Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Ekonomi yang Dikelola secara Bersama Sama

Apa yang dimaksud usaha ekonomi kelompok? Usaha ekonomi kelompok adalah bentuk usaha yang dibentuk dan dikerjakan oleh sekelompok orang. Mereka saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis bersama. Usaha Ekonomi yang Dikelola secara Bersama Sama ini dapat terdiri dari beberapa individu, atau kelompok kecil yang memiliki tujuan yang sama untuk melakukan produksi (menghasilkan barang atau jasa) demi menghasilkan profit seoptimal mungkin.

Usaha ekonomi yang dikelola secara bersama sama atau kelompok biasanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Hal ini masuk akal, karena dalam memulai bisnis juga sumber modalnya berasal dari seluruh anggota, sehingga keuntungan juga seharusnya dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama

Ada banyak contoh usaha ekonomi kelompok yang dikelola bersama dan bisa kita temui disekitar, seperti misalnya badan koperasi, usaha mikro, startup, serta usaha kecil dan menengah (UKM) di berbagai bidang. Untuk selengkapnya, kosngosan akan membahasnya di kesempatan kali ini.


Contoh Usaha Ekonomi Dikelola Bersama

Contoh Usaha Ekonomi Dikelola Bersama

Dalam mendirikan usaha ekonomi bersama, penting sekali mencari rekan (partner) yang se-visi dan memiliki loyalitas profesinalitas yang mumpuni. Selain itu, jangan menjalankan usaha tanpa adanya kontrak atau MoU. Ini penting untuk menghindari kesalahan bisnis di masa depan.


CV (Commanditaire Vennotschaap)

Ini adalah contoh usaha ekonomi bersama yang didirikan bermodalkan pendanaan dari satu atau beberapa orang sebagai penanam modal.

Pendiri atau pemilik bisa menjadi pimpinan usaha, dan bertanggung jawab atas perkembangan perusahaan. Dan para pemilik modal atau investor, cukup untuk memercayakan pengelolaan CV kepada pemilik dengan keuntungan bagi hasil yang sesuai kesepakatan


Firma

Firma adalah usaha ekonomi (bisa bidang lain seperti hukum) yang didirikan minimal oleh dua orang dan maksimal berapapun. Firma didirikan oleh mereka yang sudah saling mengenal satu sama lainnya

Pengelola usaha ekonomi di firma ini memiliki hak untuk bertindak atas nama usaha. Risiko akibat keputusan dan tindakan anggota akan ditanggung secara bersama sama


PT (Perseroan Terbatas)

Ini adalah jenis usaha ekonomi yang paling banyak kita temui di kehidupan sehari hari. Terdiri dari beberapa orang yang mengelola perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung

Direktur, direksi atau pemimpin perusahaan bertugas memimpin dan mengembangkan perusahaan. Kemudian para pemilik saham yang sudah membeli surat kepemilikan perusahaan tersebut bertugas untuk mengawasi dan melakukan RUPS untuk memecat atau mengangkat dewan kepengurusan perusahaan.


BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Ini adalah Perusahaan Negara atau biasa disebut perusahaan plat merah yang memang dimiliki oleh negara.

Usaha ekonomi ini seluruh modal dan keuntungannya dimiliki oleh negara. Ada tiga jenis perusahaan BUMN, yaitu Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).


BUMD

BUMD

Badan Usaha Milik Daerah atau sering disebut juga Perusahaan Daerah hampir sama konsepnya dengan BUMN, hanya saja ini dimiliki oleh daerah (Provinsi, Kota atau Kabupaten).

Tujuan dari perusahaan daerah adalah untuk melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan dalam pengelolaannya, usaha ekonomi ini bisa terdiri dari banyak orang orang kompeten dan menduduki jabatan di berbagai divisi atau bidang yang diperlukan.

Baca juga : Contoh BUMD di Indonesia

Berikut beberapa contoh usaha ekonomi yang dikelola secara bersama sama lainnya :


Yayasan Lembaga Pendidikan Swasta

Banyak yang tidak tahu, bahwa banyak sekolah atau perguruan tinggi yang dimiliki oleh swasta dan dikelola secara yayasan oleh keluarga pemilik.

Misalnya ada yayasan kosngosan, yang didalamnya termasuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Dan masing masing tingkatan sekolah dikepalai oleh anggota keluarga yang sama

Bahkan ada juga yayasan yang guru-guru nya juga berasal dari hubungan keluarga yang saling terkait. Tapi yayasan pendidikan seperti ini hanya bisa ditemui di swasta atau non pemerintahan.

Selain sekolah, yayasan juga bisa ditemui di pesantren, perguruan tinggi atau lembaga pelatihan, yang ke semuanya adalah usaha ekonomi yang memberikan profit dari biaya spp murid murid.


Restoran Keluarga

Membuka usaha bidang kuliner seperti tempat makan bisa jadi salah satu contoh usaha ekonomi yang bisa dikelola secara bersama.

Bisnis ini dapat dikelola secara kelompok oleh beberapa pemilik. Bahkan bisa kita temukan ada restoran yang dimiliki keluarga, dan manajemen nya dikelola oleh anggota keluarga.

Seperti misalnya untuk akuntan, koki, bagian pemasaran, konsultan hukum dan sebagainya dikelola oleh beberapa anggota keluarga yang sama.

Mereka juga menyediakan makanan dan minuman berkualitas kepada pelanggan. Setiap pemilik restoran memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengelola rumah makan tersebut, termasuk mengelola stock bahan baku, keuangan, dan pemasaran.


Warung Kelontong

Warung kelontong atau toko serba ada adalah salah satu contoh Usaha yang Dikelola Bersama Sama. Bisnis ini menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, minuman, perlengkapan mandi dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Toko kelontong dapat dikelola oleh beberapa orang secara bersama-sama, baik dari latar belakang keluarga atau bahkan yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Asalkan dikelola dengan profesional dan memiliki kontrak bisnis yang jelas. Jadinya setiap orang bertanggung jawab atas tugas masing masing.


Badan Usaha Koperasi

Sobat kosngosan pastinya sudah familiar dengan yang namanya koperasi. Koperasi adalah badan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi para anggotanya.

Anggota koperasi punya peran yang sama dalam mengelola usaha ini, dengan setiap anggota punya hak suara yang sama dalam mengambil keputusan.

Nantinya anggota koperasi wajib membayar iuran tertentu secara rutin, misal sekali sebulan. Dan jika ada yang meminjam uang, diberikan dengan syarat cicilan tertentu. Nantinya keuntungan yang didapat akan dibagikan secara merata di akhir tahun nya.


Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani

Pada dasarnya poktan dan gapoktan tidak memiliki motif ekonomi didalamnya. Karena ini adalah gabungan para petani dari suatu desa atau kecamatan yang terdaftar dalam sistem penyuluh pertanian nasional.

Tapi kelompok tani dan kelompok wanita tani bisa juga dikategorikan sebagai usaha ekonomi yang dikelola bersama karena kegiatan didalamnya terkait dengan pertanian komersil.

Apalagi kegiatan poktan tersebut sudah mencakup hilirisasi pertanian, seperti panen, pasca panen dan kegiatan pemasaran produk pertanian yang tentu saja menghasilkan omset bagi anggotanya


Kelompok Ternak dan Kelompok Nelayan

Keduanya hampir sama konsepnya dengan kelompok tani. Hanya saja disini kelompok ternak anggotanya memiliki pekerjaan di bidang peternakan.

Sedangkan kelompok nelayan sudah tentu anggotanya adalah para nelayan yang mencari uang dari kegiatan menjala ikan di laut. Kedua jenis kelompok ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha perikanan dan peternakan mereka melalui berbagi sumber daya dan pengetahuan yang ada.

Apalagi dikombinasikan dengan kegiatan pasca panen, seperti pemasaran ikan dan pemanfaatan teknologi pengelolaan hasil perikanan dan peternakan yang menghasilkan nilai tambah.


Startup atau Usaha Rintisan

Sobat kosngosan pastinya sering mendengar istilah startup bukan? Startup adalah usaha rintisan yang baru didirikan dengan tujuan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada di lapangan.

Usaha startup ini biasanya dikelola secara bersama secara tim. Misal terdiri dari 3 owner di bidang teknologi dan inovasi, dan punya potensi untuk berkembang pesat ke depannya.

Startup ini berusaha mendapatkan pendanaan dari para investor, yang kemudian akan berkembang menjadi perusahaan besar setelah melakukan IPO atau melantai di bursa efek. Ada banyak jenis startup, seperti Fintech, Edu tech, Agritech, E-commerce, Pengembangan aplikasi dan games, dan bidang lainnya


Kesimpulan

Pada akhirnya sobat kosngosan sebelum mengadakan usaha ekonomi bersama, harus bisa mencari rekan bisnis yang potensial. Artinya cari teman atau individu yang memang punya minat dan satu visi yang sama dengan kalian.

Pastika tim sudah siap bekerja sama membentuk usaha ekonomi kelompok secara bersama sama. Semoga materi Contoh Usaha Ekonomi yang Dikelola secara Bersama Sama diatas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk share, bagikan dan bookmart halaman ini ke sosial media kalian ya, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya