Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Struktur Organisasi Rumah Makan dan Restoran

Apa saja contoh struktur organisasi untuk restoran dan rumah makan? Restoran adalah tempat yang menyediakan layanan penyajian makanan dan minuman bagi pelanggan dan biasanya dikelola oleh pemilik serta beberapa pegawai yang bekerja sesuai jabatan dan tanggung jawabnya masing – masing.

Secara garis besar, jenis – jenis restoran atau rumah makan dapat dibagi berdasarkan ukuran dan konsep yang dibawanya. Hal ini terkait juga dengan skala usaha, tempat dan jenis bangunan yang digunakan.

Untuk mencapai tujuan dan menjalankan kegiatan operasional dengan lancar, tentu badan usaha seperti restoran juga butuh struktur organisasi yang tepat, dan sumber daya manusia yang berkualitas dalam berbagai bidang.

Struktur organisasi ini memuat rangkaian hubungan dan jabatan dari posisi yang paling atas hingga staf paling bawah lengkap dengan job desk yang telah ditentukan masing – masing.

Selain itu, dengan adanya struktur organisasi yang tepat ini, pembagian tugas juga dapat berjalan lebih efektif dan tidak terpusat pada satu titik saja.

Nah untuk kamu yang punya usaha di bidang F&B, atau usaha jajanan, struktur organisasi ini dapat membantu kamu untuk memperkirakan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, serta bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengeluarkan budget yang diperlukan dalam merekrut pegawai.


Contoh Struktur Organisasi Usaha bidang Kuliner

Buat sobat kosngosan yang ingin mendirikan suatu usaha di bidang makanan, maka membuat struktur organisasi dalam suatu ruang lingkup usaha menjadi penting

Berikut beberapa contoh struktur organisasi restoran berdasarkan ukurannya :


Contoh Struktur Organisasi Kedai Makanan

Kedai merupakan bentuk dari ukuran restoran yang paling kecil, bahkan sebenarnya juga bisa diklasifikasikan ke dalam restoran kecil.

Berdasarkan sifat bisnisnya yang cukup sederhana, jumlah karyawan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Contoh kedai yang sering kita jumpai seperti kedai kopi, kedai roti, kedai es krim, dan lain sebagainya. Nah, berikut gambaran struktur organisasi beserta penjelasannya :


Contoh Struktur Organisasi Rumah Makan

Owner

Owner atau pemilik merupakan orang yang memiliki modal pendirian dan berhak penuh atas kegiatan operasional yang berjalan pada restoran.

Inilah yang membuat posisi owner berada pada urutan yang paling atas sebab ia memiliki wewenang untuk mengontrol dan mengawasi seluruh kinerja staff dan memberikan arahan.


Manager

Sebagai pemegang jabatan tertinggi selanjutnya setelah owner, manager juga memiliki tugas untuk mengatur seluruh karyawan dan kegiatan operasional selama di restoran.

Manager juga bertanggung jawab untuk memastikan pelayanan telah dilakukan sebaik mungkin kepada pelanggan mulai dari pertama kali pelanggan berkunjung sampai beranjak dari restoran.


Chef

Chef tentu saja memiliki tugas utama untuk mengolah dan memproduksi makanan atau minuman yang nantinya akan disajikan pada pelanggan.

Chef atau juru masak umumnya merupakan sebuah professional yang telah ahli dalam hal pengolahan makanan dan biasanya fokus pada jenis kuliner tertentu.


Pastry

Pastry chef merupakan orang yang ahli dan mengkhususkan dirinya dalam hal pengolahan dan pembuatan kue – kue khas buatan Eropa seperti kue kering, mousse, tart, dan lain sebagainya.

Sobat kosngosan juga harus tahu bahwa profesi ini juga bertugas untuk merencanakan dan mengatur berbagai menu hidangan pastry yang akan dijual.


Baker

Baker atau pembuat roti bertugas untuk melakukan produksi roti, cookies, kue, roti rolls, dan sejenisnya sebagai hidangan yang akan disajikan pada pelanggan.

Seorang baker umumnya adalah orang yang telah berpengalaman dalam bidang bakery dan terbiasa melakukan pengolahan produk.


Cashier

Kasir merupakan pegawai yang bekerja di bagian khusus untuk menerima dan menangani pembayaran dari pelanggan yang telah berkunjung.

Secara umum tugasnya adalah melakukan pemantauan transaksi yang berjalan di restoran saat itu.


Waiter atau Waitres

Waiter atau pramusaji adalah orang yang bertugas untuk melayani semua tamu yang berkunjung dan mengantar pesanan ke meja pelanggan.

Tugas lainnya adalah membersihkkan area restoran sebelum dan sesudah tamu datang.


Barista

Barista adalah posisi khusus yang umumnya bergerak dalam dunia perkopian. Ia bertanggung jawab dalam seluruh proses pembuatan, peracikan, penyiapan, dan penyajian kopi yang dipesan oleh pelanggan.

Barista umumnya banyak ditemukan pada kedai kopi, dan coffee shop. 


Contoh Struktur Organisasi Restoran Kecil

Bentuk organisasi dari restoran kecil juga masih tergolong sederhana. Ruang lingkup aktivitasnya juga masih terbatas karena kegiatan operasional restoran berada di bawah tanggung jawab owner atau manager.

Berikut gambaran struktur organisasinya :


Contoh Struktur Organisasi Restoran

Owner atau Manager

Dalam struktur organisasi restoran kecil, owner atau manager sama – sama memiliki tugas untuk mengawasi dan mengontrol semua karyawan

Tugas lainnya yang harus sobat kosngoꜱan tahu, adalah memastikan kualitas dan pelayanan yang dilakukan kepada pelanggan, menerima laporan keuangan, dan masih banyak lagi.


Administrator

Administrator bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan serta membuat rencana laporan keuangan yang memuat gaji karyawan, biaya bahan baku, dan jenis pengeluaran lainnya.


Cook

Cook memiliki tugas yang sama dengan chef, yakni mengolah, memproduksi, menyajikan, dan membuat inovasi menu yang menarik untuk pelanggan.


Waiter atau Waitres

Pramusaji baik laki – laki maupun perempuan sama – sama bertugas untuk melayani kebutuhan tamu, mengantarkan pesanan ke meja pelanggan, dan menjaga kebersihan lingkungan di area restoran. 


Contoh Struktur Organisasi Restoran Menengah

Dalam struktur organisasi restoran kelas menengah ini, pembagian jabatannya naik sedikit lebih besar ketimbang restoran kecil.

Meski jumlah stafnya masih belum terlalu banyak, namun ada beberapa tambahan staf pembantu yang lebih fokus pada bidang tertentu. Contohnya seperti cleaning staff dan dishwasher.

Berikut gambaran organisasinya :


Contoh Struktur Organisasi Rumah Makan dan Restoran

Executive Chef

Executive chef atau kepala koki merupakan gelar tertinggi untuk juru masak di dapur restoran.

Profesi ini juga bertanggung jawab untuk mengawasi semua aktivitas dapur, bermain dengan bahan makanan, melakukan kreasi menu spesial serta rasa – rasa baru.


Sous-Chef

Sous chef merupakan istilah wakil atau tangan kanan dari peran executive chef dan akan menggantikannya apabila sewaktu – waktu kepala koki sedang tidak hadir di tempat.

Sebagai asisten atau wakil, ia bertanggung jawab dalam penyusunan jadwal kepala koki.


Dishwasher

Tugas utama seorang dishwasher adalah mencuci piring, gelas, sendok, dan peralatan makan lainnya serta memastikan dapur selalu dalam keadaan bersih, rapi dan higienis.


Headwaiter

Headwaiter memiliki tugas untuk menghandle kegiatan operasional dan pelayanan yang berjalan selama di restoran.

Tugas spesifik lainnya seperti mengawasi kelancaran situasi, membantu waiter melayani pelanggan saat restoran sedang ramai, menangani keluhan tamu, dan masih banyak lagi.


Cleaning Staff

Cleaning staff fokus pada bidang kebersihan, kerapian, dan higienisasi di seluruh area restoran agar tamu dan pelanggan senantiasa nyaman selama berada disana. 


Contoh Struktur Organisasi Restoran Besar

Jenis restoran yang satu ini memiliki struktur organisasi yang jauh lebih kompleks, dan pelayanan serta fasilitas yang lebih lengkap.

Jumlah karyawan pun cukup banyak dan terbagi dalam divisi pada bidangnya masing – masing. Berikut gambaran struktur organisasi pada restoran besar :


Contoh Struktur Organisasi Rumah Makan

Owner

Owner dalam struktur organisasi restoran besar merupakan jabatan tertinggi yang memegang seluruh kendali dan mengawasi kegiatan operasional di bawahnya.

Tugas owner umumnya akan banyak dibantu oleh manager yang juga menghandle dan mengatur kegiatan pelayanan baik dari karyawan, makanan, dan kepuasan pelanggan seperti sobat kosnɡosan ketika membeli suatu menu di restoran


Hostess

Hostess merupakan penyambut tamu yang datang berkunjung dan masuk ke dalam restoran

Profesi ini juga harus senantiasa ramah, mengucapkan selamat datang, serta mempersilahkan tamu untuk memilih meja dan menu yang mereka inginkan.


Kitchen Manager

Kitchen manager bertanggung jawab penuh dalam keseluruhan operasional dan aktivitas yang ada di dapur.

Profesi ini juga berhak atas pembagian tugas, penerimaan staff baru, pembelian bahan baku, dan melakukan pelatihan keterampilan pada karyawan.


Pantry Chef

Pantry chef adalah bagian yang menangani proses penyimpanan dan penyiapan bahan baku atau makanan beku seperti salad, sosis, sayur, dan daging yang telah disimpan pada ruang penyimpanan atau lemari beku.


Roast Chef

Roast chef bertugas untuk mengolah sajian barbekyu atau hidangan sejenisnya yang diolah dengan cara dikukus, (biasanya berbahan utama daging).


Sommelier

Sommelier adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam bidang wine atau minuman sejenisnya yang mengandung alkohol.

Orang dalam bidang ini umumnya telah professional, terlatih dan memiliki banyak pengetahuan yang luas mengenai jenis dan cita rasa anggur.


Head Security

Disebut juga sebagai kepala keamanan, head security bertugas dan memiliki tanggung jawab dalam keamanan aset serta memastikan terlaksananya ketertiban di seluruh area restoran.


Security Staff

Security atau satpam adalah satuan pengamanan yang bertugas untuk menjaga dan mengamankan lingkungan restoran dari tindak kejahatan, ketidaktertiban yang mungkin terjadi, dan kerusakan lainnya.


Contoh Struktur Organisasi Restoran Cepat Saji

Struktur organisasi pada restoran cepat saji umumnya sangat jauh berbeda dengan struktur organisasi restoran yang lain sebab restoran jenis fast food ini lebih fokus paada efisiensi dan kecepatan operasional. '

Setiap posisi memiliki tugas dan tanggung jawab masing – masing untuk memaksimalkan pelayanan. Berikut gambaran struktur organisasinya :


Contoh Struktur Organisasi Rumah Makan dan Restoran

Human Resources

Human resources (HR) merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan penerimaan sumber daya manusia dari suatu perusahaan.

Biasanya bagian HR ini menangani dan mengatur masalah perekrutan karyawan baru dalam restoran.


Head Cook

Head cook hampir sama dengan jabatan executive chef atau kepala koki. Ia bertanggung jawab dalam pengawasan, pengolahan, dan memastikan kualitas makanan yang dihasilkan selalu baik dan higienis.


Drive-thru Cashier

Kasir drive thru menangani masalah pembayaran layanan drive thru atau layanan pesan antar yang dibawa pulang oleh pelanggan.


FOH Cleaning

Front-Of-the-House cleaning atau staff kebersihan mengatur dan bertugas membersihkan setiap meja pelanggan yang pergi agar kembali bersih seperti semula.


BOH Cleaning

Posisi ini bertugas hampir sama dengan karyawan FOH cleaning hanya saja BOH ini bertempat di wilayah dapur. Ia bertanggung jawab dalam hal kebersihan dan kehigienisan seluruh aktivitas yang berjalan di area dapur.

Baca juga : Peluang Usaha Makanan Ringan


Kata Penutup

Setelah membahas bagaimana pentingnya membuat struktur organisasi dari kosngosan diatas, baik itu perusahaan besar atau perusahaan kecil, tentunya harus memiliki struktur organisasi dengan jelas.

Karena nantinya rumah makan atau restoran akan memiliki kemudahan dalam identifikasi tugas dan tanggung jawabnya masing masing

Karena struktur organisasi adalah dasar dari sebuah usaha. Semoga membantu, jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini ya!

Oleh rezaharahap