Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Situs yang Dapat Membantu Kita Membuat Program Afiliasi

Sebutkan 4 situs yang dapat membantu kita membuat program afiliasi? Kalau kamu ditanya seperti itu, maka kali ini kosngosan akan memberikan beberapa referensi buat website yang menyediakan konsep bisnis affiliate seperti ini. Tapi sebelumnya, kita akan bahas apa pengertian dari bisnis afiliasi terlebih dahulu.

Bisnis afiliasi (affiliate business) adalah konsep bisnis yang mengharuskan afiliator (pemasar afiliasi) untuk mempromosikan produk milik suatu entitas, serta mendapatkan komisi atas setiap transaksi yang dihasilkan, misalnya menjual produk atau mencari anggota baru.

Konsep bisnis afiliasi seperti ini perannya sangat penting sebagai metode pemasaran untuk entitas usaha tersebut. Perusahaan A (sebagai contoh) memiliki produk atau layanan yang akan dijual kepada calon konsumen, lewat pemasaran offline dan online.

Sekarang ini, bisnis afiliasi biasanya menggunakan metode pemasaran online supaya lebih efektif menjangkau banyak calon klien. Kamu bisa memanfaatkan media online seperti website, blog, sosial media, email, atau iklan untuk memperkenalkan produk mereka

Misalnya seorang pengunjung yang sudah berhasil dibujuk oleh afiliator melakukan tindakan seperti membeli, mendaftar, atau mengisi formulir, maka kamu sebagai afiliator akan mendapatkan komisi sekian persen sesuai dengan ketentuan di awal.


Website yang Membantu Program Afiliasi

situs yang membantu membuat program afiliasi

Buat kalian yang ingin membuat program afiliasi sendiri atau ikut join dengan program afiliasi orang lain, berikut beberapa referensi yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan masing masing :


Tiktok Affiliate

Siapa yang tidak kenal dengan tiktok? Selain media sosial berbagai klip video pendek, kamu juga bisa mencari cuan dengan bergabung bersama tiktok affiliate tanpa harus memiliki barang atau produk aslinya.

Cara kerja sederhananya adalah, kamu buat konten video yang berisi link keranjang kuning orang lain, dan jika terjadi transaksi, maka kamu akan dapat komisi sekian persen.

Penghasilan dari afiliasi TikTok bisa bervariasi, tergantung pada seberapa efektif pengguna dalam mempromosikan produknya dan seberapa banyak penjualan atau tindakan yang dihasilkan dari tautan afiliasi tersebut. Kamu bisa kunjungi situs shop.tiktok.com dan pilih affiliate.


Shopee Affiliate

Selanjutnya Situs yang Dapat Membantu Kita Membuat Program Afiliasi adalah program dari shopee. Shopee Affiliate merupakan program afiliasi yang diberikan oleh Shopee.

Shopee adalah platform e-commerce terbesar di Indonesia. Situs ini memungkinkan sobat kosngosan untuk memonetisasi konten dan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang kamu promosikan via link afiliasi dari Shopee.

Website Shopee Affiliate bisa kamu daftarkan ke program afiliasi Shopee. Nantinya kamu bisa promosikan link ini melalui blog, website, channel youtube atau akun media sosial mu supaya terjadi pembelian.


Marketplace Afiliasi

Berbagai macam marketplace terkenal di Indonesia juga menyediakan program afiliasi besar yang bisa kamu daftarkan dan manfaatkan untuk ladang cuan mu. Contohnya sebut saja seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli dan lainnya.

Program afiliasi Tokopedia, lazada, bukalapak, blibli dan ecommerce lainnya memungkinkan kalian dalam mempromosikan berbagai produk di platform tersebut

Ini memungkinkan sobat kosngosan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dihasilkan melalui tautan afiliasi tersebut. Kamu cukup kunjungi situs marketplace masing masing dan lihat menu afiliasi mereka.


Amazon Associates

Amazon adalah salah satu brand marketplace terbesar di dunia. Jika kamu ingin membuat program afiliasi berbasis internasional, seperti mengimpor atau ekspor produk antar negara, maka ini adalah salah satu program afiliasi yang bisa kamu pilih.

Ini adlaah salah satu program afiliasi terbesar dan paling terkenal di dunia. Jadi kamu bisa bergabung dengan Amazon Associates dan mempromosikan berbagai produk yang tersedia di Amazon

Kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan afiliasi mu yang bisa disebar lewat blog, channel youtube dan akun media sosial mu.


Affiliate Ticketing Platform

Salah satu platform pemesanan tiket dan liburan yang paling terkenal di Indonesia, seperti Traveloka, tiket.com, tripadvisor dan agoda pasti membuka program untuk kerjasama afiliasi demi mengembangkan jangkauan pengguna mereka.

Platform pemesanan tiket seperti pesawat, hotel, dan layanan perjalanan lainnya ini memang sudah banyak berkembang di Indonesia. Kebanyakan orang orang di indonesia juga sudah terbiasa memesan tiket untuk perjalanan mereka.

Program afiliasi platform tiket daring ini memungkinkan kalian dalam mempromosikan produk mereka dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dihasilkan melalui tautan afiliasi yang disebarkan via blog, website, channel youtube, akun instagram, tiktok dan sebagainya.


Afiliasi Photo Stock Plaftorm

Kamu pernah dengan istilah platform photostock? Ini adalah plaftorm yang menyediakan berbagai foto, gambar, vektor, dan video yang bisa diakses dan digunakan oleh pengguna dengan membayar lisensi.

Platform ini digunakan oleh desainer grafis, penerbit, perusahaan pemasaran, blogger, dan lainnya untuk keperluan project mereka

Ada berbagai contoh brand photostock yang menyediakan berbagai program afiliasi, sebut saja seperti Shutterstock, Adobe Stock (terintegrasi dengan perangkat lunak desain Adobe Creative Cloud), Getty Images, iStock, Unsplash, Pixabay, Pexels, Freepik dan platform lainnya.


Freelance Platform Affiliate

Berbagai website yang menyediakan peluang kerja freelance atau pekerja lepas juga banyak yang menyediakan program afiliasi yang bisa menguntungkan kalian sebagai pengguna juga. Jadi selain menggunakan plaftorm itu untuk mencari project freelance, kamu juga bisa ikut program afiliasi mereka

Beberapa contoh seperti Upwork, Fiverr, Freelancer, Toptal, 99designs, Freelancer.com atau yang lokal seperti project.co.id juga menyediakan program afiliasi

Cara kerja program afiliasi platform ini cukup sederhana. Kamu akan mendapatkan userid unik yang berbeda dengan username. Nah kamu bisa mempromosikan link affiliate mu sendiri melalui berbagai menu di Projects.co.id dan platform lainnya.


Afiliasi Google

Google sebenarnya juga menyediakan program afiliasi yang ada beberapa jenisnya. Sebut saja seperti google adsense, googleplay affiliasi dan google workspace affiliate.

Google AdSense merupakan jaringan iklan milik google yang memungkinkan sobat kosngosan untuk memonetisasi traffic website dengan menampilkan iklan kontekstual dari mitra yang bekerjasama dengan google

Kalian bisa lihat contoh iklan google adsense di blog kosngosan.com ini. ada beberapa banner iklan yang terpampang dan jika diklik atau tampil, maka admin kosngosan akan dapat uang dari situ.

Afiliasi Google Workspace adalah paket layanan cloud yang terdiri dari berbagai aplikasi dan layanan produktivitas yang disediakan oleh Google. Dan ini juga menyediakan program afiliasinya sendiri.

Dan selanjutnya adalah Afiliasi Google Play yaitu layanan dari Google Play Store untuk memungkinkan pihak ketiga, seperti pengembang aplikasi dan pemasar afiliasi, untuk mempromosikan aplikasi, game, atau konten digital lainnya yang tersedia di Google Play Store.


Kesimpulan

Nah setelah mengetahui beberapa situs yang menawarkan program kerjasama dalam bentuk afiliasi, maka kalian bisa pilih salah satu nya sesuai kebutuhan masing masing.

Karena yang namanya bisnis afiliasi memang menawarkan keuntungan bagi pihak perusahaan dan afiliator. Pemilik bisnis afiliasi dapat menghasilkan pendapatan tambahan tanpa perlu memiliki produk.

Terakhir, jangan lupa untuk klik tombol share atau bagikan artikel dari kosngosan.com ini ke sosial media, serta bookmart juga halaman ini! Terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya