Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan

Apakah kamu sedang mencari contoh sop pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan? Standard Operating Procedure atau disingkat SOP adalah suatu perangkat prosedur atau kumpulan langkah ter-sistematis yang ditetapkan secara legal dan terstandarisasi untuk melakukan pekerjaan dalam profesi.

Tujuan dari SOP adalah untuk menjaga konsistensi dan keandalan ketika sedang melaksanakan tugas. SOP juga membantu pekerja dalam melaksanakan tugas secara standar, efisien dan efektif.

Berbicara mengenai SOP guru dan tenaga pendidik, sudah tentu menjadi hal yang penting untuk menjaga kualitas tenaga pengajar di sekolah atau lembaga pendidikan formal.

Dengan berpedoman sop, maka para guru bisa melakukan tugas mengajar yang terstandarisasi dan sesuai dengan kurikulum pendidikan yang sudah ditetapkan.


Contoh SOP Guru dan Tenaga Pendidik

Contoh SOP Pelaksanaan Tugas Guru

SOP (Standar Operating Procedure) Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Pendidik bisa saja berbeda. Hal ini tergantung dari kebijakan lembaga atau instansi pendidikan setempat.

Akan tetapi, secara umumnya, yang namanya SOP pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan selalu mengedepankan beberapa elemen penting berikut ini :


Penugasan Tugas

Penugasan tugas bagi profesi guru atau tenaga kependidikan dalam SOP biasnya dijelaskan dengan pernyataan yang disampaikan secara tertulis oleh pihak berwenang.

Dalam penugasan guru, harus disebutkan waktu pelaksanaan dari waktu kapan, ruang lingkup tugas mulai dari mana, tujuan tugas yang diberikan, dan standar kinerja yang akan dievaluasi nantinya.


Pengumpulan Data

Profesi guru dan tenaga kependidikan dalam SOP harus dijelaskan mampu untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas mengajar di sekolah

Data dan Informasi itu bisa diperoleh dari berbagai sumber yang berbeda, seperti buku referensi pendidikan, internet, atau hasil observasi langsung di dalam kelas


Perencanaan Tugas

Dalam SOP, guru selanjutnya mengumpulkan informas. Sobat kosngosan harus bisa merencanakan tugas yang akan dilaksanakan.

Perencanaan tugas bagi guru dan tenaga pendidik ini meliputi rencana kerja, pengaturan jadwal kegiatan, dan perhitungan kurikulum yang dibutuhkan.


Pelaksanaan Tugas

Pelaksanaan tugas mengajar harus sesuai dengan penugasan dan rencana kerja yang telah disusun sebelumnya. Guru dan tenaga kependidikan harus mengikuti prosedur dan pedoman dari SOP yang telah ditetapkan, sehingga kalian bisa menghasilkan layanan pendidikan yang berkualitas.


Laporan dan Evaluasi

SOP selanjutnya harus berisi detail pelaksanaan laporan dan evaluasi. Guru dan tenaga kependidikan yang telah melakukan tugas, harus menyampaikan laporan mengenai bagaimana hasil kerja yang sudah mereka dilakukan selama ini

Laporan ini mencakup informasi seputar kendala dan apa solusi yang ditetapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut selama pelaksanaan tugas.

Evaluasi juga diperlukan untuk menilai bagaimana kinerja guru dan tenaga kependidikan selama ini. Hal ini juga memastikan bahwa sobat kosngosan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


Penyelesaian Tugas

SOP selanjutnya harus berisi detail penyelesaian tugas. Guru dan tenaga kependidikan harus bisa memastikan segala hal yang terkait dengan tugas pokok selesai. Hal ini termasuk kegiatan pengarsipan berbagai dokumen administratif yang terkait dengan tugas.


Contoh SOP Guru dan Tenaga Kependidikan

GURU MATA PELAJARAN

Guru Mapel bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas Melakukan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggungjawab seorang guru meliputi :

1) Membuat Perangkat Pembelajaran :

a) KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

b) Program Tahunan / Semester

c) Program satuan pelajaran

d) Program Rencana Pengajaran

e) Program Mingguan Guru

f) LKS (Lembar Kerja Siswa)

2) Melakukan Kegiatan pembelajaran

3) Melakukan kegiatan penilaian proses belajar, penilaian harian (PH), penilaian akhir semester (PAS) / penilaian akhir tahun (PAT).

4) Melakukan analisis hasil penilaian harian (PH), penilaian akhir semester (PAS) / penilaian akhir tahun (PAT)

5) Menyusun dan Melakukan program perbaikan dan Pengayaan

6) Mengisi daftar nilai siswa

7) Melakukan kegiatan Membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar

8) Membuat alat pelajaran/ alat peraga

9) Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni

10) Melakukan kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan Kurikulum

11) Melakukan tugas tertentu di Sekolah

12) Melakukan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya

13) Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa

14) Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai Pelajaran

15) Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum

16) Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk Kenaikan pangkatnya.


GURU WALI KELAS

Wali kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

a. Pengelolaan kelas

b. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi

1. Denah tempat duduk siswa

2. Papan absensi

3. Daftar pelajaran kelas

4. Daftar piket kelas

5. Buku absensi siswa

6. Buku pelajaran / buku kelas

7. Tata tertib

c. Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa

d. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (Leger)

e. Pembuatan catatan khusus tentang siswa

f. Pencatatan mutasi siswa

g. Pengisian laporan penilaian hasil belajar

h. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar


GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan dan konseling membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan kegiatan sebagai berikut:

a. Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan konseling

b. Koordinasi dengan Wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar

c. Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar

d. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan

e. Melakukan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling

f. Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling

g. Melakukan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar

h. Melakukan program tindak lanjut bimbingan dan konseling

i. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling


GURU PIKET

Guru Piket berfungsi untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar di Sekolah. Berikut adalah rincian tugas guru piket harian di Sekolah:

a. Mengecek kondisi lingkungan Sekolah

Guru piket datang lebih awal dengan tujuan memeriksa kondisi Sekolah menyangkut kemaaman maupun kebersihan lingkungan Sekolah. Berdasarkan pantauan ini, guru piket mengambil langkah penting untuk menyikapi kondisi lingkungan Sekolah sehingga pembelajaran pagi tidak mendapat hambatan.

b. Mengawasi kegiatan K3 (Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan)

Sebelum kegiatan belajar siswa dimulai dilaksanakan operasi K3 oleh semua siswa. Guru piket ikut menggerakkan siswa untuk membersihkan areal lapangan sekolah dan tempat yang tak mungkin dijangkau oleh piket kelas.

c. Mengisi data administrasi piket harian

Setelah kegiatan K3 selesai dan siswa sudah mulai belajar, guru piket mendata guru dan siswa yang tidak hadir. Jika ada guru yang berhalangan hadir maka lokal yang kosong digantikan oleh guru piket.

Penggantian oleh guru piket bukan untuk mengajar mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang berhalangan hadir. Guru piket hanya menciptakan kondisi siswa agar tetap belajar dan berada di dalam kelas

d. Mengawasi siswa ketika jam istirahat

Jam istirahat termasuk waktu yang penting untuk dikelola oleh guru piket. Hal-hal yang tidak diingini bisa saja terjadi pada waktu jan istirahat berlangsung. Misalnya, siswa berkelahi dan menimbulkan keonaran

e. Melaporkan peristiwa atau kejadian penting

Guru piket perlu mendata peristiwa dan kejadian penting yang terjadi pada hari itu. Kemudian melaporkannya kepada kepala sekolah atau pihak yang diberi wewenang oleh kepala sekolah. Misalnya, wali kelas, guru bimbingan.


Download Contoh SOP Guru dan Tenaga Pendidik

Kalau kamu ingin download contoh sop untuk guru atau tenaga kependidikan, kamu bisa unduh di bawah ini dalam format Docx yang bisa diedit sesuai dengan kebutuhan sobat kosngosan :

Download Contoh SOP Guru dan Tenaga Pendidik Format DOCX Disini


Kata Penutup

SOP pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan sangat penting untuk memastikan bahwa tugas yang diberikan oleh kementerian pendidikan melalui dinas pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standar kurikulum yang diharapkan.

SOP ini dibuat juga untuk membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas untuk guru dan tenaga pendidik, meminimalkan kesalahan (kekeliruan) dalam proses pelaksanaan tugas.

Semoga materi mengenai Contoh SOP Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan dari kosngosan diatas bisa bermanfaat buat kalian ya. jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini, serta bookmart juga halaman ini ya, terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya