Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menghasilkan Uang dari Quora Terbaru

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Quora? Sebagai penulis atau orang yang suka berdiskusi, tentu saja mendapatkan uang dari apa yang ditulis adalah suatu kebahagiaan tersendiri untuk kita. Salah satu platform yang terkenal untuk dunia diskusi dan tanya jawab adalah Quora. Apa yang dimaksud dengan Quora? Quora adalah platform komunitas online bagi para netizen, yang mirip dengan kaskus atau yahoo grup.

Banyak yang tidak tahu, selain menjadi media untuk bertanya, jawab dan menuangkan ide, ternyata kamu juga bisa menggeruk rupiah alias penghasilan tambahan (passive income) dari Quora lho.

Karena memang yang namanya grup online, tetap menjadi komoditas digital yang bisa diberdayakan untuk ilmu pengetahuan dan juga menambah pengalaman.

Sobat kosngosan bisa membuat akun secara gratis, kemudian mulai aktif ikut pembahasan random di platform ini, atau sekedar membaca cerita yang banyak ditulis disini.

Ada banyak sekali jenis dan tema tulisan di Quora, seperti cerita pendek, cerita bersambung, pertanyaan, share pengalaman dan berbagai konten diskusi lainnya

Sebagai pembaca, sobat bisa memberikan komentar dan vote pada setiap bacaan. Quora bisa diakses di berbagai platform dan perangkat, seperti lewat komputer, smartphone, laptop atau tablet pembacanya.

Walaupun Quora sejatinya adalah forum berbagi ilmu, mungkin kepuasan yang didapat bisa dari jumlah tayangan, dukungan naik, dan mungkin jumlah pengikut.

Tapi aplikasi ini sebenarnya bukan hanya sebagai sumber penambah wawasan, tetapi bisa juga sebagai media penambah uang jajan


Cara Mendapatkan uang di Quora

Cara Mendapatkan uang di Quora

Menjadi aktif dan menulis di Quora bisa membuka banyak peluang untuk dikenal, disukai, diajak bekerjasama dengan teman baru. 

Atau bahkan mungkin juga mendapatkan investor atau orang yang pantas untuk kita beri modal investasi (kalau mereka memang terkesima dengan jawaban atau pengalaman yang kamu share di platform ini). 

Selain itu, kamu juga bisa dapat uang dari paypal dengan cara yang bisa kamu ikuti pada postingan sebelumnya lho

Berikut beberapa peluang usaha yang berkaitan dengan quora, dan musti kamu coba, setidaknya 1 saja dalam hidup mu!


Menjadi Mitra Quora

Memang kalau secara default, platform ini bukanlah dimanfaatkan untuk cara instan mendapatkan dollar. Satu-satunya cara mendapatkan dollar secara langsung dari Quora adalah dengan menjadi mitra mereka. Untuk menjadi mitra, sobat kosngosan harus diundang secara khusus oleh pihak Quora.

Akan tetapi, hingga sekarang tidak ada yang tahu apa saja kriteria seseorang diundang menjadi mitra (karena ini sepenuhnya jadi kewenangan mereka).

Tapi ada juga yang menganggap bahwa akun terpilih menjadi mitra, karena hasil dari mesin algoritma quora itu sendiri

Lalu apa yang bisa kalian lakukan? Yaitu hanyalah aktif di platform ini, seperti menjawab pertanyaan dengan jawaban yang solutif dan berkualitas.

Dapat vote dan respon yang banyak, memberikan kesempatan lebih besar untuk kalian akan beruntung dan diundang untuk join ke program mitra dan menghasilkan dollar dari kegiatan diskusi didalam aplikasi ini.

Ada yang punya pengalaman, beberapa akun mulai mendapatkan undangan menjadi mitra quora setelah dua minggu aktif di aplikasi ini.


Mendapatkan Project dari Diskusi Quora

Mendapatkan project atau pekerjaan dari diskusi yang berlangsung di quora bisa saja terjadi. Misalnya ada beberapa pemilik bisnis yang sedang bertanya bagaimana caranya melakukan ekspor pinang ke australia.

Kemudian kamu punya kenalan orang australia yang memang sedang butuh supplier untuk pinang. Kemudian kamu mencoba untuk menghubungi si petani pinang tersebut.

Disinilah pentingnya pemilihan diskusi pada platform ini. Kamu bisa memilih niche yang sesuai dengan kemampuan dan sesuatu yang kamu kuasai.

Dengan demikian, suatu waktu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan si pemilik bisnis.


Menawarkan Jasa di Komunitas

Kalau sobat kosngosan ahli dalam suatu hal, tapi tidak tahu bagaimana cara memasarkan jasa mu tersebut, kenapa tidak mencoba untuk menjadikan quora sebagai media pemasarannya.

Jasa seperti editing, desain, content creator, programing dan berbagai keahlian yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, bisa kamu tawarkan di forum diskusi seperti quora.

Hanya saja, kamu harus mematahi peraturan dan ketentuan, supaya tidak melakukan spam komentar di platform ini.

Kamu harus menawarkan jasa mu secara natural, sesuai dengan apa yang didiskusikan. Jangan justru memaksakan menawarkan jasa desain pada orang yang bertanya tentang cara berhemat, misalnya.


Menjual Produk Terselubung

Sebenarnya ini hampir sama dengan menjual jasa. Hanya saja produknya bisa berupa barang yang sudah ada brand nya.

Misalnya, kamu melihat ada orang yang bertanya di quora "bagaimana cara berhemat di akhir bulan bagi anak kos?"

Kemudian kamu menawarkan untuk memberikan tips hemat, seperti investasi saham, menabung di reksadana dan deposito bank, dan terakhir kamu bisa menawarkan produk mu

Seperti menjual lisensi software tabungan, atau memberikan kode referel untuk sekuritas bagi mereka yang ingin membuka saldo RDN, dan produk terselubung lainnnya (selama tidak melanggar ketentuan dari quora)


Sebagai Media Share Content

Cara mendapatkan uang dari quora selanjutnya adalah dengan menjadikannya sebagai media share, atau platform yang dimanfaatkan untuk menyebarluaskan link dan brand yang kamu punya

Misalnya kamu punya channel youtube atau alamat blog yang sudah dimonetisasi, kemudian kamu bisa memberikan solusi dan menjawab setiap pertanyaan orang orang di quora, dengan menyertakan link dari video youtube atau postingan website mu.


Mencari Relasi Bisnis

Memperluas relasi atau networking untuk kepentingan usaha bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan forum tanya jawab seperti quora ini. Misalnya kamu sudah jadi kontributor dan punya engagement besar

Kamu bisa dengan mudah untuk mencari rekan bisnis mu. Misalnya cari saja topik yang berhubungan dengan usaha mu, seperti kalau kamu ingin buka usaha restoran padang

Sobat kosngosan bisa lihat topik diskusi tentang orang minang, ajak mereka yang tinggal di sumbar untuk berdiskusi tentang persiapan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha kuliner sumatera barat.


Menjadi Influencer dan Menerima Endorsement

Walaupun quora bukanlah media monetisasi seperti youtube atau blog yang bisa dipasang jaringan iklan seperti google adsense, tapi kamu tetap bisa memanfaatkannya sebagai media memperluas personal branding milikmu.

Misalnya kalau kamu punya pengikut dan menjadi kontributor yang paling dikenal dalam membahas beberapa topik, kamu sudah bisa dibilang sebagai influencer.

Kamu bisa mengajak beberapa perusahaan untuk bekerjasama, nantinya setiap ada pertanyaan yang berhubungan dengan produk yang kamu tangani, kamu sebagai endorser bisa memperkenalkan produk tersebut.

Adapun beberapa peluang usaha lainnya yang masih berhubungan dengan aplikasi quora, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Jasa Mengembalikan Akun Quora yang dihack
  • Jasa Vote dan Like Quora
  • Jasa Merangkum Jawaban-Jawaban di Quora
  • Dan masih banyak lagi cara menghasilkan uang dari quora

Baca juga : Cara Dapat uang dari Snack Video


Kesimpulan

Terakhir, dengan memanfaatkan Quora ini, sobat kosngosan bisa membaca berbagai cerita, artikel dan juga puisi dengan gratis.

Tapi memang yang paling diuntungkan disini adalah penulis, yang membuat cerita baik yang sudah di publikasikan atau belum.

Semoga beberapa ide bisnis diatas, bisa menjadi referensi buat kalian ya. Jangan lupa untuk selalu memperkaya diri dengan membaca, share artikel ini juga ke sosial media kalian ya!

Oleh rezaharahap