Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Karya 1 Dimensi, 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Apa saja contoh karya seni untuk 1 dimensi, 2 dimensi dan 3 dimensi? Dimensi adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama dalam bentuk karya seni.

Rangka utama suatu karya adalah dimensi. Adapun karya berdasarkan dimensi dapat dikategorikan menjadi karya 1 dimensi, 2 dimensi, dan 3 dimensi.

Apa saja Manfaat Karya seni bila ditinjau dari aspek Dimensinya? Seringkali kita menikmati karya, namun tak mengetahui manfaat mendalam dari karya dimensi.

Oleh karena itu, simak ulasan dari kosngosan berikut ini mengenai manfaat apa saja yang diperoleh dari menghasilkan atau melihat karya dimensi.


1. Kemampuan kognitif meningkat

Keterampilan dalam seni dimensi menyebabkan adanya peningkatan kognitif, terutama dalam segi ingatan. Jadi, mendalami seni juga mengasah kemampuan kognitif, seni juga memberikan kejernihan pada pikiran, sehingga meningkatkan ingatan.


2. Kurangi depresi dan stres

Manfaat lain dari karya dimensi juga mengurangi tekanan dan depresi. Seiring dengan bertambahnya usia, stres dan depresi tak dapat dipungkiri akan dialami oleh semua orang. Karya dimensi dapat menjadi salah 1 alternatif dalam mengatasi stres dan depresi.

Keindahan pada seni menyebabkan pikiran menjadi rileks dan akhirnya mengurangi stres dan terhindar dari depresi.


3. Imajinasi tak terbatas

Dengan mempelajari karya dimensi, imajinasi akan semakin tinggi dan kreativitas semakin terasah. Orang yang memiliki jiwa seni memiliki pandangan berbeda terhadap sekelilingnya. Kepedulian terhadap lingkungan bisa menjadi inspirasi yang kebanyakan tak terpikirkan oleh orang lain.


4. Kepercayaan diri meningkat

Karya dimensi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pembuatnya. Ada rasa puas dan bangga ketika seseorang menghasilkan karya dimensi. Hasil akhir yang indah dan mengagumkan tentu menjadi tujuan akhir.


5. Meningkatkan ketajaman mata

Selain meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, karya dimensi juga meningkatkan ketajaman mata. Warna ukuran, jarak, perbedaan warna, dan corak melatih mata untuk fokus pada perbedaan. Hal ini menyebabkan ketajaman mata meningkat.


Contoh Karya Dimensi

Contoh Karya Dimensi

Berdasarkan dimensinya, karya dapat dibedakan menjadi 3 katagori berdasarkan ukuran dan ruangnya. Katagori karya berdasarkan dimensi yaitu karya 1 dimensi, 2 dimensi, dan terakhir 3 dimensi.

Berikut adalah ulasan singkat dari masing-masing kelompok yang sudah kosngosan rangkum :


Contoh Karya 1 Dimensi

Seperti namanya, karya 1 dimensi hanya tersusun oleh 1 bidang saja, yaitu panjang. Namun meskipun hanya tersusun dari panjang, karya ini berperan penting dalam sehari-hari banyak digunakan.

Karya ini mudah dibentuk baik bentuk belokan atau hanya garis saja. Contoh paling umum untuk karya ini adalah garis.

Garis merupakan dasar terpenting yang digunakan untuk membentuk dimensi yang lebih kompleks, seperti 2 dimensi dan 3 dimensi.

Adapun Contoh karya 1 dimensi yang sering digunakan adalah gambar penanda jalan yang khusus. Garis pada aspal memiliki makna tertentu yang memudahkan pengendara memahami cara berkendara yang baik.

Selain itu pada sisi jalan juga biasanya terdapat garis putih dengan makna tertentu juga. Pada plang penanda, karya 1 dimensi juga digunakan pada gambar belok kiri dan kanan, berbelok, lurus, dan sebagainya.


Contoh Karya 2 Dimensi

Berbeda dengan karya 1 dimensi, karya 2 dimensi tidak hanya tersusun dari panjang, namun tersusun juga oleh lebar.

Karya dimensi ini lebih berbentuk dan dapat diekspresikan dengan berbagai bentuk, seperti segi3, lingkaran, atau bentuk lainnya. Karya ini dapat dibuat pada kain, lontar, kanvas, dinding, atau bahan lainnya.

Karya 2 dimensi banyak digunakan sebagai hiasan pada dinding atau pada pakaian. Bentuk yang beragam dapat dikombinasikan dengan berbagai warna yang indah.

Karya 2 dimensi dapat Kamu lihat pada seni batik, ilustrasi, lukis, atau grafis. Batik merupakan seni tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Cating digunakan sebagai alat untuk melukis di permukaan kain.

Adapun seni ilustrasi fokus pada gambar sebagai penjelas dari suatu naskah. Karya lukis lebih condong pada penggunaan cat, bentuk gambar yang dihasilkan bisa bersifat abstrak atau gambar tertentu.

Terakhir untuk karya grafis lebih menekankan pembuatan gambar dengan menggunakan alat pencetak. Canggihnya teknologi juga menyebabkan sobat kosngosan bisa menikmati penggunaan karya dimensi pada poster, pamflet, foto, atau pada komputer di Microsoft power point, photoshop, coral draw dan sebagainya.


Contoh Karya 3 Dimensi

Karya 3 dimensi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pembuatan seni. Karya 3 dimensi memiliki ciri khusus yang berbeda dari karya 1 dimensi maupun 2 dimensi.

Karya 3 dimensi memiliki bagian panjang, lebar, serta tinggi. Hal ini menyebabkan karya 3 dimensi memiliki ruang dan sudut pandang yang lebih luas.

Keindahan karya 3 dimensi dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang, sehingga banyak karya seni berbentuk 3 dimensi. Adapun contoh umum dari karya 3 dimensi adalah vas, patung, guci, atau benda bervolume lainnya.

Berdasarkan bentuknya, karya 3 dimensi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu, kubistis, silindris, dan bebas. Karya kubistis adalah karya seni yang berbentuk kotak, seperti pot, keramik, atau lainnya.

Adapun silindris berbentuk bulat lonjong agak menyerupai tabung, contohnya guci. Sedangkan karya bebas adalah bentuk yang menentu, seperti karya berupa pohon.

Ada banyak contoh karya 3 dimensi di keseharian, seperti kriya, patung, arsitektur, dan keramik. Kriya lebih banyak digunakan pada bagian dekorasi. Kriya dapat dibuat dari berbagai bahan diantaranya tekstil, keramik, kulit, batu, logam, atau kayu. Untuk produk jadi kriya dapat dilihat pada boneka, batik, tenun atau lainnya.

Selanjutnya ada karya patung yang dapat dibentuk dari bahan tanah, kayu, atau logam. Patung biasanya dikelompokkan menjadi 2 yaitu Patung berdiri sendiri (zoned bosse) dan menempel di dinding (relief) berdasarkan teknik pembuatannya.

Adapun arsitektur dan keramik sering digunakan untuk penggunaan umum seperti perabotan dan bangunan.


Contoh Aplikasi Karya Dimensi

1. Sarana belajar

Karya dimensi telah merambah ke bidang pendidikan. Bentuk tiruan memudahkan para pendidik menyampaikan materi belajar secara baik menggunakan alat bantu atau model belajar yang baik.

Misalnya tiruan rangka manusia di bidang Biologi, tiruan atom pada Kimia, tiruan susunan tata surya pada Fisika, dan lain sebagainya.


2. Penghias

Hiasan merupakan hal yang penting di dalam rumah atau perkantoran. Hiasan bisa membawa kenyamanan dan keindahan bagi bangunan.

Karya dimensi dapat digunakan sebagai hiasan yang cocok bagi bangunan. Hiasan yang umum digunakan adalah lukisan, patung, atau hiasan lainnya.


3. Keagamaan

Aplikasi karya dimensi juga dapat dilakukan pada acara keagamaan, seperti pura atau gereja. Tak jarang karya dimensi juga digunakan untuk memperindah bangunan-bangunan keagamaan.


4. Penanda

Tugu maupun prasasti dapat digunakan sebagai penanda yang usianya dapat bertahan lama. Penanda ini biasanya berisi gambar atau kata-kata yang tertulis secara ringkas.

Adapun contohnya adalah monumen bersejarah seperti Monumen Pancasila atau Tugu peringatan berdirinya gedung atau bangunan, gambar penanda jalan berupa garis belok atau lurus.


5. Rekreasi

Menghilangkan stres dengan melakukan rekreasi banyak dilakukan oleh masyarakat. Di tempat-tempat rekreasi juga banyak contoh-contoh karya dimensi yang diperlihatkan, misalnya candi, pameran, galeri, atau sebagainya.

Baca juga : Peluang Bisnis Bidang Metaverse


Kata Penutup

Demikian ulasan mengenai berbagai contoh karya dimensi baik itu 1, 2 dan 3 dimensi. Diharapkan artikel dari kosngosan ini dapat menambah wawasan

Untuk memahami mengenai berbagai karya dimensi dan aplikasinya dalam kehidupan. Terakhir jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya!

Oleh rezaharahap