Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

26 Pertanyaan Interview Alfamart & Alfamidi + Jawabannya

Dalam suatu proses rekrutmen karyawan baru, perusahaan melalui HRD biasanya akan melakukan sesi wawancara atau interview. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa calon karyawan memang benar benar sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh perusahaan. Begitu juga dengan toko retail terbesar di Indonesia seperti Alfamart dan Alfamidi yang tokonya ada dimana-mana.

Apa saja contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan oleh HRD Alfamart atau Alfamidi? Kalau kamu ingin tahu, kosngosan.com akan memberikan beberapa referensinya untuk kalian. Supaya bisa mempersiapkan diri dengan baik dan bisa menjawab segala pertanyaan dengan lancar. Sampai pada akhirnya keterima bekerja di toko retail ini.

Apa perbedaan antara alfamart dan alfamidi? Walaupun kedua brand ini berada pada naungan perusahaan yang sama, yaitu Alfamart Group, tapi terdapat perbedaan antara keduanya. Toko alfamart umumnya lebih kecil, dengan produk yang ditawarkan lebih sedikit ketimbang alfamidi.

Dan biasanya Alfamidi seringnya menampilkan desain interior di dalam toko yang lebih luas dan terkadang menyediakan area untuk duduk dan menyediakan produk buah dan sayur lebih lengkap.


Contoh Pertanyaan Wawancara Alfamart Alfamidi

contoh pertanyaan interview alfamart alfamidi

Setelah mengetahui sedikit tentang kedua toko retail ini, maka kalian bisa mempelajari apa saja sih pertanyaan yang sering diajukan oleh para HRD, kepala cabang atau apa pun statusnya yang biasanya bertugas untuk mewawancarai mu, berikut diantaranya :


Pertanyaan Default

Pertanyaan umum yang memang harus ditanyakan dan sudah menjadi template buat para pewawancara untuk menanyakan hal tersebut kepada calon karyawannya. Berikut diantaranya :

  • Ceritakan latar belakang dan pengalaman kamu!
  • Apa alasan kamu melamar di posisi ini?
  • Sebutkan apa saja kelebihan dan kekurangan kamu?
  • Apa yang kamu ketahui mengenai Alfamart atau Alfamidi?
  • Apa tujuan kamu bekerja di Alfamart atau Alfamidi?
  • Apakah kamu siap ditempatkan di lokasi yang jauh dari domisili tempat kamu tinggal?
  • Siapkah kamu dengan sistem shift di perusahaan kami?
  • Apakah kamu siap bekerja di hari libur atau akhir pekan?


Beritahu kami tentang diri-mu!

Contoh jawaban:

Saya memiliki pengalaman bekerja di toko alfamart/alfamidi selama 3 tahun terakhir. Saya memiliki latar belakang dalam layanan customer dan sangat tertarik dalam memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi customer.


Apa yang menarik bagimu untuk memilih bekerja di toko alfamart/alfamidi?

Contoh jawaban:

Saya tertarik bekerja di toko alfamart/alfamidi karena saya menyukai interaksi dengan orang-orang dan memiliki antusiasme dalam membantu customer menemukan produk yang mereka butuhkan.

Atau, jujur saya suka tantangan baru untuk melayani banyak customer. Dan saya rasa dengan bekerja di toko ini, saya akan dapatkan pengalaman sekaligus mempertajam kemampuan pelayanan saya, pak.


Bagaimana kamu mengatasi situasi sulit dengan pembeli yang tidak puas?

Contoh jawaban:

Saya berusaha tetap tenang dan mendengarkan dengan baik kritik atau saran dari customer. Saya akan tetap fokus pada mencari solusi yang memuaskan dan melakukan yang terbaik untuk memastikan mereka meninggalkan toko dengan perasaan puas.


Bagaimana kamu mengatur prioritas tugas dengan Tim saat toko sedang sibuk?

Contoh jawaban:

Saya biasanya membuat daftar prioritas berdasarkan urgensi dan pentingnya tugas. Saya akan fokus pada tugas-tugas yang dapat meningkatkan pengalaman customer dan menjaga efisiensi di toko.

Jika bekerja dengan tim, kami akan melakukan briefing terlebih dahulu sebelum memulai jadwal shift. Membicarakan apa prioritas tugas yang harus dilakukan pertama hingga jam kerja selesai.


Bagaimana kamu bekerja dalam tim? Berikan contoh pengalamannya.

Contoh jawaban dari kosngosan:

Saya percaya dalam membentuk tim yang hebat dibutuhkan kolaborasi dan komunikasi yang efektif. Sebagai contoh, saya pernah terlibat dalam proyek tim di organisasi sekolah (osis) di mana kami berhasil meningkatkan kecepatan layanan dan kualitas produk dengan bekerja sama ketika melakukan bazar di sekolah


Bagaimana kamu menghadapi tekanan di toko nantinya?

Contoh jawaban:

Saya berusaha akan tetap tenang dan fokus pada solusi saat menghadapi tekanan. Saya juga meluangkan waktu untuk mengatur prioritas dan meminta bantuan teman kerja jika diperlukan.


Apa pendekatan kamu dalam membangun hubungan dengan pembeli di toko?

Contoh jawaban:

Saya percaya dalam memberikan layanan yang ramah, mengajukan pertanyaan untuk memahami kebutuhan customer, dan menunjukkan mimik yang ramah serta perhatian tulus terhadap mereka.


Bagaimana kamu memastikan ketersediaan produk di rak?

Contoh jawaban:

Saya akan secara teratur memantau persediaan dan melakukan inventarisasi. Jika ada kekurangan, saya akan segera melaporkannya ke departemen terkait untuk mendapatkan persediaan baru sesegera mungkin.


Bagaimana kamu mengatasi konflik dengan rekan kerja?

Contoh jawaban:

Saya percaya komunikasi terbuka secara dua arah dan menghargai pendapat orang lain. Jika ada konflik, saya akan mencoba mencari pemahaman bersama, melakukan diskusi dan tetap bekerja secara profesional menuju solusi yang saling menguntungkan.


Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?

Contoh jawaban:

Saya telah melakukan riset tentang perusahaan ini sebelum wawancara ini. Saya tahu bahwa Alfamart dan Alfamidi dikenal dengan pilihan produk berkualitas dan layanan customer yang baik, dan saya sangat tertarik untuk menjadi bagian dari tim yang sukses. (disini ceritakan juga sejarah singkat alfamart atau alfamidi, apa saja penghargaan yang diperoleh, dll)


Bagaimana kamu menangani pembeli yang kedapatan mencuri?

Contoh jawaban:

Saya akan tetap tenang dan memperhatikan pembeli tersebut dengan cermat. Jika saya yakin mereka mencuri, saya akan memberi tahu manajer atau security toko dengan hati-hati dan mengikuti prosedur yang ditetapkan. Sebisa mungkin menjaga kondusifitas toko dan menghindari adanya kerumunan massa yang bisa mengakibatkan kericuhan.


Apa strategi kamu untuk meningkatkan penjualan di toko alfamart atau alfamidi?

Contoh jawaban:

Saya akan fokus pada meningkatkan kualitas layanan customer, memberikan rekomendasi produk yang relevan, menampilkan gestur dan mimik yang bersahaja, dan juga memastikan kebersihan, kesesuaian tampilan dan kesediaan produk di toko.


Bagaimana kamu menghadapi customer yang tidak ramah?

Contoh jawaban:

Saya akan tetap tenang dan berusaha memahami bahwa mereka mungkin memiliki masalah atau pengalaman buruk sebelumnya. Saya akan berusaha memberikan layanan yang baik dan berharap dapat mempengaruhi mereka dengan sikap yang positif.


Bagaimana kamu menjaga diri tetap sesuai SOP di tempat kerja?

Contoh jawaban:

Saya akan belajar tentang panduan SOP di dalam toko. Dan menggunakan daftar tugas dan kalender untuk mengatur jadwal dan deadline. Saya juga menyukai lingkungan kerja yang rapi dan terorganisir.


Bagaimana kamu menangani keluhan pembeli?

Contoh jawaban:

Saya akan mendengarkan keluhan termasuk kritik dengan seksama, meminta klarifikasi jika diperlukan, dan mencari solusi yang memuaskan customer. Jika diperlukan, saya akan melibatkan manajer untuk memastikan keluhan ditangani dengan baik.


Bagaimana kamu tetap uptodate mengenai tren dan produk terbaru di toko?

Contoh jawaban:

Saya akan secara teratur mengikuti sumber informasi industri seperti majalah, situs web, dan media sosial untuk tetap update tentang tren dan produk terbaru. Saya juga akan memanfaatkan pelatihan dan workshop yang disediakan oleh perusahaan.


Apa pendapatmu mengenai layanan toko di era digital?

Contoh jawaban dari kosngosan :

Saya percaya bahwa layanan customer di era digital sangat penting. customer sekarang memiliki harapan yang lebih tinggi terhadap kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan keinginan mereka dari hanya melalui perangkat smartphone saja.

Saya siap menghadapi tantangan tersebut dengan memahami dan menggunakan berbagai perangkat digital yang mendukung pekerjaan tersebut.


Bagaimana kamu menghadapi situas toko yang ramai tapi jadwal shift mu sudah usai?

Contoh jawaban:

Saya akan mencoba memprioritaskan tugas yang dapat memberikan dampak paling besar pada pengalaman customer.

Saya juga akan berkomunikasi dengan rekan kerja untuk shift selanjutnya, dan meminta bantuan jika diperlukan, kemudian akan membantu rekan kerja lain jika memang dia kewalahan walaupun shift kerja saya sudah selesai.


Bagaimana kamu mengukur keberhasilan sebagai karyawan?

Contoh jawaban:

Saya mengukur keberhasilan dengan melihat sejauh mana saya dapat meningkatkan kepuasan pembeli di toko, mencapai target penjualan, tidak ada minus penjualan yang harus ditutupi, dan membangun hubungan yang kuat dengan tim dan pembeli.


Bagaimana kamu berperan dalam mendorong toleransi dan inklusi di tempat kerja?

Contoh jawaban:

Saya menganggap keragaman dan inklusi sangat penting. Saya akan mendukung inisiatif perusahaan dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, di mana setiap individu merasa didengar dan dihargai.


Bagaimana kamu menghadapi customer yang menuntut uangnya dikembalikan?

Contoh jawaban:

Saya akan mempelajari kebijakan pengembalian dana yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dan menjelaskannya dengan jelas kepada customer.

Saya akan berusaha memberikan penjelasan kepada mereka dan menyelesaikan masalah dengan cara yang solutif dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.


Apa yang kamu lakukan supaya tetap termotivasi di tempat kerja?

Contoh jawaban:

Saya tetap termotivasi dengan menetapkan tujuan yang jelas dan berfokus pada prestasi individu dan tim. Saya juga mencari peluang untuk belajar dan berkembang dalam pekerjaan saya.


Bagaimana kamu menghadapi situasi konflik antara rekan kerja?

Contoh jawaban:

Saya akan berusaha menjadi mediator yang objektif dan mendengarkan kedua belah pihak dengan hati-hati. Saya akan mencari solusi yang adil dan berupaya membangun pemahaman bersama di antara mereka.

Jika konflik belum menemukan titik solusi yang tepat, maka saya juga bisa meminta atasan untuk campur tangan atau melakukan mediasi dengan melibatkan beberapa pihak yang dirasa perlu untuk terlibat.


Bagaimana kamu menangani situasi customer yang mengalami kesalahan harga?

Contoh jawaban:

Saya akan meminta maaf kepada customer dan memeriksa kebenaran harga. Jika terjadi kesalahan, saya akan memperbaikinya sesuai dengan kebijakan perusahaan, seperti menawarkan harga yang benar atau memberikan kompensasi yang sesuai.


Apa yang membuat kamu tertarik dengan posisi ini dan mengapa kami harus mempekerjakan kamu?

Contoh jawaban: Saya tertarik dengan posisi ini karena saya memiliki pengalaman dan minat yang kuat dalam toko alfamart/alfamidi.

Saya percaya bahwa kombinasi keterampilan saya dalam layanan customer, kerja tim, dan pengetahuan produk akan menjadi aset berharga bagi toko ini. Saya siap berkontribusi secara positif dan membantu mencapai tujuan perusahaan.


Pertanyaan konyol

pertanyaan interview alfamart alfamidi

Selain bertanya semacam yang sudah kosngosan.com rangkum diatas, sering juga terjadi kalau HRD atau si pewawancara bertanya sesuatu yang out of context dan terkesan nyeleneh.

Hal ini disengaja supaya mengetes bagaimana kamu bereaksi terhadap sesuatu yang tidak diduga, atau memang HRD nya hobi melakukan hal tersebut. Berikut beberapa daftar pertanyaan nyeleneh yang mungkin diutarakan oleh mereka :

  • Sudah punya pacar? Sudah berumah tangga?
  • Kamu punya mantan berapa? Bagaimana caramu memperlakukan mantan?
  • Bagaimana caramu mengatasi jika suatu waktu toko yang kamu handle sedang mengalami perampokan?
  • Kesini naik apa? Sama siapa?
  • Kalau lagi waktu kosong, suka ngapain aja?
  • Dari kami bertiga, mana orang yang paling kamu suka secara tampilan? sebutkan alasannya?
  • Dll


Kata Penutup

Pada akhirnya, mengikuti wawancara kerja di alfamart dan alfamidi memang membutuhkan persiapan khusus. Tapi jangan sampai sobat kosngosan.com menjadi gugup dan tidak bisa menjawab dengan baik terhadap pertanyaan yang diberikan oleh HRD atau penanya.

Setelah wawancara selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara atas kesempatan yang diberikan. Ini menunjukkan sikap sopan dan apresiasi kamu terhadap waktu mereka.

Jangan lupa jika kamu menganggap artikel ini bermanfaat, silahkan share dan bagikan ke linimasa sosial media kalian ya. Bookmart juga halaman ini untuk mengunjungi kembali jika perlu lewat peramban kalian!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya