Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Karya 1 2 3 Dimensi dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa contoh karya seni 1 dimensi, 2 dimensi dan 3 dimensi? Dimensi adalah konsep yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama berhubungan dengan bentuk karya seni. Rangka utama suatu karya adalah dimensi. Adapun karya berdasarkan dimensi dapat dikategorikan menjadi karya satu sampai tiga dimensi.

Ada banyak manfaat karya seni apabila ditinjau dari aspek dimensinya. Seringkali kita menikmati karya, namun tidak mengetahui manfaat yang didapat dari karya dimensi tersebut. Oleh karena itu, simak ulasan dari kosngosan berikut ini mengenai manfaat apa saja yang diperoleh dari menghasilkan atau melihat karya dimensi.


Kemampuan kognitif meningkat :Keterampilan dalam seni dimensi menyebabkan adanya peningkatan kognitif, terutama dalam segi ingatan. Jadi, mendalami seni juga mengasah kemampuan kognitif, seni juga memberikan kejernihan pada pikiran, sehingga meningkatkan ingatan.

Mengurangi depresi dan stres :Manfaat lain dari karya dimensi juga mengurangi tekanan dan depresi. Seiring dengan bertambahnya usia, stres dan depresi tak dapat dipungkiri akan dialami oleh semua orang. Karya dimensi dapat menjadi salah 1 alternatif dalam mengatasi stres dan depresi. Keindahan pada seni menyebabkan pikiran menjadi rileks dan akhirnya mengurangi stres dan terhindar dari depresi.

Menghasilkan Imajinasi tak terbatas :Dengan mempelajari karya dimensi, imajinasi akan semakin tinggi dan kreativitas semakin terasah. Orang yang memiliki jiwa seni memiliki pandangan berbeda terhadap sekelilingnya. Kepedulian terhadap lingkungan bisa menjadi inspirasi yang kebanyakan tak terpikirkan oleh orang lain.

Kepercayaan diri meningkat :Karya dimensi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pembuatnya. Ada rasa puas dan bangga ketika seseorang menghasilkan karya dimensi. Hasil akhir yang indah dan mengagumkan tentu menjadi tujuan akhir.

Meningkatkan ketajaman mata :Selain meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, karya dimensi juga meningkatkan ketajaman mata. Warna ukuran, jarak, perbedaan warna, dan corak melatih mata untuk fokus pada perbedaan. Hal ini menyebabkan ketajaman mata meningkat.


Contoh Karya 1 Dimensi

Contoh Karya Dimensi

Berdasarkan dimensinya, karya dapat dibedakan menjadi 3 katagori berdasarkan ukuran dan ruangnya. Berikut adalah ulasan singkat dari jenis karya 1 dimensi dari kelompok yang sudah kosngosan rangkum :

Seperti namanya, karya 1 dimensi hanya tersusun oleh 1 bidang saja, yaitu panjang. Namun meskipun hanya tersusun dari panjang, karya ini berperan penting dalam sehari-hari banyak digunakan. Contohnya antara lain :


Garis

Karya seni ini mudah dibentuk baik bentuk belokan atau hanya garis saja. Contoh paling umum untuk karya ini adalah garis.

Garis merupakan dasar terpenting yang digunakan untuk membentuk dimensi yang lebih kompleks, seperti 2 dimensi dan 3 dimensi.


Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni menulis dan menggambar huruf arab dengan indah dan seringkali diterapkan pada permukaan datar seperti kertas atau kanvas. Kaligrafi adalah salah satu contoh karya 1 dimensi yang memiliki keindahan estitik


Tato

Siapa yang tidak kenal dengan tato? Ini adalah karya seni yang diterapkan pada permukaan kulit seseorang dan memiliki dimensi panjang dan lebar. Sebenarnya tato bisa juga dikategorikan sebagai seni 2 dimensi, tapi bisa juga 1 dimensi, jika tatonya hanya berbentuk garis saja


Motif Batik

Batik merupakan budaya khas Indonesia. Membatik adalah teknik seni tradisional yang memanfaatkan pewarna dan lilin untuk menciptakan pola pada kain. Motif batik adalah contoh seni satu dimensi yang tidak punya aspek panjang dan lebar.


Marka Jalan

Adapun Contoh karya 1 dimensi yang sering digunakan adalah gambar penanda jalan yang khusus. Garis pada aspal memiliki makna tertentu yang memudahkan pengendara memahami cara berkendara yang baik.

Selain itu pada sisi jalan juga biasanya terdapat garis putih dengan makna tertentu juga. Pada plang penanda, karya 1 dimensi juga digunakan pada gambar belok kiri dan kanan, berbelok, lurus, dan sebagainya.


Mozaik

Mosaik bisa dianggap sebagai karya seni satu dimensi jika hanya terdiri dari lapisan permukaan yang datar dan tidak memiliki elemen tiga dimensi lainnya.


Contoh Karya 2 Dimensi

Contoh Karya 2 Dimensi


Berbeda dengan karya satu dimensi, karya 2 dimensi tidak hanya tersusun dari panjang, namun tersusun juga oleh lebar.

Karya dimensi ini lebih berbentuk dan dapat diekspresikan dengan berbagai bentuk, seperti segi tiga, lingkaran, atau bentuk lainnya. Karya ini dapat dibuat pada kain, lontar, kanvas, dinding, atau bahan lainnya.

Karya 2 dimensi banyak digunakan sebagai hiasan pada dinding atau pada pakaian. Bentuk yang beragam dapat dikombinasikan dengan berbagai warna yang indah.


Kain Batik

Karya 2 dimensi dapat kamu lihat pada seni batik. Batik merupakan seni tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Cating digunakan sebagai alat untuk melukis di permukaan kain. Kain batik bisa dijadikan sebagai baju, celana, alas, dan kebutuhan lainnya


Fotografi

Foto adalah karya seni yang banyak diciptakan saat ini. Dengan menggunakan kamera smartphone, kita bisa menghasilkan foto.

Ilmu yang melibatkan pengambilan gambar dua dimensi dari dunia nyata dengan menggunakan kamera inilah yang disebut dengan Fotografi. Karya seni ini menghasilkan gambar yang memiliki dimensi panjang dan lebar.


Iilustrasi

Adapun seni ilustrasi fokus pada gambar sebagai penjelas dari suatu naskah. Pembuatan gambar atau desain yang digunakan untuk menggambarkan, mengilustrasikan, atau menghiasi teks, cerita, buku, majalah, poster, iklan, dan media lainnya


Lukisan

Karya lukis lebih condong pada penggunaan cat, bentuk gambar yang dihasilkan bisa bersifat abstrak atau gambar tertentu. Kita sering melihat lukisan dipajang di dinding rumah, kantor, dsb. Lukisan dibuat oleh seniman dari berbagai aliran.


Kertas cetak

Terakhir untuk karya grafis lebih menekankan pembuatan gambar dengan menggunakan alat pencetak. Canggihnya teknologi juga menyebabkan sobat kosngosan bisa menikmati penggunaan karya dimensi pada poster, pamflet, foto, atau pada komputer di Microsoft power point, photoshop, coral draw dan sebagainya.


Poster

Sebenarnya tidak hanya Poster saja, ada banner, spanduk, brosur, selebaran, dll. Beberapa karya ini dicetak pada kertas dan bentuk seni dua dimensi yang digunakan untuk tujuan promosi, seperti promosi pengadaan konser, poster film, atau poster pameran seni.


Contoh Karya 3 Dimensi

Contoh Karya 3 Dimensi

Karya 3 dimensi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pembuatan seni. Karya 3 dimensi memiliki ciri khusus yang berbeda dari karya satu dimensi maupun dua dimensi.

Karya 3 dimensi memiliki bagian panjang, lebar, serta tinggi. Hal ini menyebabkan karya 3 dimensi memiliki ruang dan sudut pandang yang lebih luas.

Keindahan karya ini dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang, sehingga banyak karya seni berbentuk 3 dimensi. Berdasarkan bentuknya, karya 3 dimensi dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, yaitu, kubistis, silindris, dan bebas. Adapun contoh umum dari karya tiga dimensi adalah :


Keramik

Ada banyak seni rupa keramik, seperti Vas, Pot, dan Guci. Adapun arsitektur dari keramik sering digunakan untuk penggunaan umum seperti perabotan pada isi ruangan bangunan. silindris berbentuk bulat lonjong agak menyerupai tabung, contohnya guci.


Patung

Selanjutnya ada karya patung yang dapat dibentuk dari bahan tanah, kayu, atau logam. Patung biasanya dikelompokkan menjadi 2 yaitu Patung berdiri sendiri (zoned bosse) dan menempel di dinding (relief) berdasarkan teknik pembuatannya.


Kriya

Kriya lebih banyak digunakan pada bagian dekorasi. Kriya dapat dibuat dari berbagai bahan diantaranya tekstil, keramik, kulit, batu, logam, atau kayu. Untuk produk jadi kriya dapat dilihat pada boneka, batik, tenun atau lainnya.


Arsitektur

Seni arsitektur berhubungan dengan fisik bangunan dan struktur fisik seperti gedung, jembatan, rumah, atau monumen. Produk dari arsitektur ini adalah contoh seni tiga dimensi.

Seorang arsitek bisa menciptakan ruang tiga dimensi dengan menggunakan berbagai elemen seperti bentuk, struktur, dan fungsi, baik menggunakan software atau manual.


Kerajinan Tangan

Ada berbagai kerajinan tangan yang semuanya masuk dalam kategori seni 3 dimensi, yaitu memiliki ruang. Seperti ukiran kayu, gelang dari manik-manik, kalung dari kerang, anyaman dari bambu, dan banyak lagi dalam menciptakan bentuk tiga dimensi dalam bahan mentah.



Contoh Aplikasi Karya Dimensi

Sarana belajar

Karya dimensi telah merambah ke bidang pendidikan. Bentuk tiruan memudahkan para pendidik menyampaikan materi belajar secara baik menggunakan alat bantu atau model belajar yang baik.

Misalnya tiruan rangka manusia di bidang Biologi, tiruan atom pada Kimia, tiruan susunan tata surya pada Fisika, dan lain sebagainya.


Penghias

Hiasan merupakan hal yang penting di dalam rumah atau perkantoran. Hiasan bisa membawa kenyamanan dan keindahan bagi bangunan.

Karya dimensi dapat digunakan sebagai hiasan yang cocok bagi bangunan. Hiasan yang umum digunakan adalah lukisan, patung, atau hiasan lainnya.


Keagamaan

Aplikasi karya dimensi juga dapat dilakukan pada acara keagamaan, seperti pura atau gereja. Tak jarang karya dimensi juga digunakan untuk memperindah bangunan-bangunan keagamaan.


Penanda

Tugu maupun prasasti dapat digunakan sebagai penanda yang usianya dapat bertahan lama. Penanda ini biasanya berisi gambar atau kata-kata yang tertulis secara ringkas.

Adapun contohnya adalah monumen bersejarah seperti Monumen Pancasila atau Tugu peringatan berdirinya gedung atau bangunan, gambar penanda jalan berupa garis belok atau lurus.


Rekreasi

Menghilangkan stres dengan melakukan rekreasi banyak dilakukan oleh masyarakat. Di tempat-tempat rekreasi juga banyak contoh-contoh karya dimensi yang diperlihatkan, misalnya candi, pameran, galeri, atau sebagainya.


Kata Penutup

Demikian ulasan mengenai berbagai contoh karya dimensi baik itu 1, 2 dan 3 dimensi. Diharapkan artikel dari kosngosan ini dapat menambah wawasan

Untuk memahami mengenai berbagai karya dimensi dan aplikasinya dalam kehidupan. Terakhir jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya