Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Usaha Ekonomi yang Sebagian Besar Modalnya Berasal dari Negara

Ada banyak contoh usaha ekonomi yang mayoritas modalnya berasal dari negara. Perusahaan seperti ini bias kita sebut BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Adapun landasan hukum yang mengatur tentang badan usaha ini adalah undang-undang nomor 19 tahun 2003 tentang badan usaha milik negara.

Usaha ekonomi seperti ini, dikelola oleh kelompok, bukan yang dikelola perseorangan. Dan biasanya memiliki modal yang berasal dari mayoritas pemerintah dan sebagian lagi pemegang saham.

Badan usaha milik negara bisa yang disebut juga BUMN ini banyak bergerak di industri vital yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Misalnya PLN yang mengurusi listrik nasional, Pertamina yang mengurusi minyak dan energi nasional dan sebagainya. Dan peran BUMS (Badan usaha milik swasta) sangat kecil sekali.

Apa yang dimaksud dengan usaha ekonomi yang modalnya berasal dari negara? Ini adalah bisnis yang disebut sebagai usaha yang dimiliki atau didanai oleh pemerintah atau entitas pemerintah (dalam hal ini pemerintahan Indonesia atau bisa berasal dari pemerintah luar yang berinvestasi di dalam negara lain).

Tingkat keterlibatan modal dari negara dalam usaha ekonomi apa pun itu dapat bervariasi tergantung dari regulasi dan kondisi negaranya. Dalam beberapa kasus juga, yang namanya sektor swasta dapat berpartisipasi dalam kepemilikan dan pendanaan usaha yang didukung oleh negara.

Jadi sinergitas antara swasta dan pemerintah bisa berjalan dengan baik untuk membangun suatu infrastruktur atau perusahaan, misalnya. Kosngosan akan bahas selengkapnya dibawah ini.


Contoh Usaha Ekonomi yang Sebagian Besar Modalnya Berasal dari Negara

usaha ekonomi sebagian besar modal berasal dari negara

Perusahaan perseorangan atau kelompok bisa masuk dalam kategori modal yang berasal dari pemerintah. Hal yang membedakan antara modal dari swasta dan pemerintah terletak pada tujuan bisnisnya, biasanya swasta motifnya sepenuhnya adalah mencari profit yang sebanyak banyaknya.

Sedangkan jika modalnya berasal dari pemerintah, adakalanya tujuannya untuk melindungi komoditas tertentu, mencegah praktik monopoli dan menjaga harga pasar supaya tetap stabil.

Berikut beberapa contoh usaha ekonomi yang modalnya berasal dari pemerintah (baik pemerintah sendiri dalam hal indonesia atau pemerintah luar) :


Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

BUMN adalah perusahaan yang kepemilikannya sepenuhnya atau sebagian besar dimiliki oleh negara (kepemilikan ini dibuktikan dengan persentase saham) Modal yang digunakan untuk mendirikan perusahaan dan biaya operasional dari badan usaha ini berasal dari APBN atau anggaran negara.

Contoh BUMN di Indonesia ada banyak sekali di berbagai bidang, kita bisa sebut beberapa diantaranya :

PT Pertamina (perusahaan minyak dan gas)

PT Telkom Indonesia (telekomunikasi)

PT PLN (ketenagalistrikan)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Perum Percetakan Uang Republik Indonesia

PT Taspen (Persero)

PT Asuransi Jiwasraya

Perum BULOG

PT Krakatau Steel (Persero)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk

PT Semen Indonesia (Persero)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

PT Pos Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Biofarma (Persero)

dan Perusahaan di bidang lainnya


Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Pada dasarnya, BUMD hampir sama dengan BUMN, tapi ruang lingkupnya pada provinsi, kota atau kabupaten.

Ini adalah perusahaan yang kepemilikannya sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh pemerintah daerah (provinsi, kota atau kabupaten).

Adapun modal yang digunakan dalam pendirian dan biaya operasional dari perusahaan daerah ini berasal dari anggaran daerah atau APBD.

Adapun contoh BUMD di Indonesia yang sudah kosngosna rangkum, antara lain misalnya :

Bank BPD Sumut (BUMD Sumut)

PDAM Tirtanadi (BUMD Sumut)

Bank BPD Sumbar (BUMD Sumbar)

PT Grafika Jaya Sumbar (BUMD Sumbar)

Bank BPD Riau Kepri (BUMD Riau)

PT Riau Air Lines (BUMD Riau)

Bank BPD Bengkulu

Bengkulu Impor Ekspor (Bimex)

PT. Jakabaring Sport City

PT. Sriwijaya Mandiri Sumsel

Bank BPD DKI

PT. Pembangunan Jaya Ancol (Tbk)

Bank BPD BJB

PT. Agro Jabar (Perseroda)

Bank BPD Jatim

Panca Wira Usaha Jatim

PT Bank Pembangunan Bali

PT. asa Marga Bali Tol

dan BUMD lainnya


Proyek Infrastruktur Pemerintah

Pemerintah juga sering untuk membiayai berbagai proyek infrastruktur dan program bisnis lain yang dikelola baik oleh perusahaan swasta gabungan antara pemerintah dan swasta.

Adapun untuk modal dari berbagai proyek ini tentunya berasal dari anggaran pemerintah yang berasal dari APBN.

Adapun contoh proyek infrastruktur yang didanai oleh pemerintah, meliputi seperti pembangunan jalan tol lintas sumatera, pembangunan pelabuhan, bandara internasional, dan jaringan listrik, tower 5G, tol laut (kapal fery) dan sebagainya


Lembaga Keuangan Negara

Lembaga keuangan negara seperti bank milik negara atau bank pembangunan nasional yang sering kita temui dan mungkin sobat kosngosan juga termasuk kedalam salah satu nasabahnya. Usaha ini juga dapat menjadi menjadi contoh, karena penyedia modal untuk usaha ekonomi ini sebagian besarnya adalah pemerintah.

Adapun modal awal untuk mendirikan bank atau lembaga keuangan semacam ini berasal dari pemerintah. Contoh lembaga keuangan negara yang sering kita temui, diantaranya Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), PNM (Permodalan Nasional Madani), Pegadaian, dan sebagainya.


Investasi Asing Langsung

Negara Indonesia juga dapat bekerjasama dengan pemerintah negara lain untuk mendirikan perusahaan dan melakukan operasional di negara kita. Dan negara asing tersebut bisa mengalokasikan modalnya untuk mendukung investasi di negara kita.

Kegiatan ini disebut sebagai investasi asing langsung. Biasanya investasi ini terlibat pada berbagai industri bidang tertentu. Pemerintah dapat memberikan insentif, subsidi, atau modal kepada perusahaan asing yang berinvestasi dalam berbagai sektor strategis negara.


Kesimpulan

Jenis Usaha Ekonomi yang Sebagian Besar Modalnya Berasal dari Negara dengan kata lain disebut juga dengan BUMN, adalah perusahaan atau badan usaha yang kepemilikannya memang ada ditangan pemerintah Indonesia, baik sebagian besar atau seluruhnya.

Semoga materi dari kosngosan.com kali ini bisa menambah referensi mu mengenai apa saja badan usaha yang modal dan keuntungannya berasal dan untuk negara. Silahkan share (bagikan) dan bookmart halaman ini untuk berkunjung kembali jika ada kesempatan, salam sukses!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya