Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33 Contoh Konsep Minimarket Rumahan Merek Sendiri

Apa yang dimaksud Konsep Minimarket Rumahan? Minimarket rumahan adalah tempat berjualan berbagai produk dengan konsep swalayan atau pembeli bisa mencari sendiri barang yang di butuhkan.

Berbeda dari konsep usaha kelontong konvensional, yang mana pembeli menunggu di bagian depan tempat usaha untuk menunggu penjual mengambilkan barang yang dibeli.

Kalau sobat kosngosan tertarik membuka usaha seperti ini, tentu bisa dimulai dengan mencari tahu berbagai ide konsep bisnis ini dari awal hingga siap dieksekusi.

Membuka minimarket skala rumahan disarankan menggunakan brand atau sendiri, sehingga menjadi ciri khas pembeda dari kompetitor.

Kelebihan dari konsep ini yaitu pembeli punya keleluasaan waktu dalam memilih barang yang mereka inginkan.

Selain itu, pembeli di minimarket, swalayan atau toko modren juga tidak perlu menunggu lama untuk memanggil penjual untuk mengambilkan barang.

Bagi pemilik minimarket juga tentu ada keuntungan tersendiri membuka minimarket rumahan ini.Seperti menghemat waktu penjual, karena tidak perlu lagi repot mencarikan barang yang diminta oleh pembeli

Jadi penjual bisa lebih fokus dalam hal menjaga tempat usaha sambil mengerjakan pekerjaan lainnya yang lebih produktif.

Kelebihan lain kamu juga bisa membersihkan toko lebih mudah, karena ada jarak diantara berbagai rak yang disediakan.

Kekurangan dari konsep usaha ini adalah potensi terjadinya pencurian, mengingat pembeli mengambil sendiri barang yang dibutuhkan (solusinya pakai cctv dan kaca besar di berbagai sudut).

Dan ditambah lagi, tempat usaha minimarket atau swalayan dengan konsep seperti ini membutuhkan tempat yang relatif lebih luas.


Contoh Konsep Minimarket Rumahan

Kalau kamu penasaran seperti apa gambar konsep usaha seperti ini, kosngosan akan memberikan beberapa contohnya untuk kalian jadikan sebagai referensi, berikut diantaranya :


Contoh minimarket sederhana

contoh konsep minimarket rumahan


Contoh konsep minimarket

contoh konsep minimarket rumahan


Contoh minimarket rumahan

contoh konsep minimarket


Contoh tata letak minimarket

contoh konsep minimarket rumahan


Contoh layout minimarket

contoh design minimarket rumahan


Konsep minimarket simple

desain minimarket rumahan


Konsep minimarket rumahan

konsep minimarket rumahan


Gambar minimarket simpel

konsep minimarket rumahan


Tata letak mini market

contoh konsep minimarket rumahan


Mini market rumahan

contoh konsep minimarket rumahan


Gambar mini market rumahan

contoh konsep minimarket rumahan


Konsep mini market simple

contoh konsep swalayan rumahan


Desain minimarket keren

konsep minimarket simpel


Rak minimarket rumahan

contoh konsep minimarket keren


Minimarket rumahan keren

konsep minimarket rumahan


Design swalayan simple

contoh desain minimarket rumahan


Konsep swalayan rumahan

tata letak mini market rumahan


Tata letak swalayan konsep rumahan

tata letak swalayan minimalis


Minimarket aesthetic

contoh konsep minimarket rumahan


Cara Memulai Bisnis Minimarket Rumahan

Perencanaan yang baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuka minimarket rumahan adalah merencanakan dan membuat business plan yang baik.

Dalam membangun bisnis ini, ada banyak hal yang perlu direncanakan, dari mana modal dan sumbernya, barang apa yang dijual, bagimana Desain toko-nya.

Termausk memperhatikan jarak rak, letak kasir, letak barang promo, dan tempat parkir, pemilihan lokasi tempat usaha hingga Peralatan yang digunakan


Membuat Perencanaan Pemasaran

Pemasaran juga memegang pengaruh yang cukup penting dalam kesuksesan usaha ini. Tanpa pemasaran yang baik, tempat usaha tersebut akan kalah saing

Bahkan tidak bisa berkembang kalau dibandingkan dengan kompetitor didekatnya. Untuk itu buatlah perencanaan pemasaran yang meliputi offline dan online


Menciptakan branding yang Melekat

Pada tahap ini, sobat kosngosan sudah harus memulai eksekusi dengan membangun strategi branding yang menarik.

Dalam menciptakan branding bisnis ini, terdapat berbagai faktor yang perlu Kamu perhatikan. Pilihlah nama tempat usaha, lambang, tingkatkan enggagement sosial media mu (bisa juga mempertimbangkan menggunakan endorse atau kerjasama dengan influencer lokal)

Branding yang bagus tentu akan membuat pembeli teringat kembali dengan minimarket rumahan-mu dan akan datang kembali bahkan merekomendasikan tempat usaha mu kepada reken atau saudara mereka

Branding yang menarik, juga akan membuat calon pembeli potensial yang sebenarnya hanya sekedar numpang lewat, jadinya mengingat tempat usaha Kamu dan punya niat untuk masuk kedalam


Memberikan harga yang kompetitif

Tantangan minimarket rumahan adalah margin keuntungan yang kecil. Ini disebabkan karena banyak kompetitor yang menjual barang sejenis, dan kualitas barang yang dijual juga tidak beda jauh.

Bagi retailer besar, hal ini bisa dihadapi dengan membeli barang dalam jumlah besar dengan harga lebi murah bahkan bisa langsung dari pabrik-nya.

Untuk menjual barang dengan harga yang kompetitif, kamu bisa mengajukan kerja sama dengan distributor produk terkait.


Memberikan layanan prima dan pengalaman berbelanja yang terbaik

Tips terakhir dalam memulai usaha minimarket rumahan dengan merek sendiri yaitu memberikan pengalaman belanja yang menarik kepada pembeli

Hal ini supaya mereka mau datang kembali berbelanja. Pengalaman berbelanja ini tidak hanya sekedar keramahan kasir, tapi juga bagaimana desain toko, kebersihan, pakai AC dan layout barang yang menarik.

Baca juga : Desain Logo Spanduk Warteg


Kata Penutup

Pada dasarnya memang konsep minimarket skala rumahan ini tidak hanya bisa menjual berbagai barang habis pakai, tetapi juga bisa digunakan untuk menjual barang yang lebih khusus, seperti pakan, baby shop dan lainnya

Semoga beberapa ide konsep minimarket dari kosngosan diatas bisa bermanfaat buat teman teman sekalian. Mohon untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media masing masing, jangan lupa bookmart juga!

Oleh rezaharahap