Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Bimbingan Belajar Bahasa Inggris yang Berkualitas

Bagaimana tips memilih tempat bimbingan belajar yang Baik dan benar? Siapa yang sedang mencari tempat bimbel bahasa inggris? Sekarang ini ada cukup banyak penyedia jasa private yang dapat kalian jadikan sebagai tambahan pembelajaran selain pendidikan formal di sekolah. Ada yang menawarkan jasa private offline dan bertemu tatap muka, ada juga kelas online tanpa bertemu atau tatap muka langsung. Tentu saja keduanya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Kita sebagai pengguna yang tentunya tau mana yang sesuai dengan keperluan belajar masing masing. Saat menentukan tempat bimbel bahasa inggris, sebaiknya kalian memperhatikan beberapa faktor atau alasan mengapa menentukan jasa tersebut, supaya kegitan belajar yang kalian idamkan, betul-betul dapat memberi hasil yang optimal.

Salah satu kebutuhan skill saat ini adalah bahasa inggris. Bahasa internasional ini sangat dibutuhkan untuk dunia kerja. Ketika belajar di sekolah saja tidak cukup, maka kamu butuh mencari tempat pembelajaran informal di luar sekolah untuk memperdalam kemampuan mu dalam berbahasa asing ini.


Cara Memilih Jasa Bimbel Bahasa Inggris

tips bimbel bahasa inggris

Baiklah beberapa tips sederhana buat kamu yang ingin memperdalam ilmu english mu selain di sekolah, bisa menerapkannya, sehingga mendapatkan jasa bimbingan belajar yang benar benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mu :


Pilih Jasa Bimbel yang Berkualitas

Saat mencari tempat bimbel, khusus nya program bahasa inggris, harus memilih yang benar benar terbukti kualitasnya.

Karena itu salah satunya hal yang perlu kalian lihat atau coba cari informasi mengenai integritas dan profesionalitas dari jasa private itu, karena hal itu umumnya akan sebanding dengan pelayanan dan kualitas evaluasi yang diberikan.

Untuk mencari tahu apakah tempat les private yang hendak kalian pilih itu berkualitas atau tidak, dapat kalian coba cari informasi atau referensi langsung dari pengguna jasa bimbel tersebut, bila pembahasan atau ulasan dari pengguna awalnya bagus atau positif, maka itu memang bisa jadi benar benar bagus.

Janganlah lupa kalian cari bukti valid bagaimana hasil belajar dari pengguna pada awalnya, apakah sesudah ikut les private itu, nilai pelajaran bahasa inggrisnya bertambah atau justru kebalikannya, bila sesudah ikut les private itu membuat prestasinya bertambah, karena itu les private itu dapat dianggap bagus.


Membandingkan beberapa Jasa Bimbel

Cara selanjutnya yang dapat kalian terapkan saat memilih jasa private bahasa inggris adalah dengan memperbandingkan beberapa penyedia yang serupa, sebab bisa jadi beberapa tempat private memiliki kualitas pelayanan yang baik, biasa saja, dan bahkan lebih buruk dari kompetitornya.

Tetapi kemungkinan salah satunya dari beberapa jasa private itu bisa dinilai sebagai yang terbaik dari tempat private lainnya.

Jadi cukup penting untuk melakukan semacam research atau membandingkan secara head to head buat menentukan mana jasa bimbel yang terbaik buat kamu pilih. Karena tentunya kalian pasti berharap untuk mendapatkan jasa private bahasa inggris yang terbaik, bukan?


Latar Belakang dan Pengalaman Guru Pendidiknya

Meskipun tempat private yang kalian pilih terdengar cukup populer, akan tetapi ada hal yang jangan kalian acuhkan, yaitu dengan mencari tahu mengenai latar belakang guru pendidiknya.

Misalkan saja bagaimana latar belakang pendidikan dan keilmuannya, apakah sesuai dengan apa yang dia ajarkan? Dan bagaimana pengalaman mengajarkannya, apakah guru tersebut punya segudang pengalaman mumpuni dalam mengajar?

Hal ini menjadi salah satu faktor yang cukup penting sebelum memilih tempat les private yang kalian tentukan apakah bagus atau tidak.

Tetapi tidak selamanya guru pendidik yang tidak punya pengalaman atau tidak punya latar belakang pendidik menjadi jelek.

Tapi ini menjadi salah satu faktor yang bisa kita jadikan sebagai patokan untuk memilih mana pengajar yang memiliki kualifikasi dalam mengajarkan materi, terutama yang berkaitan dengan bahasa asing. Lebih baik lagi kalau guru nya berasal langsung dari luar negeri dan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu (digunakan sehari hari)


Memilih sesuai Budget yang Dimiliki

Tentunya kita mengharapkan untuk mendapat les private yang terbaik dan juga sesuai dengan dompet. Tetapi kadang biaya untuk mengikuti les private yang sudah punya nama terkenal, terbilang cukup mahal.

Tapi tentu ini berbanding lurus dengan kualitas yang bagus sehingga keinginan untuk mengikuti les private tidak dapat diwujudkan.

Jadinya untuk menentukan tempat les Private bahasa inggris yang sesuai, maka seharusnya kalian lihat budget yang kalian miliki saat ini, bila memang uang yang kalian punya cukup, maka pilihlah jasa yang middle dan sudah terbukti berkualitas.

Buat apa memilih jasa bimbel yang murah tapi tidak berdampak positif terhadap kemampuan kita? Jadinya ini lebih boros bukan? Boros uang, waktu dan tenaga tentunya.


Sesuaikan Metode Belajar dan Kebutuhan Masing masing

Tentunya kebutuhan belajar kalian akan berbeda beda, tergantung dari style belajar yang kalian miliki. Hal ini termasuk keperluan belajar yang lain. Karena itu sebaiknya saat dalam memilih les private, kalian coba mencari jasa les bimbel yang sesuai dengan metode yang kalian sukai, apalagi ini adalah pelajaran bahasa.

Misalnya saja bila kalian lebih gampang memahami bahasa inggris kalau praktek secara langsung, maka kalian bisa ikut kampung inggris, atau belajarnya langsung bersama guru pendidik secara realtime.

Oleh karena itu seharusnya tentukan tempat les private yang memberikan metode evaluasi pembelajaran secara fleksibel dan efektif, seperti pelajaran online tatap muka secara private, atau metode lainnnya.


Pastikan Jadwal Bimbel Tidak Bentrok dengan Jadwal lain

Tentunya sebagai seorang pelajar yang punya jadwal sekolah, ada beberapa kegiatan yang perlu kalian kerjakan, dimulai dari kegiatan pembelajaran dari sekolah, pekerjaan rumah dan beragam kegiatan ekstrakulikuler yang lain.

Oleh karena itu, penting juga untuk memperhatikan jadwal bimbel supaya tidak bentrok dengan jadwal kegiatan sehari-hari yang biasa kalian lakukan.

Upayakan untuk mengikuti les private pada agenda di mana kalian tidak mempunyai kegiatan penting lain, supaya kalian bisa mengikuti bimbel bahasa inggris lebih fokus dan tidak terganggu dengan kegiatan lain.

Jadi beberapa tips tersebut memang lumayan worth it untuk di aplikasikan buat mencari bimbel yang berkualitas. Dapat kalian coba terapkan ketika ingin memilih jasa les privat


Ikut Bimbel Edukita

Apa itu Edukita? Edukita adalah platform belajar bahasa Inggris secara online yang menggunakan kurikulum berbasis standar internasional yang membuat kamu jadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam pembelajaran

Alasan kami merekomendasikan platform ini untuk membantu kalian dalam belajar bahasa inggris lebih cepat, adalah karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

  • Semua tenaga pengajarnya adalah native speakr, dan tentu saja dengan sertifikasi pengajar internasional yang diakui
  • Kurikulum yang dibuat berdasarkan suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga anak termotivasi untuk belajar
  • Harga jasa bimbel per bulan hanya 300k, ini tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kursus lain yang serupa.
  • Bayangkan dengan harga segitu, kamu sudah mendapat tenaga pengajar internasional dan kompeten dibidangnya
  • Program Belajar Edukita adalah 2 kali kelas utama per minggu dan adanya kelas tambahan (Edukita club) yang dapat diikuti secara tak terbatas (unlimited) tergantung jadwal

Untuk promosi saat ini, kamu pendaftar baru bisa merasakan 1 bulan kelas gratis untuk trial dan membayar setelahnya. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Bimbel Edukita!


Manfaat Bimbel Bahasa Inggris

Beberapa manfaat positif yang bisa kamu rasakan sebagai peserta bimbingan belajar bahasa inggris, antara lain adalah sebagai berikut :


Skill Bahasa Inggris Lebih Optimal

Apabila di sekolah mempelajari satu materi pelajaran bahasa inggris yang diberikan oleh guru kalian, setelah kalian pulang sekolah kalian ikuti les private untuk perdalam pengetahuan akan materi pelajaran tersebut, apakah pengetahuan yang kalian peroleh dapat optimal? Tentu saja iya

Karena apa yang sudah kalian pelajari dan dalami kemudian diulangi kembali dengan metode pembalajaran yang lebih efektif dan efisien, maka ini dapat diibaratkan membuat kalian semakin lebih memahami dengan materi itu, sehingga kegunaan dari mengikuti les pivat seperti Edukita adalah menambah pengetahuan dan skill kalian terhadap bahasa inggris.


Evaluasi Belajar Jadi Lebih Berkualitas

Pastinya ada feel yang berbeda bila kalian belajar dalam kelas bersama teman sekelas kalian dan diajar oleh guru, dengan belajar secara private dan diajar oleh guru kalian secara private.

Belajar dalam kelas cuma diajarkan oleh seorang guru sehingga konsentrasi guru harus dapat dioptimalkan ke semua pelajar yang ada di kelas, hingga jika ada pelajar yang lamban memahami materi, maka pelajaran tersebut tidak akan mendapatkan perhatian lebih dari guru.

Akan tetapi hal ini akan berbeda, bila kalian belajar private, karena itu kalian akan belajar secara lebih personal kepada seorang guru yang punya kompetensi lebih

Sehingga proses belajar dapat terasa menjadi lebih intens, hanya karena kalian seorang diri yang hendak diajar oleh guru tersebut, dan juga kalian tentu saja akan lebih berkonsentrasi untuk memahami apa yang diajarkannya.


Meningkatkan Prestasi Belajar

Bahasa inggris adalah salah satu mata pelajaran yang paling dominan di sekolah. Belajar dari sistem bimbel, tentunya akan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar kalian.

Jadi semakin bertambah saat yang kalian mendistribusikan waktu untuk belajar lewat bimbel, maka kemungkinan prestasi belajar juga akan semakin membaik.


Kata Penutup

Semoga dengan memilih jasa bimbel yang berkualitas dengan menerapkan tips dari kosngosan diatas, bisa menjadikan kemampuan english kalian menjadi lebih baik.

Misalkan dalam satu hari sesudah kalian selesai bimbel, ada kemampuan tambahan setelah mengikuti bimbingan belajar tersebut, dan kemungkinan kalian bisa mengandalkan kemampuan english tersebut untuk kebutuhan kerja nantinya.

Sehingga dapat membuat kemampuan dan kapabilitas kalian makin bertambah. Demikian tulisan mengenai beberapa cara memilih Tempat Les Private yang Baik dan beberapa manfaat untuk mengikuti les private bahasa inggris, mudah-mudahan tulisan ini dapat memberi manfaat untuk kalian semua.

Jangan lupa untuk klik tombol share, dan bagikan artikel ini. Jangan lupa untuk bookmart halaman kami juga ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya