Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Essay Deskripsi Diri Bidang Pekerjaan dan Kehidupan Bermasyarakat

Apakah kamu sedang mencari contoh deskripsi diri kedalam sebuah essay yang menggambarkan dalam bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat? Buat kalian yang ingin mendaftar PPPK (P3K), CPNS atau melamar kerja di perusahaan, terkadang syarat ini diperlukan untuk rekrutmen

Buat yang bingung hendak menulis seperti apa, jangan khawatir. Karena kali ini kosngosan akan memberikan beberapa referensinya untuk kalian.

Yang namanya deskripsi diri sendiri di bidang pekerjaan dan lingkungan masyarakat bisa dijabarkan dengan mudah sesuai kondisi kalian masing masing

Hanya saja, sebagian dari kita tidak mungkin tidak bisa menulis secara runtut dan sesuai dengan kaidah EYD. Apa yang dimaksud dengan essay deskripsi diri?

Essay deskripsi diri adalah tulisan singkat seputar profil pribadi kita, bisa latar belakang pendidikan, pengalaman pekerjaan, status, jabatan, profesi hingga tujuan karir mu di masa depan.


Contoh Essay Deskripsi Diri Bidang Pekerjaan

Contoh Essay Deskripsi Diri Bidang Pekerjaan

Penulisan essay atau tulisan singkat seputar bidang pekerjaan mu saat ini bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Tapi kamu perlu memperhatikan berbagai aspek supaya tulisan mu bisa mudah dipahami dan terlihat profesional, berikut contohnya :


Contoh Essay Konsultan

Saya Harahap, seorang spesialis SEO lulusan sarjana Teknik Informasi UNRI. Sebelumnya saya memiliki pendidikan SMK jurusan multimedia, dan dari dulu memang tertarik dengan dunia internet.

Saat ini saya bekerja sebagai SEO Consultant bagi beberapa website perusahaan besar di tanah air (beritahu posisi, jabatan dan pekerjaan mu saat ini.

Saya juga terlibat aktif di beberapa layanan charity untuk kemanusiaan ditengah tengah kesibukan saya sebagai karyawan (berikan contoh kegiatan lain diluar pekerjaan saat ini, kalau ada )

Tujuan besar saya ke depannya adalah mendirikan startup yang berfokus untuk membantu klien dalam menangani SEO dan SEM yang semakin dibutuhkan untuk kompetensi bisnis online saat ini. (beritahu visi misi mu ke depannya seperti apa)

Baca juga : Cara Mengatasi Formasi untuk Pelamar Umum tidak Tersedia di Instansi Ini


Contoh Essay Guru P3K

Nama saya Ermila Harahap S.Pd, Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Ibn Khaldun Bogor. (beritahu latar belakang pendidikan terakhirmu)

Saya memiliki pengalaman dalam mengajar di SMK Kampus Padangsidimpuan selama beberapa tahun, dan Saat ini saya sedang mengajar sebagai guru honorer di SMK Swasta Abdi Negara Padang Sidempuan sebagai guru bahasa inggris di kelas IX (ceritakan pengalaman kerja mu selama ini yang berkaitan dengan mengajar di sekolah)

Saat ini saya juga terlibat aktif di organisasi PGRI daerah dan senang melakukan kegiatan positif bersama rekan rekan lainnya seperti jumat berkah, santunan anak yatim dan kegiatan sosial lainnya (beritahu juga kegiatan sosial yang pernah kamu lakukan)

Kedepannya saya berharap bisa diterima sebagai tenaga kontrak PPPK, supaya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan bisa meningkatkan kapasitas diri saya sebagai seorang guru bahasa inggris (kasih tahu seperti apa harapan mu bila keterima P3K kali ini)


Contoh Essay Fresh Graduate

Nama saya Mutiah, seorang lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia. Saya punya pengalaman magang di salah satu digital perusahaan startup di Bandung selama setahun.

Saat ini saya bekerja sebagai freelance designer graphic dan mengerjakan beberapa project skala kecil untuk UMKM.

Saya adalah orang yang bertanggung jawab, profesional, kompeten dan dapat diandalkan untuk bekerja secara Tim dan Individu. 

Saya berharap kedepannya dapat diterima bekerja di perusahaan ini, untuk semakin berkembang dan bertumbuh bersama PT. Kosngosan.


Contoh Essay Guru PPPK

Saya Nira Sulistya, Seorang tenaga pengajar yang sudah bekerja di SMA Negeri 7 Padang Sidempuan lebih dari 10 tahun.

Selama mengajar, saya selalu menggunakan hati dan empati untuk memberikan ilmu baru kepada anak didik saya.

Mengajar dan mendirik murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan mereka.

Saya berharap bisa diterima sebagai tenaga kontrak PPPK supaya bisa memberikan kejelasan dalam status saja sebagai guru dan meningkatkan kesejahteraan keluarga saya.


Contoh Deskripsi Guru PPPK

Nama saya Rizky Billar, seorang tenaga pendidik yang mengajar di SMK Swasta Kosngosan.

Saya lahir di Pekanbaru, 11 Maret 1992 dan saat ini sedang mengajar di SMK tersebut selama tujuh tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk bisa bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar anak didik.

Hal itu saya buktikan dengan kemampuan saya untuk dekat dengan anak-anak didik. Dalam mengajar pun, saya akan berusaha untuk mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan, menarik dan juga mudah dipahami berdasarkan dengan karakteristik anak didik.

Saya melakukannya dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di yayasan sekolah, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan institusi.

Essay Deskripsi Diri Bidang Pekerjaan


Contoh Essay Deskripsi Diri Kehidupan Bermasyarakat

Untuk penulisan essay deskripsi diri seputar kehidupan bermasyarakat, kamu bisa menghubungkannya dengan berbagai kegiatan sosial, charity dan berbagai prestasi yang kamu sudah dapatkan yang berkaitan dengan kemanusiaan. Berikut contohnya :


Contoh 1

Saya senang mengajar dan juga aktif di kegiatan bermasyarakat di lingkungan tempat saya tinggal. Sebagai seorang ibu, saya juga memberikan pengajaran kepada ketiga anak saya untuk bisa menjadi generasi terbaik di tengah masyarakat.


Contoh 2

Saya adalah seorang guru yang mengajar di salah satu SD Swasta di kota saya tinggal saat ini. Saya banyak berkolaborasi dengan anggota masyarakat lain untuk memajukan sekolah swasta ini menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami ciptakan adalah dalam pembelajaran di alam dengan menyediakan media pembelajaran lingkungan sekitar.

Tujuannya supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di dalam kelas saja.

Kami juga mendapatkan donatur dari pejabat setempat untuk biaya operasional dan gaji pengajar disini. Siswa yang kami terima juga kebanyakan berasal dari keluarga dengan kelas ekonomi menengah kebawah.

Selain aktif mengajar, saya juga menjadi tenaga pendamping desa dan ikut aktif dalam berbagai program desa yang bermanfaat.


Disclaimer:

Contoh Essay tentang deskripsi diri di atas hanyalah contoh. Masing-masing pelamar bisa menuliskan essay-nya sesuai dengan kehidupan nyata dan keseharian kalian, jadi jangan terpaku seperti format diatas. Sesuaikan saja dengan keperluan kalian masing masing ya!

Baca juga : Contoh Soal dan Jawaban PPPK (P3K)


Kata Penutup

Setelah membaca beberapa contoh deskripsi diri di bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat dari kosngosan diatas.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi saat membuat deskripsi diri dalam setiap rekrutmen lamaran kerja yang kamu ambil.

Cobalah untuk membuat deskripsi yang singkat, padat, dan jelas tapi tetap memperhatikan tips dan contoh dari kami diatas ya.

Dengan begitu, nanti essay yang kamu buat akan semakin menarik dan dilirik pihak perekrut. Jangan lupa share dan bookmart halaman ini, sampai jumpa di lain kesempatan!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya