Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Wasiat Tulisan Tangan yang Sah

Seperti apa contoh surat wasiat yang ditulis tangan dan dianggap sah secara hukum? Kalian pasti sering mendengar istilah warisan atau legacy. Warisan adalah berbagai hak yang ditinggalkan oleh individu setelah meninggal dunia. 

Adapun berbagai hak tersebut termasuk harta benda seperti aset properti, uang dan kekayaan lainnya yang bernilai. Warisan diberikan kepada ahli waris, yaitu sebutan untuk orang tertentu yang sesuai keinginan atau ketentuan yang tertulis dalam wasiat yang dibuat sebelumnya oleh si pewaris. 

Ketentuan lain warisan dibagi otomatis sesuai dengan hukum waris yang berlaku secara agama (misalnya surat wasiat dalam islam) atau wilayah terkait, apabila memang tidak ada surat wasiat yang dibuat. Surat warisan adalah landasan hukum yang bisa dijadikan sebagai syarat dan ketentuan perbagian warisan

Dan hal ini kerap kali menjadi sumber perselisihan antara keluarga dan ahli waris, apalagi jika tidak ada kesepakatan yang dirasa tidak adil dan kurang jelas tentang bagaimana warisan akan dibagi.

Apakah surat wasiat harus dibuat di notaris? Surat wasiat tidak harus dibuat di notaris, namun tentu akan lebih baik jika surat wasiat dibuat di hadapan notaris. Apalagi surat keterangan ahli waris untuk bank, tentu ini butuh legalitas hukum.

Ada surat wasiat yang dibuat tanpa notaris dan tetap dianggap sah secara hukum, asalkan memenuhi persyaratan hukum waris yang berlaku di wilayah Indonesia.


Biaya Surat Wasiat pakai Akta Notaris

Biaya membuat surat wasiat di notaris bisa bervariasi, tergantung notaris dan tempat kamu membuatnya. Tapi berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 28/2019 tentang pembuatan Surat Keterangan Hak Waris

Adapun untuk biaya maksimal dikenakan tarif 200 ribu per surat dan untuk Berita Acara Penghadapan : Rp 20.000 per berita acara dan Surat Keterangan Hak Waris : Rp20.000 per surat keterangan.

Keuntungan surat warisan pakai akta Notaris yaitu :

  • Dapat memastikan bahwa surat wasiat dibuat secara sah dan benar
  • Notaris bisa memberikan saran dan arahan mengenai isinya
  • Notaris dapat menyimpan salinan surat wasiat di kantor notaris dan memberikan salinan tersebut kepada keluarga dan ahli waris
  • Surat warisan pakai akta notaris dapat meminimalkan kemungkinan sengketa mengenai isi dan keaslian surat wasiat di masa depan.
  • Notaris dapat membantu mengawasi eksekusi surat wasiat, termasuk dalam hal pembagian harta warisan


Contoh Format Surat Wasiat Terbaru

Jadi buat sobat kosngosan yang ingin membuat surat wasiat atau surat warisan dengan berbagai format, bisa lihat referensi dibawah ini :


Contoh Surat Wasiat Tulis Tangan

Berikut contoh surat wasiat tulis tangan yang bisa jadi referensi buat kalian :

SURAT WASIAT
Pada hari ini, 2 Juli 20xx, saya:

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat, Tanggal Lahir : Brisbane, 15 Juli 19xx
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 27 Jakarta Timur

dengan sadar sepenuhnya tanpa ada paksaan membuat Pernyataan Surat Wasiat Waris atau Hibah Harta Saya kepada anak-anak kandung selaku ahli waris saya, yaitu:

Narandra Rayan Harahap
Juandra Rayan Harahap
Malandra Rayan Harahap

Dengan surat ini saya menyatakan bahwasanya sebagian harta saya serahkan kepada anak-anak saya tersebut dengan rincian berupa rumah yang saya diami sekarang dan seluruh aset perusahaan pribadi yang saya miliki. 
Jika saya sudah tidak ada, harta tersebut dapat digunakan dengan ketentuan penyelesaian semua permasalahan utang dan piutang saya jika ada, wakaf atas sisa harta keseluruhan sebesar 20%, dan harta yang tersisa setelah penggunaan tersebut saya serahkan kepada anak-anak saya yang telah disebutkan sebelumnya dengan pembagian secara rata. 
Demikian surat pernyataan wasiat warisan atau hibah harta yang saya buat dengan disaksikan oleh beberapa orang saksi kepercayaan saya.

NotarisPewaris

Feri Sulistiyo, S.H., M.Kn.Jermaine Pangestu

Saksi I

Saksi II
Narandra Rayan


Contoh 2

SURAT WASIAT
Pada hari ini, Kamis tanggal 23 Januari 20xx bertempat di Bandung, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 5 April 19xx
Alamat : Jl. Kemerdekaan Kita No. 12 Bandung, Jawa Barat
No. KTP : 123039788829xx

bersamaan dengan ini menerangkan beberapa hal berikut:

Bahwa saya adalah pemilik sah atas harta kekayaan berupa sebuah Tanah Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 123/5432 atas nama Reyhan Aditama yang berlokasi di Jl. Mawar No. 12 Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Bahwa harta kekayaan saya sebagaimana yang disebutkan pada poin 1 di atas saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum, jaminan jenis utang, ataupun dalam penyitaan pihak bank atau instansi mana pun.

Bahwa saya bermaksud untuk menghibah-wasiatkan harta tersebut kepada anak kandung saya atas nama Mahesa Aditama.

Dengan ini saya mengangkat Mahesa Aditama sebagai pelaksana surat wasiat ini dan kepadanya saya berikan hak dan kekuasaan yang menurut Undang-Undang diberikan kepadanya selaku pelaksana wasiat setelah saya tiada.

Demikian surat wasiat ini saya buat dengan sadar sepenuhnya dan tanpa ada paksaan dari siapapun, disaksikan oleh para saksi yang saya percaya.


Surat Wasiat Tulisan Tangan 1Surat Wasiat Tulisan Tangan 2


Contoh surat wasiat format docx word

Petunjuk : 

Kalau kamu ingin download contoh surat diatas, silahkan klik Surat Wasiat Docx Disini, nanti kamu akan diarahkan ke halaman safelink terbaru, dan tinggal tunggu beberapa detik hingga tombol download muncul. Dan kamu akan diarahkan ke google drive


Cara Membuat Surat Warisan

Menulis surat warisan adalah tugas yang penting dan perlu dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menulis surat warisan:

  • Tentukan warisan yang akan disebutkan: Pertama-tama, tentukan dengan jelas warisan yang akan disebutkan dalam surat tersebut. Apakah itu harta benda, properti, atau barang berharga lainnya.
  • Buat daftar penerima warisan: Buatlah daftar penerima warisan secara rinci. Tuliskan nama lengkap, alamat, dan hubungan dengan kamu.
  • Jelaskan dengan jelas: Pastikan bahwa surat warisan yang kamu tulis jelas dan mudah dipahami oleh penerima. Jelaskan dengan rinci tentang warisan yang akan diberikan dan bagaimana mereka dapat mengklaimnya.
  • Tambahkan detil penting: Tambahkan detil penting seperti tanggal, tempat, dan waktu pembuatan surat. kamu juga bisa menambahkan beberapa detil penting tentang kamu sebagai pembuat surat warisan, seperti nama lengkap, alamat, nomor identifikasi, dan lain sebagainya.
  • Gunakan bahasa yang sopan: Gunakan bahasa yang sopan dan menghormati. Hindari bahasa yang kasar atau membingungkan.
  • Beri tkamu tangan: Jangan lupa untuk menambahkan tkamu tangan dan tanggal pada surat warisan tersebut.
  • Simpan di tempat yang aman: Setelah selesai menulis surat warisan, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman dan mudah diakses oleh penerima warisan.
  • Bicarakan dengan ahli waris lain: Sebelum menulis surat warisan, sebaiknya kamu bicarakan dengan ahli waris lain atau pengacara agar tidak terjadi kesalahpahaman atau konflik di kemudian hari.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menulis surat warisan yang jelas, mudah dipahami, dan dapat membantu penerima warisan untuk mengklaim warisan mereka dengan mudah.


Kesimpulan

Adapun beberapa tips akhir buat kamu yang ingin menulis surat warisan yang baik dan benar, adalah Pertimbangkan semua aset yang dimiliki, Pertimbangkan orang yang sobat kosngosan ingin berikan harta warisan

Cari bantuan profesional seperti pejabat notaris untuk mendapatkan instruksi secara profesional jangan lupa meninjau ulang surat wasiat secara berkala dan terakhir simpan surat wasiat dengan aman (lebih baik di brankas) 

Terakhir, pastikan bahwa surat wasiat disimpan dengan aman dan mudah diakses oleh ahli waris nantinya. Demikian semoga membantu, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya, trims!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya