Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Aplikasi Elsimil untuk Catin Terbaru

Bagaimana cara mendaftar akun di aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil atau Elsimil? Elsimil adalah platform yang diciptakan untuk mendeteksi adanya faktor resiko stunting dari calon pengantin (catin) di Indonesia.

Fitur yang ada di perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan edukasi kepada remaja mengenai cara dan langkah menyusun rencana dalam mempersiapkan serta membangun keluarga yang berkualitas dan bebas stunting di kemudian hari

Aplikasi ini juga berperan sebagai media screening yang membantu catin mendapatkan pendanpingan dalam mendeteksi berbagai faktor resiko. Media yang bisa menghubungkan catin dengan petugas pendamping, supaya mempermudah mereka dalam mempersiapkan kehidupan rumah tangga yang berkualitas

Nantinya setiap pasangan yang akan menikah, mendapat monitoring dari petugas pendamping sesuai dengan wilayah domisilinya. Ada pun beberapa proses dalam penggunaan aplikasi ini, dimulai dari download, install, mendaftar, verifikasi dan diminta untuk melakukan pengisian keuisoner dengan berbagai variabel yang tersedia.

Kuesioner bisa diisi setelah sobat kosngosan sudah melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan (Faskes). Kuisioner yang telah di input maka dapat diketahui kategori resiko dari pasangan calon pengantin yang bersangkutan, apakah ideal atau beresiko melahirkan bayi stunting. 

Platform ini akan melakukan scoring secara otomatis dan mengkategorikan catin berdasarkan hasil ideal atau tidak ideal yang dilabeli dengan wama hijau atau warna merah. 

Kalau label warna merah, maka selanjutnya petugas akan menindaklanjuti kondisi itu dengan memberikan edukasi pada catin dan intervensi seperti pemberian multivitamin, suplemen, yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

Hasil dari kuesioner ini maka catin akan mendapatkan "Surat Keterangan" atau "Sertifikat Elsimil" yang menjadi salah satu syarat yang diperlukan dalam kebutuhan administrasi pendaftaran nikah di KUA dan Dukcapil setempat.


Panduan Registrasi Aplikasi Elsimil

Cara Daftar Aplikasi Elsimil

Bagaimana cara mendaftar akun di platform elsimil? Aplikasi ini dibuat sebagai strategi pemerintah dalam pencegahan stunting dari hulu dengan melakukan screening, edukasi kesehatan reproduksi dan gizi dan pendampingan bagi calon pengantin (catin). 

Maka bagi kalian yang akan segera melakukan pernikahan, silahkan ikuti beberapa langkah dari kosngosan dibawah ini :

Baca juga : Pengertian Admin Elsimil dan Tugasnya


Unduh Aplikasi Elsimil

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengunduh atau download aplikasi Elsimil. Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini dengan melakukan pencarian menggunakan kata kunci "elsimil" di Google Playstore bagi pengguna Android atau di Apple Store bagi pengguna apple. 

Kemudian klik tombol Download/Unduh untuk kemudian Install/Pasang. 


Daftar Akun (Registrasi) Elsimil

Setelah aplikasi sudah terinstal pada perangkat smartphone mu, maka selanjutnya adalah mendaftarkan diri atau registrasi pada akun. 

Calon pengantin butuh dokumen seperti KTP, nomor HP yang aktif dan alamat email aktif untuk melakukan registrasi. 

Ada 3 langkah untuk melakukan registrasi di platform ini, yaitu : 

1. Mengisi Biodata Umum dan membuat kata sandi atau password (disarankan mengunakan password yang mudah diingat tapi terdiri dari kombinasi beberapa huruf dan angka)

2. Input No KTP dan Unggah Foto KTP 

3. Input Detail Alamat sesuai KTP 

Pengisian data alamat pada langkah ketiga, akan secara otomatis terisi oleh sistem elsimil jika NIK yang kamu masukkan sudah pernah terdaftar pada database Pendataan Keluarga 2021 (PK2021) BKKBN.

Kalau NIK sobat kosngosan belum terdaftar di database tersebut, maka akan muncul notifikasi bahwa NIK Tidak Ditemukan. 

Langkah selanjutnya adalah kamu akan diminta untuk melakukan pengisian data diri secara manual, kemudian melakukan pendaftaran melalui fitur Daftar dengan Google (cara ini membuat kolom email akan terisi otomatis dengan email yang ada di smartphone mu). 

Daftar Registrasi Elsimil


Verifikasi Akun Elsimil 

Setelah kamu melakukan registrasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi akun melalui kode atau link yang dikirim ke inbox emailmu. 

Silahkan melakukan konfirmasi dengan membuka email yang sudah didaftarkan dan cek di Inbox atau terkadang juga bisa muncul di Spam Box.

Nanti akan ada email yang dikirim atas nama Elsimil. Kamu akan menerima email seperti gambar diatas, kemudian pilih tombol "Verifikasi Email"

Langkah verifikasi ini adalah proses yang wajib dilakukan untuk pengguna, supaya bisa menyelesaikan proses pendaftaran dan lanjut pada pengisian Kuesioner.

Jadi pastikan email yang kamu masukkan sebelum mendaftar akun ini aktif dan bisa terakses. Supaya nanti tidak mengalami masalah ketika melakukan verifikasi email


Login ke Aplikasi Elsimil

Setelah melakukan verifikasi alamat email, maka kamu kembali ke halaman Beranda Aplikasi Elsimil. Kemudian klik tombol Masuk dan kamu akan berada didalam aplikasi, menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan. 

Tampilan yang akan sobat kosngosan lihat adalah sebagai berikut : 

Login ke Aplikasi Elsimil


Mengatasi Lupa Kata Kunci 

Lupa Kata Kunci Elsimil

Dalam menggunakan aplikasi ini, bisa saja kamu mengalami lupa password atau kata kunci, jangan khawatir, kamu hanya perlu mengatasi persoalan tersebut dengan cara dibawah ini :

Apabila kamu lupa password Elsimil, bisa klik link "Lupa Kata kunci" pada halaman Login, dan masukkan alamat email yang sudah kamu daftarkan sebelumnya

Kemudian klik tombol Kirim. Nantinya sistem akan mengirimkan link setting password baru ke alamat email mu. Silahkan klik "Ubah Password" dan kamu akan diminta untuk memberikan kata kunci baru kemudian klik "Proses"

Setelah melalui cara ini, maka kamu sudah bisa menggunakan kata kunci baru untuk kembali masuk ke aplikasi Elsimil (saran kami simpan atau hapal password mu benar benar).


Mengisi Kuisioner

Mengisi Kuisioner Elsimil

Langkah selanjutnya adalah sobat kosngosan sebagai catin harus mengisi kuisioner yang ada di dalam aplikasi ini. Lakukan pengisian dengan baik dan sesuai dengan kenyataan atau fakta yang ada.

Pada menu kuesioner yang muncul, kamu dapat memilih modul kuisioner yang ingin kamu ikuti. Klik modul yang tersedia dan pilih "Mulai Kuesioner" dan silahkan jawab berbagai pernyataan sesuai dengan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan oleh faskes mu.

Pilih tanggal pemeriksaan dan tempat atau nama fasilitas kesehatan dimana kamu melakukan pemeriksaan. Pertanyaan yang perlu dijawab antara lain :

  • Usia sekarang
  • Indeks masa tubuh
  • Kadar hemoglobin (HB) dalam darah
  • Ukuran LiLA (Lingkar lengan)
  • Perilaku merokok

Dan setelah mengisi data diatas, maka silahkan klik tombol "Simpan" . Dan setelah tersimpan, maka hasil kuesinoner akan terlihat dalam indikator hijau dan merah. 

Merah berarti ada variabel yang nilainya tidak sesuai dengan standar normal, sehingga kalau tidak dilakukan perbaikan, maka catin akan berisiko melahirkan bayi yang stunting.


Kesimpulan

Pada dasarnya aplikasi ini memang sangat bermanfaat buat calon pengantin yang akan segera menikah. Jika skor mu memang kurang dan variabelnya merah, maka segera perbaiki pola hidup mu 

Jangan lupa juga konsumsi makanan yang kaya gizi ya friends. Terakhir, jangan lupa untuk share artikel ini, bookmart juga supaya yang lain juga bisa membaca nya, terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya