Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 15 Terbaru

Apple hampir pasti akan merilis varian terbaru iPhone 15-nya pada bulan September tahun ini, dengan tiga varian seperti normalnya, yaitu iPhone 15 (biasa), iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Sobat kosngosan pastinya menunggu di bulan 9 nanti pada acara perilisan produk Apple tahunan di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Ketiga penerus lini high end dari Apple ini pastinya akan membuktikan seberapa canggihnya iPhone 15 yang akan dibuat nanti. Setiap varian pastinya akan menawarkan fitur yang mengalahkan pendahulunya (iphone 14).

iPhone 15, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro max memang belum terungkap secara resmi, tapi kita bisa berspekulasi mengenai spesifikasi dan fitur yang dibanggakan oleh setiap model 

Dan pada artikel ini, kita membandingkan semua yang sudah kami dengar mengenai rumor tentang iPhone 15 Pro sejauh ini dengan apa yang sudah kita ketahui bersama tentang iPhone 14 Pro.


Spesifikasi iPhone 15

Kelebihan Kekurangan iPhone 15

Perlu kosngosan klarifikasi disini, bahwa tidak ada spesifikasi iPhone 15 yang sudah pasti (saat artikel ini dirilis). 

Kami hanya memprediksi di bawah ini dan belum dikonfirmasi oleh Apple, tetapi kami pikir kami telah mendengar cukup banyak rumor yang beredar di forum. Jadi tidak ada salahnya kita berspekulasi tentang kamera, layar, dan prosesor dari iphone 15 ini. 


Harga iPhone 15

Berdasarkan strategi rilis Apple sebelumnya, kita dapat menebak kapan iPhone 15 akan rilis– dan berapa biayanya dibandingkan iPhone 14 sebelumnya. 

Terakhir secara resmi diluncurkan pada September tahun lalu, sebelum mulai dijual – bersama iPhone 14 pro dan iPhone 14 Pro Max – lebih dari seminggu kemudian

Berbicara mengenai harga, kita semua berharap iPhone 15 disamakan harganya dengan harga rilis pertama kali seperti iPhone 14 di tahun sebelumnya, yang dimulai dari $999 / £1,099 / AU$1,749 untuk penyimpanan 128GB (yaitu opsi penyimpanan terendah). 

Untuk versi 256GB 14 Pro seharga $1099 / £1,209 / AU$1,899. Akan tetapi kemungkinan besar, untuk harga awal perilisan lebih mungkin untuk meningkat mengingat kondisi ekonomi global yang masih belum bisa bebas dari resesi di tahun ini

Pada tahun ini kemungkin juga apple akan melupakan opsi 128GB dengan flagship nya tersebut. Karena mengingat masing-masing  produsen lain juga sudah meninggalkan opsi kapasitas segitu untuk level hp flagship mereka (sebut saja Samsung dan Huawei).


Desain dan Layar iPhone 15

Di bagian depan layar, iPhone 14 menampilkan layar OLED 6.1 inci yang sangat baik, dan iPhone 15 kemungkinan akan tetap menggunakan konfigurasi panel yang sama (tidak akan ada peningkatan yang signifikan)

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max membanggakan teknologi kecepatan refresh 1-120Hz yang adaptif secara otomatis menyesuaikan fleksibilitas tampilan agar sesuai dengan apa yang terjadi di layar. 

Fungsi layar "Always on Display" milik Apple bergantung pada ProMotion, dan sepertinya kedua fitur basic (yang ada di android) itu, akan kembali disediakan untuk iPhone 15 untuk semua versi (biasa, pro dan pro max)

Berbicara mengenai dinamic island, potongan layar mewah iphone 14 yang sensional tahun kemarin– diperkirakan akan bertransisi dari iPhone 14 Pro ke iPhone 15 biasa, meskipun versi teknologi yang terakhir mungkin tidak identik dengan yang pertama. 

Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, sensor jarak iPhone 15 Pro akan diintegrasikan di dalam Dynamic Island itu sendiri, daripada diposisikan di bawahnya (seperti pada iPhone 14 Pro).

Konfigurasi sensor baru ini tidak mungkin menghasilkan perbedaan material pada penampilan atau fungsionalitas pada iPhone 15, akan tetapi dinamic island pada iphone 15 setelah ini, secara teknis akan lebih maju daripada yang sebelumnya, mengingat dimasukkannya sensor yang sebelumnya terisolasi.

Rumor seputar desain iPhone 15 sedikit lebih menarik. Misalnya, beberapa leaker memberitahu bahwa iPhone 15 akan mendapatkan sisi titanium dan tepi belakang yang lebih bulat, berbeda dengan sisi sudut tajam iPhone 14.

Apple dilaporkan tidak yakin tentang penerapan perubahan desain ini untuk iPhone 15, tetapi foto-foto yang bocor memamerkan sisi melengkung ini sudah mulai muncul, hal ini semakin menambah kepercayaan pada rumor tersebut.

Kami juga mendengar bahwa iPhone 15 akan mendapatkan bezel layar yang lebih tipis daripada iPhone 14 – yang akan menjadi desain layar yang semakin mengesankan dari Apple, mengingat bezel yang terakhir sudah sangat tipis, yaitu ukuran 1.81mm, 1.95mm dan 2.17mm.

iPhone 15 dikabarkan mendapatkan tombol volume dan solid-state power. Banyak kabar beredar, bahwa tombol ini akan menggunakan getaran haptic untuk mensimulasikan sensasi sentuh, meskipun tidak benar-benar bergerak (mirip seperti tombol Haptic Home iPhone 7 dan 8)

Tapi analis Apple baru-baru ini menolak kabar tersebut. Oleh karena itu, kami mengharapkan iPhone 15 ini memiliki pengaturan tombol fisik yang sama dengan iPhone 14 sebelumnya.

Perbedaan desain akhir diharapkan datang dalam bentuk port pengisian (sudah support USB-C) hal ini karena Uni Eropa sudah memberi tahu Apple bahwa mereka harus menambahkan port pengisian USB-C ke iPhone mulai tahun ini

Akan tetapi beberapa kebocoran rumor menunjukkan bahwa Apple akan mengadopsi standar pengisian daya pada tahun ini, dengan model iPhone 15.

Dengan demikian, iPhone 15 Pro kemungkinan besar akan memiliki port pengisian USB-C. Tetapi berbicara mengenai kecepatan transfer data, tentu ini akan jauh lebih cepat dari pendahulunya.


Kamera iPhone 15

Kalau kita berbicara mengenai spesifikasi kamera belakang iPhone 14 yang menawarkan setting tiga sensor berikut ini :

  • Lebar 48MP (24mm f/2.8)
  • Ultrawide 12 MP (13mm f/2.2)
  • Telefoto 12MP (77mm f/2.8)

iPhone 15 kali ini diperkirakan tidak akan berbeda terlalu jauh dari spesifikasi kamera diatas, dengan kamera periskop sebagai satu-satunya peningkatan potensial dari iPhone 14 Pro. 

Jika memang teknologi kamera benar-benar hadir untuk iPhone 15 Pro, maka perangkat tersebut akan menawarkan kemampuan zoom optik yang lebih baik dari pendahulunya. 

Kemungkinan besar, kamera periskop akan disediakan untuk iPhone 15 Pro Max yang banyak dikabarkan, yang juga diharapkan mendapatkan kamera telefoto dengan lensa zoom fleksibel.

Perbedaan utama antara kamera iPhone 15 dan 14 adalah kualitas sensor yang digunakan. Menurut bocoran, iPhone 15 diprediksi menggunakan sensor baru yang diproduksi oleh Sony yang bisa menangkap lebih banyak cahaya. 


Performa iPhone 15

Pada bagian kinerja, iPhone 14 dengan processor A16 Bionic nya memang sudah cukup overkill buat smartphone lain. Hal ini yang menjadikannya salah satu ponsel tercepat untuk saat ini

Dan seperti perkiraan sobat kosngosan sekalian, untuk iPhone 15 tentu akan lebih cepat lagi. iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan processor A17 Bionic, yang dikabarkan akan jauh lebih efisien daripada A16 Bionic. 

Faktanya, Cina DCInside melaporkan bahwa A17 Bionic akan memberikan kinerja CPU yang 20% lebih powerfull dari pendahulunya, yang berarti bahwa pengguna iPhone 15 pro dan promax bisa menikmati peningkatan kecepatan yang cukup besar dibandingkan iPhone 14.

DCInside mengklaim bahwa A17 Bionic mendapatkan skor single-core 3019 dan skor multi-core 7860 di Geekbench 6, di mana skor A16 Bionic adalah 2504 dan 6314. 

Tentu saja, kami menganggap untuk angka-angka tersebut pastinya tidak bisa dijadikan sebagai patokan, tetapi menarik untuk berpikir bahwa iPhone 15 pro dan promax mungkin akan bisa menyaingi skor benchmark dari MacBook terbaik Apple saat ini. Sedangkan untuk spesifikasi performa lainnya, iPhone 15 series diperkirakan akan mendapatkan RAM 8 GB 


Baterai iPhone 15

iPhone 14 menggunakan baterai 3,200 mAh yang bisa bertahan dari penggunaan sehari penuh (dan malam) jika ponsel digunakan secara normal untuk tugas sehari-hari.

Kosngosan sendiri belum banyak mendengar tentang ukuran baterai iPhone 15, dan sepertinya juga tidak banyak rumor yang beredar untuk saat ini mengenai baterai 

Karena Apple biasanya malu-malu tentang detail seperti itu – tetapi rumor menunjukkan bahwa Apple sedang mengerjakan fitur pengisian nirkabel terbalik untuk lini iPhone 15. 

Jika benar, maka iPhone 15 Pro akan dapat mengisi daya gadget Apple lainnya secara wireless charging, di mana iPhone 14 tidak bisa.

Perlu ditegaskan kembali bahwasanya iPhone 15 kemungkinan besar akan mendapatkan port USB-C, jadi sobat kosngosan mungkin tidak akan bisa lagi menggunakan kabel Lightning iPhone 14 untuk mengisi daya di iphone ini


Kesimpulan iPhone 15

Jadi, apakah iPhone 15 akan menjadi ponsel yang lebih baik daripada iPhone 14? Secara obyektif, tentu saja iya - tetapi kalau pertanyaannya apakah worth to buy? Well, itu tergantung dari banyak faktor. 

Jika sobat kosngosan menganggap semua rumor iPhone 15 yang disebutkan di atas sebagai suatu kenyataan, body nya akan mendapatkan desain yang lebih premium (karena ada penambahan sisi titanium melengkung dan bezel yang lebih tipis), sensor kamera yang sedikit lebih baik, dan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat.

Tapi tidak ada satu pun dari peningkatan tersebut terdengar seperti sesuatu yang fantastis. Jadi kalian jangan mengharapkan iPhone 15 sebagai perangkat yang harus dimiliki jika kamu ingin sesuatu yang benar benar berbeda dari versi sebelumnya

Akan tetapi seperti biasa, pasti perubahan yang lebih besar akan diberikan untuk iPhone 15 Pro Max, yang pengaturan kameranya dilaporkan dapat menjadikannya ponsel kamera terbaik yang pernah ada untuk saat ini. 

Namun, Apple mungkin belum mengejutkan kita semua dengan fitur iPhone 15 biasa dan iphone 15 pro. Tapi bagi kalian fanboy apple, pastinya akan selalu menantikan produk terbaru dari brand kebanggaan kalian ini, bukan? Hehehehe

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya