Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Bisnis Indonesia di Era Digitalisasi

Apa saja contoh perkembangan bisnis indonesia di era digitalisasi saat ini? Sebagai sebuah negara berkembang yang punya sumber daya berlimpah, Indonesia dinilai prospektif untuk mengembangkan industri bisnis nya ke level yang lebih maju, terutama industri UMKM yang menyumbang mayoritas ekonomi masyarakat menengah bawah.

Dengan berakhirnya situasi pandemi covid-19 sekarang ini, bagaimana perkembangan bisnis kecil di Indonesia? Semakin membaik tentunya.

Masyarakat diperbolehkan beraktifitas kembali, membuat kegiatan ekonomi berangsur-angsur pulih. Pusat ekonomi kembali ramai, banyak pengusaha yang mulai menjajakan barang dan jasa nya lagi.

Era Digitalisasi adalah tahapan zaman yang identik dengan seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan manusia, dipermudah dengan adanya bantuan teknologi yang serba canggih.

Era digitalisasi hadir untuk menggantikan berbagai teknologi lawas, supaya pekerjaan sobat kosngosan bisa lebih efektif, efisien dan juga lebih praktis.

Supaya bisa menghadapinya dengan baik, maka negara Indonesia harus menyiapkan rencana yang sangat matang kedepannya.


Contoh Perkembangan Bisnis Indonesia Era Digitalisasi

Contoh Perkembangan Bisnis Indonesia Era Digitalisasi

Apa saja contoh perkembangan bisnis di masa digitalisasi seperti sekarang ini? Berikut beberapa perubahan di sektor ekonomi bisnis yang secara langsung atau tidak langsung kita rasakan :


Penggunaan Platform Belanja Online

Dahulu orang orang ketika berbelanja barang atau jasa hanya punya pilihan belanja ke pasar tradisional, swalayan atau supermarket.

Tapi sekarang, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, orang bisa belanja lewat hp masing masing

Seperti membeli sembako, pakaian, kebutuhan dapur dan sebagianya tidak cuma dijual di pasar tradisional dan warung dekat rumah, tetapi juga bisa kamu beli di aplikasi e-commerce

Ada juga marketplace, sosial media, sehingga bisa dipesan via online, seperti misalnya aplikasi GoFood, Grab, HappyFresh, dan sebagainya.


Aplikasi Sekuritas Online

Dahulu sobat kosngosan sebagai investor harus mendatangi bursa efek jakarta untuk membeli surat berharga perusahaan incarannya.

Tapi sekarang, cukup dengan menginstall aplikasi sekuritas dan mendaftar membuat akun, kamu bisa langsung trading atau investasi saham dari HP mu dengan menggunakan koneksi internet.

Perkembangan ini membuat masyarakat semakin melek finansial, perusahaan terbuka yang masuk list saham juga semakin kompetitif untuk menghasilkan profit demi memberikan laporan keuangan terbaik mereka untuk investor ritel.


Platform Bekerja Freelance Semakin Dipermudah

Setiap tahunnya ada banyak sekali bisnis jasa yang tidak pernah lekang oleh waktu. Dulu, orang orang didalam negeri hanya bisa menawarkan jasa dan skill miliknya dari teman dekat saja.

Tapi sekarang, kamu yang jago editing, desain, translator dan sebagainya bisa menjual jasa mu lewat platform freelance seperti fiverr, sribulancer, project, dsb.

Dan dibayar sesuai dengan project yang kamu kerjakan dengan uang dollar (yang tentunya lebih mahal dibanding rupiah)


Berkembangnya Bisnis MLM

Bisnis MLM (multi-level marketing) dulunya sempat diremehkan sebagian orang. Namun sekarang, lihatlah banyak orang kaya baru yang muncul dari menggeluti usaha dengan konsep MLM atau affiliate seperti ini. Usaha seperti ini terbukti berhasil dan terus berkembang dengan beragam produk.

Jenis bisnis MLM memberikan produk baru, seperti pada tahun ini, produk herbal, skincare dan makanan viral cukup merajai pasar Indonesia. Dan para member-nya tetap berjaya dari tahun ke tahun dengan mencari member baru


Bisnis Kesehatan Semakin Canggih

Industri di layanan kesehatan di Indonesia saat ini tengah mengalami perkembangan yang terus berubah ke arah yang lebi baik.

Layanan kesehatan yang semakin canggih pastilah sangat dibutuhkan oleh sobat kosngosan, sebagai bentuk solusi atas permasalahan penyakit yang semakin beragam dialami manusia modren saat ini.

Rumah sakit dan apotek adalah entitas bisnis yang paling menjanjikan. Perkembangan bisnis nya sudah mulai dibuktikan dari layanan kesehatan menggunakan aplikasi (seperti halodoc), peningkatan kualitas, pesan obat online, dan sebagainya


Perizinan Bisnis Semakin Dipermudah

Dahulu sebelum masa digitalisasi, pengusaha sangat sulit dan kerepotan dalam meminta izin membuka usaha baru di instansi terkait.

Hal yang menyangkut birokrasi seperti ini akhirnya diubah oleh pemerintah, dengan menciptakan sistem perizinan bisnis secara online, yang disebut OSS (Online Single Submission)

Jadi ini adalah platform penyelenggara perizinan berusaha berbasis resiko yang membantu pemilik bisnis dalam mendaftarkan usaha nya kepada pemerintah tanpa takut lagi dengna birokrasi yang merepotkan dan melelahkan.


Jasa Endorsement dan Influencer Semakin Marak

Endorsement dan penggunaan influencer di sosial media saat ini dinilai cara yang paling efektif untuk promosi bisnis di era digitalisasi ini.

Banyak perusahaan yang menyewa beberapa orang dengan follower dan enggagement yang tinggi, untuk memperkenalkan produk mereka di setiap konten yang mereka buat.

Hal ini bertujuan supaya orang orang tertarik untuk membeli dan mencoba produk tersebut. Dan ini merupakan salah satu ciri perkembangan bisnis yang sedang terjadi di Indonesia

Disaat zaman dulu perusahaan hanya memanfaatkan media tv, koran atau brosur untuk promosi mereka.

Selain perkembangan bisnis, perkembangan dunia pendidikan juga sama pentingnya dalam era digitalisasi saat ini. Kami sudah membahas ada beberapa contoh inovasi pembelajaran di era society 5.0 berikut.


Kesimpulan

Pada akhirnya, era digitalisasi seperti yang sobat kosngosan hadapi saat ini, menjadikan setiap negara untuk memerlukan suatu rencana strategis supaya bisa tumbuh dan bertransisi ke arah yang lebih baik

Untuk itu, pemanfaatan teknologi yang andal akan bisa membantu kamu dalam menuju kesuksesan dan memastikan kalian bisa mendapatkan manfaat yang baik di era digital saat ini. Jangan lupa share artikel ini dan bookmart juga halamannya!

Oleh rezaharahap