang lainnya.

Adapun cara memilih nama domain untuk bisnis tidak boleh sembarangan, karena menyangkut hak kekayaan intelektual. Jika sembarangan memilih, bisa jadi bisnis mu dituntut dan mengalami permasahan hukum akibat menggunakan brand dari bisnis lain


Tips menentukan domain untuk Bisnis

Trik Menentukan Domain untuk Bisnis

Buat kalian yang ingin membuat website dan ingin memilih domain yang sesuai dengan usaha mu, maka kalian perlu untuk menerapkan beberapa langkah dibawah ini, yaitu sebagai berikut :


Memilih Layanan Penyedia Domain yang Terpercaya

Kamu tentu tidak ingin membeli domain untuk bisnis di tempat yang abal-abal, bukan? Untuk itu, kamu perlu memilih penyedia jasa domain dan hosting yang berkualitas dan sudah terbukti berpengalaman dibidangnya.

Salah satu rekomendasi kami adalah Niagahoster. Disini, kamu bisa mengecek, dan membeli domain untuk durasi 1 tahun.

Jangan khawatir, fitur yang diberikan sangat lengkap, seperti SSL gratis, support service yang memuaskan hingga keamanan yang berlapis. Jadi kamu tidak perlu ragu mempercayakan domain mu di platform ini


Sesuaikan dengan Produk

Memilih domain untuk bisnis tidak bisa seperti memilih domain untuk website pribadi. Sobat kosngosan kurang tepat jika menggunakan domain "rezaharahap.com" untuk bisnis yang menjual parfum atau produk kecantikan misalnya.

Pilihlah suatu istilah, singkatan, gabungan kosakata atau sesuatu yang masih berhubungan dengan produk yang kamu jual. Sehingga hal ini membuat calon konsumen mu memiliki niat untuk mengunjungi website tersebut dan melakukan pembelian lewat toko online


Saran Menggunakan Ekstensi Lokal

Indonesia bangga memiliki ekstensi .id. Buat kamu yang punya bisnis dengan target pasar lokal, alangkah lebih baiknya untuk memilih ekstensi domain .id untuk keperluan bisnis mu.

Karena selain lebih local pride, usaha mu juga akan lebih menampilkan sisi ke-indonesia-an nya. Walau saat ini harga .id lebih mahal dari .com, tapi dari sisi SEO tidak ada perbedaan sama sekali kok.


Harus Orisinal dan Terbebas dari Hak Cipta

Jangan sembarangan memilih domain bisnis yang sudah ada. Misalnya kamu cek domain "coca-cola.id" masih tersedia, dan kamu pilih itu untuk bisnis minumanmu.

Tentu saja itu melanggar hak cipta karena menggunakan brand bisnis pihak lain. Sobat kosngosan harus mampu melindungi merek dagang sendiri.

Karena nama domain tidak boleh sama, sehingga kamu harus mampu melindungi merek melalui nama domain yang akan kamu pilih. Kamu bisa saja kena gugatan dari pihak yang berkepentingan, bila sembarangan memilih nama domain.


Kreatif dan Unik

Memilih domain sama dengan memilih brand bisnis. Harus unik dan kreatif, sehingga mudah dikenali. Salah satu kuncinya kamu harus berfikir lebih kreatif dari biasanya untuk membuat domain bisnis yang berbeda. Beda disini dalam artian mudah untuk dikenali, unik dan memorable (mudah diingat).


Jangan Menggunakan Angka dan Tanda Penghubung

Angka dan tanda penghubung dalam suatu domain bisnis, selain mengurangi nilai SEO di mesin pencari, juga bisa merusak profesionalitas website kamu.

Nama domain yang pakai tanda penghubung seperti "toko-fany.com" atau pakai angka seperti "toko008.id" jelas sangat tidak disarankan karena nilai branding akan berkurang.


Mampu Mendeskripsikan Usaha Secara Keseluruhan

Nama domain akan digunakan untuk pemasaran bisnis. Jadi domain ini harus lah bisa mendeskripsikan atau menggambarkan usaha mu secara keseluruhan.

Apa saja yang menggambarkan bisnis mu, seperti kemewahan, teknologi, pendidikan, bisa dimasukkan. Pertimbangkan juga pemilihan kosakata yang bermakna dan memiliki daya tarik secara massif, ketika ingin membuat nama domain untuk bisnis


Cek Ketersediaan Domain di Media Sosial

Selain domain sebagai alamat website, juga harus sama dengan nama akun sosial media usaha mu juga. Misalnya kamu punya domain kosngosan.com, maka disarankan kamu juga harus punya nama page faceboook kosngosan, akun youtube "kosngosan", akun instagram dan tiktok juga harus "kosngosan" dan bisa menambahkan embel embel "Official" didepannya.

Nah jadi memilih domain juga harus mempertimbangkan ketersediaan nama akun di media sosial, sebagai cara untuk pemasaran yang lebih efektif di masyarakat.

Coba periksa nama domain incaranmu di situs knowem dot com untuk memastikan apakah nama domain masih tersedia di sosial media


Penutup

domain untuk bisnis

Pada akhirnya, memilih domain tidak bisa sembarangan, apalagi untuk kepentingan bisnis mu sendiri. Untuk itu, diperlukan penyedia domain yang berkualitas supaya keamanan dan kenyaman memiliki brand dengan nama situs bisa kamu nikmati.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan Niagahoster untuk mitra pembelian domain mu. Mengapa harus niagahoster? karena platform ini sudah berpengalaman dan memiliki support service yang lengkap serta memuaskan.

Kamu bisa segera membuat akun dan membeli domain bisnis mu setelah membaca artikel ini, ayo kembangkan usaha mu dan go online lah dengan domain mu sendiri!

Oleh rezaharahap